Domestik Smart Recommendation

12 Destinasi Wisata Lombok Paling Populer di 2020, Dijamin Indah!9 min read

11 March 2020

author:

12 Destinasi Wisata Lombok Paling Populer di 2020, Dijamin Indah!9 min read

Destinasi wisata Lombok terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai, pulau, bukit, hingga air terjun. Tak hanya itu, Lombok juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang menarik untuk diselami.

Daripada was-was liburan ke luar negeri, lebih baik jalan-jalan di negeri sendiri yang tak kalah cantiknya. Berikut 12 rekomendasi destinasi wisata Lombok paling indah dan populer yang menunggu untuk kamu jelajahi.

Wisata Alam Terbaru dan Terpopuler di Lombok 2020

1. Gili Trawangan, Wisata Lombok Paling Populer

View this post on Instagram

Love this place❤️

A post shared by @ megasylviadevi on

Gili Trawangan adalah destinasi wisata Lombok yang sangat populer. Saking terkenalnya, Gili Trawangan bahkan masuk dalam daftar destinasi wisata top Asia dan pulau yang paling diminati di Asia.

Keindahannya memang bagaikan surga. Fasilitasnya pun lengkap dan punya segudang aktivitas seru untuk wisatawan dengan gaya backpacker hingga premium.

Garis pantainya pun menakjubkan, lengkap dengan pasir putih halus dan perairan biru kehijauan. Di pulau ini, kendaraan bermotor dilarang sehingga wisatawan bisa keliling pulau sambil naik sepeda atau cidomo (kereta kuda). Seru!

Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan lainnya seperti snorkeling, transparan kayaking, diving, surfing, hingga pesta di atas boat. Mantap!

Wisata kuliner di sini juga oke banget karena banyak restoran yang menyajikan berbagai makanan khas Indonesia dan dunia.

2. Gili Pasir Lombok, Pulau Pasir Mungil di Tengah Lautan

Gili adalah sebutan untuk pulau-pulau kecil yang ada di Lombok. Nama ‘gili’ diambil dari bahasa suku asli Lombok, yaitu Sasak. Nah, Gili Pasir adalah salah satu destinasi terkenal di Lombok yang sedang digandrungi wisatawan.

Pulau ini terbentuk dari gundukan pasir di tengah-tengah lautan. Keunikan Gili Pasir adalah pulau mungil ini hanya bisa muncul saat air laut surut. Lucu, ya?

Wisata Lombok ini mirip seperti Taka Makassar di Labuan Bajo dan Pasir Timbul di Raja Ampat.

Gili Pasir berada di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Ukurannya yang sangat mungil akan membuat kamu merasa seperti terdampar di pulau pasir tak berpenghuni di tengah lautan biru yang jernih.

Destinasi ini sangat populer sebagai spot instagramable di Lombok. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk menikmati pemandangan sambil foto-foto.

3. Pink Beach, Pesona Pantai Surga di Lombok

Pink Beach Lombok adalah destinasi terbaru di Lombok yang sangat populer. Keindahannya membuat banyak wisatawan menjadikannya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan di Lombok.

Pantai indah di Lombok sebenarnya bernama Pantai Tangsi. Tapi karena memiliki pasir berwarna pink, maka lebih dikenal dengan nama Pink Beach. Warna pink dari pasirnya sendiri berasal dari alga dan serpihan karang berwarna merah yang bercampur dengan pasir putih.

Lokasi Pink Beach di Lombok cukup terpencil dan aksesnya kurang bersahabat. Ada dua akses yang bisa kamu pilih untuk menuju ke sini, yaitu jalur darat dan jalur laut. Keduanya sama-sama menantang, tapi worth it!

Selain keindahan pantainya, Pink Beach juga terkenal dengan kehidupan bawah lautnya yang cantik. Jangan lewatkan snorkeling dan diving selama liburan di Pantai Tangsi, ya!

