Domestik Smart Recommendation

Ini 15 Rekomendasi Curug di Bogor 2020 dengan Pemandangan Paling Indah11 min read

8 September 2020

author:

Ini 15 Rekomendasi Curug di Bogor 2020 dengan Pemandangan Paling Indah11 min read

Rekomendasi curug di Bogor 2020 semakin banyak dicari wisatawan yang ingin lari sejenak dari segala rutinitas. Lokasinya yang dekat dengan ibu kota juga membuat wisata curug di Bogor semakin populer.

Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, pepohonan hijau, serta tiket masuk yang murah menjadi andalan untuk wisata curug Bogor. Intip yuk 15 rekomendasi curug paling indah di Bogor 2020 yang wajib kamu kunjungi di bawah ini.

1. Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Alami Berwarna Biru

Curug Leuwi Hejo adalah salah satu curug dengan pemandangan terbaik di Bogor. Curug hits Bogor yang juga dikenal sebagai Curug Bengkok ini punya air yang jernih berwarna biru kehijauan yang dikelilingi bebatuan. Meski air terjunnya kecil, kolamnya cukup luas kok.

Nama Leuwi Hejo sendiri diambil dari bahasa Sunda. Leuwi artinya kolam, sedangkan hejo berarti warna hijau.

Kalau mau mengunjungi Curug Leuwi Hejo Bogor, pastikan kamu memakai sepatu dan baju yang nyaman, bawa sandal jepit, handuk, serta baju ganti. Sayang sudah jauh-jauh ke sini, tapi tidak nyebur.

Aktivitas menarik yang bsia kamu lakukan di Curug Leuwi Hejo antara lain hiking tipis-tipis, bermain air, lompat dari atas tebing, menikmati pemandangan, hingga berburu foto. Dijamin asyik!

Usahakan datang pagi di hari biasa supaya tidak terlalu ramai. Ingat, hindari kerumunan dan tetap terapkan protokol kesehatan, ya! Kalau mau lebih aman, sewa guide karena banyak keuntungan menggunakan jasa travel tour.

Alamat: Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
Jam buka: 06.00โ€“17.30
Tiket masuk: Rp25.000

2. Curug Leuwi Lieuk, Kembaran ‘Green Canyon’

Belakangan ini, Curug Leuwi Lieuk Bogor menjadi populer karena keindahannya. Meski kamu harus sedikit mendaki untuk mencapai lokasinya, destinasi wisata di Bogor ini sayang sekali jika dilewatkan.

Curug Leuwi Lieuk berada dalam satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo sehingga kamu bisa berwisata ke dua curug sekaligus. Hanya beda belokan saja. Jika bingung, kamu bisa langsung bertanya ke penduduk sekitar, ya.

Sama seperti Curug Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk juga memiliki air yang jernih berwarna biru kehijauan. Saking indahnya pemandangan di sini, orang-orang bahkan menyebutnya sebagai saudara kembar ‘Green Canyon’ Pangandaran.

Diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang keren selama di sini. Namun harus hati-hati ya, karena kedalaman airnya sekitar 4 meter.

Alamat: Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kec. Madang, Sentul, Kab. Bogor
Jam buka: 07.00โ€“17.00
Tiket masuk: Rp10.000

3. Curug Cikuluwung yang Dikelilingi Tebing Tinggi

Buat kamu yang ingin menjelajahi semua curug cantik di Bogor, wajib mendatangi Curug Cikuluwung. Meski tergolong baru, wisata ini mulai diminati karena menawarkan pemandangan yang unik.

Di curug hits Bogor ini, kamu bisa melihat kolam air terjun yang cantik berwarna biru dikelilingi tebing batu yang menjulang. Tebing bebatuan alami tersebut tampak rapi mengelilingi Curug Cikuluwung.

Pepohonan hijau di sekitarnya pun semakin menambah keindahannya curug ini. Kalau kamu tidak bisa berenang, biar aman bisa menyewa pelampung yang disewakan penduduk setempat dengan harga Rp35.000.

