Smart Itinerary

Butuh Paket Liburan ke Turki? Ini Itinerary Seru 10D7N11 min read

2 September 2019

author:

Butuh Paket Liburan ke Turki? Ini Itinerary Seru 10D7N11 min read

Turki, pesonanya seakan tak pernah habis. Eksotisme dan keindahannya selalu berhasil menarik minat wisatawan. Beragam destinasi wisata populer dunia ada di sini. Wisata sejarah, belanja, taman, religi, semua komplit siap menyambut kedatangan kamu. Tak heran, paket tour liburan ke Turki selalu laris dan banyak dicari orang.

Jika kamu sedang mencari paket tour liburan ke Turki atau contoh itinerary Turki, kamu datang di tempat yang tepat. AntaVaya punya penawaran paket wisata Turki dengan harga spesial, lho. Bersama “10D Turkey Super Sale”, kamu akan diajak menjelajahi Turki selama 10 hari 7 malam.

Yuk, langsung saja disimak itinerary paket tour liburan ke Turki AntaVaya selama 10D7N di bawah ini!

Hari 1: Penerbangan dari Jakarta ke Istanbul

Petualangan liburan ke Turki akan segera dimulai! Hari ini kita akan berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan penerbangan ke Istanbul. Penerbangan panjang selama ±12 jam ini akan terasa sangat nyaman bersama Turkish Airlines.

Hari 2: Menelusuri Jalanan Istanbul Sambil Belanja

  • Menelusuri Jalanan Istanbul Sambil Belanja
    Istiklal Street - Sumber: Flickr

Itinerary liburan ke negara eksotis Turki akan dimulai dengan menikmati keindahan Kota Istanbul. Siapkan energimu karena sesampainya di Istanbul, kami akan mengajakmu menyusuri Istiklal Street dan Taksim Square.

Istiklal Street adalah salah satu jalanan paling terkenal di Istanbul. Selain bisa melihat eksotisnya bangunan era Utsmaniyah, kamu juga bisa belanja aneka barang di sini. Jalur pejalan kaki sepanjang 1,4 km di spot destinasi wisata Istanbul ini tak pernah sepi dan dipenuhi berbagai toko. Ada toko musik, butik, toko buku, galeri seni, bioskop, kafe, hingga klub malam.

Keseruan hari ini belum berakhir karena kita akan lanjut ke Taksim Square. Taksim Square telah menjadi pusat perpaduan budaya, adat, dan tradisi dari jutaan manusia yang berwisata ke Istanbul. Area ini selalu dipenuhi orang-orang yang sekadar jalan-jalan, belanja, hingga bersantai di kafe-kafe. Saat malam, wilayah ini justru semakin hidup. Berminat merasakan meriahnya kehidupan malam Istanbul? Yuk, ikut paket tur liburan ke Turki bersama AntaVaya.

Hari 3: Menjelajahi Indahnya Kota Bursa

  • Destinasi Menarik di Kota Bursa Turki
    Bosphorus Bridge - Sumber: Pixabay

Jika kemarin kita menghabiskan waktu di Istanbul, itinerary liburan ke Turki hari ketiga akan dihabiskan di Kota Bursa. Sehabis sarapan, kamu akan diajak menyebrangi Bosphorus Bridge dengan berkendara melewati Osmangazi Bridge. Pemandangan dari atas jembatan gantung dijamin akan membuatmu berdecak kagum. Setelah sampai di Bursa, ada beberapa destinasi menarik yang akan kita kunjungi. Simak saja yuk detailnya berikut ini.

1. Masjid-Masjid Indah di Kota Bursa

Bursa adalah salah satu kota tua yang memiliki peran penting bagi sejarah Turki. Kota ini merupakan kota terbesar keempat di Turki setelah Istanbul, Ankara, dan Izmir. Bursa juga menjadi destinasi favorit turis karena menyimpan banyak peninggalan sejarah Islam. Salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi di Bursa adalah Grand Mosque of Bursa.

Masjid tua di Kota Bursa ini merupakan simbol awal Kesultanan Utsmani dengan arsitektur Seljuk sebagai dasar komponennya. Grand Mosque atau Ulu Cami juga merupakan masjid terbesar yang berada di Bursa. Berada di Atatürk Boulevard, masjid ini masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia pada tahun 2014 oleh UNESCO. Keindahannya tak usah ditanya lagi. Dengan 20 kubah besar dan bangunan yang megah, kamu akan takjub dengan penampakannya. Apalagi, masjid ini merupakan salah satu masjid terpenting dalam sejarah Islam.

