Smart Guide

Tidak Boleh Dilakukan! Ini 20 Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu6 min read

11 February 2020

author:

Tidak Boleh Dilakukan! Ini 20 Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu6 min read

Setiap negara memiliki aturan dan kebiasaannya masing-masing, termasuk Jepang. Sebelum pergi traveling, ada baiknya mengetahui 20 larangan di Jepang supaya liburan berjalan lancar.

Jangan sampai melanggar, bisa dianggap tidak sopan. Atau yang paling parah, bisa ditahan!

1. Jangan Pernah Terlambat di Jepang

Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu - Sumber Unsplash
Jangan Pernah Terlambat – Sumber: Unsplash

Seperti yang kita ketahui bersama, orang Jepang terkenal sangat disiplin dan tepat waktu. Jadi, jangan sekalipun terlambat saat memiliki janji dengan orang Jepang.

Saking menghargai waktu, petugas akan meminta maaf kepada seluruh penumpang jika kereta terlambat meski satu menit saja. Keren, ya!

2. Dilarang Memetik Bunga Sakura

Beruntungnya jika kamu bisa mendatangi tempat terbaik melihat sakura di Jepang. Bunga cantik ini memang memiliki daya tarik istimewa. Namun, jangan sampai kamu memetik bunga sakura karena itu dilarang di Jepang.

Bunga sakura memiliki umur yang pendek dan hanya mekar selama kira-kira dua minggu saja. Jadi, orang Jepang sangat menghargai setiap bunga yang mekar. Kalau mau, kamu bisa mengambil bunga sakura yang sudah berguguran di tanah.

3. Tidak Etis Memberikan Uang Tip di Restoran

Berbeda dengan budaya di Amerika, orang Jepang tidak suka jika diberikan tip oleh pelanggan. Mereka bisa menganggap hal ini sebuah penghinaan dan tidak etis.

Bagi mereka, memberikan service terbaik adalah kewajiban supaya pelanggan senang. Memberikan uang tip kepada pelayan atau staff akan menimbulkan situasi yang aneh seakan kamu menilai kinerja mereka.

4. Jangan Berkendara di Sisi Kanan

Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu - Sumber Unsplash
Berkendara di Sebelah Kiri – Sumber: Unsplash

Di Jepang, kamu harus berkendara di sisi kanan. Kalau sampai salah, bisa-bisa kamu didenda, ditilang, bahkan bisa masuk penjara!

5. Tidak Boleh Menerima Barang dengan Satu Tangan

Orang Jepang memiliki adab dan kebiasaan yang dijunjung tinggi. Salah satunya adalah adab saat menerima barang dengan dua tangan. Jadi, kamu dilarang menerima sesuatu hanya dengan satu tangan karena dianggap tidak sopan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Dream Cruise Mini Expo 2020: Nikmati Promo Buy 1 Get 1 FREE!

6. Tidak Membungkuk Saat Bertemu Orang Lain

Di Jepang, membungkuk ketika bertemu orang lain sudah menjadi kewajiban. Hal ini mencerminkan penghormatan dan rasa segan. Kalau kamu tidak membungkuk saat bertegur sapa dengan orang Jepang, bisa dianggap sombong dan tidak sopan.

7. Dilarang Mengotori Onsen

Larangan di Jepang lainnya yang harus kamu ketahui adalah tidak boleh mengotori onsen. Onsen adalah tempat pemandian untuk berendam dengan air panas alami.

Sebelum masuk onsen, seseorang harus melepaskan semua pakaiannya dan mandi dengan sabun terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya kolam air panas tetap bersih dan higienis karena digunakan oleh banyak orang.

8. Jangan Sembarangan Menggunakan Sumpit

Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu - Sumber Unsplash
Aturan Memakai Sumpit di Jepang – Sumber: Unsplash

Ada aturan menggunakan sumpit yang tidak boleh dilanggar selama kamu berada di Jepang. Saat makan dengan sumpit, kamu tidak boleh menggosok sumpit sebelum digunakan, mengetuk sumpit, atau menunjuk seseorang dengan sumpit.

Kamu juga tidak boleh melakukan hal yang aneh-aneh dengan sumpit. Contohnya meletakkan sumpit tegak lurus dengan nasi atau mengoper makanan dari sumpit ke sumpit karena hal tersebut dilakukan saat ritual pemakaman di Jepang dan dianggap membawa sial.

Cari tahu juga street food Jepang yang wajib kamu coba selama liburan di Negeri Matahari Terbit.

9. Dilarang Berisik dan Mengobrol di dalam Kereta

Selama liburan di Jepang, akan ada saatnya kamu menggunakan kereta untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Saking serunya, mungkin kamu ingin mengobrol bersama teman-teman selama perjalanan. Namun, hal tersebut dilarang!

Mengobrol dengan suara keras hingga mengganggu kenyamanan bersama dianggap melanggar etika.

