Smart News

Keren, Inilah 7 Tradisi Unik Paskah dari Berbagai Negara di Dunia!6 min read

8 April 2020

author:

Keren, Inilah 7 Tradisi Unik Paskah dari Berbagai Negara di Dunia!6 min read

Selamat Hari Raya Paskah 2020 untuk kamu yang merayakan. Biasanya, tradisi unik Paskah apa yang kamu lakukan bersama keluarga? Meskipun Paskah tahun ini kita di rumah saja, jangan sampai mengurangi kehikmatannya, ya.

Buat kamu yang belum tahu, Hari Raya Paskah merupakan salah satu hari raya penting untuk umat Katolik di seluruh dunia. Ada empat rentetan perayaan yang diadakan, yaitu Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci (Malam Paskah), dan Minggu Paskah.

Paskah diperingati untuk mengingat kembali kematian Yesus Kristus. Selain berburu telur, ternyata masih banyak kebiasaan dan tradisi unik Paskah yang dilakukan berbagai negara di dunia.

Penasaran? Yuk, mengenal kebiasaan unik Paskah lebih jauh bersama AntaVaya.

1. Perayaan Unik Paskah di Argentina

View this post on Instagram

Falta poquito para las pascuas y no podía faltar la receta de la #roscadepascua Esponja Harina 100g Leche 125 cc Levadura 25g Masa Esponja 250g Harina 400g Huevos 3u. Manteca 125g Azúcar 100g Vainilla c/n Miel 15g Ralladura de limón c/n Relleno Crema pastelera c/n Azúcar granulada Frutas abrillantadas, pasas de uva. Preparación: hacer la esponja con 100g de harina, leche y levadura. Dejar levar. En un bols poner huevos, azúcar, escencia, ralladura y la masa previa. Mezclar. Añadir harina y comenzar a amasar. Agregar por último la manteca. Amasar hasta obtener una masa suave y homogénea. Tapar con un nylon y dejar reposar por 25 min. Cortar las piezas del peso que desee, tapar el bollo y dejar reposar nuevamente. Luego marcar con el codo un orificio en cada bollo, agrandar el orificio para que quede del mismo espesor en toda la circunferencia. Colocar en una placa enmantecada, pintar con doradura. Levar., decorar con crema pastelera y llevar a horno 180ºc de 30 a 35 min dependiendo del tamaño. O bien realzar una pre-cocción, luego agregar la crema Pastelera, y terminar de cocinar. Una vez salida del horno, decorar con azúcar granulada y frutas.#pascuas#roscasdepascuas #panaderia #juanmanuelherrera @elgourmet.tv

A post shared by Juan Manuel Herrera (@juanmanuelherrera1) on

Penduduk Argentina merayakan Minggu Paskah dengan memakan telur paskah serta berbagi kue khas perayaan Paskah bernama Rosca de Pascua. Dari fotonya saja, sudah terlihat lezat bukan?

Tak hanya itu saja, mereka juga menjalankan tradisi Paskah dengan bertukar telur bersama keluarga, kerabat, maupun teman-teman. Puncak acaranya, keluarga akan makan malam enak bersama-sama.

Hal yang membuat perayaan Paskah di Argentina menjadi unik adalah biasanya mereka juga akan menyelenggarakan acara BBQ sambil berburu harta karun.

Tak tanggung-tanggung, tradisi unik Paskah ini diselenggarakan langsung oleh pemerintah kota-kota besar di Argentina, lho. Jadi, semuanya bisa ikut dan berkompetisi. Seru banget, ya?

2. Hari Raya Paskah di Finlandia

Ada banyak tradisi unik Paskah yang belum banyak diketahui orang Indonesia, salah satunya adalah perayaan Paskah di Finlandia. Anak-anak di Skandinavia punya cara tersendiri dalam merayakan hari suci ini.

Mereka akan memakai kostum seperti penyihir dan wajah mereka juga akan dilukis. Berbalut syal dan sambil membawa ranting pohon willow yang dihiasi bulu-bulu ini, anak-anak ini akan meminta cokelat berbentuk telur pada setiap orang di jalan. Seperti Halloween, ya?

Di sejumlah wilayah Finlandia Barat, penduduknya juga memiliki kebiasaan membuat api unggun di hari Minggu Paskah. Api tersebut dipercaya bisa menangkal penyihir yang terbang menggunakan sapu di hari Jumat Agung hingga Minggu Paskah.

Selain tradisi Paskahnya yang unik, Finlandia juga merupakan destinasi yang wajib kamu datangi untuk melihat aurora. Semoga nanti kita bisa liburan ke sini ya, amin!

