Smart Guide

Syarat Visa Schengen untuk Liburan ke Spanyol dan Portugal, Sudah Tahu?3 min read

30 October 2019

author:

Syarat Visa Schengen untuk Liburan ke Spanyol dan Portugal, Sudah Tahu?3 min read

Sudah tahu apa itu Visa Schengen? Visa Schengen adalah visa kunjungan singkat untuk wisatawan yang akan mengunjungi negara-negara di Eropa. Visa ini berlaku selama 90 hari dalam periode 6 bulan untuk tujuan wisata dan bisnis. Ada 26 negara di Eropa (UE dan non-UE) yang masuk dalam kawasan Schengen, salah satunya adalah Spanyol, Portugal, dan Maroko.

Visa untuk masuk ke Negara Eropa ini sebaiknya diajukan 3 minggu sebelum perjalanan. Bisa juga 2 minggu sebelum keberangkatan. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurus pembuatan Visa Schengen atau Visa Eropa, AntaVaya siap membantu kok. Kamu cukup menyiapkan dokumen dan syarat membuat Visa Schengen untuk liburan ke Spanyol, Portugal, dan Maroko saja. Inilah syaratnya!

Syarat Membuat Visa Group Spain Portugal Morocco

Syarat Visa Schengen untuk Liburan ke Spanyol, Portugal, dan Maroko - Sumber: Flickr
Syarat Visa Schengen untuk Liburan ke Spanyol, Portugal, dan Maroko – Sumber: Flickr

Proses Visa Spanyol atau Visa Schengen untuk wilayah Spayol, Portugal, dan Maroko membutuhkan waktu ±12-15 hari kerja dari tanggal appointment. Yuk, kumpulkan dokumen di bawah ini jika kamu ingin liburan keliling Eropa!

1. Mengisi dan menandatangani Form Data Diri Permohonan Visa dan juga Form Visa Spain
2. Paspor asli yang masih berlaku di atas 6 bulan dari tanggal kepulangan terakhir dan tidak boleh ada nama tambahan (kecuali pernah pergi umroh atau haji).
3. Jika ada paspor lama harap dilampirkan.
4. Bersedia datang untuk BIOMETRIK (fingerprint & scan mata) di PT BLS SPAIN VISA CENTRE di Palma One Building Unit 1001, Lantai 10 (Anak-anak di bawah 12 tahun tidak perlu datang).
5. Foto studio (bukan hasil scan/print komputer) 3,5 x 4,5 = 2 lembar berwarna dan terbaru dengan latar putih (tidak pernah dipakai untuk foto visa sebelumnya) dengan proporsi wajah 75%. Harus kelihatan dahi dan telinga.
6. Surat Sponsor dari tempat bekerja/perusahaan sendiri menggunakan kop surat, TTD + stempel, ditujukan kepada Kedutaan SPAIN: Mohon ditulis “Join tour to Europe for holiday & HANYA BULAN SAJA (ex: November 2017/Desember 2017). Mohon cantumkan juga NOMINAL GAJI per bulannya untuk karyawan (jika tidak maka wajib melampirkan Slip Gaji bulan terakhir), dan PENGHASILAN per bulan jika pemilik perusahaan.
7. Bukti keuangan (pilih salah satu):
– Buku tabungan pribadi (di kopi dari halaman pertama s/d transaksi terakhir). Wajib ada.
– Rekening Koran (3 bulan terakhir).
– Jika melampirkan deposito, hanya bisa sebagai tambahan saja jika saldo rekening berjalan sudah mencukupi.
– Referensi Bank, cantumkan nomor akun, jumlah nominal, dan nama yang akan berangkat. To: Embassy of Spain
8. Fotokopi SIUP perusahaan (untuk pemilik), SIP (Surat Izin Praktek) untuk dokter.
9. Fotokopi Kartu Keluarga.
10. Fotokopi Akta Nikah.
11. Surat Izin Suami jika istri berpergian tanpa ditemani suami di atas materai Rp6.000 + FC KTP suami.
12. Akta Ganti Nama apabila nama berbeda.
13. Fotokopi KTP.
14. Untuk peserta anak, mohon lampirkan:
– Fotokopi Akta Lahir.
– Surat Keterangan dari Sekolah/Universitas dalam Bahasa Inggris jika anak masih bersekolah.
– Jika anak sudah memasuki usia produktif dan sudah bekerja, diminta melampirkan rekening pribadi dan surat sponsor dari perusahaan tempat dia bekerja.
– Jika di bawah umur 18 tahun, dilengkapi dengan Izin orangtua bila salah satu/atau kedua orangtuanya tidak ikut tur dan harus dilegalisir oleh notaris.
– Kedua orangtua diminta tanda tangan di formulir anak di sebelah tanda tangan anak pada formulir visa untuk anak di bawah 18 tahun.

Mudah bukan syarat untuk membuat Visa Group Spain Portugal Morocco? Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan sungkan bicarakan pada kami ya. Yuk, siapkan liburan bersama orang-orang tersayang hanya di AntaVaya. The SMART way to travel!

One Comment
  1. SANDI TANDIAYU

    I am still confused to get Portugal Visa, Am I submit the application via online or manually? what is the name of the site for filling out a portuguese visa form and where can I get the form if via manual

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!