Smart Guide

23 Street Food dan Jajanan Jepang Paling Populer, Enak dan Murah!11 min read

19 December 2019

author:

23 Street Food dan Jajanan Jepang Paling Populer, Enak dan Murah!11 min read


Setiap tahunnya, wisatawan dunia berbondong-bondong pergi liburan ke Jepang. Selain memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, Jepang juga terkenal sebagai surga belanja di Asia Timur. Tak hanya itu, ragam kuliner dan jajanan Jepang juga terkenal enak dan unik.

Buat kamu yang berencana liburan ke Jepang, inilah 23 rekomendasi street food dan jajanan Jepang terbaik yang wajib kamu coba. Dijamin enak, muarh, dan bikin ketagihan!

1. Okonomiyaki, Martabak ala Jepang yang Lezat

1 Jajanan yang Populer di Jepang - Okonomiyaki - Sumber Wikimedia
Okonomiyaki – Sumber: Wikimedia

Okonomiyaki, mungkin kamu sudah tak asing dengan jajanan Jepang yang satu ini. Meki sudah banyak dijual di Indonesia, jangan sampai lupa mencicipi street food bercita rasa gurih dan asin ini di negara asalnya ya.

Jajanan khas Jepang ini juga sering disebut ‘pancake Jepang’. Terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng di atas teppan, okonomiyaki biasanya ditambah irisan kol, olahan laut, ikan, telur ayam, daging sapi, hingga daging babi. Bentuknya mirip martabak.

Rekomendasi: Ajinoya, Mizuno, Hozenji Sanpei, Chitose, dan Yukari di Osaka

2. Takoyaki, Jajajan Mungil Asal Kansai

2 Snack Favorit di Jepang - Takoyaki - Sumber Pxfuel
Takoyaki – Sumber: Pxfuel

Takoyaki adalah makanan asal Kansai, Jepang. Jajanan Jepang ini berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan gurita di dalamnya. Bisa juga diisi dengan tempura atau daun bawang.

Kamu bisa menemukan takoyaki dengan mudah di pasar malam Jepang. Street food ini dimasak di atas panggangan kue cubit yang kemudian diberi taburan bonito flakes. Rasanya gurih dan cocok dijadikan camilan. Harganya sekitar 500 Yen atau sekitar Rp64.000.

Rekomendasi: Dotonbori Night Market dan Acchichi Honpo di Osaka

3. Onigiri, Nasi Kepal dari Jepang

3 Jajanan Jepang - Salmon Onigiri - Sumber Wikimedia
Salmon Onigiri – Sumber: Wikimedia

Penggemar anime atau manga Jepang pasti sudah tidak asing dengan kuliner unik yang satu ini. Onigiri adalah nasi kepal yang dibentuk segitiga kemudian dibungkus rumput laut atau nori. Isinya macam-macam, bisa ayam, ikan, hingga sayur-sayuran.

Onigiri sering dijadikan makanan pengganjal perut bagi traveler untuk menghemat budget liburan karena harganya yang murah. Setiap minimarket di Jepang pasti menjual snack favorit ini. Harganya sekitar 115 Yen atau sekitar Rp15.000.

4. Gyoza, Pangsit Khas Jepang yang Menggoda

4 Street Food Gyoza - Sumber Pixabay
Gyoza – Sumber: Pixabay

Gyoza adalah jajanan Jepang sejenis pangsit yang memiliki rasa gurih. Ukurannya mungil dan kulitnya tipis. Orang Jepang biasa menyantapnya sebagai teman minum bir.

Isinya terdiri dari daging cincang, udang, kari, jamur, sayuran, hingga campuran jahe, bawang putih, dan kecap. Umumnya dibuat fresh sesuai pesanan, jadi kamu bisa request isi sesuai selera. Gyoza juga bisa digoreng dan dikukus. Wajib nyobain ya saat liburan ke Jepang!

Rekomendasi: Chao Chao Dumpling di Kyoto dan Osaka Ohsho di Tokyo

5. Melonpan, Roti Melon yang Populer di Jepang

5 Melonpan, Roti Manis Jepang - Sumber Flickr
Melonpan – Sumber: Flickr

Melonpan adalah variasi roti manis yang cukup populer di Jepang. Jajanan Jepang ini memiliki tekstur renyah dan keras di bagian luar seperti melon dan lembut di bagian dalam. Wajib banget beli kalau kamu suka makanan dan jajanan manis!

Bebarapa toko bahkan menyelipkan potongan kecil melon di dalamnya sehingga membuat rasanya semakin unik. Harganya cukup murah, yaitu sekitar 200 Yen atau setara dengan Rp25.000. Cocok banget dijadikan oleh-oleh khas Jepang. Lihat itinerary Jepang di sini.

