Internasional Smart Recommendation

Tips dan Panduan Liburan ke Bangkok untuk Pertama Kali14 min read

14 May 2019

author:

Tips dan Panduan Liburan ke Bangkok untuk Pertama Kali14 min read

Baru pertama kali jalan-jalan di Bangkok, Thailand? kamu pasti sangat membutuhkan tips dan panduan liburan ke Bangkok. Apa saja yang harus disiapkan sebelum liburan ke Bangkok? Adakah hal terlarang di Bangkok? Kapan waktu terbaik liburan ke Bangkok? Dan apa saja rekomendasi tempat wisata, tempat belanja, hingga kuliner di Bangkok? Temukan jawaban dan panduan lengkap jalan-jalan di Bangkok di sini!

Panduan Liburan ke Bangkok: 8 Hal Penting yang Harus Disiapkan

Sebelum jalan-jalan ke Bangkok, ada beberapa hal yang wajib kamu siapkan. Mari kita simak ulasannya!

1. Benda yang Paling Penting: Paspor! Tapi dengan Ketentuan…

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Paspor adalah benda pertama yang wajib dibawa saat bepergian ke luar negeri. Bahkan kalau bisa, siapkan dulu paspor sebelum kamu memesan tiket untuk liburan ke Bangkok. Cara membuat paspor di tahun 2019 juga semakin mudah karena kamu bisa mendaftar antrean melalui online.

Apabila sudah memiliki paspor, pastikan masa berlaku paspor tidak kurang dari 6 bulan saat berangkat. Jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan, bisa-bisa kamu batal liburan ke luar negeri karena ditolak di bagian imigrasi keberangkatan atau kedatangan. Bahkan, tak jarang maskapai akan menolak penumpang untuk boarding jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan.

Panduan liburan ke Bangkok tak membutuhkan visa karena Thailand masih berada di kawasan ASEAN. Inilah daftar lengkap 77 negara bebas visa yang bisa kamu jadikan tujuan liburan tahun ini.

2. Tips Penting Memesan Tiket Pesawat dan Hotel di Bangkok

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Hal selanjutnya adalah memesan tiket pesawat dan booking hotel. Tips untuk mendapatkan harga tiket murah adalah rajin-rajin mengecek harga tiket yang ditawarkan oleh masing-masing travel online atau travel agent. Namun, lebih baik memesan melalui travel online karena harga tiket bisa dicek dan dipesan kapan saja.

Jangan lupa langsung membeli tiket untuk pulang demi menghindari kejadian tidak diinginkan. Misalnya kehabisan tiket, harga tiket melonjak, atau hal lainnya. Membeli tiket pulang pergi (PP) juga akan memudahkan kamu lolos dengan mudah saat sesi wawancara dengan pihak imigrasi. Cek juga cara mendapatkan tiket pesawat murah sebelum merencanakan liburan.

Pesan pula hotel dengan fasilitas dan harga yang kamu inginkan. Pilih hotel yang dekat dengan fasilitas transportasi umum dan tempat wisata untuk menghemat tenaga, waktu, dan uang.

3. Waktu Terbaik Menukar Rupiah Menjadi Baht

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Instagram kickychaca

Sebaiknya tukarkan rupiah menjadi mata uang Baht sejak di Indonesia. Keuntungan menukar uang sejak awal adalah cara mendapatkan nilai tukar terbaik, tidak perlu kerepotan mencari money changer di negara tujuan, dan menghindari risiko ditipu. Tukarkan uang secukupnya dan bawalah beberapa USD untuk jaga-jaga.

4. Beli Kartu SIM Baru atau Pakai Paket Roaming?

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Internet kini sama pentingnya dengan makanan yang kita makan dan udara yang kita hirup. Agar tidak mati gaya, pilihlah antara beli kartu SIM baru di negara tujuan atau memakai paket roaming dari provider lokal. Semuanya punya plus minusnya tersendiri.

