Internasional Smart Itinerary Smart Recommendation

Wisata Seoul: Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam12 min read

28 June 2019

author:

Wisata Seoul: Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam12 min read

Korea Selatan adalah salah satu tujuan liburan paling populer di dunia. Sebelum bepergian ke Negeri Gingseng, sangat penting untuk membuat itinerary tour Korea Selatan. Itinerary adalah rencana perjalanan yang mencakup daftar destinasi, jadwal kegiatan per hari, akomodasi, transportasi, hingga keperluan lain seperti belanja oleh-oleh.

Menyusun Itinerary akan membuat liburan kamu lebih teratur dan terencana. Kamu bisa menyiapkan apa saja yang mau dilakukan selama berlibur di Korea. Anggaran liburan juga bisa diperkirakan agar tidak kekurangan atau tidak terlalu berlebihan.

Dalam artikel ini, Antavaya.com akan memberikan panduan wisata berupa itinerary tour Korea Selatan 5 hari 4 malam mengelilingi Kota Seoul. Itinerary tour Korea ini bisa dijadikan sumber inspirasi untuk membantu kamu mendapatkan pengalaman liburan terbaik di Korea Selatan. Mari kita simak!

Itinerary Hari 1: Jakarta–Incheon

Hari pertama dalam itinerary tour Korea Selatan! Kamu pasti sangat bersemangat untuk segera jalan-jalan di Korea. Tapi, mari simpan energi tersebut untuk esok hari. Malam ini, saatnya berangkat dari Jakarta menuju Incheon. Pastikan kamu hanya membawa barang yang dibutuhkan saja agar bagasi muat membawa oleh-oleh saat pulang nanti.

Pilihlah maskapai penerbangan yang nyaman karena perjalanan ke Korea cukup panjang dan melelahkan (sekitar 7-8 jam dengan penerbangan langsung). Jika berniat memakai paket tur ke Korea, pilihlah agen travel terpercaya seperti Antavaya.com.

Di Antavaya, kamu akan disuguhi pengalaman liburan terbaik lengkap dengan semua akomodasi yang diperlukan selama di Korea. Harga paket tur Korea di Antavaya pun sudah termasuk PP tiket pesawat sehingga kamu tak perlu bingung memikirkan kapan waktu terbaik membeli tiket pesawat. Maskapai penerbangan yang digunakan juga Garuda Indonesia, lho!

Peserta tur akan diminta berkumpul di Bandara Soekarno Hatta pada malam hari dan akan sampai di Incheon keesokan paginya. Bacalah panduan lengkap naik pesawat bila ini adalah pengalaman pertama kamu.

Itinerary Hari 2: Incheon–Seoul

Itinerary tour Korea hari kedua siap dimulai! Jika bepergian sendiri tanpa tur, sebaiknya pilih lokasi wisata yang letaknya dekat penginapan untuk menghemat ongkos dan energi.

Nah, daripada pusing memikirkan mau menginap di mana, ke tempat wisata apa, dan bagaimana urusan transportasi serta konsumsi, lebih baik serahkan semuanya pada agen tur terpercaya. Dalam paket tur Korea Antavaya, kamu akan mendapatkan konsumsi + hotel bintang 3 + tiket masuk tempat wisata + transportasi yang nyaman.

Lalu, mau ke mana kita di hari kedua itinerary tour Korea? Kunjungi list wisata Seoul di bawah ini, yuk!

1. Memulai Petualangan di Gwangmyeong Cave yang Indah

Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram alysamijn dan calmbreaker_suho

Pengap, gelap, dan menyeramkan. Mungkin ini yang ada di pikiran kamu saat mendengar kata gua. Eits, tapi jangan salah. Gwangmyeong Cave berbeda karena sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga sangat cantik dan indah. Lokasinya di tengah kota metropolitan Seoul sehingga membuatnya menjadi objek wisata alam populer di Korea.

