Domestik Smart Recommendation

15 Rekomendasi Pantai di Sumba yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan12 min read

22 September 2020

author:

15 Rekomendasi Pantai di Sumba yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan12 min read

Masih banyak pantai di Sumba yang belum banyak diketahui wisatawan. Padahal, Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur memiliki banyak destinasi pantai “perawan” dengan pemandangan indah dan eksotis.

Setiap pantai di Sumba pun memiliki keunikannya masing-masing. Dijamin bikin betah main seharian di pantai Sumba! Langsung saja yuk cek rekomendasi pantai Sumba yang wajib dikunjungi berikut ini!

1. Pantai Tarimbang, Hidden Paradise di Sumba Timur

View this post on Instagram

#Throwback 2017. Ekspresi abis muntah 7x gonna be like this☺. Very Grateful for my team & client yg support nyuruh foto di pohon ini meski rasanya sudah hampir K.O. Last time I heard kalo batang pohon sebesar ini udh kebawa arus ombak pantai, padahal jarak antar pohon dan pantai pun sangat jauh. I think nature is trully magical, there is some kind of beauty and fear at the same time. Also today, Sumba had a few earthquake after Sulawesi was attack by Tsunami & terrible Earthquake. Sending my pray for Indonesia Timur. God bless and stay strong for all of you, be safe ❤ . . . . #indonesia #sumba #sumbatimur #pantaitarimbang #naturephotography #nature_landscape #landscapephotography #instagood #instanature

A post shared by Marilyn Dwiyanti (@marilyndwiyanti) on

Pantai Tarimbang Sumba merupakan salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Nusa Tenggara Timur. Pantai cantik di Kecamatan Tabundung, sebelah selatan Sumba Timur ini memiliki ombak yang besar sehingga sangat populer di kalangan peselancar.

Pantai eksotis ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Pasir putih lembut yang berbaur dengan indahnya air laut nan jernih berwarna kebiruan pasti bisa membuat mood jadi positif.

Wisata Sumba ini semakin menarik karena ada sebuah pohon mati di pinggir pantai yang jadi spot foto wajib di Pantai Tarimbang. Tak salah jika Sumba masuk dalam wisata Indonesia terbaik.

2. Pantai Bwanna, Ada Gerbang Batu Karang Bolong

View this post on Instagram

"Keindahan dan Keunikan" Pasti sudah tak asing lagi dengan keindahan tanah Sumba/Humba/Sandlewood. Keindahan itu pernah direkam dengan sangat epik dan eksotik melalui film Marlina, film Susah Sinyal dan Video clip Stars and Rabbit. Sumba juga memiliki pantai yang tak kalah menakjubkan, keindahan alam itu bernama Pantai Mbawana/Pantai Batu Bolong. Keunikan dari pantai ini ada pada tebing batu karang yang menjorok ke pantai, membentuk dinding dengan lubang besar di tengahnya, mirip seperti gerbang selamat datang, yang akan menyambut kedatangan kalian. Ini adalah salah satu spot terindah di Indonesia. Keanggunan senja yang berwarna jingga, menyatu dengan siluet yang perlahan mulai kembali ke peraduanya. Recomended !!! Sebelum tebingnya terkikis ombak. . . . #mbawana #sumba #explorentt #tropicalislands🌴 #tropicalbeach #sunset #bestvacation #goodvibes #lifeisgood #tropicalsummer #folkindonesia #folkindonesian #exploreindonesia

A post shared by Zee | Lombok | Backpacker (@zeesyazili) on

Pantai Bwanna atau Pantai Banna merupakan destinasi yang wajib kamu kunjungi saat jalan-jalan di Sumba. Pantai yang berada di kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya ini memiliki tebing tinggi yang di tengahnya bolong. Unik, bukan?

Jadi, tak heran jika masyarakat sekitar sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Batu Bolong. Bagian tengah tebing yang berlubang cocok banget menjadi spot foto paling hits ketika liburan di Sumba ini.

Dibutuhkan perjuangan untuk bisa turun ke pantai Bwanna. Namun, akan sepadan dengan cantiknya pemandangan yang disuguhkan. Selain itu, pantai Bwanna juga masih belum terlalu ramai sehingga kita bisa menikmati waktu liburan di sini dengan santai dan tenang.

Kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Bwanna dari atas tebing. Bisa jadi sudut pandang yang keren untuk foto-foto!

3. Pantai Kita Mananga Aba, Spot Tersembunyi di Sumba

Pantai Kita Mananga Aba masuk ke dalam list pantai tersembunyi di Sumba yang wajib dikunjungi ketika liburan di pulau cantik ini.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih serta air laut yang jernih bergradasi warna biru. Ombaknya pun tergolong kecil, jadi bisa sepuasnya berenang dan snorkeling di pantai ini.

