Smart Guide

7 Tips Liburan ke Luar Negeri, Penting untuk Pemula!3 min read

20 September 2024

author:

7 Tips Liburan ke Luar Negeri, Penting untuk Pemula!3 min read

Liburan ke luar negeri tidak sekadar berjalan-jalan ke lokasi wisata saja, tetapi juga harus mempersiapkan banyak hal. Jadi, sebelum healing ke luar negeri, kamu harus memperhatikan beberapa tips liburan ke luar negeri untuk pemula supaya tidak bingung ketika di sana.

1. Saat Jam Sibuk, Gunakan Transportasi Publik

Di negara mana pun, rush hour akan berlangsung dari pukul 07.00—09.00 dan 17.00—19.00. Saat-saat seperti itu pasti akan banyak mobil, bus, sepeda motor, hingga tuk-tuk (khususnya di Thailand) yang berjubel di jalanan.

Jika kamu ingin berkeliling di negara-negara Asia Tenggara, gunakan saja transportasi umum. Misalnya BTS Skytrain Bangkok, MRT alias kereta bawah tanah, taksi, GrabBike, ojek online, maupun bus.

2. Bawa Paspor

Dimanapun negara yang kamu kunjungi, pasti harus selalu membawa identitas, khususnya paspor. Nah, supaya paspor asli tidak hilang, usahakan selalu membawa paspor dalam bentuk softcopy atau hardcopy. Hal ini bertujuan supaya ketika paspor asli kamu hilang di tengah perjalanan liburan, kamu masih menyimpan salisannnya.

3. Selalu Bawa Uang Receh

Ke mana pun kamu pergi, apalagi ke luar negeri, selalu bawa uang recehan dan uang kertas secara cash. Mungkin akan terlihat ribet, tetapi justru akan membantumu untuk membayar transportasi atau jajan street food.

4. Selalu Bawa Air Minum Sendiri dan Tisu

Iklim di negara-negara Asia Tenggara umumnya tropis sehingga cuacanya sering kali panas menyengat. Maka dari itu, selalu bawa air minum sendiri dan tisu.
Meskipun ada banyak penjual lokal yang menyediakan air minum, tetapi lebih baik membawa sendiri supaya lebih hemat.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  6 Benda yang Dilarang di Kabin Pesawat, Wajib Tahu Sebelum Terbang!

5. Bagi Pemula, Gunakan Jasa Tour

7 Tips Liburan ke Luar Negeri, Penting untuk Pemula!
Liburan bareng Antavaya lebih mudah dan aman

Bagi kamu yang berani dan sudah liburan ke luar negeri berkali-kali, pasti akan langsung melesat jalan-jalan dengan mengandalkan Google saja.
Nah, tips liburan ke luar negeri untuk pemula gunakan saja jasa tur supaya terhindar dari penipuan oknum lokal atau tersesat di jalan. Jasa tur masih terjangkau kok, apalagi jika kamu liburan bareng Antavaya. Bebas repot dan mudah!

6. Belajar Budaya dan Bahasa Lokal

Tips liburan ke luar negeri selanjutnya adalah belajar budaya dan bahasa lokal, setidaknya untuk percakapan dasar sehari-hari. Ingat, tidak semua penduduk di suatu negara itu fasih berbahasa Inggris. Setidaknya kamu harus belajar sepatah-dua kata bahasa lokal untuk bercakap-cakap atau bertransaksi di negara tujuan.

Hal ini juga merupakan syarat dasar supaya menghormati situasi budaya setempat. Jangan sampai kamu melakukan aktivitas yang melanggar budaya lokal negara lain.
Misalnya di Thailand, terdapat budaya untuk selalu berdiri dan menyanyikan lagu King’s Anthem untuk menghormati kerajaan. Kamu sebagai turis, tidak boleh mengabaikan budaya Thailand tersebut.

Jika tidak punya waktu untuk belajar bahasa lokal, kamu dapat merekrut penerjemah sekaligus pemandu tur.

7. Siapkan Barang-Barang Kebutuhan

Tips liburan ke luar negeri yang terakhir adalah siapkan segala barang-barang kebutuhanmu. Ada baiknya kamu tulis terlebih dahulu daftar barang yang harus dibawa supaya tidak ada yang terlupa. Barang-barang kebutuhan ini mencakup pakaian, obat-obatan, makeup, skincare, adaptor/colokan, dan kebutuhan pribadi lainnya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Liburan Musim Dingin di Jepang? Coba 12 Aktivitas Seru Tak Terlupakan Ini!

Sudah Siap Liburan ke Luar Negeri?

Healingvest InvestasiKu

Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum liburan ke luar negeri. Setelah semuanya siap, dana untuk healing juga harus ada. Salah satu cara mempersiapkan dana untuk healing adalah dengan mengikuti program HealingVest, kolaborasi antara kesempatan berlibur dengan investasi reksa dana. Tanpa basa-basi, ayo segera pilih lokasi negara tujuanmu di sini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!