Smart Guide

20 Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!6 min read

10 November 2020

author:

20 Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!6 min read

Mau rekomendasi oleh-oleh makanan atau suvenir dari Jogja? Intip yuk 20 daftar lengkap oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu beli untuk orang-orang tercinta.

Rekomendasi Oleh-Oleh Makanan dari Jogja

1. Bakpia Pathuk, Oleh-Oleh Jogja yang Populer

Oleh-Oleh Khas Jogja - Bakpia Pathuk - mamiicaca1234
Bakpia Pathuk – Sumber Instagram: mamiicaca1234

Selain punya banyak destinasi indah yang bikin nyaman, Yogyakarta punya banyak pilihan oleh-oleh yang enak, murah, dan istimewa. Tak heran jika Jogja masuk ke dalam destinasi paling hits di Jawa.

Belum ke Jogja namanya kalau pulang tidak bawa oleh-oleh bakpia. Kue yang umumnya terbuat dari campuran kacang hijau, gula, kemudian dibungkus dengan tepung ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Tak hanya enak, cara makannya pun praktis. Inovasi pun terus dilakukan untuk membuat oleh-oleh Jogja ini semakin disukai oleh berbagai kalangan.

Tidak hanya rasa kacang hijau, kini bakpia jogja memiliki beragam macam varian seperti cokelat, durian, keju, red velvet, hingga green tea.

Perkembangan ini sangat pesat jika mengingat dulunya kue yang dipengaruhi budaya China ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas di sebuah desa bernama Pathuk pada awal abad ke-20.

Setidaknya ada empat merek bakpia yang selalu menjadi incaran wisatawan hingga saat ini. Di antaranya Bakpia 25, Merlino, Citra Premium, dan Kurnia Sari. Merek mana yang biasanya kamu beli untuk oleh-oleh sehabis liburan dari Jogja?

2. Bakpia Kukus Tugu Jogja, Oleh-Oleh Kekinian

Camilan Enak Yogyakarta - Bakpia Kukus Tugu Jogja - alfinkenyang
Bakpia Kukus Tugu Jogja – Sumber Instagram: alfinkenyang

Jika kamu bosan dengan bakpia biasa, cobalah beli oleh-oleh Bakpia Kukus Tugu Jogja. Perbedaannya dengan bakpia pathuk adalah teksturnya lebih lembut di bagian luar maupun dalam.

Bakpia kekinian ini sedang naik daun karena keunikannya. Satu kotak isi 10 harganya mulai dari Rp33.300. Varian rasanya cukup banyak, yaitu kacang hijau, kacang merah, keju, stoberi, cokelat, dan pandan.

3. Gudeg Kalengan, Makanan Khas Jogja yang Unik

Makanan Enak Yogyakarta - gudeg_kalengan
Oleh-Oleh Khas Jogja – Sumber Instagram: gudeg_kalengan

Kuliner khas apa yang paling identik dengan Yogyakarta? Ya, gudeg! Olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan disajikan bersama sambal goreng krecek ini sangat mudah ditemukan di Kota Pelajar.

Rasanya yang khas membuat gudeg selalu dicari oleh wisatawan. Oleh karena itu, jangan sampai enggak beli oleh-oleh gudeg dari Yogyakarta, ya.

Kini, gudeg tidak hanya dijual dalam bentuk besek atau kendil saja lho. Kuliner Yogyakarta ini semakin mudah dibawa pulang karena tersedia dalam bentuk kalengan.

Masa kedaluwarsanya juga cukup lama, yakni mencapai satu tahun tanpa mengurangi cita rasanya. Jadi, enggak perlu khawatir lagi gudeg yang kamu bawa basi dalam perjalanan.

4. Walang Goreng, Camilan Unik dari Gunungkidul

Walang Goreng - camilan_gunungkidul
Walang Goreng – Sumber Instagram: camilan_gunungkidul

Oleh-oleh Jogja ini bisa dibilang cukup ekstrem. Bagaimana tidak, walang goreng khas Gunungkidul ini merupakan camilan belalang goreng!

Tak ada salahnya mencicipi dan membawa pulang walang goreng sebagai oleh-oleh unik khas Jogja. Pasti seru menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman.