Pantai yang terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya ini masih belum ramai dikunjungi. Jadi, kamu bisa bersantai hingga puas di pantai Sumba ini.

ingin berlibur di Pantai Kita Mananga Aba? Bareng AntaVaya saja, yuk! Lihat info lebih lanjut paket tour Pantai Kita Sumba di sini.

Paket Tour Sumba

4. Pantai Londa Lima, Tempat Wisata Asyik di NTT

View this post on Instagram

_________________________________ Sumba timur-Ntt

A post shared by VERLY (@verley_joiiz) on

Tujuan wisata di Nusa Tenggara Timur ini wajib kamu kunjungi saat ke Sumba. Pantai Londa Lima terletak di Desa Kutta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur.

Pantai Sumba ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik. Semua itu berpadu indah dengan air lautnya yang tenang. Pohon-pohon rindang di tepi pantainya juga semakin menambah keindahan pantai ini.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu membuat pantai ini menjadi tempat wisata favorit wisatawan maupun warga lokal. Cocok dikunjungi untuk weekend getaway bersama keluarga maupun bersama sahabat tercinta.

Di Pantai Londa Lima, kamu bisa berjemur dan memancing. kamu juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan lokal di pantai ini.

5. Pantai Puru Kambera, Destinasi Menarik di Sumba

Pantai Puru Kambera memiliki panorama indah yang bisa menyihir mata. Pasirnya yang putih bercampur sempurna dengan air laut yang bersih dan berwarna biru.

Pantai ini berada di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Waingapu. Lokasinya tidak jauh dari Kota Waingapu sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di dekat pantai ini ada padang sabana yang bisa jadi tempat hits untuk foto-foto. Selain berburu foto keren, kita juga bisa berenang di pantai ini karena ombaknya yang lumayan tenang.

6. Pantai Walakiri, Menari Bersama Bakau dan Senja

Pantai Walakiri merupakan salah satu pantai ikonik di Sumba yang jadi tujuan utama wisatawan. Meski merupakan destinasi populer di Sumba, kamu tetap bisa merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan saat berkunjung ke sini.

Pantai yang terletak di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki kontur yang landai. Efeknya, kita bisa jalan-jalan hingga ke tengah pantai tanpa takut tenggelam. Keren kan!

Pantai ini memiliki pohon bakau keci yang jadi spot ikonik ketika berfoto. Sampai-sampai Pantai Walakiri dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Sumba untuk melihat sunset karena pemandangan yang disajikan benar-benar menyihir mata.

7. Pantai Mandorak, Surga Tersembunyi di Sumba

Pantai Mandorak termasuk salah satu pantai tersembunyi dan perawan yang berada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat. Pantainya memiliki pasir putih lembut dengan air laut biru yang bersih dan bening. Cantik banget, deh!

Pantai Mandorak juga merupakan destinasi yang ikonik di Sumba karena memiliki batu karang berukuran besar di bagian tengah pantainya. Asyik untuk berjemur, berenang, selancar, hingga diving!

8. Pantai Kawona, Pantai Perawan yang Bersih

Pantai Kawona di Sumba hanya berjarak sekitar 11 km dari Bandara Tambolaka. Destinasi wisata Sumba ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu bersih dan air laut bening berwarna biru.

Pemandangan Pantai Kawona yang begitu indah menjadi magnet besar bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumba. Pantai yang terletak di Desa Wee Londa, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya ini wajib masuk dalam itinerary Sumba.

Buat yang mau honeymoon ke Sumba, Pantai Kawona bisa jadi pilihan tepat karena pantai ini masih sepi dan nyaman untuk dikunjungi.

9. Pantai Watu Parunu, Keunikan Tebing Putih di NTT

Satu lagi rekomendasi pantai cantik di Sumba yang punya tebing eksotis di bagian pantainya, yaitu Pantai Watu Parunu. Lokasinya terletak di Desa Lain Janji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur.

Pantai ini memiliki tebing batu cadas yang eksotis di bagian pantainya. Sungguh memanjakan mata! Selain itu, Pantai Watu Parunu juga sangat instagrammable. Buat yang suka fotografi, jangan lewatkan berkunjung ke sini saat liburan di Sumba.

Pantai Watu Parunu juga memiliki tebing batu putih dengan lubang di tengahnya. Meski ukurannya tak sebesar yang ada di Pantai Bwanna, spot ini sangat cantik saat di foto.

