Internasional Smart Recommendation

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan 2019 Lengkap13 min read

14 May 2019

author:

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan 2019 Lengkap13 min read

Ini pertama kalinya kamu pergi liburan ke Korea Selatan? Tentu banyak hal penting yang harus disiapkan, mulai dari dokumen, cara mengurus visa, mengenal jenis transportasi, waktu terbaik, hingga jadwal sakura di Korea Selatan. Semakin matang tips dan panduan wisata Korea Selatan, semakin lancar pula perjalanan wisata kamu. Mari simak panduan wisata Korea berikut ini!

Panduan Menyiapkan Paspor untuk Wisata Korea Selatan

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Pixabay

Setiap orang yang ingin wisata ke luar negeri wajib memiliki paspor. Apabila belum memiliki paspor, segera daftar paspor secara online dan booking nomor antrean di kantor imigrasi pilihan kamu. Jika ingin panduan wisata Korea Selatan menjadi lebih mudah, kamu bisa sekalian membuat e-paspor yang memiliki segudang keuntungan.

Pastikan masa berlaku paspor kamu kurang dari 6 bulan saat berangkat. Jangan sampai panduan wisata Korea Selatan untuk pertama kali gagal hanya karena ditolak terbang menuju Korea.

Jika masa berlaku paspor hampir habis, segera urus penggantian paspor di kantor imigrasi. Bawa paspor lama kamu serta E-KTP sebagai dokumen wajib penggantian paspor. Saat mengganti paspor kedaluwarsa dengan yang baru, nomor paspor kamu akan diganti pula.

Bagaimana Cara Mengurus Visa Wisata Korea Selatan?

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram agentvisajakarta

Selain paspor, panduan wisata Korea Selatan juga membutuhkan visa. Visa adalah tkamu izin untuk memasuki sebuah negara dan sebaiknya diurus sebulan sebelum keberangkatan. Proses pembuatan Visa Korea Selatan bisa memakan waktu sampai 6 hari kerja. Biaya membuat Visa Korea berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan si pemohon visa.

Untuk pilihan jenis Visa Korea Selatan ada tiga, kamu bisa memilih sesuai yang dibutuhkan:

  • Single Visa (kunjungan di bawah 90 hari) Rp592.000.
  • Double Visa (kunjungan sebanyak 2x dan berlaku hingga 6 bulan) Rp1.036.000.
  • Multiple Visa (kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun, hanya bisa dilakukan jika kamu pernah pergi ke Korea Selatan sebanyak 2x atau pernah ke Amerika Serikat) Rp1.332.000.

Pembayaran Visa Korea Selatan tidak lagi dilakukan di loket visa di Embassy, tapi di KEB Hana Bank Cabang Korean Center (gedungnya ada di dalam Embassy). Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila proses pengajuan dibatalkan atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Dokumen untuk Membuat Visa Wisata Korea Selatan

Panduan wisata Korea Selatan, datanglah langsung ke Kedutaan Besar Korea agar tidak ada perbedaan harga. Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa dengan lengkap. Inilah syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat Visa Korea Selatan tahun 2019:

  • Paspor asli dan fotokopi paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi).
  • Formulir aplikasi visa dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto. Foto ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar putih. Bawa cadangan foto untuk berjaga-jaga. Foto harus tampak depan, jelas, dan merupakan foto terbaru.
  • Kartu keluarga atau dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan.
  • Surat keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja.
  • Surat keterangan mahasiswa/pelajar, bagi yang masih bersekolah.
  • Fotokopi bukti keuangan (SPT PPh 21/rekening koran 3 bulan terakhir dan surat referensi bank).

Sebaiknya fotokopi semua dokumen yang diperlukan sejak awal, karena biaya fotokopi di Embassy cukup mahal, yakni sekitar Rp5.000/lembar.

Korea Selatan memberikan fasilitas bebas visa bagi WNI yang memenuhi syarat di bawah ini.

  • Sudah pernah mengunjungi Korea Selatan lebih dari 4x dalam 2 tahun terakhir atau sudah mengunjungi Korea Selatan lebih dari 10x.
  • Ingin wisata ke Korea Selatan sebelum atau sesudah mengunjungi negara Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.
  • Berencana berlibur ke Pulau Jeju, HANYA PULAU JEJU saja.

