Domestik Smart Recommendation

9 Tempat Wisata Sumba yang Wajib Dijelajahi dalam Itinerary 4D3N5 min read

5 October 2021

author:

9 Tempat Wisata Sumba yang Wajib Dijelajahi dalam Itinerary 4D3N5 min read

Sedang bingung menentukan lokasi liburan kamu selanjutnya? Jelajah Sumba selama 4 hari, yuk. AntaVaya punya banyak rekomendasi tempat wisata Sumba paling populer yang bisa kamu eksplor dalam itinerary 4D3N.

Oiya, destinasi di bawah ini bisa kamu kunjungi dengan nyaman dan bebas repot dengan memesan paket tour di AntaVaya.com. Langsung saja yuk lihat tempat wisata dan pengalaman apa saja yang bisa kamu dapatkan di Sumba.

1. Belajar Tradisi di Rumah Budaya Sumba

Sumba tak hanya memiliki wisata alam yang memesona, tapi juga wisata budaya yang kaya. Destinasi wisata Sumba di hari pertama yang bisa kamu kunjungi dalam itinerary 4 hari adalah Rumah Budaya Sumba.

Tempat wisata ini merupakan kunci dari hampir semua sejarah yang ada di Pulau Sumba. Museum ini dibangun pada tahun 2011 dengan tujuan melestarikan dan memajukan budaya Sumba. Di sini kamu dapat belajar sejarah dan budaya Sumba secara menyenangkan.

Rumah ini dibangun dengan gaya asli Sumba yang dikelilingi oleh pahatan batu marapu. Isinya sendiri berupa berbagai koleksi kebudayaan Sumba, seperti peralatan rumah tangga, perhiasan, dan kain tenun berusia ratusan tahun.

Rumah Budaya Sumba juga mengoleksi benda-benda purba dan bersejarah seperti terompet tua, tembikar, parang, tombak, patung-patung kuno, bahkan gendang yang terbuat dari kulit manusia.

2. Melihat Matahari Terbenam di Pantai Kita

Selanjutnya kamu dapat mengunjungi Pantai Kita untuk menyaksikan betapa indahnya sunset di tanah Sumba. Pantai ini masih asri dan memiliki pasir putih serta air laut yang jernih.

Selain melihat matahari terbenam, di Pantai Kita pengunjung juga dapat berenang dan memancing. Tak hanya itu, alam bawah lautnya pun terkenal indah dan eksotis.

Cek juga 15 rekomendasi Pantai di Sumba yang belum banyak diketahui orang untuk tujuan liburanmu selanjutnya.

3. Berenang dan Memandang Jernihnya Weekuri Lagoon

Di hari kedua, kunjungi Weekuri Lagoon yuk. Kolam renang alami ini luar biasanya indahnya dengan warna air hijau kebiruan. Airnya pun tidak terlalu dalam sehingga sangat pas untuk berenang.

Menariknya, Danau Weekuri memiliki kandungan air asin dan payau. Kok bisa? Alasannya karena laguna ini terbentuk dari air laut yang berada di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah gugusan karang yang berada di sekitar danau.

Uniknya lagi, danau di Sumba ini juga memiliki beberapa titik mata air yang membuat gradasi warnanya cukup variatif. Bahkan airnya ada yang hangat dan dingin, lho. Wow, unik sekali bukan?

Selain berenang, kamu juga bisa memandang panorama keindahan Weekuri Lagoon dari atas bukit karang.

4. Menikmati Pemandangan Pantai Mandorak

Pantai di Nusa Tenggara Timur ini wajib banget kamu kunjungi. Penampakannya sangat khas karena Pantai Mandorak diapit oleh dua tebing karang.

Tempat wisata Sumba paling populer ini memiliki air laut berwarna hijau toska yang jernih dan pasir putih. Keindahannya membuatnya menjadi semacam surga tersembunyi di Sumba.

Tak hanya berpose atau bermain air di pantai, kamu juga dapat naik ke atas tebing. Panorama dari atas tentunya akan menghadirkan suasana yang baru untukmu.