Alamat: Kampung Suka asih, RT 01 RW 08, Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam buka: 08.00โ€“17.00
Tiket masuk: Rp20.000

4. Curug Cibaliung, Air Terjun Berair Jernih di Bogor

View this post on Instagram

Selamat pagi.. happy weekend๐Ÿ™Œ Jangan lupa mandi pagi๐Ÿ›€ . . Location๐Ÿ“; Curug Cibaliung, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawabarat๐ŸŒ . . . Taken by ; @gungsky_ #explorebogor #bogorpisan #visitbogor #curugcibaliung #lifeofadventure #photographer #ayodolan #waterfallsfordays #beautifuldestinations #photooftheday #outdoor #adventure #omnibuslaw #livefolkindonesia #waterfall #travel #folkgreen #ExploreIndonesia #keluarbentar #indoflashlight #traveling #lfl๐Ÿ’› #wonderfulIndonesia #folksouls #folkscenery #wanderlust #travelgram #travelphotography #like4like #photography

A post shared by ๐“—๐“ช๐“ป๐“พ๐“ท ๐“ช๐“ป๐“ป๐“ช๐“ผ๐”‚๐“ฒ๐“ญ |Travel Blogger (@harunarrasyid18) on

Sudah lelah? Pastinya belum dong ya, karena Bogor masih punya banyak air terjun cantik yang wajib kamu eksplor. Air Terjun Cibaliung atau Curug Cibaliung merupakan salah satu curug terdalam yang ada di Bogor.

Tempat wisata di Bogor ini masih tergolong sepi dan alami. Sangat cocok untuk kamu yang lagi butuh ketenangan. Air Terjun Cibaliung terkenal karena kejernihan airnya yang pasti bikin kamu enggak tahan untuk nyebur sambil menikmati kesegarannya.

Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah karena dikelilingi pepohonan rimbun dan bebatuan besar di sekitar curug. Sebaiknya hindari datang saat musim hujan untuk menghindari banjir.

Alamat: Kampung Wadung, Karangtengah, Babakan Madang, Bogor
Jam buka: 08.00โ€“17.00
Tiket masuk: Rp20.000

5. Curug Barong, Cocok untuk Pencinta Alam

View this post on Instagram

Back to nature ๐ŸŒฟ

A post shared by Mayang.S (@mayangs88) on

Air terjun cantik di Bogor ini mengalir dari satu sungai yang sama dengan Curug Leuwi Hejo, yaitu sungai Cirangrang. Lokasinya sendiri setelah Curug Leuwi Lieuk dan sebelum Curug Leuwi Hejo.

Curug Barong lebih terkenal di kalangan pencinta alam yang senang menjelajahi hutan. Jalur menuju Curug Barong memang cukup menantang sehingga harus hati-hati jika mengajak anak-anak ke sini. Posisinya berada di tengah hutan dan bisa dicapai dengan 20 menit trekking.

Panorama air terjun di Bogor ini semakin cantik karena dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Airnya sejuk dan jernih, serasa kolam renang pribadi!

Alamat: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam buka: 07.00โ€“17.00
Tiket masuk: Rp10.000

6. Curug Ciputri, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Salak

Mau emnikmati keindahan curug terbaik di Bogor sambil berkemah? Datang saja ke Curug Putri Tenjolaya. Surga tersembunyi di bawah kaki Gunung Salak setinggi 30 meter ini punya pemandangan yang sangat indah.

Kamu akan dimanjakan dengan panorama hutan pinus dan udara dingin khas pegunungan yang begitu asri saat menapakkan kaki di sini. Sangat direkomendasikan untuk para pencinta alam! Jangan lupa abadikan setiap momen manis kamu saat di sini, ya!

Buat kamu yang mau berkemah di sini, jangan lupa selalu bawa jas hujan atau payung karena daerah di sekitar kaking Gunung Salak berpotensi hujan.

