Smart Guide

Ini 9 Alasan Mengapa Visa Jepang Ditolak yang Wajib Kamu Tahu4 min read

7 November 2019

author:

Ini 9 Alasan Mengapa Visa Jepang Ditolak yang Wajib Kamu Tahu4 min read

Mau jalan-jalan ke Jepang bersama keluarga tapi takut Visa Jepang ditolak? Tidak perlu khawatir, visa kamu tidak akan ditolak tanpa alasan. Untuk itu, kamu harus mengetahui penyebab dan alasan mengapa Visa Jepang ditolak sedari awal. Pastikan bahwa semua syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat Visa Jepang lengkap. Supaya lebih jelas, inilah sembilan kemungkinan alasan mengapa Visa Jepang kamu ditolak.

1. Alasan Berkunjung yang Tidak Meyakinkan atau Valid

Liburan ke Jepang bersama keluarga untuk liburan awal atau tahun baru pasti sangat menyenangkan. Kamu bisa membuat visa sendiri atau meminta tur agen untuk membuat Visa Jepang supaya lebih mudah. Namun, seringkali harapan tak sesuai kenyataan karena Visa Jepang bisa saja ditolak. Penyebab pertama karena alasan berkunjung ke Jepang yang dianggap tidak meyakinkan atau valid.

Saat membuat visa, kamu akan ditanya alasan mengunjungi Jepang beserta keterangan detail yang dapat mendukung jawaban kamu. Berdasarkan jawaban kamu, akan diketahui tujuan kamu mengunjungi Jepang apakah sekadar menghadiri suatu acara, wisata, mengunjungi keluarga, menempuh pendidikan, dan alasan lainnya.

Biasanya pemohon visa juga akan diminta menunjukkan bukti, seperti tiket pesawat atau pemesanan hotel untuk menguatkan argumen. Jika jawaban tidak mendukung dan valid, bisa saja visa ditolak. Intinya, apapun alasan yang kamu ungkapkan harus disertai bukti yang jujur, kuat, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Inilah 25 Tempat Wisata Populer di Turki yang Cocok untuk Liburan Keluarga!

2. Dokumen dan Syarat Visa Jepang yang Tidak Lengkap

Alasan Mengapa Visa Jepang Ditolak - Dokumen Tidak Lengkap - Sumber Pexels
Visa Jepang Ditolak karena Dokumen Tidak Lengkap – Sumber: Pexels

Kelengkapan dokumen sangat penting demi memuluskan pembuatan Visa Jepang. Syarat yang dibutuhkan misalnya paspor, pas foto, formulir permohonan, rekening koran, dll. Kamu bisa melihat syarat membuat Visa Jepang secara lengkap di sini.

Asuransi perjalanan juga sangat penting untuk melancarkan proses pengajuan visa. Apabila proses pengajuan asuransi berhasil dan sudah disetujui pihak perusahaan, besar kemungkinan pengajuan visa kamu juga disetujui kedutaan. Perhatikan juga besaran jaminan dari pihak asuransi sesuai layanan yang kamu gunakan. Sebab, setiap kedutaan memiliki peraturan dan ketentuan khusus untuk hal ini.

3. Finansial yang Kurang Mendukung

Alasan Mengapa Visa Jepang Ditolak - Finansial Tidak Memenuhi Syarat - Sumber Unsplash
Visa Ditolak karena Finansial Tidak Memenuhi Syarat – Sumber: Unsplash

Ada syarat-syarat yang wajib kamu penuhi untuk membuat visa liburan ke Jepang, salah satunya adalah mencetak buku tabungan atau rekening koran. Jika uang tabungan kamu tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan, kemungkinan besar ini akan menjadi alasan mengapa Visa Jepang ditolak. Kejanggalan dalam rekening juga bisa menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, pastikan kondisi finansial kamu sudah memenuhi syarat. Aturan ini penting untuk memastikan keuangan kamu cukup menjamin biaya hidup selama di Jepang.