Gua ini dulunya merupakan tambang emas yang didirikan pada awal abad ke-20. Gua ini memiliki sejarah panjang yang menyedihkan karena pada masa itu Korea sedang dijajah oleh Jepang. Tapi siapa sangka pertambangan yang terbengkalai ini sekarang menjadi tempat wisata Korea yang sangat menarik. Selain berfoto sambil menikmati keindahannya, kamu bisa sekaligus belajar sejarah Korea.

2. Membuat Gimbap dan Berfoto Memakai Hanbok

Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram hanbok3355 dan stepiigm

Tak lengkap rasanya jika itinerary tour Korea tidak dilengkapi dengan belajar membuat gimbap atau memakai baju tradisional Korea Hanbok. Pengalaman menarik ini pasti tidak akan pernah kamu lupakan. Apalagi jika bisa menemukan teman baru selama melakukan dua kegiatan ini.

Gimbap sebenarnya apa sih? Itu lho, makanan Korea yang dibuat dari nasi dan dibungkus dengan rumput laut. Isinya macam-macam, bisa sayuran, daging, maupun lauk lainnya. Gimbap yang kamu buat bisa sekalian dimakan untuk makan siang. Jangan lupa abadikan foto saat membuat gimbap serta saat memakai hanbok. Wah, pasti seru sekali!

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Promo dan Jadwal HSBC-ANA Travel Fair 2020, Prebook Sekarang!

3. Mengunjungi SM Town

Rencana Perjalanan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram sucinurmasyahyani dan belenbuju

Itinerary tour Korea tak akan lengkap tanpa memasukkan SM Town sebagai salah satu destinasi yang akan dikunjungi. Gedung enam lantai ini berada di depan Coex Mall, Seoul.

Saat masuk SM Town, pengunjung akan disambut dengan musik dan wajah artis SM di welcome lobby. Kamu bisa sekalian membeli berbagai macam album dan suvenir di SUM Celebrity Shop di lantai 2. Lantai 3 dulunya adalah SM Town Studio, tempat penggemar bisa mencoba pengalaman menjadi artis K-Pop. Namun pada Mei 2018 lalu, area ini diubah menjadi museum.

Lelah berkeliling SM Town, kamu bisa bersantai di SUM Cafe yang ada di lantai 4. Lanjut ke lantai 5 dan 6 adalah SM Town Theatre yang menampilkan hologram, 3D mapping, bahkan terkadang digelar fans meeting hingga showcase.

4. Starfield Coex Mall dan Starfield Library, Spot Keren di Seoul

Rencana Perjalanan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram chebu7 dan nevenadrazic

Setelah mengunjungi SM Town, kamu bisa langsung melipir ke Starfield Coex Mall. Coex Mall adalah mal bawah tanah paling besar di Asia. Pencinta fotografi pasti sangat senang ke sini karena tempatnya sangat instagrammable. Di sini juga ada Starfield Library, sebuah perpustakaan berisi ±50.000 buku dan 200 tempat duduk. Lokasinya berada tepat di tengah-tengah mal.

5. Belanja Sambil Mencicipi Street Food Korea di Dongdaemun Market

Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram jinju_beef2 dan smartraveller_lucy

Tak terasa hari sudah menjelang malam. Mari manjakan diri dengan mencoba berbagai street food Korea di Dongdaemun Market. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jajanan populer seperti tteokbokki, bungeoppang, eomuk, hot bar, twigim, hotteok, atau sundae.

Tak hanya mencicipi berbagai jajanan saja, kegiatan utama di Dongdaemun tentu saja belanja. Di pasar tradisional ini terdapat banyak pertokoan yang menjual barang secara grosir dan eceran. Saking populernya, tak heran jika tempat ini dikenal sebagai ikon street fashion paling terkenal di Korea.

Selain pasar tradisional, Dongdaemun juga memiliki banyak mal yang tersebar dalam area A-D. Setiap mal memiliki spesialisasi masing-masing, seperti pakaian, bahan tekstil, sepatu, tas, perabotan rumah tangga, elektronik, hingga suvenir. Siap-siap belanja banyak!