Penjual kartu SIM biasanya banyak ditemukan di bkamura negara tujuan. Namun, paket kartu SIM prabayar biasanya dibatasi, baik dalam jumlah hari atau penggunaan data. Sebelum beli, cari tahu dulu mana provider yang paling bagus di Bangkok.

Jika tak mau repot mengganti kartu, kamu bisa memakai paket roaming dari provider lokal. Namun, biasanya harga paket data roaming lebih mahal dibandingkan membeli kartu SIM baru di negara tujuan. Bahkan, harganya bisa 2x lipat lebih mahal.

5. Alasan Tak Boleh Bawa Bagasi Terlalu Banyak ke Bangkok

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Saat jalan-jalan ke Bangkok, pasti kamu akan beli ini itu karena Bangkok merupakan surga untuk belanja. Jadi, cukup bawa barang yang penting untuk traveling saja. Jangan sampai menyesal karena terlanjur memborong banyak dan harus membayar biaya kelebihan bagasi.

Kalau bisa, buatlah daftar barang apa saja yang akan dibawa agar tidak ada yang tertinggal. Jangan packing di hari keberangkatan karena pasti ada saja barang yang ketinggalan karena terburu-buru. Tinggalkanlah barang yang dirasa tidak akan digunakan di tempat tujuan.

Bawalah sepatu dan baju yang nyaman dengan warna natural atau polos agar bisa di mix and match. Rapikan isi dompet dan pastikan membawa kartu kredit berlogo Visa atau Mastercard supaya transaksi berjalan lancar. Jangan lupa bawa payung atau sunscreen karena cuaca Bangkok mirip dengan Jakarta, panas!

6. Haruskah Menyusun Rencana Perjalanan Saat Liburan di Bangkok?

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Jangan pernah asal berangkat tanpa rencana! Apalagi jika kamu baru pertama kali ke luar negeri. Daripada waktu terbuang sia-sia hanya untuk menentukan mau ke mana, lebih baik rencanakan perjalanan sejak awal. Ini akan membuat perjalanan lebih mudah dan tidak membosankan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Air Terjun Lombok dengan Pemandangan Paling Indah, Recommended!

Cari informasi soal tempat wisata Bangkok mana saja yang ingin kamu datangi. Jam buka, rute, harga tiket masuk, dan transportasi yang harus digunakan juga harus dicari tahu. Datangi tempat-tempat wisata yang berada di satu kawasan agar tidak boros waktu dan biaya.

7. Lengkapi Proses Imigrasi Saat Berangkat dan Pulang

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Sangat penting untuk membawa semua dokumen penting yang diperlukan saat ke luar negeri. Ini akan memudahkan kamu saat menjalani pemeriksaan di bkamura oleh petugas imigrasi. Jangan lupa isi kartu kedatangan dan simpan baik-baik hingga hari kepulangan kamu ke Indonesia. Cara mengisi kartu kedatangan-keberangkatan Thailand adalah dengan menggunakan pulpen hitam/biru dan huruf kapital.

Saat tiba di negara tujuan, biasakan mengantre dengan tertib. Jawab pertanyaan soal kunjungan liburan kamu dengan santai dan jujur saat diperiksa imigrasi di Thailand.

8. Kosakata Penting Thailand yang Harus kamu Ketahui

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Bahasa Penting Thailand

kamu wajib mempelajari kosa kata penting bahasa Thailand yang sekiranya diperlukan saat berada di sana. Misalnya kata halo, terima kasih, selamat pagi, selamat malam, sampai jumpa, dll.

7 Hal Terlarang di Bangkok, Thailand

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Pixabay

Tips dan panduan penting sebelum liburan ke Bangkok adalah membaca soal peraturan dan kebiasaan setempat. Tidak mau kan tanpa sengaja melanggar peraturan? Kumpulkan juga informasi seputar cuaca atau musim agar kamu tak salah kostum dan tak salah acara. Inilah 7 hal terlarang di Thailand yang harus kamu ketahui.

