Domestik Smart Recommendation

18 Street Food Pulau Jeju Paling Murah dan Enak, Wajib Dicoba!8 min read

27 April 2021

author:

18 Street Food Pulau Jeju Paling Murah dan Enak, Wajib Dicoba!8 min read

Tempat wisata Pulau Jeju begitu diminati wisatawan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya memiliki alam yang memesona, Pulau Jeju juga terkenal dengan street food-nya yang unik dan lezat. Inilah 18 daftar street food Jeju paling enak yang wajib kamu coba.

Untuk menikmati berbagai kuliner khas Jeju, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional Tapdong Market, Seogwipo Maeil Olle Market, Dongmun Market, atau Donam Market.

1. Manong Chicken, Rela Antre Saking Enaknya!

Keindahan Pulau Jeju memang tak perlu diragukan lagi. Namanya semakin tersohor karena banyak drama atau tayangan televisi Korea yang syuting di sini. Apalagi Pulau Jeju termasuk destinasi bebas visa untuk WNI.

Jika ingin mencoba Manong Chicken, kamu harus buru-buru memesannya. Kenapa? Karena antreannya gila banget! Street food Jeju ini memang populer sehingga selalu dibanjiri pembeli.

Kamu akan diberikan nomor antrean beserta perkiraan waktu pengambilannya. Setelah itu, kamu bisa menunggu sambil membeli camilan lain.

Saat mencoba mungkin kamu akan merasa sedikit bingung dengan rasanya. Namun setelah terbiasa, dijamin ketagihan karena rasanya gurih dan enak.

Setiap porsi akan dilengkapi dengan bumbu tambahan chicken sauce dan chicken salt. Manong Chicken makin nikmat karena diberi taburan bawang putih. Kulitnya krispi banget, tapi tak berminyak.

Harga Manong Chicken: 10.000-20.000 won

2. Jeju Hallabong Ice Cream, Segar!

Sebelum berangkat ke Pulau Jeju, kamu wajib membaca panduan liburan ke Korea Selatan pertama kali terlebih dahulu.

Selain matcha, ada rasa baru dari Korea yang akan bikin kamu tergila-gila, yaitu hallabong. Hallabong adalah jeruk yang mulai ditanam di Jeju sejak 1998. Rasanya mirip jeruk mandarin dan cocok digabungkan dengan berbagai bahan makanan.

Selama berlibur di Pulau Jeju, kamu wajib mencoba Jeju Hallabong Ice Cream. Rasanya manis dan segar, cocok untuk dinikmati di siang hari.

Harga Jeju Hallabong Ice Cream: 5.000 won

3. Hallabong Drink, Kemasannya Lucu!

Tak hanya diolah menjadi es krim, jeruk hallabong juga dibuat jus yang sangat enak dan segar. Orange juice ini punya banyak manfaat, seperti memperkuat daya tahan tubuh, mencerahkan warna kulit, dan sebagai antioksidan.

Kamu bisa membeli jus ini di kafe maupun pasar tradisional seperti Seogwipo Maeil Olle Market.

Jus hallabong dijual dalam kemasan botol, namun ada juga yang menjual eceran dalam botol berbentuk hewan lucu dan bisa dibawa pulang! Bikin enggak sabar kan ingin liburan ke Pulau Jeju?

Harga Hallabong Drink: botol biasa 3.000 won, botol lucu 6.000 won (botol 5.000 + jus 1.000)

4. Hallabong Cake, Street Food Jeju yang Imut

Satu lagi olahan jeruk hallabong yang bisa kamu coba, yaitu Hallabong Cake. Dibentuk seperti jeruk, rasanya asam dan manis. Dalam 1 porsi, isinya juga lumayan banyak. Tekstur isinya mirip nanas dan cocok dinikmati sambil minum jus hallabong.

Harga Hallabong Cake: 3.000 won

5. Crab Gratin, Jajan Kepiting ala Korea

Street food murah dan enak Pulau Jeju ini juga wajib kamu coba. Jajanan Korea ini dimasak dengan cara dipanggang.