Jangan takut, walang goreng rasanya enak kok. Oleh-oleh ini juga bisa dijadikan sebagai lauk lezat yang kaya kandungan protein.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Tour ke Raja Ampat

Umumnya ada tiga rasa yang bisa kamu pilih, yaitu gurih, pedas, dan bacem. Harganya beragam, namun rata-rata Rp50.000 untuk satu toples.

5. Keripik Welut, Olahan Belut yang Lezat

Camilan Yogyakarta - Keripik Welut - belut_keripik
Keripik Welut – Sumber Instagram: belut_keripik

Yogyakarta terkenal dengan kebudayaannya yang masih terjaga. Jika kamu tertarik belajar kebudayaan Jogja lebih dalam, kamu bisa mengunjungi desa-desa wisata di Jogja, seperti Desa Wisata Kasongan dan Desa Wisata Tembi.

Sepulangnya dari desa wisata di Jogja, jangan lupa belanja keripik welut ya sebagai oleh-oleh. Mampirlah ke Pusat Kuliner Belut Godean, Sleman yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota.

Di sini, kamu bisa menemukan puluhan penjual keripik welut (belut) yang renyah dan lezat. Harganya sekitar Rp100.00/kg, tergantung ukuran dan campuran tepungnya.

Pusat kuliner ini juga menjual olahan belut lainnya, seperti mangut welut, pepes welut, sego welut, hingga sambal penyet welut. Yummy!

6. Geplak, Camilan Manis dari Jogja

Makanan Enak Khas Yogyakarta - Geplak - triwinar76
Geplak – Sumber Instagram: triwinar76

Ada banyak pilihan camilan manis khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang, salah satunya adalah geplak. Makanan khas wisata Bantul ini adalah kue warna-warni yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah atau gula pasir.

Geplak biasanya dikemas di wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Awalnya, geplak hanya dibuat dalam dua warna, yaitu warna putih yang menggunakan gula tebu serta dan warna cokelat yang terbuat dari gula jawa.

Seiring perkembangan zaman, muncul kreasi baru dari segi warna hingga rasa. Kini geplak ada yang berwarna merah, kuning, bahkan hijau. Rasanya juga macam-macam, ada jahe, stroberi, sampai durian.

7. Yangko, Mocinya Jogja

Makanan Enak Khas Jogja - Geplak - triwinar76 - Yangko - dapoersikoko
Yangko – Sumber Instagram: dapoersikoko

Yangko adalah makanan tradisional warna-warni yang terbuat dari tepung ketan dan dibalut tepung di bagian luarnya. Bentuknya kotak dan rasanya cenderung manis dan sangat khas.

Bisa dibilang, yangko adalah mocinya Jogja karena memiliki tekstur yang lembek dan kenyal. Sudah pernah mencoba oleh-oleh makanan dari Jogja ini belum? Jangan lupa beli yangko saat liburan ke Jogja, ya.

8. Salak Pondoh Sleman, Oleh-Oleh Manis dari Jogja

Buah Tangan dari Yogyakarta - Salak Pondoh - yenty_li3
Salak Pondoh – Sumber Instagram: yenty_li3

Bukan hanya camilan saja, kamu juga bisa membeli buah sebagai oleh-oleh Jogja, yaitu salak pondoh. Sleman, khususnya di lereng Gunung Merapi, telah lama dikenal sebagai tempat budi daya salak pondoh.

Uniknya lagi, kamu boleh memetik buah salak sendiri untuk dibawa pulang atau dimakan langsung. Rasanya manis dan segar, cocok dijadikan sebagai oleh-oleh Jogja.

9. Jogja Scrummy, Oleh-Oleh Kekinian dari Jogja

Buah Tangan dari Jogja - jogjascrummy
Sumber Instagram: jogjascrummy

Beberapa tahun belakangan ini, ada banyak artis yang terjun dalam dunia kuliner dan oleh-oleh. Salah satu yang berkembang di Jogja adalah Jogja Scrummy.

Kuliner yang dipasarkan oleh Dude Herlino ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Produknya sendiri merupakan paduan brownies kukus dan puff pastry berlapis krim dengan bentuk persegi panjang.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Rekomendasi Pantai Tersembunyi di Bali dengan Pemandangan Paling Spektakuler

Pilihan rasa Jogja Scrummy yang bisa kamu pilih di antaranya cokelat, keju, mangga, srikaya, hingga karamel.