Tak hanya Grand Mosque, kita juga akan mengunjungi Green Mosque & Tomb. Green Tomb merupakan kompleks pemakaman Sultan Mehmed I dan keluarga kerajaan. Bagian luar masjid dilapisi dengan ubin hijau-biru yang membuatnya dijuluki Green Mosque. Wisata halal di Turki ini akan mengajakmu belajar sejarah sambil menikmati keindahan bangunan masjid yang luar biasa.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Jadwal Astindo Travel Fair 2020, Ini Rincian Harga Tiket Murah ke Destinasi Impian

2. Sutra Khas Turki dan Turkish Delight

Liburan ke Turki tak akan lengkap tanpa belanja sutra khas Turki yang sangat terkenal. Jadi setelah menikmati damai dan megahnya Grand Mosque dan Green Mosque, kita akan meneruskan perjalanan ke Silk Market (Koza Han). Pasar ini sangat terkenal sebagai pusat perdagangan sutra sejak zaman dulu.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Grand Mosque of Bursa. Di dalamnya terdapat sadirvan (tangki air dengan air mancur) dan 95 kamar di tengah bangunan. Silk Market juga menyediakan dan memproduksi kain berkualitas tinggi dengan harga murah. Sutra, bahan pakaian, produk tekstil, perak, cendera mata, semuanya ada di sini. Selain belanja, sekadar menikmati indahnya bangunan ala Ottoman berlantai dua ini juga sangat menyenangkan.

Sehabis dari Silk Market, kita akan mengunjungi Turkish Delight Shop. Aduh, pasti sudah tahu dong apa itu turkish delight? Makanan lezat khas Turki yang dikenal dengan sebutan lokum ini adalah sejenis permen manis. Dibuat dengan tepung dan gula bubuk. Turkish delight tradisional sering dibumbui dengan air mawar, damar wangi, jeruk Bergamot, atau lemon. Sementara kini sudah banyak bermunculan rasa baru, seperti kurma, pistachio, dan hazelnut. Wajib borong!

Hari 4: Mengelilingi Ephesus, Kota Tua Zaman Romawi

  • Paket Liburan dan Itinerary Turki 10D7N
    Celsus Library

Itinerary wisata Turki dari AntaVaya sudah mencapai hari keempat. Semalam, kita sudah sampai di Kota Kusadasi untuk beristirahat. Di pagi hari ini, kita akan menuju Kota Ephesus untuk melihat kota tua zaman Romawi. Lalu, peserta paket tur Turki AntaVaya juga akan diajak mengunjungi wisata seru di Pamukkale.

1. Mengagumi Reruntuhan Kota Romawi di Ephesus, Indah Banget!

Bersiaplah dengan pakaian terbaikmu hari ini karena kita akan jalan-jalan di Ephesus. Ephesus pada awalnya adalah kota Yunani kuno, namun kemudian direbut dan mengalami kejayaan pada masa Kerajaan Romawi. Di sini kamu dapat melihat sisa bangunan Romawi kuno yang sangat indah.

Destinasi di Kota Ephesus pertama yang akan kita datangi adalah Celsus Library. Reruntuhan bangunan ini dulunya merupakan perpustakaan terbesar ketiga pada masanya. Meski sudah tidak utuh, bentuk pilar-pilar depannya masih berdiri dengan kokoh dengan megah. Ornamen patung dewa dewi menghiasi beberapa dinding bagian luar. Sementara bagian dalamn yang dulunya merupakan tempat menyimpan koleksi buku-buku, kini hanya tersisa ruang kosong.

Perjalanan dilanjutkan menuju Odeon Theatre dan photostop di Virgin Mary House. Odeon Theatre adalah teater terbuka yang berfungsi sebagai tempat pertemuan para wakil rakyat atau aula untuk pertunjukan konser musik. Sementara itu, Virgin Mary House adalah tempat yang cocok untuk wisata rohani kristen/katolik di Turki. Bangunan ini dianggap sebagai rumah peristirahatan terakhir bagi Bunda Maria.

2. Pemandian Air Panas Bertingkat Pamukkale

Tujuan paket liburan Turki AntaVaya selanjutnya adalah Pamukkale. Di sini kita akan melihat Hierapolis Ancient City yang merupakan kota tua peninggalan Romawi. Salah satu warisan alamnya yang unik dan indah adalah Cotton Castle. Dulunya, tempat wisata ini merupakan pemandian air panas yang terbentuk secara alami dan bertingkat-tingkat. Mata air Pamukkale dipercaya dapat menyembuhkan kulit dan meremajakan tubuh yang lelah. Berminat nyebur?

