Smart Guide

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat3 min read

25 May 2021

author:

5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat3 min read

Saat naik pesawat, sering kali telinga kita berdengung yang kadang disertai rasa sakit dan menurunnya kemampuan mendengar. Kalau sudah begitu, jangan panik! Ada beberapa cara mengatasi telinga berdengung saat naik pesawat yang bisa kamu coba.

Berikut adalah lima cara efektif untuk mengatasi telinga berdengung di pesawat.

Apa Penyebab Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat?

Telinga berdengung saat naik pesawat disebabkan oleh tersumbatnya saluran tuba yang ada di telinga. Saluran tuba merupakan saluran di bagian telinga tengah hingga belakang hidung.

Saluran ini berfungsi sebagai penyeimbang tekanan udara di telinga tengah dengan tekanan udara di luar telinga. Nah, saat kamu berada di ketinggian ribuan meter dari permukaan laut, telinga kesulitan untuk beradaptasi dengan tekanan udara di dalam kabin. Akibatnya udara terperangkap dan menyebabkan telinga berdengung atau nyeri saat naik pesawat.

Cara Ampuh Mengatasi Telinga Berdengung Ketika Naik Pesawat

1. Tutup Hidung Saat Telinga Berdengung

Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat
Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat

Ketika baru pertama kali naik pesawat, mungkin beberapa dari kita akan kaget karena merasa tidak nyaman pada bagian telinga. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menutup hidung saat telinga berdengung.

Cara mengatasi telinga berdengung ini paling banyak dipraktekkan ketika telinga terasa tersumbat dan berdengung. Tak sekedar menutup hidung, tapi kamu harus menghembuskan nafas dalam keadaan menutup hidung dan juga mulut.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Terbaru 2019: Aturan Bea Masuk Oleh-Oleh dari Luar Negeri

Tekanan udara yang tercipta akan membuka sumbatan tuba di telinga sehingga telinga tidak lagi berdengung.

2. Makan Permen untuk Mengatasi Telinga Berdengung

Sebelum terbang, jangan lupa untuk membawa permen untuk dimakan saat di pesawat. Gerakan mengunyah permen dapat membantu membuka saluran tuba sehingga mengurangi telinga berdengung dan terasa penuh.

Namun, cara ini tidak cukup ampuh atasi telinga berdengung bagi kamu yang punya riwayat penyakit sinus maupun yang memiliki telinga sensitif.

3. Minum Air yang Banyak

5 Cara Efektif Mengatasi Telinga Berdengung
5 Cara Efektif Mengatasi Telinga Berdengung

Minum air putih sangat disarankan untuk dikonsumsi selama penerbangan. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, gerakan menelan saat minum air juga bisa membuka sumbatan di saluran tuba yang menyebabkan telinga berdengung.

Meski kamu tidak bisa membawa air minum saat melewati pemeriksaan di bandara, namun selalu ada convenient store maupun toko yang menjual air minum kemasan di area boarding room.

Di beberapa bandara juga tersedia air minum gratis. Solusi terakhir, kamu bisa membeli minuman saat berada di kabin pesawat. Ketahui juga beberapa benda yang dilarang dibawa ke kabin.

4. Menguap atau Membuka Mulut

Cara ini sangat sederhana, yaitu cobalah menguap atau membuka mulut meski tidak mengantuk.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Cara Cek Biaya Kelebihan Bagasi Maskapai Indonesia 2019

Sering-sering buka mulut kamu lebar-lebar jika merasa telinga berdengung di pesawat. Gerakan ini dapat membuka sumbatan di saluran tuba yang menjadi penyebab telinga berdengung saat naik pesawat lho!

5. Menelan Ludah

Cara terakhir adalah sering-sering menelan ludah untuk mengatasi telinga yang berdengung. Cara kerja gerakan menelan ludah sama seperti kamu mengunyah permen maupun minum air, yaitu sama-sama bisa membuka saluran tuba.

Dengan begitu, telinga pun tidak akan terasa terlalu penuh dan nyeri saat naik pesawat.

Itulah beberapa cara mengatasi telinga berdengung saat naik pesawat yang bisa kamu lakukan? Yuk, pesan paket tour, tiket pesawat, dan hotel di destinasi impianmu bersama AntaVaya!

Paket Tour AntaVaya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!