Rekomendasi: Ibaraki Marche Shop di Tokyo

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Itinerary Korea 7D6N: Pulau Jeju, Mount Seorak, Nami Island, & Seoul

6. Korokke, Kroket Khas Jepang

Korokke Jepang - Sumber Flickr
Korokke Jepang – Sumber: Flickr

Seperti tidak asing? Ya, karena korokke memang mirip seperti kroket di Indonesia. Meski sama-sama terbuat dari kentang, korokke memiliki varian isi lebih banyak. Bentuknya bulat pipih, sementara kroket lebih berbentuk silinder.

Cobain deh jajanan Jepang ini, rasanya gurih dan lezat. Kamu bisa menyantapnya bersama mayones atau saus tonkatsu. Isinya macam-macam, bisa sayuran, daging, seafood, dan lainnya. Harganya murah, sekitar 50-300 Yen per buah (Rp5.000-Rp40.000).

7. Taiyaki, Kue Ikan Pembawa Keberuntungan

Taiyaki - Sumber Pixabay
Taiyaki – Sumber: Pixabay

Buat kamu yang suka baca Crayon Shincan, pasti sudah tidak asing dengan jajanan Jepang yang satu ini. Taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang memiliki beberapa varian isi, seperti kacang merah, vla, cokelat, keju, atau es krim.

Rasanya manis dan renyah, cocok banget dimakan sebagai camilan. Tak heran jika jajanan ini begitu populer di Jepang. Harganya beragam tergantung ukuran dan isinya. Wajib coba!

Rekomendasi: Yanagiya, Naniwaya Sohenten, Taiyaki Wakaba, dan Taiyaki Sharaku di Tokyo

8. Daigaku Imo, Pencuci Mulut Khas Jepang dari Ubi Manis

Daigaku imo - Sumber Wikimedia
Daigaku imo – Sumber: Wikimedia

Street food Jepang lainnya yang wajib kamu coba adalah daigaku imo. Jajanan berbahan dasar ubi manis ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan kayu api. Ubi akan dipotong kecil kecil dan disajikan selagi masih hangat dan dibalurkan saus karamel dengan tekstur renyah.

Rasanya gurih dan manis, cocok dimakan saat liburan musim dingin di Jepang. Kamu bisa membelinya di pinggir jalan atau di food truck khas Jepang.

9. Dango, Kue Tradisional dari Negeri Sakura

Dango - Sumber Pixabay
Dango – Sumber: Pixabay

Odango atau Dango adalah salah satu camilan populer di Jepang. Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan air yang kemudian dibentuk seperti bola-bola. Adonan lalu dikukus atau direbus hingga matang.

Dango banyak macamnya, seperti hanami dango, goma dango, kinako dango, shiratama dango, dan kibi dango. Teksturnya kenyal, manis, dan gurih. Rasanya pun bermacam-macam, mulai dari green tea, kacang merah, dan wijen.

Biasanya disajikan dengan cara ditusuk seperti satai dan dibakar di atas bara api sehingga permukaannya berwarna kecokelatan. Kamu bisa membeli jajanan Jepang ini di pinggir jalan atau kios-kios kecil. Bisa juga dijadikan oleh-oleh dari Jepang, harganya murah lho.

Rekomendasi: Kamo Mitarashi Chaya, Kyoto

10. Tomorokoshi, Jagung Bakar ala Jepang

Tomorokoshi - Sumber Pixabay
Tomorokoshi – Sumber: Pixabay

Tomorokoshi adalah jagung bakar ala Jepang yang nikmat disantap saat udara sedang dingin. Bedanya dengan di Indonesia, tomorokoshi dibumbui dengan kuah miso, mentega, dan kecap asin. Enak banget deh jajanan Jepang yang satu ini!

Kamu bisa menemukan tomorokoshi dengan mudah menjelang musim panas, musim dingin, atau saat festival. Rasanya yang gurih dan nikmat dijamin bikin kamu bahagia!

11. Senbei, Kerupuknya Orang Jepang

Senbei - Sumber Wikimedia
Senbei – Sumber: Wikimedia

Senbei merupakan kue beras Jepang yang memiliki beragam bentuk, rasa, dan ukuran. Kamu bisa menemukannya di berbagai toko. Namun jika ingin senbei yang rasanya lebih nendang, kamu bisa membelinya di pedagang kaki lima.

Mengapa lebih enak? Sebab senbei di pinggir jalan akan dibakar di atas barang arang. Sedap banget! Kebanyakan senbei rasanya gurih karena diberi saus atau garam. Namun, ada juga yang rasanya manis.

