Internasional Smart Recommendation

5 Rute Jalan Kaki di West Kowloon Hong Kong yang Menarik Dijelajahi9 min read

13 October 2021

author:

5 Rute Jalan Kaki di West Kowloon Hong Kong yang Menarik Dijelajahi9 min read

West Kowloon Hong Kong adalah destinasi terbaru yang menawarkan berbagai pengalaman menarik dengan pemandangan istimewa. Kawasan ini tak hanya menjadi pusat seni dan budaya di Hong Kong, tapi juga memiliki ruang terbuka hijau dengan trotoar tepi laut yang indah.

Mengajak keluarga dan orang-orang tersayang jalan-jalan ke West Kowloon saat Hong Kong sudah dibuka untuk wisatawan Indonesia adalah pilihan tepat. Apalagi ada lima rute jalan kaki dengan tema menarik yang bisa kamu jelajahi di sini.

Setiap rute akan menghadirkan pengalaman berbeda yang tentunya sulit untuk dilupakan. Yuk, langsung saja kita kenalan dengan lima thematic walking routes di West Kowloon.

1. Rute Bangunan Bersejarah di West Kowloon Hong Kong

West Kowloon Cultural District adalah sebuah kawasan yang punya potensi wisata besar di Hong Kong. Tak hanya melihat dan menikmati karya seni dan pemandangan tepi pantai dengan taman hijau yang luas, kamu juga akan menemui kawasan lama penuh sejarah. Jika kamu suka sejarah dan bangunan kuno, jelajahi lima destinasi di bawah ini yuk.

(1) Yau Ma Tei Theatre

Yau Ma Tei Theatre Hong Kong
Yau Ma Tei Theatre Hong Kong

Ayo mulai jelajahi West Kowloon Hong Kong dengan jalan kaki menuju Yau Ma Tei Theatre di persimpangan Waterloo Road dan Reclamation Street. Destinasi wisata ini adalah satu-satunya teater pra-Perang Dunia II yang masih ada di West Kowloon.

Dibangun sekitar tahun 1930, Yau Ma Tei Theatre dirancang dengan gaya Classicism dan Art Deco. Kini Yau Ma Tei Theatre menjadi tempat untuk menikmati opera Cina Kanton.

Alamat: 6 Waterloo Road, Yau Ma Tei

(2) Red Brick Building

Red Brick Building Hong Kong
Red Brick Building Hong Kong

Lanjut ke Red Brick Building, yuk. Kamu bisa mencapai bangunan ini dengan jalan menuruni Shek Lung Street. Arsitekturnya sangat khas karena warna bata merahnya yang mencolok.

Wisata di West Kowloon ini merupakan satu-satunya bangunan yang tersisa dari bekas stasiun pompa yang dibangun pada tahun 1895. Salah satu bangunan tertua di Hong Kong.

Alamat: 8 Waterloo Road, Yau Ma Tei

(3) Tin Hau Temple, Yau Ma Tei

Tin Hau Temple, Yau Ma Tei Hong Kong
Tin Hau Temple, Yau Ma Tei Hong Kong

Berada di tengah-tengah toko peralatan dapur, kamu akan mendapati sebuah kuil yang tenang bernama Tin Hau Temple. Kompleks kuil terbesar yang didedikasikan untuk Tin Hau di Kowloon ini didirikan sekitar tahun 1865. Arsitekturnya sangat unik karena masih bergaya dinasti Qing.

Alamat: Temple Street, Public Square Street, Yau Ma Tei

(4) The Former Yau Ma Tei Police Station

The Former Yau Ma Tei Police Station Hong Kong
The Former Yau Ma Tei Police Station Hong Kong

Buat kamu yang suka Jackie Chan, mungkin tidak asing dengan bangunan yang satu ini karena pernah menjadi lokasi syuting Rush Hour 2. The Former Yau Ma Tei Police Station didirikan pada tahun 1922, namun telah ditutup semenjak pertengahan 2016.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  9 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Praha, Romantis dan Indah!

Penampakan gedung ini sangat khas dengan serambinya yang berbentuk setengah lingkaran dan memiliki arsitektur Edwardian.

Alamat: 627 Canton Road, Yau Ma Tei

2. Harta Karun Lokal di West Kowloon Hong Kong

West Kowloon Hong Kong adalah tempat bagi para pengrajin ahli di masa lalu. Beberapa di antaranya bahkan masih bertahan sampai sekarang. Jalan-jalan sama AntaVaya yuk menyusuri rute jalan kaki di West Kowloon untuk melihat berbagai toko produk buatan tangan.

(1) Jade Market

Jade Market
Jade Market

Jade Market menjual perhiasan giok yang dipercaya membawa keberuntungan dan kesehatan bagi pemakainya. Tak hanya itu, pasar ini juga menawarkan berbagai pernak-pernik dan patung.

Saat membeli giok, jangan lupa menanyakan makna di balik batu dan motif desainnya, ya.

