Domestik Smart Recommendation

Tempat Makan Legendaris: 10 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak 20209 min read

3 November 2020

author:

Tempat Makan Legendaris: 10 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak 20209 min read

Tak hanya memiliki wisata alam yang indah dan mengagumkan, kuliner tradisional khas Banyuwangi juga terkenal enak-enak lho. Inilah 10 rekomendasi makanan khas Banyuwangi yang paling enak dan legendaris.

Harganya juga murah, wajib banget dicoba saat liburan! Yuk, wisata kuliner ke daftar tempat makan legendaris di Banyuwangi berikut ini.

1. Ayam Pedas Rantinem Genteng Khas Banyuwangi

Rekomendasi tempat makan legendaris di Banyuwangi yang pertama adalah Ayam Pedas Ibu Rantinem telah buka sejak era 1970-an.

Kuliner Lezat dari Banyuwangi ini sangat populer karena rasa pedasnya yang khas. Ayam kampung digunakan sebagai bahan baku sehingga rasanya sangat gurih.

Cara memasak makanan khas Banyuwangi yang terkenal enak ini juga unik. Sebelum dicampur dengan bumbu berkuah santan pedas, ratusan potong ayam kampung akan dibakar terlebih dahulu.

Setelah itu, baru direbus di dalam kuah santan pedas selama beberapa jam. Kebayang kan nikmat dan pedasnya! Pencinta pedas, wajib merapat deh pokoknya.

Harga Ayam Pedas Rantinem juga murah lho, sekitar Rp20.000 per porsinya. Menu favorit kuliner Banyuwangi ini adalah kepala ayam pedas yang selalu ludes diburu pembeli. Kalau mau mencicipi kepala ayam pedas, sebaiknya pesan sehari sebelumnya ya supaya kebagian.

Alamat: Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68465
Jam buka: 16.00–03.00
Telepon: 0813-5800-8125

2. Sego Cawuk Bu Mantih, Kuliner Legendaris Banyuwangi

Kamu juga wajib mengunjungi kuliner legendaris yang satu ini saat liburan ke Banyuwangi. Sego Cawuk Bu Mantih ini sudah berdiri sejak tahun 1972, lho. Enggak heran kalau tempat makan di Banyuwangi ini sangat populer.

Sego cawuk sendiri adalah nasi yang disajikan dengan kuah parutan kelapa muda dan dilengkapi dengan jagung muda yang dibakar. Lalu dicampur dengan timun serta cabai dan asem.

Sego cawuk di warung Bu Mantih terdiri dari nasi yang diguyur kuah pindang, kuah bumbu rujak, dan kuah parutan kelapa (trancam).

Kamu bebas memilih lauk, mulai dari krecek, cecek, telur cit, dendeng sapi, hingga aneka pepes super lezat. Manis, gurih, dan asam jadi satu. Segar!

Harga makanan di Sego Cawuk Bu Mantih juga murah banget, lho. Untuk sepiring makanan menggugah selera, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 10-20 ribu saja. Cocok banget dikunjungi untuk sarapan lezat di Banyuwangi!

Alamat: Jalan KH Wahid Hasyim, Banyuwangi
Jam buka: 06.00–11.00 (Senin tutup)

3. Nasi Tempong Mbok Nah, Pedasnya Nampar Banget!

Lihat postingan ini di Instagram

NASI TEMPONG MBOK NAH 🌶 Akhirnya kesampean nyobain Nasi Tempong langsung dari kota aslinya, Banyuwangi! Sego tempong ini biasanya sudah terdiri dari sayuran bayam, kol, kemangi, timun dan terong rebus.. Sementara untuk lauk umumnya menggunakan tahu goreng, tempe goreng, bakwan jagung, serta ikan asin..Nah kalo yg cikul order ini pake tambahan ikan tongkol goreng harga seporsinya cuma 15K dong!!! Yang membedakan sambal tempongnya pedes banget, tipikal sambal tomat dengan wangi dan asam jeruk limo 😋 Pertama kali ke Banyuwangi, ga nyangka kalo kuliner sini enak2 dan keindahan alamnya luar biasa 🤩 Bakal kesini lagi pasti! •• 📍 : Jl. Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi • • #kulinerbanyuwangi #kulinerindonesia #kulinerpedas #indonesianfood #localfood #spicy #spicyfood #makananindonesia #foodporn #nasitempong #streetfood #masakanindonesia #kulinerenak

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cikul •ﻌ• (@cicikuliner) pada

Mau mencoba kuliner legendaris khas Banyuwangi? Cobain deh nasi tempong di Nasi Tempong Mbok Nah yang terkenal enak. Nasi tempong sendiri adalah nasi hangat yang disajikan bersama ayam goreng, telur dadar, jeroan ayam, dan lauk lainnya.

Kemudian dilengkapi dengan kemangi, lalapan, timun, dan sambal terasi super pedas. Enaknya pol! Wajib hukumnya mencoba kuliner lokal Banyuwangi ini.

