Smart Guide

Mengapa Visa Korea Saya Ditolak? Ini 5 Alasan dan Penyebabnya!2 min read

12 November 2019

author:

Mengapa Visa Korea Saya Ditolak? Ini 5 Alasan dan Penyebabnya!2 min read

Sudah niat liburan tapi Visa Korea ditolak? Waduh, nyebelin pasti ya. Tapi sebenarnya, alasan Visa Korea ditolak sudah bisa kamu antisipasi sejak awal jika kamu sudah tahu apa penyebabnya. Berikut adalah lima kemungkinan mengapa pengajuan Visa Korea ditolak.

1. Masa Berlaku Paspor Habis atau Menuju Kedaluwarsa

Bukan hanya visa, kamu juga memerlukan paspor untuk liburan ke luar negeri, khususnya Korea. Ketahui cara membuat paspor secara mudah di sini.

Masa berlaku paspor Indonesia hanya 5 tahun saja. Tapi, bukan berarti benar-benar berlaku selama 5 tahun. Sebab, paspor tidak lagi bisa digunakan untuk bepergian ke luar negeri jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan. Jadi, jika kamu mengajukan pembuatan Visa Korea tapi masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan atau menuju kedaluwarsa, visa kemungkinan besar akan ditolak. Segera upgrade paspor kamu menjadi e-paspor. Begini cara membuat e-paspor.

2. Visa Ditolak karena Dokumen Tidak Lengkap

Supaya permohonan visa diterima, lengkapi dulu seluruh syarat membuat Visa Korea. Harap diperhatikan, syarat membuat visa juga berbeda-beda, tergantung jenis visa yang kamu apply.

Kelengkapan dokumen adalah salah satu bahan pertimbangan, apakah visa kamu diterima atau ditolak. Maka dari itu, lengkapi seluruh dokumen yang diminta sebelum mengajukan Visa Korea. Siapkan jauh-jauh hari dan jangan lupa dicek kembali, ya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Makanan Asia Paling Populer yang Wajib Kamu Coba Setelah Corona Berakhir!

3. Tidak Bisa Menjelaskan Tujuan Kunjungan Secara Jelas

Dalam formulir aplikasi Visa Korea mengenai rincian kunjungan, kamu wajib mengisi tujuan mengunjungi Korea Selatan. Tujuan kunjungan bisa untuk wisata, rapat, berobat, perjalanan bisnis, belajar, bekerja, atau mengunjungi keluarga di Korea. Jika tidak jelas, itulah alasan mengapa Visa Korea ditolak.

4. Alamat Selama Tinggal di Korea Tidak Jelas

Alasan mengapa Visa Korea ditolak lainnya adalah tempat tinggalmu selama di Korea tidak jelas. Padahal, ini sangat penting untuk meyakinkan Kedutaan Besar Korea Selatan menerima permohonan visa kamu. Sebutkanlah alamat hotel atau penginapan selama kamu liburan di Korea dalam formulir aplikasi visa.

5. Visa Ditolak karena Keuangan Kurang Memadai

Penyebab Visa Korea ditolak yang terakhir adalah karena kondisi keungan kamu tidak meyakinkan. Saat mengajukan pembuatan visa, pemohon harus melampirkan bukti keuangan, contohnya rekening koran 3 bulan terakhir.

Pastikan rekening bank yang kamu lampirkan aktif dan memiliki riwayat yang baik. Jangan sampai tiba-tiba ada dana dengan nominal besar masuk ke rekening kamu. Ini akan membuat kamu dicurigai. Sebagai turis, kamu harus meyakinkan pihak kedutaan bahwa uang kamu cukup untuk memenuhi kebutuhan selama liburan di Korea.

Sekarang, kamu sudah tahu alasan mengapa Visa Korea ditolak. Jadi, pastikan hindari lima hal di atas supaya permohonan visa kamu diterima. Jika ingin lebih mudah, liburan ke Korea bersama AntaVaya saja. Kami akan membantu proses pengajuan visa, jadi kamu enggak perlu repot urus ini itu. AntaVaya, the SMART way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!