Domestik Smart Recommendation

9 Tempat Wisata Terbaik di Labuan Bajo, Paling Populer Tahun 2020!7 min read

3 March 2020

author:

9 Tempat Wisata Terbaik di Labuan Bajo, Paling Populer Tahun 2020!7 min read

Siapa yang tidak kenal Labuan Bajo? Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini sangat populer karena memiliki pesona luar biasa. Tak hanya memiliki garis pantai istimewa, tempat wisata Labuan Bajo juga dikelilingi banyak pulau dan bukit yang cantik.

Kawasan wisata Labuan Bajo semakin istimewa karena merupakan habitat hewan langka komodo. Namun, pesona Labuan Bajo bukan hanya Pulau Komodo karena masih banyak destinasi keren yang bisa kita eksplor.

Inilah sembilan rekomendasi tempat wisata Labuan Bajo terbaru, terbaik, dan paling hits untuk liburan dan tour tahun 2020 yang wajib kamu kunjungi!

1. Pulau Padar, Primadona Wisata Labuan Bajo

View this post on Instagram

The Beautiful Padar Island..

A post shared by hadi wijaya (@hadi_wijaya1996) on

Ini dia tempat wisata Labuan Bajo yang pesonanya seakan tidak pernah habis. Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Destinasi wisata Nusa Tenggara Timur ini memang mainstream, tapi keindahannya benar-benar mengagumkan. Rasanya tak salah jika mengatakan Pulau Padar adalah secuil surga yang jatuh ke bumi.

Di Pulau Padar, kamu akan disuguhi pemandangan indah khas Flores, yakni perbukitan dengan laut biru yang memikat. Untuk mencapai puncak, kamu harus naik ratusan anak tangga.

Rasa lelah akan terbayar tuntas saat mencapai atas karena kamu bisa mendapatkan spot foto terbaik di Labuan Bajo. Cari tahu juga waktu terbaik wisata ke Labuan Bajo untuk mendapatkan view terbaik.

Untuk menuju pulau cantik ini, kamu bisa naik speedboat, kapal nelayan, yacht, atau pinisi. Paling enak sih ikut paket tour AntaVaya, jadi kamu tinggal terima beres tanpa perlu memikirkan transportasi.

2. Pulau Komodo, Habitat Alami si Hewan Purba

Jalan-jalan ke Labuan Bajo jangan sampai enggak mampir ke Pulau Komodo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Pulau ini merupakan tempat di mana komodo hidup. Jumlahnya kira-kira mencapai 2500 ekor.

Tak hanya melihat dan berfoto bersama komodo, kamu juga bisa menikmati eksotisme di sekitar pulau. Pulau-pulau kecil yang bertebaran dan pesona laut biru nan jernih dijamin akan memanjakan matamu.

Di sini juga terdapat Taman Nasional Komodo yang didirikan tahun 1980 untuk melindungi komodo serta flora yang hidup di dalamnya. UNESCO pun mengakui Pulau Komodo sebagai situs warisan dunia dan masuk dalam keajaiban dunia.