12. Nikuman, Bakpaonya Orang Jepang

Nikuman - Sumber Wikimedia
Nikuman – Sumber: Wikimedia

Ah, jajanan Jepang populer yang satu ini mah banyak di Indonesia. Eits, jangan salah, rasanya beda kok. Makanan ini memang berasal dari China, namun di Jepang bakpao lebih akrab dengan nama nikuman.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Kegiatan Seru yang Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan di Belanda

Nikuman Jepang biasanya diisi dengan daging babi dan dinikmati selagi hangat. Buat kamu yang muslim, masih bisa kok makan nikuman. Cari saja pedagang yang menjual nikuman halal.

13. Yaki Imo, Ubi Rebus yang Bikin Hangat Tubuh

Yaki Imo - Sumber Flickr
Yaki Imo – Sumber: Flickr

Yaki imo merupakan jajanan ubi yang direbus di atas api kayu bakar. Street food Jepang ini biasanya dijual di mobil bak terbuka yang di dalamnya terdapat tungku untuk kayu bakar.

Yaki imo sudah ada sejak lama dan teriakan penjualnya bisa membawa orang Jepang pada nostalgia masa lalu. Rasanya manis dan dapat menghangatkan tubuh. Enak banget makan ini kalau cuaca sedang dingin!

14. Cheesecake ala Jepang

Japanese Cheesecake - Sumber Flickr
Japanese Cheesecake – Sumber: Flickr

Belakangan ini, cheesecake menjadi salah satu snack paling populer di Jepang. Cheesecake ala Jepang memiliki tekstur lebih ringan dan rasa kejunya lebih kuat karena menggunakan bahan creamcheese.

Selain yang bentuknya padat seperti cake, cheesecake Jepang juga hadir dalam versi panggang yang mirip seperti pie. Lalu ada juga yang teksturnya seperti bolu yang ringan, fluffy, dan lumer di mulut.

Pilihan rasanya juga banyak, ada original, matcha, Oreo, Nutella, dll. Bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh makanan dari Jepang!

Rekomendasi: Morozoff, Pablo, Cheese Garden, dan Tokyo Buono di Tokyo

15. Kue Mochi Khas Jepang, Kenyal dan Bikin Ketagihan

Mochi Khas Jepang - Sumber Wikimedia
Mochi Khas Jepang – Sumber: Wikimedia

Kue mochi memang mudah ditemui di Indonesia, tetapi mochi di Jepang terbilang unik. Jajanan ini identik sebagai camilan tradisional yang dibuat dengan proses pemukulan dengan palu kayu, hasil kerja sama dua orang.

Cara menyantap mochi di Jepang juga variatif, mulai dari dimakan dengan sup, dibakar, dimakan langsung, atau dimakan bersama es krim. Setiap daerah di Jepang punya jenis mochi yang berbeda, mulai dari isian, cara membungkus, sampai menyesuaikan bahan dengan musim.

16. Dorayaki, Kue Legendaris Favorit Doraemon

Dorayaki - Sumber Flickr
Dorayaki – Sumber: Flickr

Kamu pasti sudah tidak asing dengan snack dari Jepang ini. Apalagi, karakter kartun Doraemon begitu tergila-gila dengannya. Ya, dorayaki memang begitu populer di Jepang karena rasanya yang enak dan manis.

Terbentuk dari dua lembar pancake yang direkatkan dengan selai kacang merah atau teh hijau, bentuk dorayaki bundar dan sedikit mengembung. Wajib coba pokoknya!

17. Imagawayaki, Jajanan Manis yang Punya Banyak Nama

Imagawayaki - Sumber Wikipedia
Imagawayaki – Sumber: Wikipedia

Imagawayaki adalah jajanan asli Jepang yang dibuat dengan cetakan bulat. Teksturnya lembut, halus, kenyal, dan renyah di tepiannya. Rasanya manis karena diisi dengan kacang merah, anak-anak pasti suka.

Karakteristik unik Imagawayaki adalah banyak namanya. Nama paling umum adalah “Obanyaki” yang disebut oleh orang-orang Kansai. Di wilayah Kyushu, dikenal dengan nama “Kaitenyaki”. Yang pasti, rasanya enak dan harganya harganya murah!

18. Hashimaki, Makanan Khas Festival Jepang

Hashimaki - Sumber Wikimedia
Hashimaki – Sumber: Wikimedia

Hashimaki adalah snack lokal yang mudah ditemukan saat festival di Jepang. Makanan asli Kansai ini sangat digemari anak muda. Jajanan ini sebenarnya adalah sebuah okonomiyaki yang melekat dengan sumpit kayu dan dapat dimakan dengan cara mudah.

