Smart Guide

5 Tips Efektif Menghindari Pencurian Bagasi di Bandara2 min read

31 May 2019

author:

5 Tips Efektif Menghindari Pencurian Bagasi di Bandara2 min read

Masalah pencurian bagasi bukanlah hal yang baru di dunia penerbangan. Kejadian tidak menyenangkan ini masih saja kerap terjadi. Seiring banyaknya kasus pencurian bagasi di bandara yang terungkap, keamanan di bandara dan pelayanan kepada penumpang pun semakin ditingkatkan. Namun, kamu harus tetap hati-hati karena pencurian bagasi di bandara bisa terjadi pada siapa saja.

Inilah lima tips efektif menghindari pencurian bagasi di bandara yang harus kamu ketahui!

1. Buat Daftar Barang Bawaan untuk…

Buat Daftar Barang Bawaan untuk Menghindari Pencurian Bagasi
Sumber: Instagram traveler_station

Jangan terlalu berlebihan membawa barang bawaan atau bagasi. Semangat pergi liburan boleh saja, tapi kamu harus tahu prioritas. Saat packing, ada baiknya kamu membuat daftar apa saja yang perlu dibawa.

Hal ini bisa mencegah kamu membawa terlalu banyak barang yang tidak penting selama liburan. Mencatat barang bawaan juga akan memudahkan kamu mengingat jika ada barang bawaan yang hilang selama berada di bagasi.

2. Bungkus Koper dengan Benda Ini

Gunakan Plastic Wrap untuk Menghindari Pencurian
Sumber: Pixabay

Tak hanya gembok, kamu bisa melindungi bagasi dari pencuri dengan membungkus tas atau koper dengan plastic warp. Meski tidak menjamin tas atau koper terhindar dari pencuri, namun tas atau koper akan jadi lebih sulit dibuka. Kamu pun bisa mengetahui jika ada orang yang memaksa membuka koper atau tas.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Mengenal 5 Tipe dan Jenis Visa Korea untuk Wisata (Biaya + Fungsinya)

3. Gunakan Gembok Berstandar TSA

Gunakan Gembok TSA
Sumber: Pixabay

Gembok sangat berguna untuk menghindari pencurian bagasi di bandara. Namun, jangan memakai gembok mainan yang terkadang memang cocok dengan koper kamu. Percayalah, gembok seperti itu akan sangat mudah dibongkar. Investasikan sedikit uang kamu untuk membeli gembok khusus berstandar TSA (Transportation Security Administration). Pilih gembok yang ukurannya sesuai dengan resleting koper.

Supaya tidak lupa nomor kombinasi gembok, simpan kunci beserta catatan nomornya di dompet atau tempat aman lainnya. Khusus untuk koper berjenis hard case, gunakan tali pengikat koper yang juga berstandar TSA.

4. Haruskah Menghindari Penerbangan Transit?

Tips Menghindari Pencurian Bagasi
Sumber: Pixabay

Kasus bagasi yang hilang atau rusak saat penerbangan transit cukup banyak. Saat transit, bagasi atau barang bawaan bisa jadi akan dipindahkan dari satu pesawat ke pesawat lain. Prosesnya juga lumayan rumit dan panjang. Mekanisme pengaturan bagasi untuk penumpang transit seperti ini yang memungkinkan pencurian bagasi, bagasi tertinggal, hingga hilang.

5. Pakai Asuransi Perjalanan

Gunakan Asuransi untuk Menghindari Pencurian Bagasi
Sumber: Pixabay

Jika membawa banyak barang berharga di dalam bagasi, gunakanlah asuransi perjalanan sehingga kamu bisa mendapat kompensasi jika koper rusak. Saat barang berharga hilang atau dicuri, asuransi akan sangat berguna.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Wisata Seoul: Itinerary Tour Korea Selatan 5 Hari 4 Malam

Tips efektif menghindari pencurian bagasi yang paling penting adalah selalu menjaga barang bawaan. Apabila membawa barang berharga seperti perhiasan atau uang dalam jumlah banyak, bawalah koper ke dalam bagasi kabin agar lebih aman.

Pencurian bagasi bisa terjadi kapan dan di mana saja. Jangan sampai kamu jadi korban berikutnya! Yuk ceritakan pengalaman kamu jika pernah mengalami kehilangan bagasi di bandara pada kolom komentar. Jangan lupa baca juga artikel traveling lainnya di blog Antavaya.com. The smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!