Itinerary Hari 3: City Tour di Seoul

Setelah mendapatkan istirahat yang nyaman tadi malam, hari ini saatnya mengelilingi Kota Seoul sepuasnya. Inilah itinerary tour Korea hari ketiga yang bisa menjadi inspirasi kamu.

1. Pemandangan Indah di Namsan Seoul Tower

Rencana Perjalanan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram gokorea dan cashysteph

Seperti Patung Liberty di New York atau Monas di Jakarta, kamu wajib mengunjungi landmark Kota Seoul ini. Namsan Seoul Tower awalnya merupakan menara penyiaran radio dan televisi. Namun, sekarang digunakan untuk menara observasi dan juga tempat wisata populer di Seoul.

Karena berada di atas bukit, pemandangan di sekitarnya sangat indah. Apalagi jika kamu naik ke atas menara, terlihat seluruh panorama Kota Seoul. Pemandangan di sini juga berubah-ubah tergantung musimnya. Saat sakura mekar, saat musim gugur, atau musim salju, semuanya menghadirkan suasana yang berbeda. Sensasi berkunjung di siang dan malam hari pun berbeda.

Wisata yang bisa kamu nikmati di sini antara lain Hello Kitty Island, Ssentoy Museum & Showroom, 3D Screen, Padlock Love Tree, hingga berbagai macam spot foto cantik.

2. Ginseng Kualitas Terbaik di Korean National Ginseng Center

Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram varitalucky dan rhaisasheidrina

Liburan ke Korea masa tidak membeli ginseng sebagai oleh-oleh. Dapatkan ginseng dengan kualitas terbaik di Korean National Ginseng Center. Kamu bisa membeli berbagai produk ginseng yang bermanfaat untuk tubuh. Lokasi wisata Seoul yang berada di Gyeonggi-do, Goyang-si, Deokyang-gu, Deogeun-dong, 73-8 ini juga sudah mendapat sertifikat dari pemerintah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik 2020, Wajib Dimiliki Traveler Sejati!

Ada harga ada kualitas. Ya, harga set ginseng di sini memang cukup lumayan. Namun, setara dengan kualitas yang diberikan. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli ginseng berukuran kecil.

3. The Shilla Duty Free Shop, Belanja Diantar ke Bandara

Rencana Perjalanan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram ambotsakunn dan phuong_dtk

Apabila kamu senang berbelanja di duty free shop, tempat belanja Korea ini wajib dikunjungi. Shilla Duty Free menjual berbagai macam kosmetik dan barang bermerek dengan harga yang kompetitif. Bahkan, konon harganya jauh lebih murah dibandingkan di Singapura maupun Hong Kong.

Menariknya lagi, barang belanjaan yang kamu beli tidak perlu dibawa saat itu. Barang bisa diambil di bandara saat kamu akan pulang ke tanah air. Enak kan, bisa lanjut jalan-jalan keliling Kota Seoul lagi sehabis belanja. Kalau tak berniat belanja, kamu masih bisa menikmati kunjungan ke sini karena banyak spot lucu untuk berfoto.

4. Hongdae Street, Tempat Nongkrong Anak Gaul di Seoul

Rencana Perjalanan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram-beingcandice_23 dan vintage.ralph_

Apa agenda terakhir di itinerary tour Korea hari ketiga? Jangan lewatkan mengunjungi Hongdae Street, tempat berkumpulnya anak gaul di Seoul. Hongdae sendiri sebenarnya adalah jalanan di dekat Hongik Univeristy yang terkenal dengan jurusan seni dan arsitektur.

Tak hanya belanja baju atau nongkrong seru di kafe, kamu juga bisa menikmati berbagai jajanan kaki lima dengan harga yang terjangkau. Semakin malam, jalanan ini semakin ramai saja. Apalagi suka ada anak muda yang mengadakan pertunjukan jalanan. Cocok untuk menikmati suasana dan kemeriahan Korea di malam hari.

