Smart Guide

Waktu dan Bulan Terbaik Wisata ke Labuan Bajo untuk Liburan Sempurna!5 min read

21 February 2020

author:

Waktu dan Bulan Terbaik Wisata ke Labuan Bajo untuk Liburan Sempurna!5 min read

Kapan ya waktu dan bulan terbaik Labuan Bajo? Ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan yang ingin berlibur ke Labuan Bajo. Mengetahui waktu terbaik memang sangat penting untuk mendapatkan pengalaman liburan yang sempurna.

Terletak di pantai barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo telah menjelma menjadi destinasi wisata populer di Indonesia. Selain memiliki pulau, pantai, dan taman laut yang indah, wisata Labuan Bajo semakin istimewa karena menjadi habitat komodo.

Spesies kadal terbesar di dunia ini hanya mampu bertahan hidup di pulau-pulau Indonesia, seperti Komodo, Flores, Gili Motang, Padar, dan Rinca.

Buat kamu yang berencana liburan ke sini, inilah adalah waktu dan bulan terbaik Labuan Bajo yang wajib kamu ketahui. Syukur-syukur bisa menghemat biaya liburan dengan tiket pesawat murah ke Labuan Bajo!

1. Januari-Maret, Waktu Terbaik Melihat Festival di Labuan Bajo

Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya, Labuan Bajo juga memiliki banyak festival budaya. Nah, bulan terbaik Labuan Bajo untuk melihat aneka festival seru adalah Januari-Maret.

Pada Januari atau Februari, biasanya diadakan Festival Reba di Labuan Bajo. Festival Reba merupakan pesta adat masyarakat Langa yang digelar di Kabupaten Ngada. Perhelatan besar ini diadakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Festival ini juga bertujuan menunjukkan rasa hormat kepada leluhur supaya diberkati dengan kekayaan dan panen yang baik. Puncak Festival Reba Labuan Bajo biasanya berlangsung selama tiga hari penuh dan diisi berbagai upacara dan kegiatan ritual.

Acara dimulai dengan mengumpulkan berbagai jenis hasil panen, seperti tanaman pangan dan hewan ternak. Lalu dilanjutkan dengan menerima tamu, menari, membaca mitos asli, dan memuji akar ubi.

Selain Reba, ada juga Festival Komodo di bulan Maret yang digelar di Kabupaten Manggarai Barat. Salah satu atraksi paling menarik dalam perhelatan ini adalah parade Patung Komodo dan Tari Caci yang merupakan simbol kedewasaan lelaki Flores.

Festival ini semakin seru karena penyelenggara juga menggelar lomba fotografi, voli pantai, lomba perahu dayung, pertunjukan kecantikan komodo, lokakarya, pameran kerajinan tangan, dan pertunjukan seni musik. Meriah!

2. April-Mei, Waktu Terbaik Melihat Pemandangan Alam Labuan Bajo

View this post on Instagram

We are here, because of Your love ๐Ÿ’ž

A post shared by Senta Sendow (@sentasendow) on

Jika tujuanmu berlibur ke Labuan Bajo untuk melihat pemandangan alamnya yang super indah, datanglah di bulan April hingga Mei. April adalah bulan terbaik Labuan Bajo untuk melihat keindahan laut.

Langitnya cerah, perbukitan hijau nan subur, serta laut biru menyajikan pemandangan yang sempurna untuk melepas penat. Banyak wisatawan wisata ke Labuan Bajo pada waktu-waktu ini karena alam sangat bersahabat.

Kamu juga bisa diving hingga naik perahu untuk menjelajahi indahnya laut Labuan Bajo yang tenang di bulan April.

Menjelang bulan Mei, vegetasi di Labuan Bajo akan mulai menguning. Enaknya lagi, cuaca sangat cerah dan bersih. Bahkan, hamparan pasir di bawah laut bisa terlihat dari permukaan. Waktu yang tepat jalan-jalan di pantai indah Labuan Bajo.

Ketika bulan Juni tiba, kamu bisa menonton pertunjukan tinju tradisional di Labuan Bajo. Orang menyebutnya tinju Sagi atau Etu. Masyarakat Labuan Bajo mengadakannya sebagai ungkapan syukur atas segala berkat yang diberikan leluhur sepanjang tahun.

3. Juli-September, Waktu Terbaik Melihat Musim Kawin Komodo

Mau tahu kapan waktu dan bulan terbaik Labuan Bajo untuk melihat komodo? Datanglah pada bulan Juli-September. Rentang bulan tersebut merupakan musimnya komodo kawin. Jadi, hewan langka ini sangat mudah ditemukan di sekitar Taman Nasional Loh Liang.

Anda ingin berjumpa dengan komodo? Bulan Juli dan Agustus merupakan waktu yang tepat untuk pergi ke Labuan Bajo. Di periode tersebut, komodo sedang melakukan perkawinan. Jadi, hewan ini sangat mudah ditemukan di sekitar Taman Nasional Loh Liang.

4. Oktober-Desember, Bulan Terbaik Menikmati Kehidupan Bawah Laut

View this post on Instagram

Scuba Diving around the Komodo islands is just a dream come true! The most famous resident of the Komodo area must be the Komodo dragons, but for divers itโ€™s more important to see that Komodo National Park is one of the worldโ€™s most vibrant underwater environments. There are hundreds of species of corals, plus sponges and thousands of fish species, with the chance to see anything from pygmy seahorses to manta rays. The dives here are just unforgettable. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ _________________________________ #indonesia #indonesiaparadise #komodoisland #komodonationalpark #komodo #labuanbajo #reef #ocean #reeffish #reefsharks #scubalife #underwaterphotography #underwaterphoto #underwater #uwphotography #uwpics #uwmacro #underwaterworld #underwaterpic #diving #scubadiving #corals #adventure #divingindonesia #komodoarchipelago #fish #fishspecies #travelblogger #traveltheworld #padi

A post shared by Giuseppe Bucca๐ŸŒ (@joethetravellingsoul) on

Bulan terbaik Labuan Bajo untuk diving dan melihat keindahan melihat kehidupan bawah laut adalah bulan Oktober. Cuaca pada bulan tersebut tergolong cerah, gelombang laut sedang tenang-tenangnya, serta udaranya sejuk.

Pemandangan bawah lautnya tak perlu ditanya lagi, sangat luar biasa! Berbagai jenis ikan seakan menari di antara terumbu karang yang cantik. Jadi, kamu bisa puas diving atau snorkeling.

Memasuki bulan Desember, cuaca mulai berubah di Labuan Bajo. Hujan sering turun pada malam hari. Ikan-ikan juga mulai malu-malu untuk muncul ke permukaan. Namun, kamu masih bisa menyiasatinya dengan melakukan diving atau snorkeling pada siang hari.

Tak sabar menikmati semua pesona yang ditawarkan Labuan Bajo? Ikut paket tour Labuan Bajo di AntaVaya yuk untuk mendapatkan pengalaman liburan terbaik! Hubungi +6221 6253 919 untuk info lebih lanjut.

Tour ke Labuan Bajo

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!