10. Cokelat Monggo, Cokelat Asli Indonesia

Buah Tangan dari Jogja - cokelatmonggojogja
Sumber Instagram: cokelatmonggojogja

Jangan lupa boyong Cokelat Monggo untuk oleh-oleh dari Jogja. Monggo menggunakan cokelat asli Indonesia dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kualitasnya tak kalah dengan cokelat lezat khas Belgia.

Produk ini dibuat oleh sekelompok warga lokal dan ekspatriat asal Belgia. Ide ini muncul karena minimnya cokelat batangan berkualitas di Indonesia.

Cokelat yang lahir pada tahun 2005 ini memiliki banyak varian rasa, yaitu susu, karamel, stroberi, durian, mangga, hingga rasa cabai merah. Wow, unik sekali ya!

Kelebihan oleh-oleh Jogja ini adalah menggunakan premium dark chocolate hingga 69%. Jangan lupa mampir ke Kotagede jika ingin mengunjungi pabrik utamanya.

11. Tasuba, Alternatif Oleh-Oleh dari Jogja

Camilan Enak Jogja - Tasuba - lathifahedib
Sumber Instagram: Tasuba – lathifahedib

Mungkin masih jarang yang membeli tasuba sebagai oleh-oleh dari Jogja. Tasuba alias tahu bakso lebih identik sebagai oleh-oleh dari Semarang, namun kamu masih bisa menemukannya di Yogyakarta.

Tasuba Jogja yang lezat ini bisa bertahan hingga 6 bulan meski tanpa pengawet sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan. Harganya sekitar Rp32.000 dengan isi 5-10 buah. Berminat mencoba?

<12. Mamahke Jogja, Toko Oleh-Oleh Milik Zaskia Mecca

Camilan Enak Jogja  - mamahkejogja
Sumber Instagram: mamahkejogja

Jika Dude Herlino punya Jogja Scrummy, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo punya Mamahke Jogja. Komposisi, bentuk, serta teksturnya sebenarnya hampir sama dengan Jogja Scrummy.

Namun, varian rasa yang ditawarkan lebih kekinian, seperti green tea, cokelat pisang, cokelat keju, tiramisu, red velvet, dan kacang hijau. Harganya terbarunya di 2020 mulai dari Rp43.000 hingga Rp65.000/kotak.

13. Keripik Tempe Sagu, Camilan yang Lezat

Camilan Enak Jogja - Keripik Tempe Sagu - keripikdalaris
Keripik Tempe Sagu – Sumber Instagram: keripikdalaris

Buat kamu yang suka ngemil, jangan lupa belanja oleh-oleh kha Yogyakarta bernama keripik tempe sagu. Ini bukan keripik tempe pada umumnya, lho.

Keripik tempe sagu rasanya lebih renyah dan biji tempenya terlihat jelas karena disatukan dengan sagu. Camilan unik khas Jogja ini dijamin disukai semua orang, cocok buat oleh-oleh.

14. Wedang Uwuh, Minuman Hangat untuk Oleh-Oleh Jogja

Minuman Enak dari Jogja - Wedang Uwuh - retnoikaw
Wedang Uwuh – Sumber Instagram: retnoikaw

Mau bawa oleh-oleh berupa minuman dari Yogyakarta? Beli saja wedang uwuh alias wedang sampah.

Eits, dinamakan demikian bukan karena terbuat dari sampah ya, melainkan karena penampilannya yang berantakan setelah diseduh seperti sisaan atau sampah rempah.

Minuman tradisional ini memang terbuat dari berbagai macam rempah yang menyehatkan tubuh. Rempah-rempah tersebut memberikan rasa hangat ketika diminum.

Warna seduhannya umumnya berwarna merah dan memiliki rasa perpaduan yang unik, yaitu pedas dan manis. Cocok deh dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang.

Rekomendasi Suvenir Unik Khas Jogja

15. Batik Jogja, Cendera Mata yang Wajib Dibeli

Suvenir dan Cendera Mata Khas Jogja - Batik Jogja - aafarras
Batik Jogja – Sumber Instagram: aafarras

Selain makanan, kamu juga bisa membeli suvenir barang sebagai oleh-oleh Jogja. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah belanja batik selama liburan di Yogyakarta.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Destinasi Wisata Lombok Paling Populer di 2020, Dijamin Indah!

