Internasional Smart Recommendation

9 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Praha, Romantis dan Indah!9 min read

16 September 2020

author:

9 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Praha, Romantis dan Indah!9 min read

Tempat wisata di Praha terkenal dengan bangunan-bangunannya yang cantik serta suasananya yang syahdu romantis. Cocok banget dijadikan destinasi terbaik bulan madu di Eropa.

Ibu Kota Republik Ceko memang memiliki banyak tempat wisata menarik, mulai dari wisata sejarah, museum, hingga taman yang indah. Wajib banget deh mengunjungi Praha saat kamu liburan keliling Eropa.

Langsung saja yuk cek 9 daftar wisata paling populer di Praha berikut ini.

1. Kastil Praha, Tempat Wisata Utama di Praha

Praha adalah destinasi wisata yang populer di Eropa Tengah. Kota ini penuh dengan bangunan tua dengan bernuansa gotik yang terawat. Jadi, tak heran jika tempat wisata di Praha wajib masuk dalam kota yang wajib dikunjungi saat keliling Eropa.

Salah satu destinasi Praha yang paling populer adalah Kastil Praha atau Prague Castle atau Pražský hrad. Destinasi utama di Praha ini memiliki luas mencapai 70.000 m2.

Saking luasnya, Kastil Praha ditetapkan sebagai kompleks kastil terluas di dunia versi Guinness Book of World Records.

Letaknya yang berada di atas bukit membuat kemegahan kastil ini terlihat dari kejauhan. Sementara dari dalam kastil, kamu bisa melihat keindahan Kota Praha dengan pemandangan bangunan beratap merah yang menjadi ciri khas kota ini.

Dulunya, wisata populer di Praha ini merupakan pusat pemerintahan dan kediaman raja-raja Bohemian, kaisar Romawi, dan juga presiden Cekoslovakia. Kini, kastil menjadi kantor resmi presiden Republik Ceko.

Meski begitu, kamu masih bisa berkunjung dan melihat-lihat keindahan interiornya karena sebagian kompleks kastil dibuka untuk pengunjung dan dijadikan tempat pameran serta museum.

Kastil Praha juga dilengkapi dengan taman-taman yang indah. Mirip banget deh jadinya seperti kastil di negeri dongeng!

2. Old Town Square, Alun-Alun Kota Praha

Berkunjung ke suatu kota, tak akan lengkap tanpa mampir ke alun-alunnya. Nah, Old Town Square merupakan pusat kota tua Praha yang menjadi alun-alun kota.

Letaknya sangat strategis karena berada di jantung Kota Praha. Di Old Town Square Praha, kamu bisa melihat indahnya bangunan-bangunan berarsitektur gotik yang mengelilingi alun-alun.

Daya tarik utama Old Town Square adalah Jam Astronomi Praha atau Prague Astronomical Clock. Jam ini merupakan jam astronomi tertua di dunia yang masih berfungsi. Mau tahu usianya berapa? Sudah ada sejak tahun 1410, lho!

3. Jembatan Charles yang Fenomenal dan Indah

Lihat postingan ini di Instagram

Famous Charles bridge in Prague 🇨🇿

Sebuah kiriman dibagikan oleh Thomas (@journey.tom) pada

Persiapan jalan-jalan ke Eropa memang cukup banyak, tapi sangat worthy. Apalagi kalau kamu liburan bersama orang-orang yang kamu sayangi.

Praha punya banyak ikon wisata populer yang sayang untuk dilewatkan. Untuk berpindah dari Kastil Praha ke Old Town Square, kamu harus melewati Jembatan Charles atau Charles Bridge yang fenomenal terlebih dahulu.

Pembangunannya dimulai pada 1357 di bawah naungan Raja Charles IV, dan selesai pada awal abad ke-15.

Jembatan panjang yang menghubungkan distrik Old Town dan Lesser Town ini dihiasi patung para santo di kedua sisinya. Nuansanya agak mistis, tapi juga indah dan romantis!

Jembatan Charles yang melintasi Sungai Vltava ini memiliki 30 patung dan lampu jalanan klasik di setiap sisinya. Di kedua ujung jembatan, terdapat menara tua berarsitektur gotik yang membuat penampakannya semakin cantik.

