Smart Guide

Hindari 6 Kesalahan Fatal Saat Beli Tiket Pesawat3 min read

17 June 2019

author:

Hindari 6 Kesalahan Fatal Saat Beli Tiket Pesawat3 min read

Every day is a holiday! Ya, kapan saja bisa menjadi saatnya liburan jika kamu memang senang jalan-jalan. Salah satu hal yang harus disiapkan sebelum liburan adalah beli tiket pesawat. Inilah enam kesalahan beli tiket pesawat yang harus kamu hindari untuk mendapatkan tiket pesawat paling murah.

1. Memesan Tiket Saat Jaringan Internet Tidak Stabil

Hindari Kesalahan Pesan Tiket Pesawat
Sumber: Unsplash

Salah satu cara mendapatkan tiket pesawat murah adalah memanfaatkan promo yang diberikan maskapai. Namun, tentu saja ada banyak orang yang berpikiran sama sehingga kita harus bersaing dengan mereka. Kesalahan fatal saat beli tiket pesawat pertama yang harus kamu hindari adalah memesan tiket saat internet tidak stabil.

Mungkin terkesan remeh, tapi internet yang lambat dapat mengganggu proses pembelian tiket kamu. Promo tiket bisa keburu habis saat internet lambat. Selain itu, setiap lonjakan kunjungan ke sebuah website juga akan memengaruhi harga. Jika jaringan internet kamu lemot, harga yang muncul bisa saja keluar setelah terjadi kenaikan harga. Rugi!

2. Malas Membandingkan Harga Tiket

Hindari Kesalahan Booking Tiket Pesawat
Sumber: Unsplash

Patut kamu ketahui, harga tiket pesawat untuk rute yang sama bisa berbeda di setiap maskapai. Perbedaan harga ini terkadang cukup signifikan sehingga kamu harus sering-sering membandingkan harga tiket pesawat dari maskapai yang berbeda. Harga suatu maskapai untuk rute yang sama juga bisa berbeda di antara penyedia jasa travel online.

Untuk itu, jangan malas membandingkan harga tiket pesawat di berbagai platform yang berbeda. Kemudian, lihat maskapai dan travel online mana yang menawarkan harga terbaik untuk rute yang kamu inginkan. Meski agak ribet, hal ini merupakan salah satu cara mendapatkan tiket pesawat murah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  20 Tempat Wisata Thailand di Khao Yai, Mirip Seperti Eropa!

Apabila kamu tak punya waktu untuk membandingkan harga tiket untuk mendapatkan yang paling murah, pesan saja paket tur ke destinasi impian di Antavaya.com.

3. Tidak Menggunakan Agen Travel Online

Beli Tiket Pesawat Online
Beli Tiket Pesawat di Pergicom

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak agen travel online yang menawarkan kemudahan pembelian tiket secara online. Dengan adanya surat edaran dari Menteri Perhubungan mengenai Peningkatan Pelayanan Publik di Bandar Udara Seluruh Indonesia, maka kini tidak ada lagi konter penjualan tiket di bandara.

Memang masih ada kantor perwakilan maskapai yang menjual tiket pesawat. Namun, beli tiket pesawat di agen travel online seperti Pergi.com jauh lebih baik dalam mencari tiket pesawat murah. Kamu bisa membandingkan secara langsung harga tiket dari berbagai maskapai dalam satu waktu.

4. Beli Tiket Terlalu Cepat atau Terlalu Lambat

Kesalahan Beli Tiket Pesawat
Sumber: Unsplash

Memang ada pepatah mengatakan, “lebih cepat lebih baik”. Tapi, prinsip ini harus disesuaikan saat ingin memesan tiket pesawat. Dalam beberapa kondisi, maskapai biasanya menurunkan harga tiket 2-3 minggu sebelum keberangkatan demi memenuhi kuota penumpang.

Akan tetapi, jangan sampai memesan tiket terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Bisa-bisa harga tiket melambung tinggi atau bahkan kamu kehabisan tiket.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Apa Saja Syarat Membuat Visa Group Eropa Barat? Ini Dia Panduannya

5. Booking di Hari yang Salah

Hindari Kesalahan Fatal Beli Tiket Pesawat
Sumber: Unsplash

Berdasarkan beberapa penelitian dan data statistik, ternyata hari Kamis adalah hari termurah untuk membeli tiket baik perjalanan domestik maupun internasional. Coba saja cek untuk membuktikannya.

6. Tidak Memperhatikan Pajak dan Biaya Tambahan

Kesalahan Fatal Saat Beli Tiket Pesawat
Sumber: Unsplash

Inilah kesalahan fatal beli tiket pesawat yang paling sering terjadi. Selain harga tiket, ada detail penerbangan yang harus kamu perhatikan. Misalnya biaya pajak bandara, ketentuan biaya bagasi, hingga pemilihan kursi.

Memang ada maskapai penerbangan yang memberi bagasi gratis dan menggabungkan airport tax ke tiket, namun ada juga yang tidak. Jangan terlena dengan kata ‘tiket murah’, tetapi ternyata ada biaya tambahan lain yang harus kamu bayar. Maunya mendapatkan tiket pesawat murah, yang didapat malah lebih mahal.

Intinya, jangan sampai melakukan kesalahan fatal beli tiket pesawat. Bisa-bisa uang melayang, tiket hangus, dan rencana liburan pun berantakan. Mimpi buruk! Belilah tiket pesawat di travel online terpercaya seperti Pergi.com. Bisa juga membeli paket liburan dengan harga terbaik di Antavaya.com. Liburan aman, mudah, dan menyenangkan!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!