Domestik Smart Recommendation

15 Tempat Wisata Bangka Belitung Terbaru, Paling Hits Nih Buat Liburan Tahun Ini6 min read

26 July 2021

author:

15 Tempat Wisata Bangka Belitung Terbaru, Paling Hits Nih Buat Liburan Tahun Ini6 min read

Tempat wisata Bangka Belitung tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Mulai dari wisata pantai Belitung, pulau-pulau indahnya, hingga kekayaan bawah lautnya.

Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Bangka Belitung terbaru, kekinian, dan paling hits yang wajib kamu kunjungi. Cocok dikunjungi untuk liburan akhir pekan bersama orang terdekatmu!

1. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Rekomendasi wisata Bangka Belitung paling hits yang pertama adalah Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Wisata andalan di Belitung ini wajib dikunjungi jika kamu yang suka film Laskar Pelangi.

Replika sekolah yang dibuat untuk keperluan syuting ini hanya memiliki dua ruang kelas. Kondisinya sama seperti yang digambarkan dalam film. Replika SD Muhammadiyah Gantong atau SD Laskar Pelangi ini berada di Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur.

2. Museum Andrea Hirata

Masih berhubungan dengan film Laskar Pelangi, kamu juga harus mengunjungi Museum Andrea Hirata. Museum ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7.

Di Museum Andrea Hirata, kamu bisa melihat perjalanan novel Laskar Pelangi mulai dari foto halaman per halaman sampai diangkat menjadi film.

Destinasi Bangka Belitung ini juga sangat instagramable karena dicat warna-warna yang cerah. Bisa dapat foto-foto yang keren pastinya!

3. Kampoeng Ahok atau Kampoeng Fifi

Kampoeng Ahok menjadi terkenal karena merupakan asal dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/BTP. Namun sejak Maret 2019, Kampoeng Ahok diubah namanya menjadi Kampoeng Fifi.

Di kampung ini pengunjung dapat melihat-lihat bagaimana rupa rumah adat asli Belitung. Miniatur tempat tinggal keluarga BTP ini memiliki eksterior dan interior yang terjaga keasliannya.

Lantai dan dindingnya terbuat dari kayu. Di dinding ada banyak foto yang dipajang. Di sini kamu bisa membeli beraneka makanan dan minuman khas Belitung, seperti kue kering, keripik, hingga kue basah.

4. Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana

Selain wisata Laskar Pelangi, jangan lupa kunjungi juga Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana. Tempat ibadah di Belitung ini berdiri anggun di atas bukit.

Pemandangan di sekitarnya begitu menawan dengan udara yang sejuk. Vihara yang usianya lebih dari 250 tahun ini merupakan vihara terbesar dan tertua di destinasi wisata Belitung. Untuk menuju vihara ini, kamu harus naik 86 buah anak tangga.

Ada tiga tempat sembahyang di Vihara Dewi Kwan Im, yaitu Shimunyo, Sitiyamuni, dan Kon Im. Menariknya, di tempat tertinggi terdapat Patung Dewi Kwan Im setinggi 12 meter.

5. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi memiliki pasir putih layaknya pantai cantik lainnya di Belitung. Di sini juga terdapat banyak batu granit yang menjadi khas pantai di Belitung.

Pantai ini sudah dikenal kalangan Eropa sejak abad 17. Dari pantai ini, Belanda dan perusahaan asal Eropa melakukan penambangan timah secara diam-diam pada tahun 1770-1780. Jadi tak hanya indah, Pantai Burung Mandi Belitung juga memiliki nilai sejarah.

6. Pantai Tanjung Kelayang

Wisata Bangka Belitung memiliki banyak destinasi pulau yang indah. Untuk itu, coba deh island hopping menyusuri berbagai pulau kecil di Belitung. Destinasi pertama adalah Pantai Tanjung Kelayang.

Surga di Semenanjung Belitung ini sangat indah dengan paduan pasir putih, air laut berwarna kehijauan yang jernih, serta deretan batu granit raksasa.

7. Pulau Pasir Belitung

Tak hanya Pantai Tanjung Kelayang, mari kita island hopping di Bangka Belitung dengan naik kapal tradisional menuju Pulau Pasir. Pulau ini hanya muncul saat air laut surut, lho.

Sebenarnya Pulau Pasir tak bisa disebut pulau karena ukurannya sangatlah kecil, yaitu seluas lapangan bola. Destinasi wisata Belitung ini merupakan tumpukan daratan yang terdiri atas pasir halus khas Belitung.

