Smart Guide

Ketahui Cara & Syarat Membuat Visa Schengen Britania Raya & Irlandia!4 min read

15 October 2019

author:

Ketahui Cara & Syarat Membuat Visa Schengen Britania Raya & Irlandia!4 min read

Keliling Eropa adalah impian semua orang. Jika akhirnya tabunganmu cukup untuk jalan-jalan keliling Eropa, ada banyak hal yang wajib kamu siapkan, salah satunya adalah membuat Visa Schengen. Di dalam artikel ini, akan dibahas apa pengertian Visa Schengen, bagaimana cara membuat Visa Schengen, dan apa saja dokumen dan syarat membuat Visa Schengen untuk liburan ke negara-negara di Britania Raya dan Irlandia. Tanpa perlu panjang lebar lagi, simak uraiannya di bawah ini yuk AntaVaya Fellas!

Apa Itu Visa Schengen?

Sebelum membahas lebih lanjut syarat membuat Visa Schengen, kamu wajib mengetahui pengertian dari Visa Schengen itu sendiri. Visa Schengen adalah visa kunjungan singkat untuk wisatawan yang akan mengunjungi negara-negara di Eropa. Visa ini berlaku selama 90 hari dalam periode 6 bulan untuk tujuan wisata dan bisnis.

Inilah 26 negara di Eropa (UE dan non-UE) yang masuk dalam kawasan Schengen:

NomorNama Negara
1Austria
2Belanda
3Belgia
4Denmark
5Estonia
6Finlandia
7Hongaria
8Islandia
9Italia
10Jerman
11Latvia
12Liechtenstein
13Lituania
14Luksemburg
15Malta
16Norwegia
17Prancis
18Polandia
19Portugal
20Republik Ceko
21Slovenia
22Slowakia
23Spanyol
24Swedia
25Swiss
26Yunani

Indonesia termasuk dalam 104 negara yang wajib mengantongi Visa Schengen untuk masuk ke Negara Eropa. Jadi, wajib hukumnya membuat dan mengurus Visa Schengen sebelum keliling Eropa.

Bagaimana Cara Membuat Visa Schengen?

Setelah mengetahui pengertian Visa Schengen, sekarang kamu wajib mengetahui cara membuat visa Eropa. Visa untuk masuk ke Negara Eropa ini sebaiknya diajukan 3 minggu sebelum perjalanan. Bisa juga 2 minggu sebelum keberangkatan. Namun jika mau tenang, kamu bisa mengajukan pembuatan Visa Schengen 3 bulan sebelum jalan-jalan ke Eropa.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Kapan Musim dan Waktu Terbaik Mengunjungi Korea? Intip Jawabannya Yuk!

Daripada repot mengurus ini itu, lebih baik buat Visa Schengen di AntaVaya saja yuk. Membuat Visa Schengen melalui AntaVaya Tour & Agent dijamin lebih mudah, cepat, tanpa perlu ribet. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen dan syarat yang diperlukan untuk membuat Visa Schengen saja.

1. Ini Syarat Membuat Visa Group Britania Raya & Irlandia (2 Visa)

Cara & Syarat Membuat Visa Schengen Terbaru - Sumber Pexels
Syarat Membuat Visa Schengen Terbaru – Sumber: Pexels

Membuat Visa Schengen lewat travel agent adalah pilihan tepat untuk kamu yang super sibuk dan tidak mau repot. Proses pembuatan Visa UK membutuhkan waktu ±15 hari kerja, sementara proses Visa Irlandia membutuhkan waktu ±21-25 hari kerja dari tanggal appointment. Berikut adalah syarat membuat Visa Schengen untuk liburan ke Britania Raya dan Irlandia.

