Domestik Smart Recommendation

Ini Dia 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Tour ke Raja Ampat9 min read

25 February 2020

author:

Ini Dia 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Tour ke Raja Ampat9 min read

Tempat wisata Raja Ampat adalah destinasi liburan premium kebanggaan Indonesia. Bagi kamu yang suka diving maupun snorkeling, Raja Ampat adalah surga yang diberikan Tuhan untuk negeri kita tercinta.

Keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang luar biasa bahkan sudah diakui oleh dunia, lho. Hal ini juga yang membuat wisatawan domestik dan mancanegara berlomba-lomba untuk liburan dan tour ke Raja Ampat.

Sayangnya, akses dan transportasi di sana masih sangat terbatas. Oleh karena itu, sangat disarankan mengikuti paket tour untuk menjelajahi tempat wisata Raja Ampat untuk menghemat biaya liburan ke Raja Ampat.

Nah, buat kamu yang sedang mencari di mana destinasi terbaik di Raja Ampat yang wajib dikunjungi, intip rekomendasinya di bawah ini!

1. Pulau Misool, Sekeping Surga di Raja Ampat

Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat yang sudah terkenal keindahannya. Untuk menikmati pesona lanskap dan dunia bawah laut Misool yang mengagumkan, kamu membutuhkan waktu 4 jam perjalanan dari Sorong.

Laut biru dan bukit-bukit batu kecil akan menjadi pemandangan indah yang akan selalu menemani kamu di Pulau Misool. Perairannya juga dangkal dan jernih sehingga kamu bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan cantik dari atas perahu.

Snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang tak boleh kamu lewatkan saat liburan di tempat wisata Raja Ampat ini. Kamu juga wajib mencoba scuba diving atau kayaking untuk melihat cantiknya terumbu karang dan beragam jenis ikan yang menghuni surga bawah laut Pulau Misool.

Saking jernihnya, jarak pandang di sini bahkan mencapai 25 meter, lho!

2. Wayag, Ikon Populer di Raja Ampat

Wayag adalah salah satu ikon Raja Ampat yang paling populer. Pemandangan di sini dijamin akan membuatmu terpana. Jejeran batu karang berbalut warna hijau di tengah lautan biru membuat lokasi wisata ini begitu indah.

Wayag adalah destinasi wisata Raja Ampat yang sangat populer di kalangan pencinta alam, khususnya para pendaki dan pencinta olahraga panjat tebing. Soalnya, untuk melihat pemandangan dari atas membutuhkan perjuangan yang cukup menantang.

Medannya memang cukup sulit karena kita harus mendaki dan melewati bebatuan tajam. Waktu yang diperlukan untuk sampai puncak juga lama, yaitu sekitar 1 hingga 2 jam.

Di kawasan Wayag, ada dua puncak yang bisa kamu pilih, yaitu Puncak Satu dan Puncak Dua. Apapun yang kamu pilih, jangan lupa pose dengan Wayag sebagai latar belakangnya saat sampai puncak. Hasilnya pasti keren banget!

3. Pulau Pianemo, Ikon Raja Ampat yang Memesona

Bukan hanya keindahan bawah lautnya, tempat wisata Raja Ampat juga menawarkan beragam flora dan fauna yang begitu memesona. Kawasan di Papua Barat ini juga akan memanjakan matamu dengan panorama laut yang berpadu dengan gugusan bukit karst (karang).

Gugusan karang di Pulau Pianemo ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan gugusan karst di Pulau Wayag yang telah menjadi ikon Raja Ampat. Untuk menikmati keindahan Pianemo, kamu harus naik ke puncak bukit.

Ada sekitar 336 anak tangga yang harus kamu lalui untuk mencapai puncak. Sedikit menantang memang, tapi rasa lelah akan terbayar tuntas saat mencapai atas bukit. Pastikan kamu mengunjungi Pianemo saat liburan di Raja Ampat, ya!

4. Telaga Bintang, Bintang Cantik di Puncak Pianemo

View this post on Instagram

Escape Place ๐ŸŒผ

A post shared by Ratih Indriani (@indrianiratih) on

Pulau Pianemo juga terkenal karena memiliki tanjung bernama Telaga Bintang. Seperti namanya, telaga ini berbentuk bintang ketika dilihat dari atas. Indahnya bukan main deh, AntaVaya Fellas!

Telaga Bintang Pianemo sebenarnya merupakan sebuah laguna yang dikelilingi bukit karang. Warna toska di telaga ini sangat kontras dengan warna laut di sebelahnya yang berwarna biru.

Untuk menikmati keindahan tempat wisata Raja Ampat ini, kamu harus naik speed boat dan mendaki bukit dengan ketinggian sekitar 30 meter. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata supaya liburan kamu semakin mudah.

5. Sauwandarek, Desa Wisata Raja Ampat yang Eksotis

Selain gugusan karang dan keindahan bawah lautnya, Raja Ampat masih memiliki banyak pesona lain yang akan membuat kamu kagum. Kunjungilah Sauwandarek saat liburan ke Raja Ampat untuk menguak sisi lain destinasi populer di Indonesia ini.

Sauwandarek adalah sebuah desa wisata di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat. Kearifan lokal serta keramahan warganya dijamin bikin kamu betah dan malas pulang.