  • Hindari bersiul di malam hari karena mitosnya bisa membuat kamu sial tujuh turunan
  • Hindari menginjak patung Buddha. Mayoritas masyarakat Thailand beragama Buddha dan sangat menghormati patung Buddha sekecil apapun
  • Masyarakat Thailand sangat menghormati Raja mereka. Jangan heran kalau di mana-mana ada poster Sang Raja. Jangankan mencoret poster raja, bicara buruk soal raja saja bisa membuat kamu tidak bisa balik ke Indonesia
  • Pelankan suara saat berada di tempat umum. Mayoritas orang Thailand tidak suka jika mendengar orang yang terlalu berisik
  • Dilarang menyentuh biksu, apalagi jika kamu seorang perempuan. Kalau mampir ke kuil atau tempat mana pun yang ada biksunya, usahakan untuk sedikit menjauh. Jika ingin memberi sumbangan, bungkuslah sumbangan tersebut dengan kain agar tidak bersentuhan dengan tangan mereka
  • Bagi masyarakat Thailand, orang yang menunjuk dengan jari telunjuk perilakunya serendah binatang. Kalau kamu mau memanggil taksi atau pramusaji, jangan teriak apalagi ditepok. Panggil mereka dengan menghadapkan telapak tangan ke bawah dan menggerakkan jari ke atas dan ke bawah
  • Benda-benda yang mengandung simbol Buddha tidak diizinin dibawa ke luar dari Thailand

Kapan Waktu Terbaik Jalan-Jalan ke Bangkok?

Bangkok adalah kota yang sibuk sepanjang tahun. Apabila tujuan kamu berlibur ke Bangkok adalah melihat-lihat kota, akhir November dan awal Desember adalah waktu terbaik. Pada waktu tersebut, cuaca lebih kering namun udara tetap terasa dingin dan gelombang liburan belum tiba.

September dan Oktober adalah musim hujan terderas di Bangkok (dan daerah Thailand lainnya). Jika ingin melipir ke pantai, datanglah di bulan Desember hingga Maret. Pada bulan tersebut, cuaca cerah dan kering sehingga liburan di pantai bisa lebih seru.

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Unsplash

April hingga Juni adalah musim terpanas di Bangkok. Usahakan memesan hotel yang dilengkapi dengan AC di waktu ini. Pada 13-15 April 2019, akan ada Festival Songkran yang sangat terkenal di Thailand. Saat Songkran, kamu bisa perang air dan kapur bersama penduduk lokal dan wisatawan asing. Dijamin seru!

Waktu terbaik untuk wisata belanja di Bangkok adalah pertengahan Juni hingga pertengahan Agustus saat “Amazing Grand Sale” berlangsung. Toko-toko akan menawarkan diskon hingga 80% untuk pakaian, barang elektronik, aksesori, dan lainnya. Bisa borong banyak!

Liburan Natal dan tahun baru adalah high season liburan di Bangkok. Hampir tidak mungkin berjalan tanpa bersenggolan dengan orang lain saat musim liburan. Memesan tiket pesawat dan hotel sedini adalah kunci untuk mendapatkan fasilitas dan harga terbaik.

Usahakan mengunjungi tempat wisata Bangkok pada pagi hari saat udara lebih sejuk dan pengunjung tidak terlalu banyak.

5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bangkok

Bangkok punya banyak tempat wisata yang menarik sehingga kamu membutuhkan banyak waktu untuk menjelajahi semuanya. Ini dia 5 tempat wisata Bangkok paling recommended.

1. Wat Arun, Kuil Buddha Tertua di Bangkok yang Indah

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Instagram business_voyage

Wisatawan yang liburan ke Bangkok pasti tertarik mengunjungi Wat Arun saat melihat fotonya. Ya, tempat wisata di Bangkok ini memang menarik hati. Arsitekturnya indah dan merupakan kuil Buddha tertua di Bangkok yang lokasinya berada di tepi Sungai Chao Phraya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Solusi NIK Tidak Sesuai atau Eror Saat Daftar Antrean Paspor Online!

