Smart Guide

3 Waktu Terbaik untuk Beli Tiket Pesawat Murah2 min read

31 May 2019

author:

3 Waktu Terbaik untuk Beli Tiket Pesawat Murah2 min read

Saat mencari tiket pesawat murah, kebanyakan orang akan membeli tiket pesawat lebih awal. Cara tersebut memang cukup efektif untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau. Untuk memperbesar peluang mendapatkan tiket pesawat murah, inilah tiga pendapat mengenai waktu terbaik beli tiket pesawat murah yang dikutip dari halaman Lifehacker.

1. Hari Rabu Jam 1 Malam — Peter Greenberg

Kesalahan Membeli Tiket Pesawat
Sumber: Unsplash

Peter Greenberg, seorang travel editor dari CBS News, menyarankan untuk membeli tiket pesawat enam minggu sebelum keberangkatan. Pria ini berpendapat jika membeli tiket terlalu awal dari tanggal keberangkatan, kamu akan membayar harga yang lebih tinggi. Soalnya, ada kemungkinan harga tiket akan turun beberapa minggu sebelum tanggal keberangkatan yang sebenarnya. Inilah kesalahan beli tiket pesawat yang sering dilakukan banyak orang.

Dia menyarankan kamu untuk lebih fleksibel pada pemilihan waktu dan tanggal keberangkatan. Ini dilakukan agar bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang murah. Dan untuk waktu terbaik beli tiket pesawat, Greenberg menyarankan membelinya pada hari Rabu jam 1 malam. Mengapa demikian?

Kebanyakan harga tiket pesawat murah tersedia antara Minggu dan Senin malam dan orang-orang memiliki waktu 24 jam untuk membelinya. Saat tengah malam di hari Rabu, tiket murah kembali tersedia di sistem maskapai dan itu adalah saat terbaik untuk membelinya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  6 Kegiatan Seru Merayakan Liburan Tahun Baru 2021, Dijamin Aman & Nyaman!

2. Selasa Sore — Farecompare

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Salah satu situs perbandingan harga tiket pesawat, Farecompare, juga punya opini mengenai waktu terbaik beli tiket pesawat. Dari data yang berhasil dikumpulkan oleh situs travel Farecompare, diketahui waktu terbaik untuk membeli tiket adalah antara Selasa pagi hingga 3 sore.

Penyebabnya karena biasanya waktu penjualan tiket di sistem maskapai dilakukan pada Senin malam. Jadi, kamu bisa memanfaatkan ketersediaan tiket yang masih baru dan membelinya antara Selasa pagi dan sore hari. Perhatikan juga harga bagasi maskapai untuk memudahkanmu menyusun anggaran liburan.

3. Delapan Minggu Sebelum Keberangkatan — Makoto Watanabe

Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat
Sumber: Pixabay

Ekonomis Makoto Watanabe menciptakan sebuah formula yang didesain demi mengetahui waktu terbaik beli tiket pesawat supaya mendapatkan harga terendah. Berdasarkan formulanya, ∏A = gUG + min(k — g, (1 — g)(1 — r))], waktu terbaik untuk membeli tiket adalah delapan minggu sebelum waktu keberangkatan.

Berdasarkan publikasi yang dimuat di The Observer, Watanabe juga menyebut bahwa waktu terbaik beli tiket pesawat adalah di sore hari.

Pendapat di atas ada yang berdasarkan pengalaman pribadi, ada yang berdasarkan data, dan ada pula yang berdasarkan perhitungan ilmiah. Apakah kamu punya perhitungan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat berdasarkan pengalaman pribadi? Jangan lupa ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, ya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  7 Tips Liburan Aman Saat Musim Hujan Supaya Tak Mudah Sakit

Kalau ingin yang lebih praktis, kamu bisa membeli paket tour & travel di Antavaya.com. Sudah termasuk tiket pesawat PP ke berbagai destinasi menarik, lho. Liburan aman, mudah, dan menyenangkan!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!