Desa ini juga memiliki beragam spot cantik untuk menikmati terumbu karang khas Raja Ampat. Enggak perlu jauh-jauh naik perahu, kamu sudah bisa menikmati pemandangan bawah laut yang cantik di dekat dermaganya.

Berbagai jenis biota laut, seperti udang mantis, kuda laut mini, ikan mandarin, blue ring octopus, dan ikan eksotis lainnya bisa kita temui dengan mudah di sekitar desa ini. Wisatawan juga bisa bertemu dengan gerombolan ikan tuna dan barakuda ketika sedang menyelam.

6. Yenbuba, Desa Cantik Tempat Snorkeling di Raja Ampat

Tak hanya Desa Sauwandarek, Raja Ampat juga memiliki banyak desa lainnya yang wajib kamu eksplor. Contohnya Desa Yenbuba yang terkenal sebagai lokasi snorkeling karena punya terumbu karang yang cantik.

Dermaga kayu sepanjang sekitar 100 meter merupakan pintu masuk ke desa ini. Keindahan laut di sekitar dermaga ini sangat indah, cocok buat kamu yang suka banget snorkeling.

Jangan hanya menikmati pesona alamnya saja, kamu juga wajib berkenalan dan bercengkrama dengan warga Desa Yenbuba yang super ramah. Duduk-duduk di balai kayu sederhana sambil berbincang dengan warga lokal pasti akan meninggalkan kesan yang mendalam untukmu.

7. Menanti Senja Sambil Mancing di Desa Selpele

View this post on Instagram

#mydiaries2018 #kampungselpele

A post shared by Mrs.juniawansaputra (@via.juniawan_) on

Salah satu kampung yang seru untuk dikunjungi saat wisata di Kepulauan Raja Ampat adalah Desa Selpele. Desa ini berada di Pulau Waigeo yang merupakan pulau terbesar di Raja Ampat.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini misalnya berjemur, berenang, maupun menikmati keindahan terumbu karang yang dirawat dengan baik oleh penduduk. Pemandangan sunset di desa ini juga sangat cantik dan menawan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk lokal Desa Selpele. Wisatawan juga bisa mencoba memancing bersama anak-anak desa yang ramah.

Ikan di desa ini sangatlah banyak. Bahkan kamu bisa memancing tanpa umpan sekalipun, lho! Untuk alat pancingnya, kamu bisa menyewa ke warga desa. Kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan membuat Senat atau tikar yang terbuat dari kulit sagu bersama warga.

8. Pasir Timbul, Pulau Pasir Putih yang Super Unik

Masih banyak keajaiban yang bisa kamu jelajahi di Raja Ampat, salah satunya Pasir Timbul di Pulau Mansuar. Destinasi wisata Raja Ampat ini super instagramable dan hanya bisa dikunjungi saat air laut sedang surut.

Pulau dengan pasir putih di tengah laut ini bisa jadi spot foto terbaik di Raja Ampat. Perairan di sekelilingnya juga cantik banget, jernih dan murni bagaikan kristal. Gradasi warnanya juga oke banget.

Biasanya, Pasir Timbul Raja Ampat hanya akan muncul ke permukaan di siang hari sekitar pukul 11.00-15.00 WIT. Pemandangannya yang super indah membuat lokasi ini wajib kamu kunjungi saat berlibur di Raja Ampat.

9. Pantai Friwen, Spot Asyik untuk Bersantai di Raja Ampat

Lelah sehabis snorkeling atau diving di Raja Ampat? Berkunjunglah ke Pantai Friwen yang memiliki kecantikan luar biasa. Tempat wisata populer di Raja Ampat ini memiliki pasir putih serta pepohonan rindang yang akan membuat pikiran kamu rileks.

Ombak di Pantai Friwen juga sangat tenang saat surut sehingga cocok dijadikan lokasi untuk bermain dan berenang di tepian pantai. Gradasi air laut berwarna biru muda dan tua semakin menambah keelokan pantai ini.

Di sini juga ada ayunan dan tali yang bisa kamu gunakan untuk meloncat dari atas pohon. Wih, seger dan menantang pastinya! Sehabis main, kamu bisa kembali mengisi energi dengan menyantap camilan yang dijual di kedai makanan di pinggir pantai. Chill abis!

10. Teluk Kabui, Surga Dunia Selain Wayag di Papua Barat

Wisata Teluk Kabui Raja Ampat mungkin kalah populer jika dibandingkan dengan Pulau Wayag atau Pianemo. Padahal, lokasi wisata ini merupakan miniatur dari Pulau Wayag.

Lokasinya berada di antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam. Untuk mencapai spot wisata Raja Ampat ini, kamu bisa melalui Pelabuhan Waisai. Di sini kamu akan disajikan pemandangan memesona berupa puluhan karang cantik yang tersebar di sekitar teluk.

Pulau karang tersebut memiliki ukuran yang beragam. Airnya juga jernih sehingga kita bisa melihat dunia bawah laut tanpa harus berenang atau snorkeling. Gila banget, kan? Nyesel deh kalau enggak mampir ke sini saat jalan-jalan di Raja Ampat.

Mau merasakan indahnya tempat wisata Raja Ampat tanpa harus repot? Yuk, segera pesan paket tur wisata ke Raja Ampat hanya di AntaVaya. Untuk info lebih lanjut, hubungi nomor +6221 6253 919.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!