3. Uniknya Paskah di Prancis

Prancis adalah salah satu destinasi favorit traveler di seluruh dunia. Negara ini bahkan menjadi primadona bagi pasangan honeymoon karena nuasanya yang romantis.

Wajib download aplikasi edit foto terbaik deh kalau ke sini supaya bisa eksis di media sosial!

Lalu, tradisi unik Paskah apa yang ada di Prancis? Ternyata mereka biasa merayakan Paskah sambil menikmati omelet raksasa yang disiapkan di alun-alun utama Kota Haux, Paris.

Masyarakat Prancis yang membuat Omelet raksasa ini. Telur yang digunakan pun sangat banyak, yakni mencapai 4500 butir yang bisa dinikmati hingga 1000 orang. Kebayang enggak tuh gedenya?

Konon, tradisi unik Paskah di Prancis ini bermula saat Napoleon dan tentaranya sedang mengembara dan berhenti di sebuah kota kecil lalu menyantap omelet.

Tak disangka, Napoleon sangat menyukai omelet tersebut. Napoleon pun memerintahkan seluruh penduduk kota untuk mengumpulkan telur dan membuat omelet raksasa supaya bisa dinikmati pasukannya esok hari. Sejak saat itu, tradisi ini masih dipertahankan.

Semoga kita bisa segera traveling lagi ya ke Paris.

4. Menariknya Merayakan Paskah di Mesir

Mesir juga memiliki tradisi unik saat merayakan Paskah, yaitu gereja-gereja akan didekor dengan bunga-bunga serta pohon palem. Menariknya, anak-anak akan diberi daun palem yang sudah diberkati dengan air suci setelah berdoa di Minggu Paskah

Setelah itu, sama seperti perayaan lebaran atau hari-hari raya besar lainnya, penduduk Mesir akan merayakan Paskah dengan mengunjungi keluarga, kkerabatan, maupun teman untuk makan malam bersama.

5. Tradisi Unik Paskah di Hungaria

Hungaria punya tradisi unik saat merayakan Paskah, yaitu sprinkling. Tradisi ini biasanya dilakukan pada Senin Paskah atau dikenal dengan istilah Ducking Monday.

Sprinkling sendiri merupakan tradisi unik Paskah di Hungaria saat pria menyiram parfum, air wangi, atau cologne pada anak perempuan kemudian meminta cium.

Penduduk Hungaria percaya radisi penyiraman air ini dapat memberikan efek kesuburan, pembersihan, bahkan penyembuhan.

6. Siram-siraman Saat Paskah di Polandia

Hampir sama seperti Hungaria, Polandia juga memiliki tradisi unik Paskah bernama Smigus-dyngus. Di hari Senin Paskah, para pemuda akan berlomba-lomba menyiramkan air pada orang lain.

Biasanya mereka memakai pistol air atau ember untuk membasahi orang lain. Menurut kepercayaan, gadis yang basah kuyup di hari tersebut bisa segera menikah, lho. Tertarik disiram?

7. Gerobak yang Meledak di Florence, Italia

Italia adalah salah satu negara yang memiliki korban Covid-19 paling banyak di dunia. Kebijakan lockdown di negara ini tentu membawa banyak dampak pada kehidupan warga Italia, baik yang positif maupun negatif.

Salah satunya adalah perubahan lingkungan yang positif di Italia.

Bukan hanya saat tahun baru, warga di Florence, Italia juga merayakan Paskah sambil menyalakan kembang api. Tradisi unik ini dinamakan Scoppio del Carro atau gerobak yang meledak-ledak.

Disebut demikian karena sebuah gerobak dengan ukiran cantik akan diisi penuh dengan kembang api. Gerobak tersebut kemudian diarak oleh warga yang mengenakan kostum dari abad ke-15 menuju halaman depan gereja.

Kenapa memakai kostum dari abad ke-15? Sebab tradisi Paskah di Italia ini usianya sudah mencapai 350 tahun. Wow!

Setelah diarak ke halaman gereja, Uskup Agung Florence akan menyalakan sumbunya saat misa Paskah. Gerobak pun akan memercikkan kembang api yang meriah. Tradisi ini diadakan untuk memperingati Perang Salib Pertama dan merupakan simbol permohonan supaya hasil panen bagus.

Meskipun Hari Raya Paskah 2020 tidak bisa semeriah tahun-tahun sebelumnya, kita tetap harus mensyukuri segalanya. Yang paling penting, tetap sehat dan positif supaya nanti bisa jalan-jalan lagi bersama AntaVaya. Setuju?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!