Hari 5: Pamukkale – Konya – Cappadocia

  • Paket Liburan dan Itinerary Turki 10D7N
    Mevlana Museum - Sumber: Wikipedia

Itinerary liburan ke Turki hari kelima akan dihabiskan di Kota Konya. Konya adalah kota yang identik dengan tokoh sufi besar dunia. Ada banyak destinasi menarik di sini, salah satunya adalah Mevlana Museum. Museum ini adalah makam tokoh penting Muslim di Turki bernama Jalal Ad din Muhammad Rumi dan tempat berkembang aliran sufi.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Petualangan Seru Liburan ke Amerika: Itinerary Wisata 10 Hari

Hingga kini, Museum Mevlana rutin dikunjungi oleh wisatawan dan peziarah lokal. Jumlahnya mencapai 1,5 juta orang per tahunnya, lho. Kebayang kan betapa populernya destinasi wisata Konya ini? Museum ini juga disebut Istana Kebun Mawar atau Rose Garden karena banyak ditanam bunga mawar aneka warna di halamannya. Indah!

Sehabis dari Mevlana Museum, kita akan photostop di Caravanserai. Caravanserai dulunya merupakan tempat singgah bagi para pedagang yang melalui jalur silk road. Bangunannya akan mengingatkanmu dengan film Aladdin. Bisa jadi spot foto yang keren banget pastinya! Sehabis dari Konya, kita akan melanjutkan perjalanan menuju Cappadocia untuk bermalam.

Hari 6: Indahnya Cappadocia Turki yang Tak Terlupakan

  • Paket Liburan dan Itinerary Turki 10D7N
    Citadel of Uchisar - Sumber: Wikipedia

Cappadocia adalah daerah bersejarah di Anatolia Tengah, terutama di Provinsi Nevşehir di negara Turki modern. Daerah ini merupakan tujuan wisata populer di Turki karena mempunyai banyak tempat dengan ciri geologi, sejarah, dan budaya unik. Mari kita jelajahi keindahan dunia ajaib Cappadocia di Turki bersama!

1. Underground City dan Goreme Open Air Museum

Tempat wisata Cappadocia pertama yang akan kita kunjungi adalah Underground City. Kota bawah tanah yang memiliki serangkaian ruang bawah tanah ini begitu mengagumkan dengan lorong-lorong yang terkesan misterius. Tempat ini dapat memberikan perlindungan dan di dalamnya terdapat tempat tinggal, tempat kerja, tempat belanja, sistem transit, gudang anggur, hingga saluran drainase. Unik banget!

Sehabis dari Underground City, kita akan melewati Goreme Open Air Museum yang penuh dengan kejutan. Ruangan terbuka yang terdiri dari gua-gua ini dulunya merupakan gereja. Di dalam gua bekas gereja kuno tersebut banyak lukisan gambar dengan langit-langit melengkung.

2. Pemandangan Magis di Goreme Valley dan Pasabag

Goreme Valley adalah destinasi wisata di Cappadocia yang selanjutnya kita datangi. Di sini peserta tur liburan ke Turki AntaVaya akan disuguhkan pemandangan bangunan unik dengan formasi batuan peninggalan bangsa Romawi berbentuk rumah dan gereja.

Tak ketinggalan, kita juga akan mengunjungi Pasabag. Lembah Pasabag Cappadocia adalah wisata negeri dongeng terkenal di Turki. Duh, pasti kamu merinding banget melihat keindahan bebatuan vulkano berbentuk unik yang tersebar di segala penjuru di kawasan ini. Ada yang bentuknya seperti cerobong asap hingga batu unta atau biasa disebut Camel Rock. Seperti ditarik ke masa lalu!

3. Jalan-Jalan di Pigeon Valley dan Citadel of Uchisar

Kita juga akan ke Pigeon Valley, rumah burung merpati yang terdapat di dalam tebing. Pigeon Valley di Cappadocia adalah sebuah contoh yang baik bagaimana manusia dan alam dapat hidup berdampingan secara harmonis. Suasananya mistik, seakan kita ditarik ke dunia ajaib dengan pemandangan super indah.

Citadel of Uchisar, istana batu di Cappadocia ini sangatlah artistik dan megah. Tempat ini menyajikan berbagai macam hal menarik untuk pengunjung. Lingkungannya sangat indah dengan warna-warna yang fantastis, seperti warna merah pada Gunung Erciyes pada saat sunset. Suasananya sangat menyejukkan hati. Jangan lupa berdoa, siapa tahu kamu bisa melihat pelangi yang membentang indah di sini. Magic banget rasanya!

Hari 7: Menyusuri Ibu Kota Turki, Ankara

Ankara adalah ibu kota Turki sejak tahun 1923, menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Ankara menjadi kota yang sangat penting bagi perdagangan dan industri. Meski bukan tempat tujuan wisata utama seperti Istanbul, tertibnya kota ini justru memiliki daya tarik tersendiri bagi traveller yang ingin berkunjung. Yuk ikuti itinerary liburan ke Turki di Kota Ankara bersama AntaVaya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  40 Tempat Wisata di Seoul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi (Part 2)

1. Ataturk Mausoleum, Wisata Ziarah nan Megah

Bagi masyarakat Turki, Mustafa Kemal Ataturk merupakan seorang tokoh besar yang telah membebaskan mereka dari belenggu penjajahan. Sebagai wujud rasa terima kasih, masyarakat Turki membangun makam Mustafa Kemal Ataturk dengan megahnya. Areanya sangat luas di atas Bukit Ankara. Di sini kamu bisa berziarah sambil menikmati megahnya bangunan makam yang sangat luas.