5. Melihat Kuburan Batu di Kampung Adat Ratenggaro

Budaya Sumba memang sangat kaya. Oleh karena itu, kita wajib mampir ke Kampung Adat Ratenggaro untuk melihat kuburan batu tua yang ada di sekitar area perkampungan.

Desa adat ini masih memegang teguh adat dan tradisi para leluhurnya. Terlihat dari bentuk rumah penduduk dengan menara setinggi 15 meter sebagai ciri khasnya. Atapnya pun masih terbuat dari jerami.

Uniknya lagi, Desa Adat Ratenggaro berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Jadi, kamu bisa melihat keindahan pantai dari desa. Oiya, jangan lupa boyong oleh-oleh khas Sumba selama di desa ini ya.

6. Sunset di Pantai Batu Bolong atau Pantai Mbawana

Dulu, Pantai Mbawana sangat terkenal dengan spot ikoniknya, yaitu tebing karang yang menjorok ke pantai dengan lubang besar di tengahnya. Batu bolong itulah yang membuat Pantai Mbawana semakin indah.

Sayangnya, batu yang menjulang tinggi dengan bentuk setengah lingkaran itu telah runtuh sejak November 2020. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan pantai yang satu ini. Sunset-nya tetap juara!

Untuk menuju pantai di Sumba ini, kamu harus menuruni sekitar 300 anak tangga yang lumayan curam. Ketika sampai di Pantai Mbawana, kamu akan langsung disambut hamparan pasir putih, laut biru, serta deburan ombak yang menenangkan hati.

7. Bendungan Waikelo Sawah: Air, Sawah, dan Gua Jadi Satu

Hari ketiga, destinasi selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan dan tour di Sumba adalah Bendungan Waikelo Sawah. Tempat wisata Sumba ini sangat indah dan unik karena sumber mata air alami, gua eksotis, serta sawah hijau berpadu dengan cantik.

Seperti yang kita ketahui, durasi musim kemarau di Sumba lebih lama dibandingkan musim hujannya. Oleh sebab itu, air di Sumba cukup berharga. Jadi selain sebagai tempat wisata, Waikelo Sawah juga aset berharga bagi warga Sumba.

Daya tarik utama Waikelo Sawah terletak pada sumber mata airnya yang tidak pernah surut. Sumber mata air alami berasal dari dalam gua yang kemudian mengalir ke luar.

Kalau ke sini, jangan lupa foto-foto di tengah air terjun mini yang berada di tengah sawah ya. Soalnya cantik banget!

8. Belajar Menenun di Prai Ijing Megalithic Village

Kampung Adat Prai Ijing Megalithic Village adalah salah satu desa di Pulau Sumba yang masih mempertahankan kearifan budaya leluhur. Ciri khas rumah-rumah di desa ini adalah bagian atap berbentuk limas yang menjulang tinggi dan ditutupi alang-alang kering.

Tempat wisata Sumba yang wajib masuk dalam itinerary 4D ini sudah terkelola dengan baik. Akses ke Prai Ijing cukup mudah karena jalannya aspal dan ada petunjuk jalan. Selain itu, perkampungannya pun tertata rapi dan dilengkapi peta.

Prai Ijing terletak di perbukitan, jadi kamu bisa menikmati suasana kampung dari atas. Uniknya lagi, pengunjung bisa melihat bahkan belajar bagaimana cara menenun dari warga lokal.

9. Menikmati Indahnya Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu merupakan air terjun bertingkat yang jatuh dari tebing berundak dengan ketinggian sekitar 90 meter. Lokasinya berada dalam kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Suasana di Air Terjun Lapopu masih sangat alami. Airnya sangat jernih dan berwarna toska. Jangan lewatkan kesempatan merasakan segarnya aliran air terjun dengan berenang di kolam alami yang terbentuk dari air terjun ini.

Bagaimana, banyak juga kan destinasi wajib di Sumba yang bisa kamu kunjungi dalam 4 hari? Rasakan semua pengalaman seru tersebut dengan ikut paket tour Sumba di AntaVaya. Pesan sekarang dengan menghubungi WhatsApp 0817328838.

Paket Tour Sumba

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!