Hampir semua dinding di kuil Wat Arun dihiasi porselen dan keramik Tiongkok yang berwarna-warni. Untuk menuju ke kuil setinggi 82 meter ini, kamu bisa menggunakan boat untuk melintasi sungai. kamu bisa berbelanja menggunakan bahasa Indonesia di sini. Bahkan, pembayarannya pun bisa menggunakan rupiah.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke kuil Bangkok ini adalah saat pagi atau saat matahari terbenam. Untuk bisa masuk ke dalam sekaligus berfoto di sana, wisatawan harus membayar tiket sebesar 50 Baht atau sekitar Rp22.000 (harga bisa berubah). Tempat wisata Bangkok ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

2. Melihat Patung Buddha Tidur di Wat Pho

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Instagram tinepetterson

Tidak begitu jauh dari Wat Arun, kamu akan menemui kuil Buddha terbesar di Bangkok bernama Wat Pho. Di sini ada patung Buddha ikonik dengan sebutan Reclining Buddha karena posisinya sedang tidur. Reclining Buddha merupakan patung Buddha paling panjang di Thailand. Ukuran tingginya 15 meter dan panjangnya 46 meter.

kamu wajib foto bersama Reclining Buddha jika liburan ke Thailand. Siapa pun boleh masuk ke area Wat Pho, hanya saja harus berpakaian sopan dan melepas alas kaki karena kuil ini merupakan tempat suci.

Biayanya masuk Wat Pho sekitar 100 Baht (Rp44.595) dan kamu bisa menukar tiketnya dengan air mineral gratis. Setelah itu, bisa sepuasnya berfoto bersama patung Buddha megah dilapisi emas ini. Kuilnya sendiri beroperasi dari pukul 08.00 sampai 17.00.

3. Royal Grand Palace, Tempat Kediaman Raja Thailand

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Instagram woomooitiang

Pertama kali melihat Royal Grand Palace di Bangkok, wisatawan pasti terkagum-kagum dengan besarnya kompleks istana ini. Di pintu masuk, kamu bisa langsung melihat kerumunan wisatawan yang ingin masuk. Tempat wisata Bangkok ini memang sangat populer sehingga sebaiknya kamu datang pagi agar tidak berdesakan dengan pengunjung lain.

Royal Grand Palace berada dalam kompleks Grand Palace dan terdapat banyak bangunan bersejarah Bangkok di dalamnya. Kawasan ini merupakan tempat tinggal raja-raja Thailand. Meski tertutup untuk umum, pengunjung masih bisa berfoto di halaman istana. Gunakanlah pakaian yang sopan selama berkunjung ke sini.

Kompleks Grand Palace buka setiap hari pukul 08.30 hingga 16.00. Biaya masuknya adalah 500 Baht. Jika ada yang bilang bahwa tempat ini sedang tutup karena ada acara, sebaiknya pastikan dulu. Sebab di sekitar kompleks banyak penipu, entah apa tujuannya. Jangan sampai kamu tertipu dan harus pulang sia-sia.

4. Melihat Patung Buddha Paling Suci di Wat Phra Kaew

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Instagram uezquezquez

Wat Phra Kaew tampil mewah dan megah karena bangunannya dilapisi warna emas. Di kuil ini, kamu juga bisa melihat patung Buddha paling suci di Thailand, yaitu Emerald Buddha. Kuil ini terbuka untuk umum dan selalu ramai, baik orang yang ingin berfoto maupun beribadah.

Konon sekitar akhir 1800-an, Raja Chulalongkorn dari Thailand berkunjung ke Hindia Belkamu (nama sebelum menjadi Indonesia) dan meminta puluhan relief serta beberapa arca dari Borobudur dan Prambanan. Beliau pun memasang hadiah tersebut di beberapa titik kuil. Sebagai gantinya, beliau memberikan patung gajah yang sekarang dipasang di Museum Nasional/Museum Gajah Jakarta.