Disajikan langsung di atas cangkang kepiting, seporsi crab gratin terdapat daging kepiting yang dilengkapi dengan udang, keju, jagung, dan makaroni.

Setiap gerai akan menyediakan mustard, tomato sauce, dan sweet chili yang bisa diracik sendiri oleh pembeli. Yummy!

Harga Crab Gratin: 3.000-4.000 won

6. Hotteok/Hoddeok, Pancakenya Korea

Hotteok adalah pancake Korea yang terbuat dari tepung terigu, air, susu, gula, dan ragi. Isinya macam-macam, namun yang paling populer adalah kayu manis dan kacang tanah.

Street food Pulau Jeju ini banyak dijual saat musim dingin, paling enak dimakan saat masih hangat. Teskturnya tipis dan renyah dengan rasa yang manis.

Harga Hotteok/Hoddeok: 1.500 won/pcs

7. Pulppang/Pulbbang untuk Pencinta Kacang Merah

Pulppang/pulbbang adalah camilan manis yang berisi kacang merah. Rasanya enak dan harganya murah. Jangan tertukar, pulppang berbeda dengan bungeoppang. Bungeoppang adalah jajanan berbentuk ikan bertekstur krispi dengan isi kacang merah dan berasal dari Jepang.

Harga Pulppang/Pulbbang: variatif, rata-rata 1.000-2.000 won/7 pcs

8. Eomuk/Fish Cake, Enggak Cukup Satu!

Street food Jeju ini sudah banyak dijual di Indonesia, salah satunya di Lotte Mart. Eomuk/fish cake terbuat dari ikan berdaging putih yang ditumbuk (cod, pollock, flounder, kakap) dan dilengkapi dengan semangkuk sup.

Biasanya dijual di tenda pinggir jalan. Rasanya bikin nagih dan enggak cukup satu. Wajib coba saat berburu kuliner di Pulau Jeju!

Harga Eomuk/Fish Cake: 500 won/pcs

9. Tteokbokki, Jajanan Korea Pedas Gurih

Mungkin kamu sudah tak asing dengan street food Jeju yang satu ini. Terbuat dari tepung beras dan biasanya berbentuk panjang, jajanan Korea ini bisa ditemukan di mana-mana.

Di Korea pun makanan ini sangat disukai, terutama saat musim dingin. Rasanya pedas dan gurih. Biasanya tteokbokki dilengkapi dengan saus merah cerah yang menggoda. Wajib coba jika belum pernah makan.

Harga Tteokbokki: 3.000 won

10. Baked Sweet Potato (Gun Goguma)

Buat yang dulu pernah nonton serial tv Korea We Got Married, pasti sudah paham dengan street food Pulau Jeju ini. Dalam acara tersebut, ‘YongSeo Couple’ terutama Seohyun sangat suka dengan goguma alias ubi jalar.

Jajanan ini berupa Baked sweet potatoes yang dibungkus dengan aluminium foil dan dipanggang di atas bara api. Rasanya lebih manis dibandingkan dikukus atau direbus.

Makannya harus pelan-pelan dan sabar, karena panas banget. Termasuk jajanan sehat Korea yang enak!

Harga Baked Sweet Potato (Gun Goguma): 700 won/pcs

11. Roasted Chestnuts (Gun Bam)

Roasted chestnut tak hanya disukai di Korea, tapi juga diseluruh dunia. Street food Murah Pulau Jeju ini biasanya dijual di gerobak kecil dan disajikan dalam kantung kertas.

Kamu bisa menemukannya di pasar tradisional atau pinggir jalan yang ramai. Meskipun kulitnya keras (biasanya sudah dikupas), rasanya manis dan yummy banget.

Harga Roasted Chestnuts (Gun Bam): 4.000 won

12. Wang Mandu (Non-Halal)

Mandu adalah sejenis pangsit yang terbuat dari tepung dan diisi dengan daging, sayuran, jamur, serta tahu. Pada Seollal atau tahun baru imlek, keluarga di Korea akan berkumpul untuk membuat pangsit ini.