Alamat: Desa Tapos, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp20.000

7. Curug Ciburial, Curug Hordeng, dan Curug Kembar

View this post on Instagram

Jangan inginkan dia yang sempurna untuk hidupmu, karena yang kamu butuhkan adalah dia yang mampu buatmu merasa sempurna. . . . . . . . . . . . ๐Ÿ“ŒLoc : Curug Ciburial Sukamakmur Bogor . . #id_parapejalan #niceexplore #curugciburial #jelajahbogor #enjoybogor #exploreindonesia #folkindonesia #indonesiawanderer #visitindonesia #bogorhits #bogorkotahijau #kompasnusantara #enakdisini #beautifulindonesia #explorebogor #lingkarindonesia #hellonusantara #tagbogor #naturephotography #travelgram #enakdisini #gembeltraveller #id_parapejalan #indoflashligtbogor #indozonetravel #explorebogor #visitbogor #livefolkindonesia #thisisindonesia #keluarbentar #indonesiajuara #bogorpisan #sentulbogor

A post shared by Abdul Qodir (@abdull_qodir080) on

Mengunjungi beberapa air terjun cantik di Bogor dalam satu waktu? Bisa! Wisata ke Curug Burial Bogor saja. Dijamin bisa menjernihkan dan menenangkan pikiranmu.

Sambil menikmati Curug Ciburial, kamu juga bisa sekalian mengunjungi Curug Hordeng dan Curug kembar yang berada dalam satu kawasan. Wisata unik dan sedang hits di Bogor ini punya pemandangan yang tak bisa kamu lupakan.

Sepanjang perjalanan menuju curug, kamu akan dihibur dengan perbukitan hijau serta aliran air sungai dari berbagai curug. Jalurnya cukup ekstrem, jadi sebisa mungkin gunakanlah pakaian dan sepatu yang nyaman. Jangan lupa bawa baju ganti!

Usahakan datang di pagi hari supaya tidak terlalu ramai. Jika terlalu siang, kadang suka hujan yang mengakibatkan debit air curug meningkat deras.

Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam buka: 06.00โ€“18.00
Tiket masuk: Rp15.000

8. Curug Bidadari Sentul, Cocok untuk Wisata Keluarga

Mau ajak keluarga jalan-jalan ke rekomendasi curug di Bogor 2020? Kunjungi Curug Bidadari di Sentul. yuk.

Curug indah di Bogor yang satu ini punya akses yang cukup mudah dicapai. Menawarkan keindahan alami air terjun di tengah alam pegunungan dan perbukitan yang asri, tak heran jika Curug Bidadari menjadi wisata keluarga favorit di Bogor.

Air terjun yang dulu dikenal sebagai Curug Bojong Koneng ini memiliki ketinggian sekitar 40โ€“75 meter. Dahulu, dikenal sebagai Curug Bojong Koneng, sesuai nama desa tempat air terjun ini berada.

Airnya jernih dan segar karena berasal dari kumpulan mata air alami hutan lindung.

Alamat: Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam buka: 06.00โ€“17.00
Tiket masuk: Rp30.000โ€“Rp50.000

9. Curug Ciherang, Wisata Air Terjun yang Populer

View this post on Instagram

Udah bulan september aja ni

A post shared by M Nur Teguh R (@m.nurteguh) on

Wisata air terjun ini cukup populer di Bogor. Bukan hanya karena pesona keindahan curugnya saja, melainkan karena fasilitasnya yang cukup lengkap. Di Curug Ciherang, kamu bisa sekalian menikmati kolam renang dan berbagai wahana menarik.

Curug Ciherang terdiri dari tiga tingkatan setinggi 30 meter. Alirannya cukup deras, ajdi kamu wajib hati-hati. Berada di kawasan hutan lindung Kecamatan Sukamakmur, wisata alam di Bogor ini sedang dikembangkan dalam lingkup program pembangunan Jalur Puncak II.

Buat kamu yang suka fotografi, wajib hukumnya mengunjungi Curug Ciherang saat wisata di Bogor.

