Smart Guide

5 Tips Menukar Uang untuk Liburan dengan Nilai Terbaik4 min read

20 May 2019

author:

5 Tips Menukar Uang untuk Liburan dengan Nilai Terbaik4 min read

Selain menyiapkan tiket pesawat, paspor, dan visa, wisatawan juga harus memperhatikan tips menukar uang rupiah ke mata uang asing. Menukar uang bisa dilakukan di money changer, bandara, bank, maupun langsung mengambil uang di ATM negara tujuan.

Supaya mendapatkan nilai tukar terbaik, kamu harus bisa menentukan tempat penukaran yang paling aman. Ketahui juga nilai mata uang yang akan ditukar agar tidak ditipu dan nominalnya tidak terlalu jauh dari nilai yang seharusnya. Supaya tidak rugi, inilah lima tips menukar uang yang aman untuk keperluan liburan dengan nilai terbaik.

1. Tips Menukar Uang di Authorized Money Changer

Menukar Rupiah ke Mata Uang Asiang
Sumber: Unsplash bady qb

Tempat yang satu ini memang jadi pilihan banyak orang untuk menukarkan uang rupiah ke mata uang asing karena mudah ditemukan di mana-mana. Money changer bisa ditemukan di toko pinggir jalan, pusat perbelanjaan, hingga bandara. Selain itu, nilai tukar di money changer juga lebih baik dan kompetitif dibanding tempat penukaran uang lainnya.

Agar lebih aman, pastikan hanya menukarkan uang di Authorized Money Changer. Tempat penukaran uang yang memiliki izin lebih aman dari kemungkinan uang palsu dan juga memiliki nilai tukar yang lebih kompetitif. Cara mengetahui apakah money changer telah memiliki izin atau tidak bisa dilihat dari stiker PVA Berizin (Pedagang Valuta Asing Berizin) yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Jangan Panik, Ini 4 Solusi Terbaik Saat Ketinggalan Pesawat

2. Jangan Tergiur Rate Murah

Jangan Tergiur Rate Murah
Sumber: Unsplash Katie Harp

Perbedaan nilai tukar rupiah dengan mata uang asing biasanya lumayan besar, terutama untuk mata uang yang kuat seperti Dollar dan Euro. Namun, jangan pernah tergiur dengan rate yang terlalu murah. Ada banyak risiko menanti jika kamu nekat menukar uang dengan rate yang terlalu murah dibanding harga normalnya.

Bisa jadi uang yang kamu tukar adalah uang palsu atau uang rusak yang tidak bisa dipakai di negara tujuan. Cari tahu terlebih dahulu harga tukar normal mata uang yang ingin ditukar agar tak terkecoh dengan iming-iming rate murah.

Misalnya, Dollar Amerika normalnya berada di kisaran Rp14.000-an. Jadi jika ada yang menawarkan hanya Rp10.000 per USD, kamu harus mewaspadai hal tersebut.

3. Stok USD maupun Euro

Tukar Mata Uang di Negara Tujuan
Sumber: Unsplash Alexander Mils

Tips menukar uang yang ketiga adalah hati-hati jika liburan ke negara yang nilai tukarnya lebih rendah dari rupiah atau yang uangnya masih jarang ditemukan di money changer Indonesia. Misalnya Riel Kamboja, Kina Papua Nugini, dan sebagainya.

Ada baiknya kamu tukar rupiah ke mata uang yang lebih stabil dan diterima universal seperti USD maupun Euro. Setelah itu, tukar dolar tersebut saat tiba di negara tujuan. Entah itu di bandara, hotel tempat menginap, atau money changer setempat untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  5 Cara Merawat dan Menjaga Chip E-Paspor Supaya Tidak Mudah Rusak

Kamu akan mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan langsung menukarkan rupiah ke mata uang tersebut di tanah air. Semakin sulit mata uang tertentu ditemukan di Indonesia, maka semakin tinggi pula nilai tukar yang diberikan daripada yang seharusnya.

4. Bandingkan Nilai Tukar

Tips Menukar Uang untuk Liburan
Sumber: Pixabay EmAji

Melakukan perbandingan nilai tukar dari satu money changer dengan yang lainnya merupakan hal yang wajib dilakukan. Tujuannya untuk mendapat rate terbaik. Meski terkadang hanya berbeda ratusan rupiah, perbedaan tersebut akan terasa jika kamu akan menukar hingga jutaan rupiah.

Perlu diingat, jangan sampai kamu menaruh uang di dalam bagasi tercatat untuk menghindari kerusakan bagasi karena pencurian. Taruhlah di tas tangan yang kamu bawa ke kabin.

5. Nilai Tukar Hari Ini Belum Tentu Sama dengan Esok Hari

tips menukar uang
Sumber: Pexels

Tips menukar uang adalah memantau kurs nilai tukar rupiah terhadap mata uang yang diinginkan. Jangan lupa, rate hari ini belum tentu sama dengan rate esok hari. Bisa saja turun maupun naik, tergantung pergerakan pasar uang dunia.

Maka dari itu, ada baiknya kamu menukar rupiah jauh-jauh hari sebelum berangkat. Paling tidak, selalu aware dengan pergerakan kurs agar bisa melakukan penukaran disaat kurs jual lebih rendah dibanding biasanya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  6 Benda yang Dilarang di Kabin Pesawat, Wajib Tahu Sebelum Terbang!

Pastikan kamu memiliki uang tunai yang cukup dan tidak berlebihan untuk bekal selama liburan. Jika ada kepentingan mendadak dan uang tunai sudah menipis, tariklah uang di ATM negara tujuan. Bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit berjaringan internasional, seperti Cirrus, VISA, Mastercard, Maestro, dan Plus.

Supaya liburan kamu semakin aman dan lancar, yuk pesan paket tour & travel dari Antavaya.com. Kamu akan mendapatkan pengalaman liburan tak terlupakan sekaligus berkenalan dengan banyak teman baru yang menyenangkan. The smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!