Panduan Penting Menukar Mata Uang Rupiah Menjadi Won

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram meaniexvernonie

Selama berlibur di negara lain, kita wajib memiliki mata uang negara tersebut untuk memudahkan transaksi jual-beli. Jangan tukar mata uang rupiah ke won terlalu banyak selama masih di Indonesia. Tukarlah rupiah ke won seperlunya karena harga beli mata uang won di Indonesia cukup mahal. Sementara harga jual won di Indonesia malah murah.

Tukar saja rupiah kamu menjadi dolar. Sesampainya di Korea, kamu bisa langsung ke bank setempat atau ke money changer untuk menukar uang. Tips menukar uang di Korea Selatan, jangan menukar di bkamura karena rate-nya kurang bagus. Hindari juga menukar uang di tempat yang tidak resmi.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Tips Traveling Hemat: Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam

Tukarlah mata uang rupiah menjadi won di Authorized Money Changer. Menukarkan uang di tempat yang telah memiliki izin lebih aman dari penipuan uang palsu dan memiliki nilai tukar yang lebih kompetitif.

Bagaimana jika selama wisata di Korea Selatan uang Won kita terlanjur habis? Jangan panik, kamu masih bisa kok mengambil uang di ATM yang berlogo Indonesia, seperti mastercard, visa, atau cirrus.

Panduan Wisata Korea Selatan: Wajib Punya 2 Kartu Ini

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram runaruna523

Saat mendarat di Korea Selatan dan urusan keimigrasian serta bagasi sudah selesai, segera beli T-Money atau Korea Tour Card. Kartu tersebut sangat berguna untuk membayar transportasi umum seperti bus, kereta bawah tanah, dan taksi.

Perbedaan T-Money dan Korea Tour Card adalah dari sisi harga serta keuntungannya. T-Money memiliki harga sekitar 2.500 won, sedangkan Korea Tour Card seharga 4.000 won.

Meskipun lebih mahal, Korea Tour Card merupakan kartu eksklusif untuk turis asing. Keuntungannya berupa tambahan diskon di berbagai tempat wisata, pusat perbelanjaan, restoran, dan bioskop. Pastikan kamu memiliki salah satu kartu tersebut sebagai panduan wisata Korea Selatan.

T-Money dan Korea Tour Card bisa dibeli di 7-Eleven, GS25, With Me, Family Mart, atau Mini Shop. Di Bkamura Incheon, kamu bisa membelinya di 7-Eleven yang berada di lantai 1. Namun, kamu hanya bisa membeli kartunya saja karena top up harus dilakukan di vending machine. Jika membeli di GS25, kamu akan mendapatkan kartu T-Money sekaligus bisa top up saldo.

4 Panduan Transportasi Umum di Korea Selatan

Bagi yang sudah memesan paket tur wisata ke Korea Selatan, tak perlu khawatir lagi soal transportasi selama di sana. Namun, tak ada salahnya mengenal jenis-jenis transportasi umum di Korea lebih dalam.

Transportasi umum di Negeri Ginseng sudah tertata dengan sangat baik. Inilah panduan empat jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan selama berlibur di Korea Selatan untuk pertama kali.

1. Subway atau Kereta Bawah Tanah

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram fayontheway

Menggunakan subway atau kereta bawah tanah di Korea Selatan cukup mudah karena ada dua petunjuk bahasa, Korea dan Inggris. Akan lebih mudah lagi jika kamu men-download aplikasi “Subway Korea”. Aplikasi ini memiliki info detail mengenai stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan.

Panduan wisata di aplikasi ini juga akan menginfokan berapa lama perjalanan, berapa stasiun yang dilewati beserta nama-namanya, dan harus pindah subway di line berapa. Bahkan warna kereta pun akan diinfokan.