Spot ini sangat diminati karena pemandangan indah yang disajikannya. Di sini kamu pun bisa bertemu dengan bintang laut yang lucu. Eits, tapi jangan dipegang ya, cukup dilihat saja.

8. Pulau Batu Berlayar

Destinasi island hopping di Belitung yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pulau Batu Berlayar. Pulau ini masih berada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Dari kejauhan, pulau ini terlihat seperti gundukan pasir yang dipenuhi batu granit.

Pulau Batu Berlayar juga memiliki biota laut yang cantik, lho.

9. Pulau Kepayang atau Pulau Babi

Pulau Kepayang jaraknya hanya sekitar 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini memiliki luas sekitar 12 hektare. Pulau terbesar di antara belasan pulau kecil di utara Belitung ini juga dijuluki Pulau Babi.

Pulau Kepayang menyajikan panorama laut yang jernih, pasir putih lembut, serta hamparan bebatuan granit besar. Dari pulau ini, kamu bisa melihat mercusuar Pulau Lengkuas dengan jelas.

Pengunjung pun bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan cantik.

10. Pulau Lengkuas

Wisata Bangka Belitung paling hits selanjutnya adalah pulau yang identik dengan mercusuarnya, yakni Pulau Lengkuas. Mercusuar di Pulau Lengkuas sudah berdiri sejak tahun 1882, lho. Jadi, pulau ini adalah tempat yang bersejarah.

Mercusuar setinggi 60 meter ini dibangunan di era kolonial Belanda. Sayangnya, pengunjung tidak boleh naik ke atas sejak tahun 2017.

Pesona Pulau Lengkuas tak hanya mercusuarnya saja, tapi pemandangannya yang indah. Biota lautnya juga cantik, jadi jangan lupa snorkeling saat ke sini.

11. Pantai Tanjung Tinggi

Masih dalam rangka menelusuri jejak Laskar Pelangi, jangan lupa eksplor juga Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi. Pantai cantik di Belitung ini diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

Pantai ini identik dengan batu granit besar di sekelilingnya. Air laut jernih berwarna biru muda, pasir putih bertekstur lembut, dan ombak yang tenang dijamin bikin kamu betah.

12. Pantai Bukit Berahu

Jika kamu suka pantai yang tenang dan damai, berkunjunglah ke Pantai Bukit Berahu Belitung. Pantai di Bangka Belitung ini memiliki pemandangan yang sangat memikat dengan deretan pohon kelapa.

Di pantai ini terdapat resort yang cantik bernama Bukit Berahu Cottages. Di sini kamu bisa berenang di kolam renang yang luas sambil melihat keindahan pantai.

13. Danau Biru atau Danau Kaolin

Puas menjelajahi pulau dan pantai di Belitung, jangan lupa eksplor Danau Biru atau Danau Kaolin ya. Danau ini dijuluki Danau Biru karena keindahan airnya yang berwarna biru turquoise.

Uniknya, daratan di sekitarnya berwarna putih sehingga membuat pemandangan di sini luar biasa uniknya. Danau Kaolin merupakan bekas area pertambangan kaolin. Kaolin sendiri adalah jenis mineral yang sering dipakai dalam industri kosmetik, kertas, hingga makanan.

14. Eco Wisata Gusong Bugis

Eco Wisata Gusong Bugis adalah destinasi Belitung yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Di sini terdapat pantai dan juga kawasan hutan bakau yang indah.

Kamu dan keluarga juga bisa mencoba berlayar dengan perahu di sini. Wisata ini menyediakan jembatan kayu yang bisa kamu lalui untuk menyusuri hutan mangrove.

Hal yang paling ditunggu-tunggu pengunjung di Gusong Bugis adalah pemandangan sunset-nya yang sangat indah. Kamu bisa memandangi matahari terbenam sambil duduk-duduk di saung yang sudah disediakan.

15. Tanjung Binga Belitung

Satu lagi hidden gems tempat wisata Bangka Belitung terbaru 2021 yang tak boleh dilewatkan, yaitu Tanjung Binga. Desa nelayan ini seperti surga tersembunyi di Belitung.

Suasananya masih alami dan sangat bersih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan jembatan dan gubuk-gubuk kecil di pinggir pantai. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Itulah 15 rekomendasi wisata terbaru dan terhits di Belitung yang wajib kamu kunjungi. Kalau mau liburan kamu lebih nyaman dan bebas repot, ikut paket tour Belitung bersama AntaVaya yuk!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!