4. Vysehrad, Sisi Sungai Vltava yang Menawan

Objek wisata populer di Praha, Republik Ceko ini sebenarnya merupakan kompleks bekas kastil. Berada di sisi kanan sungai Vltava, dulunya Vysehrad atau Vyšehrad ini adalah kastil tempat kediaman raja. Namun, raja dan keluarganya lebih suka tinggal di Kastil Praha.

Akhirnya tempat ini pun dijadikan tempat pelatihan tentara. Di area Vysehard ini terdapat dua bangunan gereja, yaitu bangunan benteng tinggi dan besar dengan gerbang Leopold Gate dan St. Martin Rotunda.

Tempat wisata di Praha ini terkenal sebagai tempat yang asyik untuk menyaksikan matahari terbenam di Praha. Dari atas benteng, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Praha yang indah.

Melihat keindahan Kota Pra, bikin enggak sabar ya perpanjang paspor untuk liburan ke Praha di tahun 2021!

5. Petrin Hill, Destinasi Cantik di Ketinggian Kota Praha

Lihat postingan ini di Instagram

Admirable time of the year 🍂🍁🍂

Sebuah kiriman dibagikan oleh Prague every day (@praguetoday) pada

Kawasan wisata populer di Praha ini adalah destinasi yang cocok dikunjungi jika kamu ingin merasakan berada di negeri dongeng. Petrin Hill merupakan area bukit di Lesser Town yang berada di sisi kiri Sungai Vltava.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Petrin Hill adalah bersantai dan piknik sambil menikmati perbukitan hijau. Selain itu, banyak objek wisata menarik di Petrin Hill yang wajib kamu jelajahi.

Ada Vrtba Garden, taman di mana kamu bisa melihat keindahan bangunan yang diselimuti tanaman jalar dan patung-patung romawi kuno.

Di sini juga terdapat Hall of Mirror, Petrin Lookout Tower, dan dua bangunan gereja tua bersejarah bernama Gereja Saint Lawrence dan Saint Michael. Ajak pasangan bulan madu ke Praha pasti romantis banget!

6. Wenceslas Square, Spot Seru untuk Belanja dan Hangout

Lihat postingan ini di Instagram

Like we mentioned on the last post, this shot was taken at the top of the staircase of the National Museum. The Wenceslas Square is one of the most important sites in Prague due to the various historical events that took place there including protests for the end of communism in 1989. . This square is named after St. Wenceslas, who is depicted on the statue on a horse. Next to the statue, you can also find two plaques on the ground dedicated to those who were killed during the communist era, including Jan Palach, who set himself on fire in protest at the Soviet invasion. . The Square is at the heart of the New Town (Nové Město) and it’s surrounded by hotels, restaurants, bars and shops. So it’s a good place to stay if you want to be central, or to avoid because of the crowds. . . . . . #gemdiaries #wenceslassquare #prague #visitczechrepublic #czech_vibes #fromczechia #czechmeout #praguestreets #novemesto #praha #czechgram #topeuropephoto #narodnimuzeum #czechphotography #praguelife #livingeurope #historicalplace

Sebuah kiriman dibagikan oleh GEM Diaries | Travel Blog (@gem_diaries) pada

Saat jalan-jalan di Praha, berkunjunglah ke Wenceslas Square. Jalan besar yang menjadi pusat keramaian Kota Praha ini penuh dengan restoran, kafe, bioskop, mal, hingga klub malam. Cocok untuk bersantai, belanja, dan jalan-jalan sore.

Memiliki panjang 750 m dan lebar 60 m, kamu bisa mengunjungi patung Saint Wenceslas yang sedang menunggangi kuda dan museum nasional Praha di sini.

Bukan hanya sekadar pusat bisnis, jalan ini juga penuh sejarah, lho. Wenceslas Square pernah menjadi saksi berlangsungnya peristiwa-peristiwa bersejarah seperti Velvet Revolution, pendudukan Nazi, kemerdekaan Cekoslovakia, dan perang Praha.

Di masa sekarang pun Wenceslas Square masih sering digunakan sebagai pusat perkumpulan masa, seperti saat demo, perayaan, hingga parade.