Metropolitan subway beroperasi dari jam 05.00 hingga 24.00. Kecepatannya rata-rata 80 km/jam dan ketepatan waktunya cukup terjamin. Jalur-jalur yang dilalui oleh kereta bawah tanah adalah:

  • Seoul – Incheon – Provinsi Gyeonggi – Provinsi Chungcheong – Provinsi Gangwon: terdapat 19 jalur, 658 stasiun
  • Busan: terdapat 5 jalur, 129 stasiun
  • Daegu: terdapat 3 jalur dan 89 stasiun
  • Dajeon: terdapat 1 jalur dan 22 stasiun
  • Gwangju: terdapat 1 jalur dan 20 stasiun

Panduan wisata Korea Selatan menggunakan subway di Seoul konon jauh lebih mudah dibandingkan di Tokyo. Jika menggunakan T-Money atau Korea Tour Card, biaya sekali perjalanan mulai dari 1.250 won. Jika membeli karcis eceran, biayanya sekitar 1.350 won. Lebih hemat, bukan?

2. Jenis-Jenis Bus/Boseu di Korea Selatan

Di Korea Selatan, bus lebih dikenal dengan sebutan ‘boseu’ (버스). Sayangnya, petunjuk dan penjelasan di halte bus masih menggunakan huruf hangul dan hampir tidak ada keterangan dalam bahasa Inggris. Namun, kamu bisa menebak-nebak jurusan dengan membaca angka atau nomor bus. Supaya lebih praktis, download saja aplikasi seperti “Kakao Bus” atau bertanya jika kesulitan.

Bus bisa menjadi transportasi terbaik saat kamu ingin pulang ke tanah air. Daripada harus membawa koper naik turun tangga di stasiun, lebih baik naik bus menuju airport. Untungnya lagi, halte bus ada di mana-mana termasuk dekat stasiun. Bus juga bisa jadi transportasi kamulan karena banyak destinasi wisata Korea Selatan yang jauh dari subway.

Inilah jenis-jenis bus di Korea Selatan yang wajib kamu ketahui.

a. Bus Intra City

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram hwangcaptain

Bus Intra City merupakan bus yang beroperasi di dalam kota. Jika kamu berada di kota besar seperti Seoul dan Busan, menemukan bus ini sangat mudah. Jumlahnya cukup banyak dan jam operasionalnya sama dengan subway, yaitu mulai dari jam 05.00 hingga 24.00 tengah malam.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Butuh Paket Liburan ke Turki? Ini Itinerary Seru 10D7N

Gunakan kartu T-Money atau Korea Tour Card untuk membayar transportasi ini. Harganya bervariasi tergantung jarak perjalanan, dimulai dari 900 won.

b. Bus Inter City

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram ironpillar

Berbeda dengan Bus Intra City, Bus Inter City melayani tujuan antar kota di Korea Selatan. Bus jenis ini tidak transit dan bisa mengantar langsung menuju tujuan yang diinginkan, tidak seperti subway yang umumnya harus transit terlebih dahulu. Namun di beberapa kota kecil, Bus Inter City kadang transit juga, tapi tidak di semua kota.

Jam operasional bus ini mulai dari jam 05.00 s/d 02.00 pagi. Biaya untuk naik Bus Inter City mulai dari 2.400 won per orang, tergantung jauh tidaknya perjalanan.

c. Bus Express untuk Jarak Jauh

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram jinmaaai

Bus Express umumnya digunakan jika tujuan perjalanan cukup jauh, misalnya dari Seoul ke Busan. Jarak tersebut seperti rute Jakarta menuju Surabaya. Bus ini dibedakan menjadi dua, yaitu Bus Express Biasa dan Bus Express Premium. Rutenya melewati jalan tol sehingga lebih cepat. Jam operasionalnya mulai jam 06.00 hingga 23.00 malam.

3. Jenis-Jenis Kereta Api di Korea Selatan

Inilah dua jenis kereta api super cepat di Korea Selatan yang bisa kamu gunakan.

a. KTX (Korea Train Express)

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram tkfm_ukai0331

KTX merupakan kereta api tercepat yang ada di Korea Selatan. Tingkat kecepatan rata-ratanya lebih dari 300 km/jam. Kereta cepat ini menghubungkan antar kota di Korea. Contohnya Seoul ke Busan yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 3,5 jam saja. Naik KTX sangat nyaman, namun biayanya cukup mahal karena lebih cepat dibandingkan naik bus.

b. ITX (Intercity Train Express)

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram ks_kyung

ITX memiliki kecepatan 180 km/jam dan hanya menghubungkan antar kota di Seoul saja. Naik ITX hanya bisa di stasiun tertentu saja. Untuk itu, selalu perhatikan map subway Korea. Tiket bisa dibeli di loket stasiun, ticket machine, serta online melalui website.