1. Mengisi lengkap dan menandatangani Form Data Diri Permohonan Visa yang diberikan AntaVaya.
2. Paspor asli yang masih berlaku di atas 6 bulan (UK) dan di atas 12 bulan (Irlandia) dari tanggal keberangkatan.
3. Melampirkan paspor lama.
4. Bersedia datang untuk rekam BIOMETRIK (fingerprint & scan mata) di PT VFS Global di Kuningan City Mall 2nd Floor. Anak-anak wajib hadir semuanya untuk UK Visa.
5. Foto Studio untuk Visa Irlandia (bukan hasil scan/print komputer) 3,5 x 4,5 = 2 lembar berwarna dan terbaru dengan latar belakang putih (tidak pernah dipakai untuk foto visa sebelumnya) dengan proporsi wajah 80%. Harus kelihatan dahi dan telinga.
6. Surat Sponsor (2 lembar) dari tempat bekerja/perusahaan sendiri menggunakan kop surat, TTD + stempel (dalam bahasa inggris). 1 surat ditujukan kepada kedutaan Embassy of United Kingdom. 1 surat ditujukan untuk Embassy of Ireland. Mohon ditulis “Join tour to: Nama Tour-nya, for holiday” & HANYA BULAN SAJA (ex: November 2017/Desember 2017). Sponsor tidak boleh tanda tangan diri sendiri, meskipun beliau adalah pemilik perusahaan.
7. Bukti keuangan:
– Fotokopi buku tabungan pribadi 6 bulan terakhir (halaman pertama sampai transaksi terakhir) atau fotokopi rekening koran (6 bulan terakhir) atau untuk tambahan bisa dilampirkan deposito (jika jumlah tabungan terlalu minim). Wajib dbuat 2 rangkap.
– WAJIB melampirkan referensi bank, cantumkan nomor akun, jumlah nominal, dan nama yang akan berangkat.
To: Embassy of United Kingdom
To: Embassy of Ireland
Note: Jumlah saldo di ref bank harus sama dengan rekening terlampir.
8. Fotokopi SIUP perusahaan (untuk owner), SIP (Surat Izin Praktek) untuk dokter.
9. Fotokopi Kartu Keluarga untuk UK & KK asli hasil translate ke dalam Bahasa Inggris untuk Ireland.
10. Fotokopi Akta Nikah untuk UK & akta nikah asli hasil translate ke dalam Bahasa Inggris untuk Ireland.
11. Surat Izin Suami jika istri berpergian tanpa ditemani oleh suami di atas materai Rp6.000 + FC KTP suami.
12. Fotokopi Akta Ganti Nama apabila nama berbeda untuk UK & asli hasil translate ke dalam Bahasa Inggris untuk
Ireland.
13. Untuk peserta anak, mohon lampirkan:
– Fotokopi Akta Lahir untuk UK & asli hasil translate ke dalam Bahasa Inggris untuk Ireland.
– Surat Keterangan dari Sekolah/Universitas dalam Bahasa Inggris jika anak berstatus pelajar (untuk UK & Ireland).
– Jika anak sudah memasuki usia produktif dan sudah bekerja, lampirkan rekening pribadi dan surat sponsor dari perusahaan tempat dia bekerja.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Masa Berlaku Paspor untuk Traveling, Benarkah Harus Lebih dari 6 Bulan?

Setelah menyerahkan dokumen dan syarat membuat Visa Schengen untuk jalan-jalan di Eropa ke AntaVaya, kamu hanya tinggal menunggu saja. Mudah sekali bukan? Dokumen yang perlu di-translate dalam Bahasa Inggris dan perlu notaris pun bisa diserahkan pada kami. Jadi, kamu tidak perlu repot mengurus ini itu. SMART, kan?

Buruan, rencanakan liburan kamu keliling Eropa bersama AntaVaya dan serahkan pengurusan syarat membuat Visa Schengen pada kami. Liburan kamu dijamin akan semakin mudah, aman, dan nyaman. Segera cek website AntaVaya dan temukan paket liburan dan tur ke Eropa yang cocok untuk kamu. AntaVaya, the smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!