Di dalam wisata sejarah ini terdapat banyak lukisan atau gambar tentang hanoman. Bahkan sebagian memiliki kesamaan cerita seperti Ramayana versi Indonesia. Di sini juga terdapat replika Angkor Wat Kamboja.

Wat Phra Kaew masih berada dalam satu kompleks dengan Grand palace. Harga tiket masuknya pun menjadi satu dengan Grand Palace, yaitu 500 Baht atau sekitar Rp223.000. Operasionalnya mulai pukul 8.30 hingga 15.30. Bawalah sunscreen, air minum, kacamata, topi, atau payung supaya liburan lebih nyaman karena tempat bersejarah ini merupakan area terbuka.

5. Seni Kontemporer di Bangkok Art & Culture Center

Panduan Lengkap Liburan ke Bangkok Thailand Pertama Kali
Sumber: Instagram gillesmiazza

Jika bosan melihat kuil dan arca, kamu bisa mengunjungi Bangkok Art & Culture Center untuk melihat berbagai seni kontemporer dari seniman Thailand dan internasional. Selain seni, kamu juga bisa melihat berbagai koleksi patung, musik, teater, film, dan desain. Biaya masuknya gratis!

Arsitektur modern dan futuristiknya akan membuat kamu betah berfoto di sini. Wisata Bangkok ini buka setiap hari (kecuali Senin), pukul 10.00 hingga 21.00.

5 Rekomendasi Tempat Belanja di Bangkok, Thailand

Tips dan panduan liburan di Bangkok tak akan lengkap tanpa wisata belanja dan memborong berbagai oleh-oleh untuk orang yang kamu sayang. Namun, perhatikan juga aturan bea masuk oleh-oleh sebelum kalap belanja. Inilah 5 surga belanja di Bangkok yang wajib kamu kunjungi.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Mau Lihat Festival Tulip? Intip Itinerary Liburan ke Australia 7D5N Ini

1. Pasar Chatuchak atau Chatuchak Weekend Market

Wisata Belanja Bangkok Thailand Paling Populer
Sumber: Instagram bethanyhalligan

Jika ingin puas belanja di Thailand, jangan sampai tidak mengunjungi Chatuchak Weekend Market. Pasar ini memang hanya buka di akhir pekan, namun merupakan tempat belanja wajib untuk wisatawan. Di sini tersedia aneka makanan, minuman, aksesori, pakaian, kerajinan tangan, hingga dekorasi rumah.

Jangan lupa tawar-menawar barang demi mendapatkan harga murah. Datanglah di pagi hari saat pengunjung belum terlalu banyak dan cuaca belum terlalu panas. Selalu waspada dengan barang bawaan kamu karena kejahatan bisa terjadi di mana saja jika kita teledor.

2. Asiatique The Riverfront

Wisata Belanja Bangkok Thailand Paling Populer
Sumber: Instagram aiyayayane

Apabila tidak ingin berdesakan di pasar, kunjungi saja Asiatique The Riverfront di tepi Sungai Chao Phraya. Tempat wisata belanja Bangkok ini memiliki ratusan stan yang menjual berbagai barang dengan harga miring. kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner lezat Thailand sambil menikmati pemkamungan Sungai Chao Phraya.

Pecinta belanja pokoknya wajib ke sini, apalagi kamu bisa membayar menggunakan rupiah. Di Asiatique juga ada beberapa tempat hiburan menarik seperti bianglala Bangkok Eyes, Juliet Love Garden, hingga pertunjukan Calypso Ladyboy Cabare.

3. Jalan Khao San atau Khao San Road

Wisata Belanja Bangkok Thailand Paling Populer
Sumber: Instagram _haeso

Khao San Road terletak di Phra Nakhon. Di sepanjang jalan tersedia banyak penginapan, kelab malam, tempat makan, tempat pijat, serta toko oleh-oleh murah. Jalan ini berada di posisi strategis dan tidak jauh dari beberapa objek wisata populer di Bangkok. Contohnya Grand Palace, Wat Phra Kaew, dan Wat Pho.