4. Cara Naik Taksi di Korea Selatan

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram kenai_diary

Pengemudi taksi Korea tergolong jujur sehingga aman dari risiko penipuan. Argo taksi dimulai dari 3.000 won dan lebih mahal 20% dari harga normal pada pukul 00.00-04.00.

Jangan sembarangan naik taksi selama di Korea. Taksi berwarna hitam (international taxi) memiliki tarif yang lebih mahal dari taksi reguler berwarna putih, oranye, dan silver. Harga taksi hitam lebih mahal karena menjamin keamanan dan pengalaman pengemudi mencapai 10 tahun. Sekali masuk, argonya dimulai dari 5.000 won.

Kebanyakan pengemudi taksi di Korea, termasuk di Seoul, tidak bisa bahasa Inggris dan hanya bisa membaca tulisan hangul. Jika kamu ditolak naik taksi di Korea Selatan karena kendala bahasa atau tujuan terlalu dekat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Pertama, siapkan alamat yang kamu tuju dalam tulisan hangul untuk memudahkan pengemudi yang tidak bisa membaca tulisan latin. Sistem GPS di Korea Selatan juga harus memasukkan alamat menggunakan tulisan hangul. Kedua, perhatikan jarak yang akan ditempuh sebelum naik taksi. Kebanyakan pengemudi taksi akan menolak jika tujuan kamu terlalu dekat.

Taksi di Korea Selatan bisa dipesan melalui telepon. Ketika pesan dari hotel, bisa langsung minta tolong kepada resepsionis dan akan dikenakan biaya 1.000 won. Membayar taksi bisa menggunakan T-Money karena semua pembayaran di Korea sudah terintegrasi secara online dan elektronik.

Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Korea Selatan?

Orang yang wisata ke Korea Selatan untuk pertama kali tentu akan bertanya-tanya, sebenarnya kapan waktu terbaik ke Korea Selatan? Jawabannya tergantung keinginan kamu, mau merasakan pengalaman yang seperti apa. Korea Selatan memiliki empat musim yang memiliki keunikan masing-masing, ini penjelasannya.

1. Musim Semi: Maret–Mei

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram somkwang

Musim semi di Korea Selatan berlangsung dari bulan Maret hingga Mei. Musim semi merupakan peralihan dari musim dingin ke musim panas. Pada awal musim, cuaca masih terasa dingin. Di pertengahan musim, akan terjadi perbedaan suhu yang cukup signifikan antara siang dan malam. Ketika siang terasa panas dan terik, sedangkan saat malam orang-orang akan memakai jaket tebal karena dingin.

Meskipun begitu, musim ini menjadi salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Korea Selatan karena wisatawan dapat melihat cantiknya bunga sakura. Harap diingat, bunga sakura tidak mekar sepanjang musim semi.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Staycation di Hotel atau Vila

Sakura hanya mekar sebelum tumbuhnya daun di pohon sakura. Nah, periode mekarnya bunga sakura sangat singkat. Membutuhkan 1 minggu untuk mulai berbunga, dan akan mekar penuh selama seminggu saja. Musim sakura di Korea tak kalah indah dari musim sakura di Jepang.

Inilah tujuh tempat populer Korea Selatan untuk melihat sakura beserta jadwalnya.

a. Jeju Island (23-30 Maret)

– Festival: Jeju Cherry Blossom Festival, Seogwipo
– Tempat melihat sakura: di seluruh pulau!

b. Daegu (26 Maret-2 April)

– Festival: Jeju Cherry Blossom Festival, Seogwipo
– Tempat melihat sakura: Yongyeonsa Temple Cherry Blossom Street, Duryu Park, Suseong Lake, Jijeo-dong Cherry Blossom Tunnel, Keimyung University – Seongseo Campus

c. Jeolla Busan & Gyeongsangnam-do (26 Maret-2 April)