Alamat: 261 Shanghai Street, Yau Ma Tei

(2) Biu Kee Mahjong

Biu Kee Mahjong
Biu Kee Mahjong

Biu Kee Mahjong adalah salah satu pengrajin terakhir yang masih membuat batu mahjong menggunakan tangan. Seperti yang kita tahu, permainan mahjong sangat erat kaitannya dalam Tiongkok.

Selain set mahjong tradisional, Uncle King sebagai pemilik juga membuat custom tiles untuk diukir nama hingga karakter kartun. Bisa buat oleh-oleh, nih.

Alamat: G/F, 26F Jordan Road, Yordania

(3) Sindart

Sindart
Sindart

Sindart adalah toko kecil yang didirikan pada tahun 1958. Dijalankan oleh Miru Wong, pemilik generasi ketiga, Sindart menjual sepatu bordir tradisional Tiongkok.

Sandal sutra-brokat ini populer di kalangan wanita kelas atas dan menengah dan umumnya dipakai di dalam rumah. Sindart juga menawarkan sepatu flat dan heels serta berbagai aksesori dan tas tangan.

Alamat: Shop 16-17, 1/F, Bowring Commercial Centre, 150-164 Woo Sung Street, Jordan

(4) Shanghai Baoxing Qipao

Shanghai Baoxing Qipao
Shanghai Baoxing Qipao

Shanghai Baoxing Qipao adalah toko yang membuat qipao dan jaket katun. Toko ini sudah cukup lama beroperasi, yakni sejak 65 tahun lalu.

Untuk melestarikan sejarah Tiongkok ini, Master Yan sebagai pemilik sering mengadakan kelas dengan siswa mode dan desain untuk belajar mengenai seni pembuatan qipao.

Alamat: Shop 13, 1/F, Bowring Commercial Centre, 150-164 Woo Sung Street, Jordan

3. West Kowloon Hong Kong: Art in Panorama

Mari kita lanjut ke rute jalan kaki di West Kowloon yang cocok untuk para penikmat seni. Jalur ketiga ini dipenuhi dengan berbagai hal istimewa, mulai dari berbagai pameran, opera Tiongkok, penayangan film indie, kerajinan tradisional, hingga pemandangan ikonik Hong Kong.

(1) M+, West Kowloon Hong Kong

M+ - West Kowloon Hong Kong
M+

M+ adalah museum budaya visual kontemporer global pertama di Asia yang rencananya dibuka pada 12 November 2021. M+ ini jugalah yang akan menjadi landasan untuk membuat West Kowloon menjadi destinasi wisata budaya dunia.

Letaknya yang berada di tepi pantai membuat museum ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  12 Aktivitas Seru di Labuan Bajo yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

Alamat: West Kowloon Cultural District, 38 Museum Drive, Kowloon, Hong Kong

(2) FAM

FAM
FAM

Mau nongkrong sambil makan enak dan menikmati pemandangan pinggir pantai? Kunjungi FAM yang berada di West Kowloon saja. FAM memiliki konsep yang unik karena memadukan cultural experiences dengan santapan Cina kontemporer.

Suasana Art Deco-nya juga sangat menarik dengan interior yang ditata apik. Terlebih lokasinya berada di pinggir Victoria Harbour dan halaman rumput Museum Drive. Instagramable!

Alamat: Unit GF- 01-03, 22 Museum Drive, West Kowloon, Tsim Sha Tsui

(3) Art Park dan Waterfront Promenade

Art Park dan Waterfront Promenade
Art Park dan Waterfront Promenade

Setelah makan di FAM, yuk melipir ke Art Park untuk duduk santai sambil melihat sunset di Victoria Harbour. Taman yang berada di tepi laut ini membentang di sepanjang Pelabuhan Victoria.

Pemandangan di sini sangat indah dengan area terbuka yang terdiri dari pepohonan, tanaman, dan ruang rumput hijau. Pas banget buat piknik. Cek juga spot instagrambale West Kowloon lainnya yang wajib dikunjungi.

Alamat: Art Park, West Kowloon Cultural District

(4) Xiqu Centre

Xiqu Centre
Xiqu Centre

Xiqu Centre adalah bangunan baru yang selesai dibangun pada tahun 2019. Gedung ini didedikasikan untuk melestarikan dan mempromosikan seni opera Tiongkok.

Di sini kamu dapat bergabung dengan Xiqu Center Guided Tour untuk mempelajari fitur arsitektur dan desainnya serta menemukan kisah menarik di balik seni tradisional.

Alamat: 88 Austin Road West, Tsim Sha Tsui

Paket Tour AntaVaya

4. Rute Urban Art dan Mural di West Kowloon

Suka dengan seni jalanan? Mimin punya rekomendasi rute jalan kaki yang artistik di West Kowloon. Sepanjang jalan kamu akan disuguhkan berbagi mural yang pastinya keren banget untuk street photography.

