Smart Guide

Intip Syarat, Biaya, dan Cara Mudah Membuat Visa Korea Terbaru Yuk!5 min read

11 November 2019

author:

Intip Syarat, Biaya, dan Cara Mudah Membuat Visa Korea Terbaru Yuk!5 min read

Buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di Korea bersama keluarga, teman, maupun pasangan, wajib memiliki paspor. Selain itu, kamu juga harus membuat Visa Korea terlebih dahulu. Kali ini, AntaVaya Fellas akan kami beri informasi syarat, biaya, dan bagaimana cara membuat Visa Korea secara mudah. Inilah informasi terbaru yang wajib kamu ketahui!

A. Tempat Mengajukan Pembuatan Visa Korea Selatan

Sebelum mengajukan permohonan Visa Korea, kamu harus mengetahui tempat mengurus visa. Mulai tanggal 2 Mei 2019, cara membuat Visa Korea Selatan tidak lagi dilakukan di Kedutaan Besar Republik Korea Selatan. Ajukan permohonan visa di Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta.

Jika dulu di Kedutaan Besar Republik Korea Selatan melayani permohonan visa lewat lima buah loket, KVAC menyediakan 12 loket. Jadi, pembuatan Visa Korea pun bisa lebih cepat dan mudah.

Korea Visa Application Center (KVAC) melayani pembuatan Visa Korea pukul 09.00-15.00 (tetap menerima pengajuan saat jam makan siang, total 6 jam). KVAC juga melayani pengambilan visa pukul 10.00-16.00 WIB (tetap melayani pengambilan visa di jam makan siang, total 6 jam).

B. Jenis-Jenis Visa Korea & Biayanya

Buatlah jenis Visa Korea sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut adalah empat tipe visa Korea:

  1. Single Visa (kunjungan di bawah 90 hari) Rp560.000
  2. Single Visa Khusus (kunjungan di atas 90 hari) Rp840.000
  3. Double Visa (kunjungan sebanyak 2x dan berlaku hingga 6 bulan) Rp980.000
  4. Multiple Visa (kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun) Rp1.260.000

Ada kabar gembira untuk kamu penggemar K-Pop karena Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia baru saja merilis informasi mengenai gratis biaya visa untuk paspor Indonesia hingga Desember 2019. Jika biasanya calon pelancong dikenakan biaya sebesar US$ 40 atau setara dengan Rp560.000 untuk pembuatan Single Visa (kunjungan di bawah 90 hari), kali ini kamu cukup membayar biaya administrasi sebesar Rp196.000!

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Panduan: Syarat dan Cara Mudah Membuat Visa Jepang di Tour Agent!

Informasi lengkap tentang jenis-jenis Visa Korea bisa kamu lihat di sini.

C. Dokumen dan Syarat Membuat Visa Korea Terbaru

Sebelum mengajukan pendaftaran dan mengisi formulir Visa Korea, kamu wajib menyiapkan dokumen dan syarat membuat Visa Korea. Lengkapi semua syarat yang dibutuhkan supaya pengajuan visa kamu diterima. Inilah syarat membuat Visa Korea lengkap dan terbaru:

  1. Mengisi form aplikasi visa, download di sini.
  2. Pasfoto ukuran paspor 3,5 x 4,5 cm sebanyak 1 lembar (background putih). Bawalah foto cadangan untuk berjaga-jaga.
  3. Paspor asli dan fotokopi setiap halaman paspor yang ada stempel/cap negara yang telah dikunjungi.
  4. Fotokopi KTP dan KK (Kartu Keluarga).
  5. Surat Keterangan Kerja atau Surat Referensi Kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja.
  6. Fotokopi SIUP untuk pengusaha.
  7. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar (bagi yang masih sekolah).
  8. Fotokopi bukti keuangan (pilih 2 saja): rekening koran 3 bulan terakhir asli yang dilegalisir bank, slip gaji 3 bulan terakhir, aurat pajak tahunan terakhir, bukti kepemilikan kendaraan (STNK) kendaraan roda empat (mobil), daftar transaksi penggunaan kartu kredit 3 bulan terakhir, atau dokumen bukti pembayaran pajak terbaru selama 1 tahun. Dokumen kepemilikan kendaraan roda dua atau kepemilikan tanah dan bangunan tidak diakui.

CATATAN: Surat Keterangan Kerja/Pelajar harus asli, berkop surat, dan dilengkapi tanda tangan penanggung jawab asli, logo dan stempel sekolah/perusahaan, serta tertulis tanggal masuk sekolah, masa bekerja, jabatan, dan nomor tim HRD yang bisa dihubungi.

Syarat dan dokumen lainnya:

  1. Pelajar/mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar dan Bukti Keuangan Orangtua.
  2. Ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan, wajib melampirkan Bukti Keuangan Suami/Keluarga.
  3. Jika kamu ingin membawa asisten rumah tangga, wajib melampirkan Surat Sponsor dari employer berupa Surat Keterangan Kerja dan Kartu Keluarga.
Lainnya Yang Wajib Dibaca :  40 Tempat Wisata di Seoul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi (Part 2)

Jika kamu datang ke Korea Selatan atas undangan, baik diundang oleh pribadi maupun perusahaan, ada dokumen tambahan yang bisa kamu lampirkan:

  1. Surat Undangan dari pengundang pribadi.
  2. Fotokopi SIUP perusahaan Korea yang mengundang.
  3. Surat jaminan dari perusahaan Korea yang mengundang.
  4. Fotokopi identitas yang mengundang.