Di Khaosan Road, kamu bisa menikmati suasana nightlife yang meriah. Bahkan menurut beberapa traveler, party di sini beberapa level lebih gila dari Legian. Banyak juga yang menjual makanan-makanan unik, jadi kamu bisa berburu kuliner.

4. The Platinum Fashion Mall

Wisata Belanja Bangkok Thailand Paling Populer
Sumber: Instagram theplatinumfashionmall

The Platinum Fashion Mall merupakan salah satu tempat belanja murah di Bangkok. Mall 5 lantai ini menjual berbagai produk fashion dari Hongkong, China, Korea, dan Jepang. kamu bisa menemukan pakaian, tas, sepatu, dan aksesori seperti kalung, gelang, dan cincin yang dikelompokkan per lantai.

Biasanya PO bangkok diambil dari mal ini. Membeli banyak lebih murah, tapi kamu tetap bisa membeli satuan.

5. Pratunam Market

Wisata Belanja Bangkok Thailand Paling Populer
Sumber: Instagram dashtalksmovies

Lokasinya tepat berada di seberang The Platinum Fashion Mall. Di sini kamu bisa mencari barang-barang murah untuk dijual kembali. Semakin masuk ke dalam pasar, semakin murah pula harga yang ditawarkan.

Kuliner Bangkok yang Wajib Dicoba

Panduan liburan ke Bangkok tak akan lengkap tanpa membahas soal kuliner Bangkok yang unik dan lezat. Inilah 5 kuliner Bangkok yang harus kamu coba!

1. Mango Sticky Rice atau Khao Niew Mamuang

Kuliner Khas Thailand Wajib Coba
Sumber: Instagram wendc_

Mungkin beberapa dari kalian pernah mencoba makanan khas Thailand yang satu ini. Mango sticky rice telah banyak dijual di berbagai restoran Thailand di Indonesia, khususnya Jakarta. Tapi, kamu tetap harus mencoba versi aslinya. Perpaduan mangga Thailand yang terkenal enak dan manis ditambah ketan yang lengket akan melebur menjadi rasa yang tak terlupakan!

2. Salad Khas Thailand: Som Tam

Kuliner Khas Thailand Wajib Coba
Sumber: Instagram shiso_yuchoi

Penyuka salad wajib mencoba som tam khas Thailand. Pepaya muda diiris tipis memanjang kemudian disiram saus kacang pedas ini segar sekali. Cocok dijadikan camilan maupun makanan pencuci mulut.

3. Green Curry atau Kaeng Khiao Wan

Kuliner Khas Thailand Wajib Coba
Sumber: Instagram umasayaka

Green curry cukup unik karena berwarna hijau. Tenang, tidak beracun kok meski warnanya mencolok. Makanan ini memiliki tesktur yang lebih kental dibandingkan tom yum. Santannya sangat terasa!

4. Pad Thai

Kuliner Khas Thailand Wajib Coba
Sumber: Instagram ste_events

Kuliner Thailand ini banyak dijual pedagang kaki lima, salah satunya di kawasan Khao San Road. Rasanya ringan dan cenderung manis sehingga cocok dengan lidah Indonesia.

5. Tom Yam Kung

Kuliner Khas Thailand Wajib Coba
Sumber: Instagram akaoolongray

Tom yang kung memang banyak dijual di Indonesia, namun sebagai wisatawan kamu tetap wajib mencicipi rasa aslinya. Sup ini sangat populer di Thailand. Kuahnya pedas, hangat, dan gurih, dilengkapi dengan udang, ayam, ikan, jamur, hingga makanan laut lainnya.

Itulah tips dan panduan liburan ke Bangkok yang wajib kamu ketahui. Ceritakan yuk pengalaman kamu saat jalan-jalan ke Bangkok di kolom komentar. Baca juga artikel panduan traveling lainnya di blog Antavaya.com. kamu juga bisa memesan paket liburan ke Thailand dengan fasilitas dan harga terbaik di website Antavaya. The smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!