(1) PICKY

PICKY - Rute Jalan Kaki West Kowloon Hong Kong
PICKY

Yuk mulai perjalanan kita dengan mengunjungi PICKY yang berada di dalam Tung Nam Lou, sebuah bangunan bersejarah yang diubah menjadi boutique art hotel.

Supaya puas menjelajahi hotel ini, belilah Art Explorer Day Pass untuk mendapatkan akses ke semua ruang seni dan mencoba berbagai aktivitas yang berbeda di dalam hotel.

Alamat: 5/F, 68 Portland Street, Yau Ma Tei

(2) Surrealist Mural Piece

Surrealist Mural Piece
Surrealist Mural Piece

Shanghai Street memiliki lukisan mural surealis yang dibuat oleh seniman Italia Pixel Pancho pada tahun 2017. Letaknya berada di sebelah Red Brick Building.

Alamat: 342 Shanghai Street, Yau Ma Tei

(3) Broadway Cinematheque

Broadway Cinematheque
Broadway Cinematheque

Destinasi wisata di West Kowloon Hong Kong ini adalah bioskop yang menampilkan film-film arthouse selain film biasa.

Broadway Cinematheque pun menyelenggarakan thematic film festivals, retrospectives, dan acara sepanjang tahun. Di dalamnya juga terdapat kafe indie yang berfungsi sebagai toko buku dan ruang acara.

Alamat: 3 Public Square Street, Yau Ma Tei

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 25 Kota Terbaik di Dunia 2020 untuk Liburan Kamu Selanjutnya!

(4) Mido Cafe

Mido Cafe
Mido Cafe

Mampir ke Mido Cafe yuk untuk menikmati makanan tradisional Hong Kong cha chaan teng. Interior sederhana kafe ini tetap sama lho sejak dibuka pada tahun 1950.

Vibes retro sangat terasa di sini dengan lantai mosaik, kipas di langit-langit, hingga meja kayu kuno. Di bagian luarnya terdapat mural keren yang bisa jadi background foto kamu.

Alamat: 63 Temple Street, Yau Ma Tei

5. Local Food yang Wajib Dicoba di West Kowloon

Salah satu kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan saat menyusuri rute jalan kaki di West Kowloon adalah wisata kuliner. Berikut beberapa rekomendasi local food di West Kowloon Hong Kong yang wajib kamu coba.

(1) Kam Hing Noodles Food Company

Kam Hing Noodles Food Company - West Kowloon Hong Kong
Kam Hing Noodles Food Company

Petualangan kuliner di West Kowloon bisa dimulai dengan mengunjungi toko sederhana yang berjarak satu blok dari Teater Yau Ma Tei. Kam Hing Noodles sudah berdiri sejak tahun 1946, lho.

Bisnis keluarga generasi ketiga ini menjual sekitar 50 jenis mi yang disajikan fresh dan dalam kemasan.

Alamat: G/F, 33A Portland Street, Yau Ma Tei

(2) Kung Wo Tong

Kung Wo Tong
Kung Wo Tong

Sayang banget liburan ke Hong Kong tanpa mencicipi sajian herbal Tiongkok. Kunjungi Kung Wo Tong deh untuk mencoba guilinggao atau jelly herbal.

Guilinggao di sini tidak mengandung daging kura-kura dan terbuat dari berbagai macam tumbuhan. Sangat bagus untuk menghilangkan panas dalam karena mengandung antioksidan alami untuk tubuh.

Alamat: 15-17 Woosung Street, Yau Ma Tei

(3) Liu Ma Kee Fermented Tofu Store

Liu Ma Kee Fermented Tofu Store
Liu Ma Kee Fermented Tofu Store

Liu Ma Kee terkenal karena menggunakan penggilingan batu tradisional untuk mengolah kedelai mereka. Tahu fermentasi mereka sangat kaya rasa dan telah dijual selama lebih dari 100 tahun. Desain kemasannya pun masih kuno menggunakan toples kaca.

Mungkin kamu akan sedikit asing dengan rasanya, namun produk ini sangat diminati oleh penduduk lokal dan turis mancanegara.

Alamat: 1 Min Street, Yau Ma Tei

(4) Mak Man Kee Noodle Shop

Mak Man Kee Noodle Shop
Mak Man Kee Noodle Shop

Mau mencoba rasa mi khas Hong Kong yang autentik? Kunjungi Mak Man Kee Noodle Shop, yuk. Toko mi yang berdiri sejak tahun 1958 ini merupakan kedai makanan dai pai dong yang sederhana. Mi pangsit buatan tangan Mak Man Kee bahkan telah diakui oleh Michelin Bib Gourmand.

Alamat: G/F, 51 Parkes Street, Jordan

Selesai juga perkenalan kita dengan lima rute jalan kaki yang menarik dijelajahi di West Kowloon Hong Kong. Untuk lebih detailnya, kunjungi website Discover Hong Kong yuk. Jadi makin tidak sabar ya untuk segera liburan dan tur ke Hong Kong bersama AntaVaya.

Paket Tour AntaVaya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!