4. Surat Referensi yang Kurang

Kedutaan Besar Jepang bisa saja meminta surat referensi, baik dari tempat kamu bekerja maupun dari bank. Pastikan kembali surat referensi memiliki kop surat asli, mencantumkan alamat dan kontak instansi dengan jelas, terdapat cap perusahaan, dan tanda tangan dari pihak yang berwenang.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Prediksi Jadwal 7 Festival Sakura di Korea 2020: Kapan dan di Mana?

Surat referensi yang kurang dan tidka lengkap bisa menjadi alasan mengapa Visa Jepang kamu ditolak.

5. Dokumen yang Kamu Miliki Palsu

Jangan pernah sekalipun memalsukan dokumen demi mendapatkan visa. Perlu diingat, petugas kedutaan pasti akan mengecek keaslian dokumen yang kamu miliki. Jika terbukti kamu melakukan pemalsuan dokumen, baik dari surat keterangan kerja, surat referensi bank, buku tabungan, bukti pemesanan tiket pesawat dan hotel, atau ada identitas yang sengaja dipalsukan, sudah pasti permohanan visa kamu ditolak.

6. Tidak Memiliki Itinerary Liburan ke Jepang

Alasan Mengapa Visa Jepang Ditolak - Tidak Punya Itinerary - Sumber Unsplash
Visa Jepang Ditolak karena Tidak Punya Itinerary – Sumber: Unsplash

Itinerary juga sangat penting untuk memudahkan proses diterimanya permohanan Visa Jepang yang kamu ajukan. Jika kamu tidak bisa menunjukkan atau tidak menyiapkan itinerary selama berada di Jepang, bisa saja ini menjadi salah satu alasan Visa Jepang kamu ditolak.

Siapkan rencana perjalanan selama kamu liburan dan wisata di Jepang secara detail. Mulailah dari kota, aktivitas, dan destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa melihat contoh panduan itinerary liburan ke Jepang di sini.

7. Pernah Melanggar Aturan Imigrasi

Alasan mengapa permohonan Visa Jepang ditolak lainnya adalah kamu pernah menyalahgunakan penggunaan visa. Misalnya, tinggal melebihi jangka waktu yang diizinkan atau menggunakan visa wisata untuk tujuan lain seperti mencari kerja di suatu negara.

Pernah melanggar aturan bisa menjadi alasan kenapa visa kamu ditolak. Sebab, segala pelanggaran akan terekam dan dicatat dalam sistem imigrasi. Namun tenang saja, kamu bisa mengakalinya dengan liburan ke 77 negara bebas visa bagi WNI.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Penting! Inilah 20 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Liburan ke Eropa

8. Pernah Berbuat Kriminal

Alasan Mengapa Visa Jepang Ditolak - Ada Catatan Kriminal - Sumber Unsplash
Visa Ditolak karena Pernah Berbuat Kriminal – Sumber: Unsplash

Aduh, jangan sampai deh kamu pernah melakukan perbuatan kriminal, baik di negeri sendiri maupun di luar negeri. Segala bentuk perbuatan kriminal dianggap bisa membahayakan penduduk di suatu negara. Oleh karena itu, jika kamu pernah melakukan perbuatan kriminal dengan bukti yang jelas dan kuat, bisa saja permohonan pengajuan Visa Jepang kamu ditolak.

9. Paspor Rusak atau Kedaluwarsa

Sebelum liburan ke luar negeri, kamu harus memastikan masa berlaku paspor kamu masih lebih dari 6 bulan. Selain itu, jaga juga kondisi paspor supaya masih bagus dan terawat. Paspor yang tercoret-coret atau rusak karena terkena air bisa menjadi alasan ditolaknya permohonan visa. Segera lakukan penggantian paspor sebelum kedaluwarsa.

Pemilik e-paspor juga harus lebih berhati-hati karena terdapat chip dalam paspor yang mudah rusak. Lihat cara merawat e-paspor supaya awet di sini.

Wah, ternyata cukup banyak yang bisa menjadi alasan mengapa pengajuan visa kamu ditolak. Supaya liburan berjalan lancar, serahkan saja pengajuan Visa Jepang di AntaVaya. Ikuti juga berbagai paket tur liburan ke Jepang yang dijamin asyik dan tak terlupakan. AntaVaya, the SMART way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!