Itinerary Hari 4: Wisata Korea Avenger

Tak terasa, itinerary tour Korea sudah mencapai hari keempat. Jangan lupa minum vitamin atau konsumsi ginseng Korea yang sudah kamu beli di Korean Ginseng Center supaya tetap fit dan semangat.

Tema jalan-jalan hari ini adalah “Korea Avenger”. Kita akan jalan-jalan ke tempat wisata Korea yang sempat dijadikan lokasi syuting Avengers. Wah, pasti seru sekali kan? Yuk, simak bersama enam lokasi wisata di Seoul yang menarik untuk dikunjungi.

1. Star Park + Digital Media City: Urban Playground

Jalan-Jalan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram marcinmaternowski dan xxgreta_traveldiary

Ini dia lokasi syuting Avengers yang wajib kamu datangi di Seoul, Korea. Digital Media City atau DMC menyuguhkan berbagai macam karya seni dan arsitektur yang mengagumkan. Jika kamu pernah membayangkan bagaimana rasanya suasana masa depan, DMC bisa sedikit memberikan gambaran. Setiap sudut, mulai dari patung dan bangunannya, menyajikan pemandangan yang menarik.

DMC sendiri merupakan sebuah kompleks seni mutakhir, tempat perusahaan media besar Korea berada. Beberapa tempat yang bisa kamu lihat di sini antara lain DMC Gallery, MBC, Nuritkum Square, dan Star Park. Yang paling fenomenal adalah Square M-Communication, dua buah patung berwarna biru yang terlihat saling menunjuk. Jangan lupa foto di sini, ya.

2. Gyeongbok Palace, Sebuah Istana Megah Nan Cantik

Jalan-Jalan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram on.my.wednesday dan minseo_mom20

Korea punya sejarah yang panjang sehingga sayang sekali jika kita tidak mampir ke Gyeongbok Palace. Istana Korea ini terletak di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk). Nuansa kerajaan yang megah semakin terasa saat melihat bangunan istana yang luas ditambah penjaga istana berpakaian khas Dinasti Joseon.

Setiap beberapa jam sekali, ada pertunjukan pembukaan dan penutupan Royal Palace Gates dan upacara pergantian penjaga istana. Upacara ini bisa disaksikan oleh pengunjung dan berlangsung selama 10 sampai 20 menit. Selain itu, berfoto sambil memakai hanbok juga bisa jadi pengalaman menarik. Tenang, banyak kok tempat penyewaan hanbok di sekitar sini.

3. Changdeokgung Palace, Istana dengan Taman yang Indah

Jalan-Jalan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram hemegidal dan jessica060327

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Anti Repot, Ini 20 Tips Liburan Membawa Bayi dan Anak Naik Pesawat!

Apabila kebetulan hari keempat kamu liburan di Korea merupakan hari Selasa, sayang sekali kamu tak bisa ke Gyeongbok Palace karena tutup. Namun, kamu bisa ke Changdeokgung Palace sebagai alternatif. Istana ini juga tak kalah menarik karena memiliki arsitektur yang indah serta taman yang cantik.

Tempat wisata Korea ini menyediakan tour guide gratis yang berbicara dalam berbagai bahasa (Korea, Inggris, Jepang, China). kamu dapat melihat jadwalnya dan menunggu di tempat yang ditentukan. Menariknya lagi, pengunjung yang mengenakan hanbok boleh masuk secara gratis (tidak termasuk Secret Garden).

Huwon Secret Garden sendiri adalah taman luas yang memiliki lima buah pavilion, kolam teratai, dan aneka pohon yang usianya lebih dari 300 tahun. Untuk masuk ke Secret Garden, kamu harus mendaftar dan menunggu giliran masuk. Pasti betah deh di sini karena suasananya syahdu sekali.

