Smart Guide

Panduan: Syarat dan Cara Mudah Membuat Visa Jepang di Tour Agent!4 min read

6 November 2019

author:

Panduan: Syarat dan Cara Mudah Membuat Visa Jepang di Tour Agent!4 min read

Jepang merupakan salah satu tujuan wisata populer di dunia. Jika kamu yang ingin sekali wisata ke Jepang tahun ini, ada baiknya segera membuat Visa Jepang sendiri. Jika Visa Jepang sudah didapat, merencanakan liburan ke Jepang pun menjadi lebih aman dan pasti. Daripada repot mengurus Visa Jepang sendiri, lebih baik membuat visa bersama AntaVaya Tour & Travel saja, yuk! Berikut adalah syarat dan cara membuat Visa Jepang di tour agent.

Sebelumnya, Apa Itu Visa Jepang?

Visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan suatu negara berupa tanda izin diperbolehkannya seseorang masuk ke dalam wilayah negara bersangkutan dengan jangka waktu tertentu. Jadi, Visa Jepang adalah izin masuk ke Jepang untuk WNA. Visa tersebut dapat berbentuk stiker atau stempel.

Jika ingin membuat Visa Jepang untuk tujuan wisata, kamu harus membuat jenis visa yang tepat. Lihat jenis-jenis Visa Jepang untuk tujuan wisata di sini.

Di mana Tempat Membuat Visa Jepang?

Mulai tanggal 15 September 2017, proses dan cara membuat Visa Jepang dapat dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang berada di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sudah tidak melayani pengajuan visa kunjungan wisata.

Daripada repot mengurus Visa Jepang sendiri, buat Visa Jepang di tour agent AntaVaya saja. Kamu cukup menyiapkan dokumen dan syarat membuat Visa Jepang, terus bisa langsung berangkat liburan dengan mudah deh.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Syarat Mudah Membuat Visa Schengen untuk Jalan-Jalan ke Eropa Timur!

Panduan Mudah Membuat Visa Jepang untuk Wisata di Tour Agent

Pemohon Visa Jepang bisa mengajukan aplikasi melalui agen perjalanan, namun dengan biaya yang sedikit lebih mahal. Meski begitu, keuntungan membuat visa Jepang di tour agent adalah menghemat waktu dan tenaga karena mereka sudah menguasai tata cara pengajuan permohonan visa.

Berapa Lama Pembuatan Visa Jepang di Agen Travel?

Lama mengurus Visa Jepang melalui jasa travel agent rata-rata 10 hari kerja. Namun, semuanya tergantung jenis visa yang dibuat. Hubungi AntaVaya dan serahkan dokumen yang diperlukan. Setelah visa terbit, AntaVaya akan mengirim dokumen visa atau kamu bisa mengambilnya langsung di kantor AntaVaya. Kami siap membantumu membuat Visa Jepang dengan mudah!

Ketentuan Permohonan Visa Melalui Tour Agent

Ada beberapa ketentuan untuk mengajukan permohonan visa melalui travel agent:

a. Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun, atau orang dengan keterbelakangan fisik yang menyulitkan ia untuk datang mengajukan visa.
b. Pemohon dengan paspor diplomat atau dinas dengan tujuan kunjungan dinas.
c. Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah terdaftar di Kedutaan Besar Jepang.

Dokumen tambahan di bawah ini perlu dilampirkan sebagai salah satu syarat pelengkap, kecuali pemohon mengajukan visa melalui biro perjalanan yang sudah terdaftar di Kedutaan Besar Jepang.

a. Perwakilan dari perusahaan (staf kantor): fotokopi KTP orang yang mewakilkan dan surat tugas yang telah ditanda tangani oleh pemohon visa.
b. Perwakilan dari keluarga: fotokopi KTP orang yang mewakilkan dan fotokopi bukti hubungan keluarga.

Meskipun aplikasi diajukan oleh perwakilan, pemohon visa wajib menandatangani formulir aplikasi, kecuali pemohon visa tersebut memiliki alasan khusus seperti masih dibawah umur atau memiliki keterbelakangan fisik.

Dokumen dan Syarat untuk Membuat Visa Jepang Lewat Travel Agent

– Pastikan formulir aplikasi dan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan valid. Aplikasi yang tidak lengkap tidak akan diterima dan diproses.
– Paspor (dengan lebih dari 2 halaman kosong dan dengan izin masuk kembali ke Indonesia. Sertakan paspor lama kamu jika ada).
– Formulir Aplikasi diisi lengkap per pemohon. Untuk kolom tanda tangan, harus ditandatangani oleh pemohon (tanda tangan sama dengan tanda tangan paspor).
– Tidak boleh menggunakan pulpen yang dapat dihapus untuk mengisi formulir aplikasi dan dokumen resmi.
– Satu foto berwarna yang diambil dalam 6 bulan terakhir (foto harus berukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang polos).
– Serahkan dokumen yang dibutuhkan. Durasi membuat Visa Jepang dapat bervariasi jika dokumen pemohon tidak lengkap, atau diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan Besar kami harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Harap dicatat bahwa ada kemungkinan visa tidak disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan.
– Siapkan biaya visa dan biaya layanan secara tunai, atau menggunakan kartu kredit/debit.
– Visa tidak akan diberikan jika dokumen yang diajukan palsu. Namun, penyediaan dokumen yang memuaskan tidak menjamin disetujuinya visa.
– Kedutaan Besar Jepang di Indonesia akan menyimpan semua dokumen yang diserahkan. Jika dokumen asli tertentu perlu dikembalikan, mohon informasikan kepada staf dengan menyertakan fotokopi.

Itulah semua yang hal perlu kamu ketahui untuk membuat Visa Jepang di tour agent. Buat kamu yang tidak punya waktu dan tidak mau repot, serahkan saja pengurusan Visa Jepang di AntaVaya. Paket tur liburan ke Jepang di AntaVaya juga beragam, kamu bisa pilih sesuai budget dan keinginanmu. AntaVaya, the SMART way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!