Ketidaklengkapan dokumen akan memperlambat proses mendapatkan persetujuan visa. Jadi, pastikan kamu melengkapinya terlebih dahulu sebelum mengajukan cara membuat Visa Korea di KVAC.

D. Langkah-Langkah Mengajukan Permohonan Visa Korea

  1. Setelah mengetahui jenis Visa Korea serta melengkapi dokumen yang diperlukan, kamu harus mengisi formulir aplikasi visa. Isilah sesuai instruksi yang tertulis dengan data sebenar-benarnya.
  2. Siapkan semua dokumen yang diperlukan. Susun dengan rapi sesuai urutan dalam map atau bisa juga distapler.
  3. Menyerahkan formulir serta dokumen lainnya ke Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta dari pukul 09.00-15.00.
  4. Cara melakukan pembayaran visa Korea: bayar tunai, kecuali nasabah KEB Hana Bank dapat melakukan pembayaran melalui transfer. Pembayaran dilakukan di loket yang telah ditentukan. Setelah membayar biaya Visa Korea, kamu akan mendapatkan materai untuk ditempel di formulir aplikasi. Serahkan dokumen ke loket konsuler.
  5. Menerima tanda terima yang wajib kamu bawa saat pengambilan visa nantinya.
  6. Kamu bisa langsung pulang ke rumah dan menunggu hasil aplikasi visanya. Lama proses pembuatan Visa Korea Selatan minimal 6 hari kerja yang dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen. Jika dokumen dianggap belum lengkap dan dibutuhkan wawancara, maka proses pengajuan bisa lebih dari enam hari kerja.
Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 10 Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura di Tokyo, Jepang (2020)

E. Cara Mengecek Status Visa Korea Secara Online

Selama menunggu pembuatan Visa Korea selesai (diterima atau tidak diterima), jangan berdiam diri saja. Kamu bisa mengecek hasil status pengajuan visa kamu melalui laman https://www.visa.go.kr/ dan isi menu yang dibutuhkan. Ada 3 keterangan status, yaitu under review, approved, dan rejected. Kalau status pengajuan visa tertulis approved, kamu bisa langsung mengambil paspor dan Visa Korea di hari yang telah ditentukan.

Kamu juga bsia mengetahui status pengajuan Visa Korea melalui pesan singkat. KVAC menyediakan layanan SMS sebanyak 3x kepada semua pemohon visa. Ketiga SMS tersebut adalah penerimaan dokumen di KVAC, pemeriksaan dokumen oleh Kedubes, serta persiapan pengambilan visa. Atau kamu juga bisa mengakses ke situs KVAC.

F. Cara Mengambil Visa Korea yang Sudah di-Approved

Kita sudah dalam tahap terakhir cara mengajukan pembuatan Visa Korea terbaru. Jika status visa diterima, kamu bisa mengambil paspor serta visa yang sudah jadi di KVAC. Datanglah pada pukul 10.00 WIB-16.00 WIB. Jangan lupa bawa tanda terima yang diberikan saat proses pengajuan aplikasi pendaftaran. Kamu hanya perlu menaruh tanda terima di sebuah keranjang dan menunggu giliran dipanggil.

Cara membuat Visa Korea secara mudah pun sudah selesai, deh! Jika kamu ingin liburan di Korea bersama rombongan atau tour agent, kamu bisa mengajukan Visa Group Korea yang syarat dan cara pembuatannya bisa dilihat di sini.

Mudah bukan cara membuat Visa Korea? Kalau mau lebih mudah lagi, yuk segera pesan paket tur liburan ke Korea di AntaVaya. Dijamin hemat, aman, dan tak terlupakan. Kami juga akan membantu pembuatan visa sehingga kamu tidak perlu repot mengurus ini itu. AntaVaya, the SMART way to travel!

5 Comments
  1. Rifka Noorammilia

    Hai kak.. aku mau tanya.. apakah antavanya bisa membatu pengurusan visa korea untuk grup..? kita akan pergi karena ada undangan Bussiness Summit dari perusahaan kami dari tanggal 2-4 april, dan akan stay di sana sampai tanggal 7 u booking tiket sdh kami lakukan, dan hotel juga.. kalo bisa berapakah biaya per orang? kalo gak.salah ada program "gratis" visa grup di 2020 terimakasih dan di tunggu jawabannya..

    • Rosita

      Halo Ibu Rifka, silakan hubungi salah satu nomor di bawah ini untuk info lebih lanjut atau bisa langsung datang ke kantor cabang AntaVaya terdekat. Terima kasih 🙂 Jakarta – 021 625 3919 (Jl. Hayam Wuruk No. 88) – 021 386 2747 (Jl. Batutulis Raya No. 38) – 021 720 1888 (Jl. Melawai Raya No. 116)

  2. Mia

    Halo kak, saya mau tanya apakah surat keterangan pelajar harus pakai bahasa inggris? Karena feb-maret 2019 saya ke korea & dokumen yg saya ajukan dlm bahasa Indonesia semua, tetapi kakak saya mengatakan harus dalam bahasa inggris....

  3. Nartono

    Halo gan..saya mau ke sana pertama kalinya..dlm undangan...mereka sdah kasih ft kopi ktp dan alamat perusahaan..apakh itu sdah cukup?

  4. Sari

    Saya mau tanya kalau single visa khusus itu sama dengan visa C3 atau beda ya?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!