3. Pulau Rinca Labuan Bajo yang Menarik untuk Dikunjungi

View this post on Instagram

▽ ᴛᴏ ʙᴇ ғʀᴇᴇ ɪɴ ʏᴏᴜʀ ᴡɪʟᴅɴᴇss, ᴛᴏ ʙᴇ ᴀ ᴡᴀɴᴅᴇʀʟᴜsᴛᴇʀ, ᴀ ᴡʜɪғғ ᴏғ sᴀʟᴛ ᴀɴᴅ sᴇᴀ ʙʀᴇᴇᴢᴇ. ᴛᴏ ʙᴇʟᴏɴɢ ᴛᴏ ɴᴏ ᴍᴀɴ ᴀɴᴅ ᴛᴏ ɴᴏ ᴄɪᴛʏ. ᴛᴏ ʟᴏᴠᴇ ᴡɪᴛʜ ᴄʜᴀᴏs, ᴋɴᴏᴡ ɴᴏᴛʜɪɴɢ ᴏғ ʙᴏʀᴅᴇʀs ᴀɴᴅ ᴄᴀʀᴇ ɴᴏᴛʜɪɴɢ ғᴏʀ ʀᴜʟᴇs, ᴡʜᴇɴ ʏᴏᴜʀ ʟɪғᴇ ғʟᴏᴡs ᴄʟᴇᴀɴ, ᴡɪᴛʜ ᴘᴀssɪᴏɴ, ʟɪᴋᴇ ᴀ ғʀᴇsʜ ᴍᴏᴜɴᴛᴀɪɴ sᴛʀᴇᴀᴍ. ᴛᴏ ʙᴇ ɴᴏᴛ sᴏʀʀʏ ᴛᴏ ʟᴇᴀᴠᴇ. ᴡʜᴇɴ ʏᴏᴜʀ ʜᴏᴍᴇ ɪs ᴡʜᴇʀᴇ ʏᴏᴜ'ʀᴇ ɴᴏᴛ.. ᴡʜᴇɴ ʏᴏᴜ'ʀᴇ sᴇᴇɴ ᴀ ᴄʜᴜɴᴋ ᴏғ ᴜɴɪᴠᴇʀsᴇ ʙᴜᴛ ᴛʜᴇʀᴇ's sᴛɪʟʟ ᴍᴜᴄʜ ᴍᴏʀᴇ ᴛᴏ sᴇᴇ. ᴛᴏ ɴᴏᴛ ᴄᴀʀᴇ ᴀʙᴏᴜᴛ ᴍᴏɴᴇʏ, ᴏɴʟʏ ᴇxᴘᴇʀɪᴇɴᴄᴇs – ᴡʜᴇᴛʜᴇʀ ᴛʜᴇʏ ᴄᴏᴍᴇ ғʀᴏᴍ ᴡᴇᴀʟᴛʜ ᴏʀ ғʀᴏᴍ ᴘᴏᴠᴇʀᴛʏ. ᴛᴏ ʙᴇ ᴀᴅᴅɪᴄᴛᴇᴅ ᴛᴏ ᴍᴏᴠᴇᴍᴇɴᴛ. ᴛᴏ ʙᴇʟᴏɴɢ ɴᴏᴡʜᴇʀᴇ. ᴛᴏ ʙᴇ ᴄʀᴇᴀᴛᴏʀ ᴏғ ʏᴏᴜʀ ᴏᴡɴ ᴡᴏʀʟᴅ… . . sᴏᴍᴇ ʙɪʀᴅs ᴀʀᴇ ɴᴏᴛ ᴍᴇᴀɴᴛ ᴛᴏ ʙᴇ ᴄᴀɢᴇᴅ, ᴛʜᴀᴛ's ᴀʟʟ (Lost in Rinca) . . ɪɴ ғʀᴀᴍᴇ : @geppiee ======================================= #amazingday #folktravel #lifehasacrazydesign #lensbible #lifeisgood #bns_sky #notbnw #photooftheday #world_skyshotz ____________________________________________________________ [ ɪɴ ᴅᴇᴇᴘ ᴛʜᴏᴜɢʜᴛ.. ᴀʟᴏɴᴇ ] ____________________________________________________________📍 East Nusa Tenggara – Indonesia 🇮🇩 # a̡̬̥̮̬̤̣͐̿ͭ̅̈́ͣͤ . . #justgoshot #jj_skylove #nature #skyline #indonesiaparadise #indonesia_photography #instagood #divine #world_bestsky #worldphotographyart #love_all_sky #portraiture #hellothisisindonesia #wonderful_places #wonderfulindonesia #beautifuldestinations #earth_shotz #travelgram

A post shared by Bali Photographer ☆ ℠ (@adrianbertoni) on

Selain Pulau Komodo, Pulau Rinca juga merupakan destinasi wisata di Labuan Bajo untuk melihat komodo. Pulau ini berada di sebelah barat Pulau Flores dan dipisahkan oleh Selat Molo.

Pulau Rinca merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO karena masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Gili Motang.

Wisatawan yang berlibur ke sini bisa melakukan kegiatan trekking dengan rute pendek hingga panjang. Pemandangan perbukitan dan laut biru adalah hal yang mudah ditemui di sini.

Di Pulau Rinca kamu pun bisa mengadopsi bakau untuk menyelamatkan lingkungan. Seru deh pokoknya, wajib mengunjungi tempat wisata Labuan Bajo ini.

4. Bukit Sylvia, Savana Eksotis di Labuan Bajo

Wisata ke Labuan Bajo tak akan lengkap tanpa mengunjungi Bukit Sylvia. Letak Bukit Sylvia tak jauh dari pelabuhan Labuan Bajo, hanya sekitar 4,6 km atau sekitar 11 menit berkendara.

Pemandangan dari Bukit Sylvia sangatlah indah, bahkan menjadi salah satu spot terbaik melihat sunrise dan sunset di Labuan Bajo. Berada di bukit tinggi dan tidak terhalang bangunan apapun, kamu bisa puas melihat panorama alam di sini.

Di Bukit Sylvia, kamu pun akan dimanja dengan lanskap hamparan perbukitan savana luas yang berdampingan dengan lautan. Benar-benar eksotis dan tiada duanya!