Buat yang suka pedas, pasti suka dengan makanan khas Banyuwangi ini. Pedasnya bikin serasa ditampar! Seporsi Nasi Tempong Mbok Nah murah banget lho fellas, sekitar Rp8.000 hingga belasan ribu rupiah saja. Tergantung lauk yang kamu pilih.

Alamat: Jalan Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
Jam buka: 09.00–00.00 (Jumat tutup)

4. Pondok Rujak Soto, Kuliner Unik Khas Banyuwangi

Rujak soto? Pasti kamu merasa janggal dengan nama tersebut. Orang Banyuwangi memang senang menggabungkan dua menu menjadi satu hidangan yang menggoyang lidah. Nah, rujak soto adalah makanan khas yang populer di Banyuwangi.

Rujak soto sangat mudah ditemukan. Rekomendasi rumah makan untuk menikmati kuliner khas ini adalah Pondok Rujak Soto. Tempat makan di Banyuwangi ini sangat legendaris karena sudah dikelola oleh generasi ke 3.

Di Pondok Rujak Soto, kamu bisa menikmati rujak soto yang dilengkapi telur rebus. Kuahnya sedikit hitam dengan cita rasa yang unik: perpaduan rasa rujak yang pedas dengan kuah soto dan daging yang gurih. Maknyus!

Pisang klutuk merupakan bahan wajib yang membuat rasa khas dalam Rujak Soto. Untuk menikmati makanan khas Banyuwangi legendaris ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp20.000.

Alamat: Jalan Basuki Rahmat No.147, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68414
Jam buka: 08.00–20.00

5. Pecel Rawon RM. Pecel Ayu, Unik dan Legendaris!

Lihat postingan ini di Instagram

Nasi pecel rawon. . Ada yang suka pecel? Kalo rawon, ada yang suka juga gak? . Nah, versi Banyuwangi .. makan pecel bisa dicampur dengan rawon lho. Tadinya sih kami bingung hihihi .. kayak gimana rasanya ya?… karena keseringannya khan makan pecel ya pecel aja, makan rawon ya rawon aja gitu.. Tapi gak apa .. emang harus dicoba. Siipp.. “Mbak, pesen 2 nasi pecel rawon ya mbak..” . Ehh .. ternyata lezaaattt lho pemirsah👌👌😋🤤😋 Pecel, rawon daging sapi trus dikasih tambahan serundeng kelapa, tempe goreng plus rempeyek teri … nyam nyaammm 👍👍👍👍 segera tandas hahaha . Kalau ada yang mau trip ke Banyuwangi, boleh nih harus dicoba nasi pecel rawonnya ya🤗 . . #DaniekAbiTripsDiary#JalanJalanKeBanyuwangi#localculinary#Indonesianfood#localcuisine#foodbeast#kuliner#Banyuwangi

Sebuah kiriman dibagikan oleh Daniek Boediman Abdi❣ (@andanaabdi) pada

Satu lagi makanan unik khas Banyuwangi yang dibuat dari dua hidangan, yaitu pecel rawon. Kamu bisa menikmati kuliner lezat ini di Pecel Rawon RM. Pecel Ayu yang terkenal legendaris dan sudah berdiri sejak 1988.

Pecel rawon adalah nasi pecel biasa yang disiram kuah rawon. Penyajiannya dilengkapi dengan empal daging, serundeng, peyek udang, dan tahu goreng. Kemudian juga ditambah sayuran rebus, seperti kacang panjang, taoge, dan bayam.

Rasanya enak, kaya rempah serta kaldu. Rasa manisnya juga tidak terlalu dominan, pas. Wajib coba deh pokoknya! Harganya juga murah, sekitar Rp15.000 untuk satu porsi.

Alamat: Jalan Adi Sucipto, No. 65, Banyuwangi
Jam buka: 06.30–20.30

6. Ayam Kesrut Kanggo Riko, Asam Pedas Segar

Lihat postingan ini di Instagram

Sup Kesrut "Kanggo Riko". Lokasi di Banyuwangi. Tempat makannya kecil dan seperti warung biasa dengan konsep dapur terbuka. Makanan disini langsung dihidangkan 1 set seperti foto diatas, ada ayam goreng, lalapan khas banyuwangi (sawi rebus dan timun), jamur goreng, tempe goreng, sambal tempong, dan sup kesrut. Sambal tempong itu artinya menampar, dan asli beneran langsung pedas di awal. Sup kesrut ini seperti asem-asem tetapi diberi cabe sehingga rasanya cenderung asam pedas. Hawa lokasi yang cukup dingin sambil menyantap makanan pedas, cocok! @makananhita #banyuwangi #makananbanyuwangi #supkesrut #sopkesrut #supkesrutbanyuwangi #sambaltempong #sambaltempongbanyuwangi #kulinerjatim #makananjatim #wisatabanyuwangi

Sebuah kiriman dibagikan oleh Referensi Makanan Rakyat (@makananhita) pada

Ada banyak makanan khas Banyuwangi yang unik dan belum diketahui banyak orang. Salah satunya adalah sop kesrut yang bisa kamu coba saat liburan di Banyuwangi yang terkenal dengan julukan “The Sunrise of Java”.