Rekomendasi tempat membeli batik di Jogja sangat banyak. Mulai dari Pasar Beringharjo, Malioboro, Kampung Batik Giriloyo, dan Kampung Batik Ngasem.

Tak hanya dalam bentuk kain, kamu juga bisa membeli batik yang sudah menjadi kemeja, dres, celana, daster, hingga tas. Dijamin bakal borong banyak karena harganya murah-murah!

16. Suvenir dan Pernak-pernik Malioboro

Suvenir dan Cendera Mata Khas Jogja - Maliobroro - wulan_nur_anugrah29
Suvenir Maliobroro – Sumber Instagram: wulan_nur_anugrah29

Malioboro, tempat yang satu ini merupakan destinasi yang wajib kamu datangi saat liburan ke Jogja. Banyak sekali toko dan penjual yang menawarkan berbagai pilihan suvenir dan pernak-pernik dengan harga murah di sini.

Surga banget untuk kamu yang suka belanja. Ada tas, baju, batik, kalung, cincin, gelang, mainan kayu, hingga cendera mata lainnya.

Suvenir di Malioboro sangat cocok diborong untuk dibagikan ke saudara, teman, hingga keluarga. Dijamin ga bikin kantong jebol karena harganya murah!

17. Barang Antik di Pasar Beringharjo

Suvenir dan Cendera Mata Khas Jogja - Pasar Beringharjo - yuniar.pradipta
Suvenir Pasar Beringharjo – Sumber Instagram: yuniar.pradipta

Selain Malioboro, kamu bisa melipir sedikit untuk membeli barang antik di Pasar Beringharjo. Pasar ini menjual koin lama, porselen, patung-patung dewa, perabotan zaman dulu, hingga arca.

Bahkan kamu bisa menemukan setrika uap dan benda-benda unik lainnya di sini. Harganya juga bersahabat. Jangan lupa ditawar dulu sebelum diboyong pulang, ya.

18. Gerabah Kasongan, Kerajinan Tanah Liat yang Antik

Suvenir dan Cendera Mata Khas Yogyakarta - Gerabah Kasongan - nicole.i.j.g
Gerabah Kasongan – Sumber Instagram: nicole.i.j.g

Jika kamu suka koleksi barang antik dan keramik, jangan lupa beli gerabah kasongan sebagai cendera mata dari Jogja.

Guci, patung, vas bunga, teko, hingga kerajinan tanah liat lainnya bisa kamu temui dengan mudah di Jalan Raya Kasongan (Desa Wisata Kasongan). Pengunjung juga bisa sekalian melihat proses pembuatan gerabah secara langsung. Seru, bukan?

19. Suvenir Perak Kotagede, Oleh-Oleh Unik Jogja

Suvenir dan Cendera Mata Khas Yogyakarta - Perak Kotagede - restuticatu
Perak Kotagede – Sumber Instagram: restuticatu

Jika wilayah Kasongan dikenal dengan seni gerabah, Kotagede populer karena kerajinan seni peraknya. Kemampuan mengukir, mengolah, dan menempa perak sudah dikuasai penduduk Kotagede secara turun temurun.

Kamu bisa membeli beragam kerajinan dan suvenir perak di sini, seperti kalung, anting, cincin, bahkan miniatur patung dari perak. Kualitasnya pun sangat baik, bahkan sudah diekspor ke mancanegara.

Harganya sendiri bervariasi, tergantung motif, ukuran, serta tingkat kerumitan pembuatannya. Berminat membelinya sebagai hadiah untuk orang yang kamu sayangi?

20. Kaos Dagadu yang Ikonik

Suvenir dan Cendera Mata Khas Yogyakarta - Dagadu - pandjikiansantang
Dagadu – Sumber Instagram: pandjikiansantang

Aduh, masa mau pulang enggak beli kaos Dagadu dulu sih? Kaos merek Dagadu memang harum namanya di kalangan wisatawan. Berbagai pilihan kaos dengan gambar dan slogan yang unik bisa kamu beli di sini.

Sangat cocok dijadikan sebagai kenang-kenangan dari Jogja. Selain kaos, ada juga gantungan, sandal, dan stiker.

Itulah 20 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu beli dan kamu bawa pulang. Dijamin enak, murah, dan unik-unik banget deh. jadi semakin tak sabar ya untuk pergi liburan ke Jogja? Yuk, pesan paket tour Jogja di AntaVaya!

Paket Tour ke Jogja

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!