5. Pink Beach, Keunikan Alam Labuan Bajo yang Memikat

Pantai berwarna pink? Ada kok di wisata Labuan Bajo! Pink Beach berada di Pulau Komodo, Flores Barat, NTT. Hal yang membuat pantai cantik di Labuan Bajo ini berwarna pink adalah pasirnya.

Warna pink tersebut berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang memberikan pigmen merah pada koral. Perpaduan koral merah dan pasir putih ini yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

Keindahannya tak perlu diragukan lagi. Super instagramable, deh! Pink Beach Labuan Bajo juga kaya dengan berbagai jenis ikan. Snorkeling di Pink Beach pasti seru banget.

6. Manta Point, Surganya Pecinta Diving

Wisata ke Labuan Bajo tanpa diving? Seperti makan bakso tanpa kuah! Ada banyak spot menyelam yang keren di Labuan Bajo, salah satunya adalah Manta Point.

Di Manta Point, kamu bisa berenang bersama ikan manta, salah satu satwa air langka dan dilindungi khas Indonesia. Manta-Sighting Spot
dikenal sebagai lokasi paling indah untuk menyaksikan langsung manta ray atau ikan pari khas Indonesia Timur.

Di sini, kita bisa langsung menyentuh, membelai, sampai memberi makan ikan manta yang ukurannya mencapai 3 m. Tak heran jika Manta Point terkenal sebagai spot diving terbaik di Labuan Bajo.

Tak hanya ikan manta saja, kamu juga menari dalam air bersama koloni ubur-ubur, terumbu karang, dan ikan-ikan cantik lainnya. Kamu pun bisa bertemu dengan komodo di tempat wisata Labuan Bajo ini.

7. Taka Makassar, Pulau Pasir Mungil yang Menawan

Taka Makassar juga pantas masuk ke dalam list destinasi terbaik di Labuan Bajo. Pulau kecil tak berpenghuni ini terdiri dari hamparan pasir putih dan luasnya tak beda jauh dengan lapangan sepak bola.

Meski ukurannya sangat kecil dan hanya muncul saat air laut surut, lokasi wisata Labuan Bajo ini indah banget dan keren untuk berfoto. Mirip seperti Pasir Timbul di Raja Ampat gitu, deh.

Hal yang membuat Taka Makassar Labuan Bajo semakin istimewa adalah airnya sangat jernih dengan koral indah di sekeliling pulau. Snorkeling, diving, atau sekadar bermain air di sini pasti asyik banget.

8. Pulau Kanawa, Surga Kecil di Flores

Dataran di wilayah Nusa Tenggara Timur memiliki bentang air laut yang sangat luas. Pulau cantik yang wajib kamu kunjungi selama tour di Labuan Bajo adalah Pulau Kanawa.

Begitu sampai di pulau ini, kamu akan langsung disambut air laut biru sebening kaca. Dari atas dermaga pun sudah bisa terlihat ikan-ikan mungil yang berenang ke sana ke mari. Belum lagi hamparan terumbu karangnya itu lho, indah banget.

Memiliki luas 32 hektare, Pulau Kanawa punya pemandangan alam yang sangat menawan seakan pulau pribadi. Rerumputan cokelat di sekitar pulau juga menambah keeksotisan wisata Labuan Bajo. Pasir putihnya juga halus.

9. Wisata Goa Batu Cermin yang Unik di Labuan Bajo

Sudah puas bermain air di pantai, berfoto bersama komodo, menikmati perbukitan, hingga berenang bersama ikan-ikan cantik? Labuan Bajo masih punya banyak pesona lainnya, lho.

Kunjungi wisata Goa Batu Cermin untuk menguak sisi lain Labuan Bajo. Dari namanya saja, obyek wisata di Labuan Bajo ini sudah bikin penasaran.

Ketika memasuki gua, sinar matahari akan masuk melalui celah-celah gua. Sinar tersebut pun akan terpantul di dinding layaknya sinar matahari yang memantul di cermin. Indah banget, deh!

Waktu terbaik mengunjungi Goa Batu Cermin adalah menjelang sore. Sinar mataharinya keren banget di waktu tersebut!

Itulah sembilan tempat wisata Labuan Bajo terbaik dan populer yang wajib dikunjungi. Tertarik mengunjungi destinasi di atas? Ikut paket tour Labuan Bajo AntaVaya, yuk. Hubungi +6221 6253 919 untuk info lebih lanjut.

Tour Labuan Bajo

One Comment
  1. Yuni

    potonya sangat sagus, terima kasih sudah sharing. Ternyata indonesia mempunyai objek wisata alam yang sangat indah tersebar di seluruh pulau, di tidak di Bali saja. mudah mudahan saya bisa kesana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!