2. Salt Lake, Danau Terasin di Dunia

Itinerary Turki Selama 10 Hari 7 Malam
Sumber: Pixabay

Salt Lake Antara, danau garam paling asin di dunia ini adalah penghasil garam terbesar di Turki. Sepanjang mata memandang, kamu akan dibuat takjub dengan hamparan garam berwarna putih yang keras seperti tanah. Pemandangan menarik seperti ini pasti tak akan bisa kamu lupakan. Selain menikmati panoramanya yang indah, kamu juga bisa membeli kosmetik berbahan dasar garam yang bagus untuk kulit di sini. Pulang dari sini, kami akan mengajakmu menginap di Bolu/Izmit.

Hari 8: Dari Bolu/Izmit Menuju Istanbul

Itinerary Turki Selama 10 Hari 7 Malam
Sumber: Pinterest (Camlica Hills)

Hari ini kita akan melanjutkan perjalanan sambil menikmati panorama indah menuju Istanbul untuk mengunjungi Camlica Hills. Di sini, kamu dapat melihat keindahan Selat Bosphorus dari atas bukit. Kemudian kamu akan diajak untuk mengelilingi Selat Bosphorus dengan menggunakan kapal. Seru abis!

Selanjutnya, kita akan mengunjungi Grand Bazzar yang merupakan salah satu kompleks perbelanjaan tertutup terbesar dan tertua di dunia (tutup pada hari Minggu). Bisa belanja oleh-oleh khas Turki sepuasnya!

Hari 9: Seharian Menikmati Indahnya Istanbul

  • Itinerary Turki Selama 10 Hari 7 Malam
    Blue Mosque Turkey - Sumber: Unsplash

Itinerary liburan Turki hari kesembilan akan dihabiskan di Kota Istanbul. Yuk ikuti terus rangkaian liburan Turki bersama AntaVaya di bawah ini!

1. Sultan Ahmed Mosque/Blue Mosque dan Hipodrom Konstantinopel

Destinasi pertama yang akan kita datangi adalah Istanbul Blue Mosque. Blue Mosque adalah masjid bersejarah yang memiliki interior dinding berhiaskan keramik berwarna biru. Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Sultan Ahmed. Bangunannya sangatlah megah dan indah, bagaikan istana. Usahakan memakai pakaian yang sopan ya saat ke sini. Wanita juga diwajibkan mengenakan kerudung.

Kemudian kita akan menuju Hippodrome Konstantinopel yang berada di alun-alun Blue Mosque. Di sini, peserta paket liburan Turki bisa melihat arena pacuan kuda di zaman Romawi.

2. Mengagumi Megahnya Topkapi Palace dan Hagia Sophia

Topkapi Palace adalah pusat pemerintahan Turki sekaligus istana yang merupakan salah satu peninggalan Turki Ustmani. Wisata populer di Turki ini terletak di pinggir pantai Selat Bosphorus dan berada tidak jauh dari Hagia Sophia. Istana di kelilingi tembok besar yang di dalamnya terdapat bangunan-bangunan tempat raja, keluarga, dan para pembantunya. Keindahan bangunan kesultanan zaman dahulu terasa lengkap dengan keramik aneka motif dan kaligrafi yang menempel di dinding setiap ruangannya.

Sehabis dari sini, kita akan ke Hagia Sophia yang dulunya adalah gereja Orthodok, kemudian menjadi masjid, dan sekarang menjadi museum. Wisata ini akan memperlihatkan padamu betapa indahnya paduan dua agama, dua budaya, bahkan dua benua yang saling berdampingan. Bahkan ada gambar Yesus Kristus yang bersebelahan dengan kaligrafi bertuliskan Allah dalam huruf Arab. Wow!

Setelah mengunjungi wisata yang luar biasa indahnya di Istanbul, kami akan mengantar kamu ke bandara untuk kembali ke Jakarta.

Hari 10: Tur Berakhir, Peserta Tiba di Jakarta

Hari ini kamu akan tiba di Jakarta. Dengan demikian, berakhirlah perjalanan tur ke Turki yang penuh kenangan bersama AntaVaya. Yuk, buruan pesan sekarang juga paket tour “10D Turkey Super Sale” dari AntaVaya. Dapatkan pengalaman liburan terbaik, ternyaman, dan terpercaya bersama kami. The smart way to travel!

Pesan Paket Tur Turki

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!