4. Gagahnya Patung King Sejong di Gwanghwamun Square

Jalan-Jalan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram hectogram_ dan cho.sy_

Gwanghwamun Square sangat disukai warga Korea untuk sekadar jalan-jalan santai, melihat pemandangan, hingga menyaksikan pertunjukan seni. Di sini terdapat patung besar dari King Sejong dan juga Admiral Yi Sun Shin yang merupakan orang paling berjasa dan dihormati oleh masyarakat Korea.

Tepat di bawah patung King Sejong, ada museum The Story of King Sejong Exhibition Hall yang menceritakan semua sejarah tentangnya. Untuk masuk ke dalam, pengunjung harus masuk lewat tangga di belakang patung King Sejong. Menariknya lagi, wisata populer Korea ini gratis lho.

5. Cheonggyecheon Stream, Sungai Cantik di Tengah Kota

Jalan-Jalan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram gwanosky dan silverfoxlv

Kota Seoul memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Sebelumnya, Cheonggyecheon Stream hanya sungai biasa yang diabaikan. Tapi setelah tahun 2005, sungai ini dirombak dan seketika menjadi tempat wisata favorit di Seoul. Berlokasi di Taepyeong-ro 1-ga, Jung-gu, Seoul, sungai ini dilewati lebih dari 20 jembatan cantik.

Yang paling terkenal adalah Narae Bridge yang merepresentasikan kupu-kupu terbang. Lalu ada Gwanggyo Bridge yang melambangkan keharmonisan antara masa lalu dan masa depan. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk bersantai, foto-foto, atau sekadar merendam kaki sambil menikmati pemandangan.

6. Borong Oleh-Oleh di Myeongdong Street

Jalan-Jalan ke Korea 5D4N
Sumber: Instagram irvayn dan kunghiuching

Seoul adalah salah satu kota terpadat di Korea. Bahkan bisa dibilang, sampai malam pun kota ini tak pernah sepi. Sebelum pulang ke tanah air, tak ada salahnya mengunjungi Myeongdong Street. Kawasan Myeongdong merupakan tempat belanja favorit untuk membeli produk skincare dan makeup. Berbagai merek kosmetik Korea seperti Tony Moly, Nature Republic, dan Innisfree bisa ditemukan dengan mudah di sini dengan harga terjangkau.

Anda juga wajib mencoba kuliner khas Korea seperti kalguksu (hidangan mi Korea) di restoran Myeongdong Kyoja. Cicipi juga street food Korea lainnya seperti tteokbokki, gimbab, atau crepes buah. Jangan lupa berfoto di Myeongdong Cathedral untuk mendapatkan latar foto seperti di Eropa atau Yunani.

Itinerary Hari 5: Saatnya Pulang ke Tanah Air!

Wah, tak terasa sudah hari kelima kita jalan-jalan di Korea. Hari ini, saatnya kembali pulang ke Indonesia. Jangan lupa packing barang bawaan serta berbagai oleh-oleh dengan baik. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Seru banget kan jalan-jalan ke Korea? Daripada bingung-bingung, lebih baik langsung saja pesan paket tur Korea di Antavaya.com untuk mendapatkan segala kemudahan. Kamu akan diantar ke berbagai tempat wisata menarik sesuai itinerary tour Korea 5 hari 4 malam di atas.

Semua akomodasi seperti tiket pesawat, konsumsi, transportasi, biaya masuk tempat wisata, hingga penginapan sudah kami sediakan. Jadi, kamu tinggal bawa diri dan baju saja. Asik banget, kan? Yuk jalan-jalan ke Korea bersama Antavaya. The smart way to travel!

2 Comments
  1. Brilliana Clara Grazella

    bagaimana saya berkomunikasi dengan antavaya tour? apa ada nomor wa yang bisa saya hubungi?

    • Nur Rosita

      Halo Ibu Brilliana, bisa langsung menghubungi kami via WA ya di nomor 0817328838. Terima kasih :)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!