Bentuk mandu sangat beragam, bisa setengah bulat, persegi, atau lonjong. Wang mandu sendiri berarti mandu raja alias berukuran besar. Cara memasaknya bisa direbus dalam sup kaldu yang panas, dikukus, digoreng, atau dinikmati dalam kuah kaldu dingin.

Harga Wang Mandu: 1.500 won/pcs

13. Grilled Mackerel, Enak Dimakan dengan Nasi Panas

Selama liburan di Pulau Jeju, kamu wajib mencoba grilled mackarel alias makarel panggang. Makarel di Korea terkenal enak karena kesegarannya.

Biasanya ikan makarel akan dipanggang utuh sampai berwarna kecokelatan dan memiliki aroma asap. Rasanya asin gurih dan tulangnya bahkan bisa dimakan. Sangat cocok dinikmati bersama nasi panas. Ngiler!

Harga Grilled Mackerel: variatif, 10.000-18.000 won

14. Boiled Pork Hock (Non-Halal)

Boiled Pork Hocks merupakan makanan tradisional Jeju berbahan dasar babi lokal kualitas premium. Kaki babi akan direbus pelan-pelan dengan air, kecap, bawang putih, jahe, serta anggur beras.

Tak jarang, street food Pulau Jeju ini ditambah kayu manis dan daun bawang. Teksturnya kenyal seperti agar-agar dengan rasa gurih yang kuat. Porsinya cukup besar, jadi bisa dimakan bareng-bareng.

Harga Boiled Pork Hock: variatif, 20.000-30.000 won

15. Cream Corn, Jajanan Pulau Jeju yang Murah

Kuliner Pulau Jeju yang satu ini lumayan populer dan bikin kenyang. Cream corn adalah jajanan jagung yang dilengkapi dengan mentega dan mayones.

Terkadang disajikan di atas hot plate supaya tetap panas. Kamu bisa menambahkan keju mozarella supaya rasanya lebih enak!

Harga Cream Corn: ±3.000 won

16. Gogi-Guksu/Pork Noodles (Non-Halal)

Makanan tradisional Pulau Jeju ini ada karena kondisi tanah yang buruk sehingga tidak bisa ditanami beras. Akibatnya, penduduk harus beradaptasi dengan mi gandum.

Akhirnya terciptalah pork noodles ini. Bentuknya mi-nya panjang dan tipis dengan tekstur yang kenyal. Topping irisan babi hitam lembut dan gurih, wortel, rumput laut, daun bawang, dan cabai membuatnya semakin nikmat.

Kuahnya terbuat dari tulang babi hitam yang direbus selama 12 jam. Sungguh makanan yang kaya rasa!

Harga Pork Noodles: 7.000 won

17. Chestnut Bread, Cocok untuk Teman Minum Kopi

Chesnut bread adalah roti panggang yang sering dijumpai di Korea. Teksturnya lembut dan empuk ditaburi chestnut yang renyah.

Rasa kacangnya manis dan sangat cocok dimakan untuk sarapan bersama kopi atau coklat hangat. Kamu bisa menemukannya di kafe atau toko roti pinggir jalan.

Harga Chestnut Bread: variatif, 5.000 won

18. Chilsung Cider, Jajanan Korea yang Bikin Segar!

Jangan salah, minuman khas Korea ini bukan sari buah apel, melainkan minuman ringan berkarbonasi alias bersoda. Rasanya manis mirip soda lemon dan warnanya bening. Paling enak diminum dingin saat cuaca sedang panas-panasnya.

Minuman ringan Korea ini non-alkohol Fellas, jadi kamu jangan sampai lupa mencicipinya ya!

Harga Chilsung Cider: ±1.500 won

Paket Tour Korea

Itulah 18 street food Enak dan Murah di Pulau Jeju yang wajib kamu coba. Kalau pandemi sudah selesai, liburan ke Pulau Jeju bareng AntaVaya yuk! Dijamin aman dan bebas repot!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!