19. Ikayaki, Gurita Tusuk Khas Makanan Kaki Lima

Ikayaki - Sumber Pixabay
Ikayaki – Sumber: Pixabay

Ika dalam bahasa Indonesia berarti cumi-cumi. Jadi, ikayaki adalah cumi-cumi panggang. Ikayaki biasanya dibumbui saus kecap dan ditusuk seperti sate. Kadang, ikayaki juga sering dipotong berbentuk cincin atau disajikan hanya tentakelnya saja.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Mau Liburan? Buruan Cek Promo 7 Paket Tour Sakura 2020 di Jepang, Korea, dan China

Rasanya enak dan gurih. Kamu bisa membelinya di stand makanan di pinggir jalan.

20. Momiji Manju, Kue Daun Asli Hiroshima

Momiji Manju - Sumber: Flickr
Momiji Manju – Sumber: Flickr

Setiap daerah di Jepang memiliki makanan khasnya masing-masing. Hiroshima punya makanan ringan enak yang wajib kamu coba, yaitu momiji manju. Kue ini memiliki bentuk seperti daun. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut. Cocok dinikmati sambil minum teh.

Terkadang, momiji manju juga bisa digoreng sehingga rasanya manis gurih. Bisa dibawa pulang buat oleh-oleh, lho.

21. Kakigori, Es Serut Aneka Rasa yang Segar

Kakigori - Sumber Flickr
Kakigori – Sumber: Flickr

Kakigori merupakan salah satu dessert paling populer di Jepang. Minuman ini dibuat dari es yang diserut halus dan disiram dengan sirop. Kemudian ditambahkan aneka topping seperti susu kental manis, stroberi, leci, lemon, matcha, cokelat, hingga kacang merah.

Rasanya manis dan segar, cocok banget dinikmati saat musim panas di Jepang. Cek musim terbaik untuk liburan di Jepang di sini.

Pembuatannya masih ada yang tradisional, yaitu balok es diserut manual. Mirip seperti es serut di Indonesia gitu, deh. Namun kini, kebanyakan toko sudah memiliki alat serut elektrik sehingga lebih higienis.

Selain berbentuk kerucut, kakigori kadang dibentuk menyerupai hewan dan diberi sereal cokelat atau selai stroberi. Anak-anak pasti suka nih! Kamu bisa membeli jajajan khas Jepang yang segar ini di kios kecil, kedai kopi, restoran, hingga berbagai festival di Jepang.

Rekomendasi: BumBunBlauCafe with Beehive dan Ginza Ginger

22. Matcha Ice Cream 7 Level, Super Yummy!

Matcha Ice Cream Level 7 Suzukien - Sumber: Wikipedia
Matcha Ice Cream Level 7 Suzukien – Sumber: Wikipedia

Belum afdol kayaknya kalau ke Jepang tidak mencicipi bagaimana rasa matcha di negara aslinya. Sebab, bubuk matcha di Indonesia rasanya berbeda. Entah karena dicampur susu atau kualitasnya yang tak sama. Rasa matcha di Jepang jauh lebih mencolok dan sedikit pahit.

Buat kamu yang belum tahu, matcha adalah teh hijau bubuk dari Jepang yang dibuat dari teh khusus dan diolah dengan metoda khusus. Daripada penasaran bagaimana rasanya matcha kualitas premium, kunjungilah Matcha Ice Cream Level 7 yang ada di Suzukien.

Toko ini menyediakan 7 level es krim matcha yang menggoda. Dari warnanya, kamu bisa melihat komposisi matcha mulai dari yang ringan sampai yang intense. Dijamin lezat dan manis!

23. Matcha Parfait, Buat Kamu Penggila Matcha

Matcha Parfait Jepang - Sumber Flickr
Matcha Parfait – Sumber: Flickr

Kalau sudah mencoba Matcha Ice Cream 7 level, kamu juga wajib mencicipi Matcha Parfait selama liburan di Jepang. Komposisinya berbeda-beda, tergantung restoran yang kamu datangi. Yang pasti, dessert favorit di Jepang ini disajikan dalam gelas tinggi. Penampilannya cantik!

Isinya terdiri dari berbagai bahan matcha, seperti matcha ice cream, matcha jelly, matcha syrup, dan matcha whipped cream. Lalu ditambah dengan mochi, kacang merah, dll. Segelas saja bakal bikin kenyang banget dan puas. Bisa sharing bareng teman-teman yang lain, deh.

Rekomendasi: Saryo Tsujiri Gion Honten, Kyoto

Wah, ternyata banyak banget ya street food dan jajanan khas Jepang yang menunggu untuk dicoba. Jadi makin penasaran bagaimana rasanya? Yaudah, buruan pesan paket tur ke Jepang di AntaVaya. Dijamin asyik dan tak terlupakan, the SMART way to travel!

Paket Tur ke Jepang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!