Smart Guide

7 Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan Supaya Tak Mudah Sakit4 min read

7 December 2020

author:

7 Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan Supaya Tak Mudah Sakit4 min read

Ingin jalan-jalan saat musim hujan? Tetap bisa aman dan nyaman kok karena hujan buka kendala untuk pergi berlibur. Meskipun begitu, banyak persiapan ekstra yang harus kamu perhatikan. Inilah tujuh tips liburan saat musim hujan agar liburan berjalan lancar!

1. Perhatikan Kondisi dan Cuaca di Destinasi Liburan

Tips Liburan di Musim Hujan
Tips Liburan di Musim Hujan

Sebelum pergi traveling, kamu wajib memantau perkiraan cuaca di destinasi yang ingin dikunjungi. Bukan hanya soal hujan saja ya yang harus diperhatikan. Perhatikan juga potensi ombak jika kamu berniat pergi ke pantai, atau status gunung jika kamu ingin melakukan pendakian.

Apalagi akhir-akhir ini, banyak pantai yang terjadi ombak pasang karena angin yang kuat. Belum lagi kasus longsor dan meletusnya gunung api di beberapa daerah. Jangan malas browsing untuk mencari informasi! Keselamatan adalah hal yang utama.

2. Lokasi Terbaik untuk Liburan di Musim Hujan

Lokasi Terbaik untuk Liburan di Musim Hujan
Lokasi Terbaik untuk Liburan di Musim Hujan

Tujuan liburan di musim hujan yang paling aman tentu saja adalah wisata indoor. Dijamin liburan kamu tidak akan terganggu.

Wisata indoor yang bisa kamu kunjungi saat musim hujan misalnya museum, taman bermain indoor, galeri, tempat belanja, atau wisata kuliner. Kamu juga bisa sekadar keliling kota untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang seru.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik 2020, Wajib Dimiliki Traveler Sejati!

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa liburan di lokasi outdoor, ya. Kamu tetap bisa mengunjungi perkebunan atau wisata alam lainnya karena saat musim hujan pemandangannya akan sangat cantik. Hijau segar!

Sayang sekali jika dilewatkan, bukan? Namun, harus ekstra hati-hati karena medannya bisa lebih licin!

3. Perlengkapan Wajib saat Pergi Liburan di Musim Hujan

Tips Liburan di Musim Hujan
Gunakan Pakaian Hangat

Pergi liburan di musim hujan, apalagi di masa pandemi, kamu wajib membawa peralatan ekstra. Benda penting yang wajib dibawa saat traveling di musim hujan misalnya payung, jas hujan, plastik, sandal jepit, dan bungkus ponsel anti air.

Benda-benda tersebut sangat penting untuk melindungimu dari hujan. Jangan sampai sait atau membuat imun tubuhmu menurun, ya.

Tips liburan supaya tidak kedinginan saat musim hujan adalah memakai baju yang nyaman dan hangat. Gunakanlah sepatu yang tahan air dan tidak ribet saat digunakan. Bawa juga jaket dan pakaian ganti untuk berjaga-jaga.

4. Tips Liburan di Musim Hujan: Jaga Kondisi Tubuh

Tips Liburan Saat Musim Hujan
Jaga Kondisi Tubuh Saat Liburan

Saat musim hujan, biasanya daya tahan tubuh akan menurun karena perubahan suhu yang tidak menentu. Untuk itu, kita wajib menjaga kesehatan tubuh kita, terutama sebelum traveling.

Usahakan untuk makan tepat waktu, tidak berolahraga berlebihan, minum vitamin C, makan makanan yang bergizi, dan jangan jajan sembarangan. Enggak mau kan sakit selama traveling?

Hindari juga melakukan aktivitas yang bisa membuat kondisi tubuh menurun, seperti kehujanan atau terlalu lama beraktivitas di wahana air. Perbanyak juga minum air putih agar selalu fit.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ketahui Syarat Bikin Visa Group Rovaniemi Scandinavia/Baltic States!

5. Santap Kuliner yang Hangat

Tips Liburan Saat Musim Hujan
Wisata Kuliner Saat Musim Hujan

Ketika liburan di musim hujan, sebaiknya jangan memilih tempat makan yang menyajikan camilan dingin seperti es dan ice cream. Carilah kuliner sehat yang menghangatkan badan.

Coba deh pilih minuman hangat seperti wedang ronde atau minuman jahe. Cari juga kuliner berkuah yang bisa menjadi santapan lezat saat traveling, seperti soto dan sop.

Kamu bisa sekalian mencoba kuliner lokal di destinasi liburanmu. Pasti asyik!

6. Bawalah Obat-obatan Penting Ini

7 Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan Supaya Tak Mudah Sakit
Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan

Tips liburan di musim hujan selanjutnya adalah membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga. Kamu bisa membawa obat flu, jamu masuk angin, minyak kayu putih, atau obat P3K lainnya.

Bawa juga vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Pertimbangkan juga asuransi perjalanan untuk menghindari risiko dan biaya tak terduga. Apalagi jika kamu pergi liburan bersama orangtua.

7. Siapkan Dana Ekstra dan Uang Cash

7 Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan Supaya Tak Mudah Sakit
Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan

Tips liburan di musim hujan ini sangat penting mengingat cuaca yang tidak menentu. Pasti ada saja dana ekstra yang harus dikeluarkan.

Misalnya, destinasi yang biasanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua jadi harus diubah menjadi kendaraan roda empat. Mau tak mau harus menyewa mobil bukan?

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Cara Membuat E-Paspor Terbaru: Keuntungan, Syarat, dan Biaya

Untuk itu, jangan sampai membawa uang pas-pasan! Tak mau kan kerepotan mencari ATM saat hujan turun?

Itulah tujuh tips liburan saat musim hujan yang harus kamu ketahui. Jangan takut liburan di musim hujan, yang penting kamu siap menyiapkan banya hal. Yuk, lihat paket tour untuk jalan-jalan bersama keluarga di AntaVaya!

Pesan Paket Tour

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!