10. Tidak Boleh Menerima Panggilan di dalam Kereta

Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu - Sumber Unsplash
Dilarang Berisik di Kereta – Sumber: Unsplash

Sama seperti larangan di Jepang sebelumnya, di dalam kereta kamu juga sebaiknya tidak menjawab panggilan telepon karena dianggap tidak sopan dan mengganggu kenyamanan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Cara Membuat E-Paspor Terbaru: Keuntungan, Syarat, dan Biaya

Bahkan ada pengumuman yang mengharuskan penumpang mematikan HP di dalam kereta. Di jam-jam sibuk pun, suasana kereta di Jepang sangat sunyi karena kebanyakan penumpang memilih membaca buku atau mendengarkan musik dengan headset.

Bila harus menjawab telepon, pastikan kecilkan suara agar tidak mengganggu orang lain. Memainkan HP sebenarnya juga tidak dilarang, asalkan tidak berisik.

11. Tidak Boleh Duduk di Kursi Prioritas

Jepang memiliki sistem transportasi umum yang maju. Salah satu fasilitas dalam setiap angkutan umum adalah priority seat atau kursi prioritas.

Yang boleh duduk di kursi prioritas adalah manula, ibu hamil, orang tua yang membawa anak, dan orang sakit. Jika kamu tidak termasuk golongan tersebut, jangan sampai mendudukinya meskipun kursi kosong.

12. Jangan Makan dan Minum Sambil Jalan

Larangan di Jepang yang tidak boleh dilakukan lainnya adalah makan dan minum sambil jalan. Hal ini dianggap tidak etis oleh masyarakat Jepang.

Mengapa demikian? Karena mereka sangat sadar dengan kebersihan di jalan. Makan sambil jalan dikhawatirkan bisa mengotori jalanan. Jadi jika ingin makan, carilah tempat duduk atau makan di tempat yang aman.

13. Berdiri di Sisi Kanan Eskalator

Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Tahu - Sumber Unsplash
Tidak Boleh Berdiri di Sisi Kanan – Sumber: Unsplash

Dilarang berdiri diam di sebelah kanan eskalator karena jalur tersebut ditujukan untuk orang yang sedang buru-buru. Apalagi orang Jepang sangat disiplin terhadap waktu sehingga selalu ingin berjalan cepat.

14. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan

Coba bandingkan negara kita dengan Jepang. Jepang sangat bersih karena penduduknya sadar akan kebersihan dan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Sampah pun dipisahkan sesuai dengan jenis dan meterialnya, mulai dari sampah yang bisa didaur ulang, mudah terbakar, hingga sampah plastik.

15. Tidak Boleh Mengeluarkan Ingus di Depan Publik

Larangan di Jepang yang harus kamu ketahui lainnya adalah tidak boleh membuang ingus di depan publik. Kamu harus menahannya dan mengeluarkannya di tempat yang memungkinkan, seperti toilet.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Pengertian, Waktu, dan 5 Tempat Terbaik Melihat Aurora di Eropa

16. Jangan Memakai Sepatu ke dalam Rumah

Sama seperti di Indonesia, Jepang juga melarang menggunakan sepatu di dalam rumah. Sebagai gantinya, mereka akan menyediakan sandal atau alas kaki yang bisa digunakan di dalam rumah.

Ketahui juga musim terbaik liburan ke Jepang biar kamu datang di saat yang tepat.

17. Dilarang Menyeberang Sembarangan

Jangan Menyeberang Sembarangan - Sumber: Unsplash
Jangan Menyeberang Sembarangan – Sumber: Unsplash

Tertib adalah budaya yang bisa kita contoh dari Jepang. Meskipun jalanan sepi, orang-orang tidak akan menyeberang saat lampu jalan masih berwarna hijau.

18. Tidak Boleh Merekam Tubuh Orang Kecelakaan

Jika di Indonesia banyak orang yang dengan sengaja merekam tubuh orang yang kecelakaan, di Jepang hal ini sangat dilarang. Merekam orang yang sedang menerima musibah adalah hal yang tidak etis.

19. Hindari Memfoto Orang Lain Sembarangan

Saat berada di negeri asing, semua hal yang baru pasti akan terasa menarik untuk kita. Kita pun akan berusaha memotret semua yang kita lihat untuk kenang-kenangan.

Tapi hati-hati, karena di Jepang kamu dilarang memotret sembarangan karena mereka sangat menjaga privasi. Kamu juga harus tahu batas dan tidak memotret properti orang lain sampai mengganggu kenyamanan pemiliknya.

20. Harus Mengantre dengan Tertib

Satu lagi larangan di Jepang yang harus diingat, jangan menyerobot antrean. Masyarakat Jepang sudah terbiasa hidup tertib dan teratur. Jangan sekalipun berpikir untuk menyerobot antrean saat menaiki transportasi umum atau naik lift.

Wah, ternyata banyak juga ya larangan di Jepang yang harus kita ketahui. Pastikan kamu bersikap sopan selama berada di negeri orang. Yuk, langsung pesan paket tour Jepang di AntaVaya untuk mendapatkan pengalaman berlibur tak terlupakan!

Pesan Tour ke Jepang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!