4. Gili Petelu, Pulau Cantik di Lombok Timur

View this post on Instagram

Ini alasan kenapa Ga milih liburan k Luar negri

A post shared by olivezia (@mimihzia) on

Gili Petelu atau Pulau Tiga adalah spot wisata Lombok yang keindahannya sudah begitu terkenal. Lokasi wisata Lombok ini semakin populer karena dekat dengan Pink Beach Lombok alias Pantai Tangsi.

Kelebihan dari Gili Petelu Lombok adalah pemandangan bawah lautnya yang masih alami. Terumbu karang serta biota lautnya masih terjaga. Air lautnya pun jernih berwarna biru tosca. Keren banget, wajib hukumnya snorkeling saat ke sini!

Aktivitas favorit di pulau kecil ini tentu saja snorkeling. Arus bawah lautnya juga relatif stabil dan tenang. Namun, kamu harus hati-hati menaruh barang-barang karena di pulau ini banyak monyet liar.

5. Pantai Semangkok yang Indah dan Masih Alami

Tak jauh dari Pink Beach atau Pantai Pink, ada satu destinasi wisata Lombok yang tak kalah indah bernama Pantai Semangkok. Karakter pantai ini hampir sama dengan Pink Beach, namun garis pantainya lebih pendek.

Pantai Semangkok masih alami dan asri, belum banyak terjamah oleh wisatawan. Aksesnya saja masih sulit saking terpencilnya. Tapi, pemandangan pantai dengan pasir halus, air jernih, dan batu karangnya, pasti akan memuaskan matamu.

Buat kamu yang tidak suka keramaian, wajib datang ke destinasi wisata Lombok ini. Bisa puas berenang, berlarian di pantai, hingga foto-foto!

6. Pantai Kuta Lombok, Legenda Sang Putri Mandalika

View this post on Instagram

Galeri didominasi oleh foto merem

A post shared by B A L I 🏡 (@ayusantikadek) on

Tak hanya Bali, Lombok juga punya Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok Mandalika mulai dikenal masyarakat karena bentang alamnya yang masih alami serta legenda Putri Mandalika.

Air lautnya begitu jernih, sampai-sampai terumbu karang bisa terlihat dari permukaan. Di sini banyak aktivitas yang bisa dicoba, seperti banana boat, berselancar, windsurfer, hingga paralayang

Bagi kamu yang mau mengajak anak-anak dan keluarga liburan di Lombok, wajib mengunjungi pantai ini. Bermain-main di pantai luas dengan ombak yang tenang pasti sangat menyenangkan.

7. Pantai Tanjung Aan, Primadona Wisata Mandalika

Destinasi wisata Lombok memang menyimpan banyak surga tersembunyi, salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan. Tempat wisata terbaru di Lombok ini tergolong masih sepi dan lebih banyak dikunjungi wisatawan asing.

Pantai yang terletak di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah ini memiliki laut biru kehijauan yang jernih. Pasir putihnya pun lembut sehingga cocok dijadikan primadona wisata Lombok.

Keindahannya semakin terpancar karena Tanjung Aan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang tidak terlalu tinggi. Wajid deh hukumnya jalan-jalan ke sini, apalagi alamnya masih asri.

Jaraknya pun tak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok. Bermain air, berselancar, berjemur, hingga menyelam, semuanya bisa kamu lakukan di Pantai Tanjung Aan Lombok.

8. Pusuk, Hutan Eksotis yang Penuh Monyet Jinak

Hutan Pusuk menawarkan wisata alam yang asri dan alami di Lombok. Udara di sekitarnya begitu bersih dan segar, cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan kepenatan dari suasana perkotaan.

Dari ketinggian, kita pun bisa melihat pemandangan Kota Lombok dari atas. Hutan Pusuk juga terkenal karena memiliki banyak monyet liar yang jinak.

Selain itu, destinasi wisata Lombok ini juga masih masuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok. Jadi, tak heran jika kamu akan bertemu dengan para pendaki selama wisata di sini.