7. Wallenstein Palace, Istana Megah di Republik Ceko

Wallenstein Palace atau Valdštejnský Palác atau Istana Wallenstein adalah istana bergaya arsitektur baroque yang terletak di Lesser Town, Praha.

Istana ini dibangun pada tahun 1623-1630 oleh Albrecht von Wallenstein, panglima perang militer pada perang 30 tahun. Wallenstein Palace dibangun dengan niat menyaingi kemegahan Kastil Praha. Jadi, tak heran jika wisata populer di Praha ini sangat indah.

Kompleks istana ini terdiri dari bangunan utama istana, taman yang luas, gereja kapel, kandang kuda, hingga sekolah riding horse dengan arsitektur bangunan Romawi kuno yang megah nan indah.

Kini, bangunan utama istana dijadikan kantor senat Republik Ceko. Selain kantor senat, di sini juga terdapat bangunan gereja, kandang kuda, dan sekolah riding horse dengan arsitektur bangunan Romawi kuno yang megah nan indah.

Bangunan Riding School tersebut menjadi cabang dari National Gallery Kota Praha dan memiliki beberapa bagian penting, yaitu Main Hall, Knights’ Hall, Antechamber, Audience Hall, Mythological Corridor, dan Astronomical Corridor.

8. Kampa Island, Destinasi Atraktif di Praha

Na Kampě atau Kampa Island adalah pulau memanjang yang berada di sisi Lesser Town di pinggir Sungai Vltava. Pulau ini dipenuhi banyak bangunan berarsitektur semi klasik modern yang berwarna-warni. Khas Praha banget, deh!

Mesi begitu, daya tarik wisata Pulau Kampa bukanlah objek wisatanya, melainkan atmosfernya yang khas dengan kanal dan tepi sungainya. Letaknya juga strategis karena dilintasi oleh Jembatan Charles (ujung utara) dan berada di tengah kawasan pusat wisata Kota Praha.

Selain menyusuri tepi sungai dan kanal, kamu pun bisa melipir ke Grand Priory Square saat mengunjungi pulau ini. Di Grand Priory Square, terdapat alun-aun kecil terbuka yang dihiasi sejumlah bangku taman dan pepohonan. Cocok banget untuk bersantai bersama orang terkasih.

Kampa Island juga punya objek wisata lainnya, seperti Museum Kampa, galeri seni modern yang memamerkan karya seni Eropa dan Lennon Wall yang dipenuhi grafiti terinspirasi dari John Lennon dan The Beatles.

9. Josevof, Perkampungan Tua Yahudi di Praha

Tempat wisata populer di Praha ini sangat menarik untuk dikunjungi. Josevof adalah bekas perkampungan Yahudi yang menjadi destinasi wisata sejarah di Praha.

Area ini disebut Jewish Quarter atau Jewish Town yang juga disebut Josefov atau Josefstadt (Josef’s City) oleh warga lokal. Area kecil di antara Old Town dan Sungai Vltava ini berisi sisa-sisa perkampungan Yahudi tua di Praha.

Meskipun menjadi wisata sejarah menarik di Praha, sebagian besar bekas perkampungan Yahudi di Jewish Quarter telah dimusnahkan pada tahun 1893-1913 dalam usaha penataan ulang kota. Sayang sekali, ya?

Bangunan yang tersisa antara lain Old Jewish Cemetery yang merupakan area pemakaman tua, Old Jewish Town Hall atau balai kota, serta enam gereja Yahudi (Spanish Synagogue, High Synagogue, Klaus Synagogue, Old-New Synagogue, Pinkas Synagogue, dan Maisel Synagogue).

Selain sembilan destinasi menarik Praha di atas, masih banyak tempat wisata di Praha yang seru untuk dikunjungi. Berminat liburan ke Praha bersama keluarga atau pasangan kamu?

Paket Tour AntaVaya

One Comment
  1. Julia

    Pagi mba, saya Julia. Sebelumnya mbak pernah post mengenai langkah pembuatan visa schengen ya, boleh kak saya bertanya tanya lebih jauh mengenai itu? Mungkin bisa melalui email, mba?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!