10. Pantai Pero, Fenomena Water Blow yang Unik di Sumba

Setiap pantai di Sumba memiliki pesonanya masing-masing. Pantai Pero yang terletak di Pero Batang, Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya ini juga menawarkan keindahan pantai yang bakal buat betah berlama-lama.

Pantai yang merupakan sebuah teluk ini memiliki landscape yang unik. Bagian hilir sungai tidak langsung menuju laut, tetapi dipisahkan daratan pantai berpasir putih yang terlihat seperti jembatan alami.

Pantai yang berada tidak jauh dari Kampung Adat Ratenggaro ini memiliki karakteristik yang khas, yaitu banyak bebatuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Sangat instagramable!

Selain itu, Pantai Pero Sumba juga memiliki ombak yang besar. Perpaduan bebatuan karang dan ombak besar tersebut menghasilkan fenomena water blow yang unik, Water blow adalah peristiwa air laut yang menjulang ke atas karena ombak besar menerpa karang.

Buat yang suka fotografi, wajib deh mencoba mengabadikan fenomena ini saat liburan di Pantai Pero.

11. Pantai Ratenggaro, Pesona Wisata Alam dan Budaya

Kampung Adat Ratenggaro adalah tujuan wisata populer di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Nah, saat ke sini coba mampir juga deh ke Pantai Ratenggaro.

Pantai tersembunyi ini sangat pantas dikunjungi karena di sini kamu bisa melihat perpaduan wisata budaya dan alam Sumba yang sangat cantik. Di sini kamu bisa dapat dua latar yang menarik, yaitu pantai dan situs Kampung Adat Ratenggaro.

12. Pantai Katundu, Pantai Sepi di Sumba Timur

Pantai Katundu termasuk pantai tersembunyi dan perawan di Sumba. Pantai ini memang masih sepi dari kunjungan wisatawan, tapi bukan berarti pesona keindahannya biasa saja, lho!

Pantai yang terletak di Desa Pramadita, Dusun Katundu, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki tebing-tebing batu tinggi nan kokoh yang menjulang di bagian pantainya.

Ada juga bebatuan dengan berbagai ukuran tersebar di Pantai Katundu. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga cocok buat yang suka selancar. Namun ketika air surut, pengunjung bisa snorkeling dan diving di pantai ini.

13. Pantai Marosi, Pantai Alami di Sumba Barat

Pantai Marosi Sumba termasuk pantai yang mudah dijangkau karena aksesnya sudah cukup bagus. Pantai yang berada di Kecamatan Lamboya, Sumba Barat ini memiliki ombak yang lumayan besar sehingga cocok untuk kamu yang suka surfing.

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu halus dan air laut yang bening. Ada juga batu karang yang menjorok ke laut yang semakin menambah keindahan pantai ini. Deretan pohon kelapa di bibir pantainya juga sangat cantik untuk foto!

14. Pantai Nihiwatu, Pantai Terbaik di Asia

Pantai Nihiwatu adalah salah satu destinasi tersembunyi di Sumba Barat. Meski tak terlalu populer, pantai eksotis di Sumba ini ternyata masuk ke dalam salah satu pantai terbaik di Asia, lho!

Pantai terbaik di Sumba dengan air laut berwarna biru ini juga sangat digemari oleh para peselancar profesional. Ombak di Pantai Nihiwatu cukup besar, jadi kamu wajib hati-hati saat beraktivitas di pantai ini.

Aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di wisata eksklusif Sumba ini adalah berenang, snorkeling, naik kuda, hingga menyusuri daerah teluk Pantai Konda Maloba. Akan tetapi, kamu harus menginap di Resort Nihiwatu untuk bisa menikmati berbagai kegiatan tersebut.

Panorama sunset dari resort ini sangat indah, lho!

15. Pantai Dassang, Destinasi yang Tak Banyak Diketahui

Masih banyak pantai tersembunyi di Sumba yang tak banyak diketahui wisatawan, salah satunya adalah Pantai Dassang. Lokasinya berada di Harona Kalla, Kecamatan Laboya Barat, Kabupaten Sumba Barat.

Pantai ini memiliki air laut berwarna biru terang yang jernih serta pasir putih yang memukau. Di Pantai Dassang, kamu juga bisa sekalian menikmati pemandangan tebing-tebing karang yang tinggi.

Di sekitar Pantai Dassang Sumba terdapat banyak terumbu karang serta satwa laut yang beragam dan unik. Sangat cocok untuk snorkeling!

Wah, ternyata Sumba punya banyak pantai cantik yang belum banyak diketahui wisatawan. Berminat jalan-jalan ke Sumba? Yuk, hubungi AntaVaya untuk memesan paket tour Sumba demi pengalaman liburan tak terlupakan!

Paket Tour Sumba

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!