Smart News

Paspor Hilang di Luar Negeri, Apa yang Harus Dilakukan? Ini Panduannya!4 min read

17 December 2019

author:

Paspor Hilang di Luar Negeri, Apa yang Harus Dilakukan? Ini Panduannya!4 min read

Paspor adalah salah satu dokumen yang wajib kamu miliki saat pergi liburan ke luar negeri. Melihat fungsinya yang begitu penting, paspor harus dijaga baik-baik supaya tidak hilang. Lalu, bagaimana jadinya jika paspor hilang di luar negeri? Apa yang harus dilakukan?

Tenang, jangan panik. Ada beberapa solusi dan langkah mengurus paspor hilang di luar negeri yang bisa kamu lakukan. Simak uraiannya berikut ini.

1. Segera Lapor ke Kantor Polisi Terdekat

Cara Melaporkan Kehilangan Paspor di Luar Negeri ke Polisi - Sumber Unsplash
Melaporkan Kehilangan Paspor ke Polisi – Sumber: Unsplash

Kehilangan paspor bisa terjadi pada siapa saja. Cara mengurus paspor hilang di dalam negeri dan di luar negeri mungkin berbeda. Tapi yang pasti, kamu sama-sama harus melapor ke kantor polisi terdekat.

Jangan tunda membuat laporan ke kantor polisi setelah kamu sadar paspor hilang di luar negeri. Biasanya petugas akan memintamu menceritakan kembali detail kejadian yang mengakibatkan paspor hilang.

Berikan keterangan yang jujur. Siapa tahu pihak kepolisian bisa membantu kamu menemukan kembali paspor tersebut. Setelah itu, petugas akan memintamu mengisi formulir dan surat laporan kehilangan.

Isilah dengan benar agar tidak ada perbedaan data nantinya. Baca juga cara memperbaiki data diri di paspor.

Hubungi juga pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia alias KBRI di kantor polisi. Ini akan mempermudah proses mengurus paspor hilang di luar negeri sekaligus memberi kesempatan pada pihak kepolisian untuk membantu kamu menyampaikan informasi mengenai kondisi yang kamu alami (jika dibutuhkan).

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  5 Tips Efektif Menghindari Pencurian Bagasi di Bandara

Jangan lupa minta surat laporan kehilangan yang sudah dibuat di kantor polisi. Surat ini akan dibutuhkan untuk melakukan prosedur mengurus paspor hilang di luar negeri di KBRI.

2. Kunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)

Cara Mengurus Paspor Hilang di KBRI - Sumber Wikipedia
Mengurus Paspor Hilang di KBRI – Sumber: Wikipedia

Tidak cukup menghubungi KBRI dari kantor polisi, kamu juga harus datang langsung. Ajukan permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) di KBRI jika paspor hilang di luar negeri.

SPLP berfungsi sebagai paspor sementara dan bisa digunakan sebagai paspor pengganti selama liburan kamu berlangsung.

Namun, masa berlaku SPLP ini terbatas ya AntaVaya Fellas, tergantung kebijakan masing-masing negara. Tanyakan masa berlaku SPLP pada petugas KBRI supaya kamu bisa menyesuaikannya dengan itinerary dan jadwal traveling.

Syarat dan dokumen membuat SPLP:

  1. Kartu identitas diri (KTP, buku nikah, Kartu Keluarga, atau akta kelahiran).
  2. Fotokopi paspor (pastikan kamu selalu memiliki fotokopi/salinan paspor, baik print atau digital).
  3. Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian setempat.
  4. Pasfoto 4×6 dengan latar belakang terang, dua lembar.
  5. Formulir SPLP yang telah terisi dengan benar dan lengkap disertai tandatangan.
  6. Membayar biaya permohonan SPLP, sesuai dengan kebijakan yang diterapkan KBRI yang dikunjungi.

Syarat mengurus SPLP di tiap negara sebenarnya berbeda, tanyakanlah pada KBRI yang kamu kunjungi. Prosedur membuat SPLP membutuhkan waktu 1 hari hingga 1 minggu. Prosesnya bisa lebih mudah dan lancar jika semua syarat dan dokumen yang diminta lengkap.

Ikuti saja semua proses yang dibutuhkan agar SPLP bisa segera selesai. SPLP tersebut nantinya bisa kamu gunakan sebagai paspor sementara untuk kembali ke Indonesia.

3. Cara Mengantisipasi Kehilangan Paspor

Mengantisipasi Kehilangan Paspor di Luar Negeri - Sumber Unsplash
Mengantisipasi Kehilangan Paspor – Sumber: Unsplash

Liburan ke luar negeri memang asyik. Kamu bisa merasakan dinginnya salju di Eropa, menikmati indahnya bunga sakura di Jepang, atau melihat aurora australis di New Zealand.

Ketika liburan lebih dari seminggu di suatu negara, ada baiknya segera kunjungi KBRI untuk melaporkan kedatangan kamu. Memang tidak wajib, tapi hal ini sangat penting untuk mengantisipasi jika kamu mengalami masalah selama liburan, seperti kehilangan paspor.

Proses melapor kedatangan ini cukup mudah. Datanglah ke KBRI dengan membawa paspor dan dua lembar pasfoto dengan latar belakang terang.

Di sana, kamu juga akan diminta mengisi formulir yang tersedia. Lalu sebagai bukti lapor, pihak KBRI akan membubuhkan cap pada paspor kamu.

Meski terlihat tidak penting, melaporkan kedatangan kepada KBRI akan memudahkan kamu mengurus berbagai hal. Termasuk jika kamu mengalami nasib sial kehilangan paspor di luar negeri.

Informasi yang kamu berikan saat melaporkan kedatangan juga akan memudahkan KBRI untuk menghubungi keluarga atau kerabat jika kamu mengalami masalah selama liburan.

4. Paspor Hilang? Segera Urus Paspor Baru Secepatnya

Cara Mengurus Kehilangan Paspor di Luar Negeri - Sumber Unsplash
Cara Mengurus Kehilangan Paspor – Sumber: Unsplash

Tidak masalah kehilangan paspor di luar negeri. Selama kamu memiliki SPLP dari KBRI, kamu masih bisa pulang ke Indonesia.

Segera urus paspor baru setelah tiba di Indonesia, apalagi jika kamu punya rencana liburan dalam waktu dekat. Daftarlah antrean paspor online untuk membuat paspor baru. Lihat cara dan syarat mengurus hilang di sini.

Jadikanlah kejadian kehilangan paspor ini sebagai pelajaran di masa mendatang untuk lebih berhati-hati selama liburan di luar negeri. Kalau mau lebih aman, ikut paket tur ke luar negeri bersama AntaVaya saja yuk. Dijamin lebih terencana dan menyenangkan!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!