Desa Wisata di Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

9. Kampung Nelayan Tanjung Luar, Kearifan Lokal Lombok

Selain wisata pantai dan pulaunya yang cantik, Lombok juga punya beberapa desa yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya berkenalan langsung dengan penduduk lokal, kamu bisa sekalian mengeksplorasi kearifan lokal di Lombok.

Salah satunya adalah Kampung Nelayan Tanjung Luar yang terletak di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Di desa ini, penduduknya sebagian besar bekerja sebagai nelayan.

Suasana khas pasar ikan yang ramai akan menemanimu selama di sini. Desa ini juga digunakan sebagai Pelabuhan Tanjung Luar.

10. Banyumulek, Desa Wisata Penghasil Gerabah

Pulang liburan dari Lombok tanpa menenteng oleh-oleh gerabah dari Desa Banyumulek Lombok? Hampa rasanya. Sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok sejak tahun 1990-an ini wajib banget kamu kunjungi.

Sekitar 80% penduduknya bekerja dalam industri gerabah. Suasana di Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek ini khas sekali. Bahkan kantor pemerintahannya pun dihiasi gerabah-gerabah besar pada pagar temboknya.

Bagi kamu yang suka koleksi gerabah-gerabah unik, jalan-jalan ke Banyumulek adalah pilihan yang pas!

11. Sukarara, Desa Wisata Penghasil Kain Tenun Khas Lombok

Sehabis mengunjungi Desa Banyumelek untuk beli oleh-oleh gerabah, jangan lupa kunjungi juga Sukarara. Desa ini terkenal sebagai penghasil tenun songket khas Lombok.

Kain songket Lombok memang sudah terkenal akan keindahan dan kualitasnya. Teknik pengerjaan dan warnanya yang cantik bahkan diminati oleh pasar luar negeri.

Uniknya, ada beberapa toko yang mempertontonkan bagaimana cara dan teknik mereka dalam menenun kain songket. Teknik yang digunakan juga biasanya masih tradisional, mulai dari mengolah benang hingga menjadi selembar kain cantik berwarna-warni.

Kita juga bisa mencoba bagaimana menenun dari para pengrajin perempuan dari Suku Sasak. Asyik banget, kan!

Sukarara berjarak sekitar 25 km dari Kota Mataram. Sebaiknya bawa kendaraan sendiri saat ke sini karena angkutan umum jarang ditemui. Tapi daripada repot, mendingan ikut Open Trip Lombok di AntaVaya. Semua akomodasi kami penuhi!

12. Desa Sade, Desa Adat Suku Sasak

Desa Sade merupakan salah satu perkampungan Suku Sasak Lombok yang masih tradisional. Desa yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, NTB ini hanya dihuni oleh 700 orang.

Di Desa Sade, pengunjung akan disuguhkan pemandangan sebuah desa yang masih asri. Lengkap dengan rumah-rumah penduduk yang terbuat dari kayu, bilik bambu, serta atap ijuk. Sangat tradisional, bukan?

Kehidupan penduduknya juga masih sangat sederhana. Memasak saja masih menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya. Mayoritas warga Desa Sasak Sade pun bekerja sebagai petani, sementara wanitanya bekerja sebagai pengrajin tenun.

Jadi tak heran jika banyak hasil tenun yang dijual di sekitar rumah atau toko seni. Harganya variatif, tergantung tingkat kerumitan dan ukurannya. Karena kearifan lokalnya, desa ini dijadikan andalan pariwisata tradisi dan budaya Pulau Lombok oleh pemerintah setempat.

Itulah 12 destinasi wisata Lombok terbaru dan paling populer di tahun 2020. Tertarik mengunjunginya? Ikut paket tour Lombok AntaVaya, yuk. Dijamin asyik, mudah, dan tak terlupakan!

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi nomor +6221 6253 919.

2 Comments
  1. Made

    Lombok memang the best..kaya akan pemandangan alam dan kuliner yang lezat

  2. Karimunjawa

    Luar biasa. Hampir mirip dengan wisata di tempat ku Karimunjawa

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!