Sop kesrut adalah makanan legendaris khas Banyuwangi yang mulai jarang ditemukan. Kuliner kuno Suku Osing ini untungnya bisa kamu cicipi di Ayam Kesrut Kanggo Riko.

Penampilannya mirip dengan sayur asem, bedanya sajian sop Kesrut menggunakan potongan daging ayam kampung dan kuah asam pedas.

Begitu dimakan, langsung terasa sensasi segar, pedas, asam, dan gurih yang begitu nikmat. Potongan ayam kampungnya juga empuk.

Meski sederhana, menu spesial dari Banyuwangi ini banyak peminatnya, lho. Jangan lupa tambahkan sambal tempong, ya. Pedas tapi Nagih! Harganya sekitar Rp30.000, sudah termasuk ayam kampung goreng, jamur krispi, lalapan, tempe goreng, serta sambal tempong.

Alamat: Dusun Karangsari, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi
Jam buka: 00.00–habis

7. Rawon Bik Ati, Tempat Makan Enak di Banyuwangi

Lihat postingan ini di Instagram

Rawoooon buntut bik Ati.. peudesnya nampol

Sebuah kiriman dibagikan oleh sovelinda sofyan (@lindasofyan62) pada

Rumah makan di Banyuwangi ini sudah lama terkenal sebagai juaranya daging rawon sejak 1948. Resep rawonnya bahkan sudah diwariskan turun-temurun selama empat generasi, lho. Legendaris dan enak banget, deh.

Waroeng Bik Ati kini memiliki empat cabang, salah satunya berada di Bandung. Harganya bervariasi, mulai dari Rp30-50 ribu.

Menu yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari rawon empal, rawon buntut, rawon limpa, hingga rawon babat. Di restoran ini juga tersedia menu lain, seperti ayam goreng, pecel lele, hingga udang goreng.

Alamat: Jalan A. Yani, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
Jam buka: 08.00–21.00

8. Warung Soto Pak Salim, Kuliner Nikmat di Banyuwangi

Kamu pencinta soto? Wajib mampir ke Warung Soto Pak Salim jika sedang jalan-jalan ke destinasi hits di Banyuwangi. Pilihan sotonya juga cukup beragam, seperti soto daging, soto ayam, hingga rujak soto.

Berbeda dari soto pada umumnya, kuah soto di Warung Soto Pak Salim lebih pekat, kental, dan kaya bumbu. Jadinya, maknyus banget! Tak hanya soto, kamu juga bisa memesan nasi goreng, capcay, dan mi goreng di sini.

Alamat: Jalan A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi, Jawa Timur 68416
Jam buka: 06.30–22.30

9. Warung Lya Banyuwangi, Sajian Lodeh Koro yang Pedas

Lihat postingan ini di Instagram

Lodeh koro pedes legendaris @warunglyaofficial

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gigih Indrawan (@gigihindrawan_gih) pada

Jika kamu suka pedas dan sedang lewat jalur Utara Banyuwangi, wajib mampir di Warung Lya. Makanan khas Banyuwangi ini menyajikan menu spesial, yaitu Lodeh Koro Pedas.

Warung makan legendaris ini sudah dikelola oleh tiga generasi, lho. Rasa pedas khas lodeh koronya pun sudah dipertahankan selama 30 tahun.

Rumah makan ini buka 24 jam sehingga siapa pun bisa mampir ke sini. Meski disajikan hangat, lodeh koro pedas di Warung Lya sudah dimasak sehari sebelumnya supaya bumbu lebih meresap. Mantap!

Alamat: Jalan Raya Situbondo No. 425, Dusun Alasmalang, Alasrejo, Banyuwangi 68453
Jam buka: 24 jam

10. Sego Bungkus Bu Poer, Sederhana Namun Kekinian

Sego Bungkus Bu Poer cukup populer bagi masyarakat asli Banyuwangi. Di warung ini ada banyak pilihan kuliner tradisional dan khas dari Jawa.

Kamu bisa memilih berbagai jenis nasi, seperti nasi merah, nasi jagung, nasi kuning, dan nasi putih. Lauk-pauknya juga banyak, seperti ikan laut, telur dadar, gudeg, oseng-oseng mercon, dan juga gorengan.

Tempat makan legendaris di Banyuwangi yang patut dicoba!

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No. 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Banyuwangi 68415
Jam buka: 07.00–21.00

Itulah 10 rekomendasi tempat makan enak di Banyuwangi yang menyajikan kuliner khas dan legendaris. Menggoda banget, kan? Yuk jalan-jalan ke Banyuwangi bersama AntaVaya. Jangan lupa subscribe blog antavaya.com untuk mendapatkan informasi kuliner legendaris lainnya.

Pesan Tiket ke Banyuwangi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!