– Festival: Jinhae Gunhangje Festival, Hwagae Cherry Blossoms Festival
– Tempat melihat sakura: Gyeonghwa Station, Jungwon Rotary, Ecological park in Naesu-myeon, Jehwangsan Park, Korea Naval Academy

d. Gangwon-do (awal hingga pertengahan April)

– Festival: Gyeongpodae Cherry Blossom Festival
– Tempat melihat sakura: Nami Island

e. Seoul (6-13 April)

– Festival: Yeouido Spring Flower Festival, Seokchon Lake Cherry Blossom Festival
– Tempat melihat sakura: Kyunghee University, Seoul Forest, Seoul Grand Park, Seoul Palaces (Changdeokgung Palace, Deoksugung Palace, Unhyeongung Palace, Changgyeonggung Palace, Gyeongbokgung Palace)

f. Incheon (9-15 April)

– Festival: Incheon Grand Park Cherry Blossom Festival
– Tempat melihat sakura: Jayu Park

g. Gwangju (29 Maret-5 April)

– Tempat melihat sakura: Juknоkwоn Bаmbоо Fоrеst, Gwangju National Museum, Sаjik Раrk

2. Musim Panas, Juni–Agustus

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram kingaland

Musim panas Korea hampir mirip dengan di Indonesia. Pada bulan Juli, hujan akan turun terus-menerus. Setelah musim hujan selesai, cuaca akan sangat terik dan panas. Sebaiknya hindari wisata di Korea Selatan di bulan Juli agar tidak terganggu hujan. Tapi pada pertengahan bulan Juli, ada event yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Boryeong Mud Festival.

Di Boryeong Mud Festival, kamu bisa bermain lumpur dan bermain sepuasnya. Musim panas di Korea Selatan memang menyimpan banyak festival yang berhubungan dengan air. Jika ingin melihat banyak festival seru, datanglah pada bulan Agustus.

Apabila kamu hanya ingin melihat-lihat dan jalan santai, sebaiknya tunda wisata ke Korea Selatan sampai musim gugur. Alasannya karena rata-rata orang Korea akan mengambil cuti pada musim panas. Akibatnya, tempat wisata akan penuh dengan turis lokal dan internasional. Panasnya juga bisa bikin kamu ganti baju berkali-kali karena berkeringat.

3. Musim Gugur, September–November

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram rufusazarya

Jika musim semi di Korea masih cukup dingin, musim gugur akan terasa sejuk. Waktu yang tepat untuk wisata di Korea Selatan. Pemkamungan daun-daun yang berubah menjadi cokelat dan berguguran dengan anggun akan memanjakan mata kamu. Tapi, dedaunan cokelat tersebut hanya bertahan sekitar 3 minggu saja. Waktu yang tepat untuk melihat musim gugur di Korea Selatan adalah akhir Oktober sampai awal November.

Sebagai informasi, hindarilah mengunjungi gunung atau taman di akhir pekan karena orang Korea akan pergi piknik saat daun berguguran. Musim gugur juga identik dengan suasana sendu. Jadi, jangan solo traveling ke Korea saat musim gugur, nanti kamu bisa galau.

4. Musim Dingin, Desember–Februari

Tips dan Panduan Wisata Korea Selatan
Sumber: Instagram dia_kim_18

Winter di Korea sangat dingin karena banyak angin yang bertiup. Meski suhu menunjukkan sekitar minus 5-10 derajat, suhu akan terasa minus 15-20 derajat karena angin kencang. Bagi yang tak kuat dingin, tidak direkomendasikan liburan di Korea Selatan saat musim dingin karena bisa membuat kulit kering hingga berdarah.

Salju tidak akan turun terus-menerus di Korea saat musim dingin. Salju hanya turun 4-5 kali dalam sebulan di daerah Seoul dan sekitarnya. Salju lebih sering turun di daerah Gangwon-do atau pegunungan. Jika ingin melihat salju yang banyak, pergilah ke gunung atau ski resort. Waktu terbaik untuk melihat salju di Korea adalah akhir Desember sampai akhir Januari.

Bagaimana, sudah tidak sabar bukan untuk segera memesan tiket pesawat dan berlibur ke Korea? Jika ingin perjalanan kamu lebih seru dan nyaman, segera pesan paket tur ke Korea Selatan di Antavaya.com. Rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan bersama kami. The smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!