Alamat: Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, 16830
Jam buka: 07.00โ€“18.00
Tiket masuk: Rp40.000

10. Curug Pangeran

View this post on Instagram

Sejenak tarik nafas yang panjang.. jangan lupa napas lagi ๐Ÿ˜… . . . ๐Ÿ“ Curug Pangeran, TNGHS – Bogor … . . . โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- Inframe : @ntie.chan TB : @abee_aries bareng @dhaniswara.24 โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- #explorebogor #curugpangeranbogor #visitbogor #bogorhits #bogorpisan #surgabogor #bogorkotahijau #bogorkeun #pesonaairterjunindonesia #indotravellers #indotravellersco #indozonetravel #goodsceneryco #exploretocreate #travelstoke #takemoreadventures #stayandwander #moodygrams #nature #adventurethatislife #instagram #jabargram #folkscenery #indoflashlight #indoflashlightjabar #hellojabar #keluarbentar #earthfocus #negrikece #kompasnusantara

A post shared by ๆต็พŽ . S ๐Ÿ‘ง (@ntie.chan) on

Rekomendasi wisata curug di Bogor ini berada di kawasan Gunung Bunder di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Keindahan air terjun setinggi 6 meter ini akan membuatmu merasakan sensasi mandi layaknya anak raja.

Airnya sangat jernih dengan warna hijau kebiruan. Aksesnya yang mudah pun menjadi salah satu nilai tambah dari Curug Pangeran Bogor.

Alamat: Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat
Jam buka: 06.00โ€“18.00
Tiket masuk: Rp10.000

11. Curug Putri Kencana untuk Liburan Singkat

Wisata alam air terjun di Bogor ini lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk. Nama Curug Putri Kencana sendiri berasal dari mitos sesosok Noni Belanda berpakaian bangsawan Belanda yang kerap menampakkan diri di sini. Wow, serem juga ya.

Sepanjang jalur menuju Curug Putri Kencana, kamu akan dihibur dengan keindahan Taman Gunung Pancar yang begitu asri. Di bawah air terjun, terdapat leuwi atau kolam berwarna hijau tosca yang dihiasi bebatuan besar.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Curug Putri Kencana, seperti berenang, bermain air, berkemah, lompat dari tebing, hingga body rafting. Penampakannya? Enggak perlu ditanya, datang dan buktikan sendiri keindahannya!

Alamat: Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Jam buka: 07.00โ€“18.00
Tiket masuk: Rp15.000

12. Curug Cikaracak, Spot Seru Uji Adrenalin di Bogor

Wah, banyak banget kan curug dengan pemandangan indah di Bogor? Masih banyak lho rekomendasi Curug di Bogor 2020 yang mau AntaVaya kasih rekomendasinya untuk kamu.

Jalan-jalan ke Bogor, jangan lupa mampir ke Curug Cikaracak yang berjarak sekitar 15 km dari Ciawi. Curug ini cocok buat kamu yang suka bertualang. Untuk menuju curug ini, kamu harus trekking kurang lebih 2,5 km.

Sepanjang trekking, kamu akan dimanjakan dengan penampakan sawah, sungai kecil, serta perbukitan hijau. Setelah sampai, suasana Curug Cikaracak begitu tenang dan damai. Cocok buat weekend gateaway di era new normal!

Alamat: Jalan Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Bogor, Jawa Barat 16730
Jam buka: 08.00โ€“18.00
Tiket masuk: Rp10.000

13. Curug Cigamea

Alamat: Jalan Curug Cigamea, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, 16810
Jam buka: 06.30โ€“17.00
Tiket masuk: Rp10.000

14. Curug Seribu

Alamat: Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam buka: 08.00โ€“16.00
Tiket masuk: Rp10.000

15. Curug 7 Cilember

Alamat: Jalan Raya Puncak Gadog No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750
Jam buka: 06.00โ€“18.00
Tiket masuk: Rp25.000โ€“Rp35.000

Dari 15 rekomendasi curug di Bogor 2020, mana yang sudah dan mau kamu kunjungi? Yuk, refreshing sejenak dan liburan singkat di era new normal dengan mengunjungi curug Bogor bersama AntaVaya!

Paket Tour Domestik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!