Smart Guide

5 Alasan Mengapa Visa Schengen Ditolak! Apa yang Harus Dilakukan?4 min read

19 November 2019

author:

5 Alasan Mengapa Visa Schengen Ditolak! Apa yang Harus Dilakukan?4 min read


Setiap warga negara Indonesia wajib memiliki Visa Schengen untuk jalan-jalan di Eropa. Namun, terkadang permohonan pengajuan visa ditolak karena berbagai penyebab. Kamu pasti penasaran dan bingung mengapa visa kamu ditolak. Daripada tebak-tebak buah manggis, lebih baik ketahui alasan mengapa Visa Schengen ditolak berikut ini.

1. Memiliki Rekam Jejak Kejahatan di Masa Lalu/Masa Kini

Alasan Mengapa Visa Schengen Ditolak & Apa yang Harus Kamu Lakukan - Sumber Pixabay 1
Alasan Visa Schengen Ditolak – Sumber: Pixabay

Alasan pertama mengapa Visa Schengen ditolak adalah memiliki rekam kejahatan, baik di masa lalu maupun masa kini. Pihak kedutaaan atau konsulat bisa mencurigai orang-orang yang pernah melakukan kejahatan tersebut. Takutnya mereka nanti akan mengganggu keamanan publik di negara Schengen yang akan dikunjungi. Kejahatan yang dilakukan misalnya terorisme, penyalahgunaan narkoba, pelecehan anak, dan kejahatan berat lainnya.

2. Ketahuan Memalsukan Dokumen

Salah satu syarat membuat Visa Schengen adalah menyerahkan beberapa dokumen, seperti paspor asli dan fotokopi, pasfoto, formulir Visa Schengen, dll. Semua dokumen tersebut harus asli dan diisi dengan data yang sebenar-benarnya. Jika kamu ketahuan memiliki dokumen atau identitas palsu, kemungkinan besar Visa Schengen kamu akan ditolak. Dokumen yang biasanya dipalsukan misalnya surat keterangan kerja, bukti keuangan, surat referensi bank, atau bahkan bukti pemesanan tiket pesawat.

Perbedaan data diri dalam dokumen yang kamu miliki juga bisa jadi penyebab visa ditolak. Ketahui cara mengubah data diri dalam paspor di sini.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 25 Kota Terbaik di Dunia 2020 untuk Liburan Kamu Selanjutnya!

3. Alasan Bepergian yang Kurang Valid

Banyak orang yang visanya ditolak karena tidak memiliki alasan kuat untuk bepergian ke negara tujuan. Hal ini biasanya terjadi saat kamu tidak bisa memberikan surat keterangan kerja yang terpercaya. Bisa juga karena gagal membuktikan bahwa kamu akan pulang kembali ke tanah air setelah liburan. Bisa-bisa kamu dicurigai mencari pekerjaan di negara yang akan dikunjungi. Untuk memperbesar kemungkinan visa diterima, usahakan bekerja minimal satu tahun di sebuah kantor atau perusahaan.

4. Paspor Rusak atau Habis Masa Berlakunya

Alasan Mengapa Visa Schengen Ditolak & Apa yang Harus Kamu Lakukan - Sumber Pixabay
Alasan Visa Schengen Ditolak – Sumber: Pixabay

Sebelum liburan ke luar negeri, kamu harus memastikan masa berlaku paspor kamu masih kurang dari 6 bulan. Paspor juga harus memiliki 2 halaman kosong yang nantinya akan dicap Visa Schengen.

Kondisi paspor juga harus dalam keadaan bagus dan tidak rusak. Jika kamu memiliki e-paspor, pastikan kamu menjaganya dengan baik supaya tidak mudah rusak. Baca cara menjaga e-paspor supaya awet di sini.

5. Tidak Bisa Menjelaskan Itinerary dengan Jelas

Menyiapkan itinerary Eropa sangatlah penting sebelum mengajukan pembuatan Visa Schengen. Sebab, dari itinerary bisa dilihat apakah kamu mendaftar visa di kedutaan atau konsuler yang tepat. Lihat cara menentukan kantor kedutaan yang tepat untuk mengajukan visa di sini.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ke Jepang Pertama Kali? Ini 7D Itinerary Tak Terlupakan

Mendaftar di Kedutaan Besar Schengen yang salah bisa menjadi alasan Visa Schengen ditolak. Alasan lainnya kamu tidak bisa memiliki tiket penerbangan yang dipesan dan bukti akomodasi penginapan di tempat tujuan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Visa Schengen Ditolak?

Alasan Mengapa Visa Schengen Ditolak & Apa yang Harus Kamu Lakukan - Sumber Pixabay 3
Alasan Visa Schengen Ditolak – Sumber: Pixabay

Rasanya pasti sakit jika permohanan Visa Eropa kamu ditolak. Apalagi biaya visa yang sudah dikeluarkan tidak bisa dikembalikan. Tapi jangan khawatir, buat kamu yang belum beruntung dalam pengajuan visa, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap liburan ke Eropa.

  1. Melengkapi dokumen yang kurang. Salah satu alasan ditolaknya pengajuan visa adalah dokumen yang tidak lengkap. Biasanya beberapa negara Schengen akan memberikan waktu beberapa jam sebelum dan atau sesudah jadwal interview kepada pemohon untuk melengkapi dokumen-dokumen yang kurang.
  2. Mengajukan banding. Beberapa negara Schengen, seperti Beligia, Denmark, Prancis, Jerman, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Swedia memberikan peluang untuk mengajukan banding. Jarak antara penolakan dan kesempatan untuk mengajikan banding antara 21-90 hari sejak surat penolakan dirilis.
  3. Melakukan pengajuan visa baru. Jika negara Schengen yang kamu tuju tidak memberikan peluang pengajuan banding, maka satu-satunya pilihan yang bisa kamu lakukan adalah mengajukan visa kembali. Namun, beberapa negara memberikan jarak untuk mengajukan visa lagi.
  4. Mengajukan visa baru di kedutaan yang berbeda. Cara ini sebenarnya tidak bisa diharapkan, karena pada dasarnya sistem semua kedutaan sudah terintegrasi. Terdeteksi melakukan pengajuan visa di berbagai negara dalam waktu yang berdekatan juga bisa menjadi alasan visa kamu kembali ditolak. Cara ini bisa jadi pilihan terakhir jika tanggal keberangkatan kamu sudah dekat. Misalnya, jika kamu mengajukan di Kedutaan Norwegia dan pengajuan visa ditolak, kamu bisa mencoba mengajukan visa di kedutaan negara Schengen lain, seperti Belanda atau Prancis. Berdoalah yang banyak, semoga visa kamu kali ini diterima.
Lainnya Yang Wajib Dibaca :  15 Fakta Tentang Aurora yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Pergi Liburan!

Membuat Visa Schengen sendiri memang rentan ditolak karena berbagai alasan. Jika mau lebih mudah, yuk ajukan Visa Group Eropa di AntaVaya Tour & Travel. Kamu tinggal kasih dokumen persyaratan, Visa Schengen pun sudah di tangan tanpa perlu repot. Pilih juga paket tur wisata ke Eropa yang sesuai dengan kebutuhanmu di website AntaVaya. The SMART way to travel!

4 Comments
  1. Lely

    Bisa kah saya mendapatkan visa Schengen setelah mendapatkan 2 kali penolakan di tahun 2019 dan 1 penolakan di tahun 2020?? tetapi saya pernah berhasil mendapatkan visa Schengen di bln Juni 2019..apa yang bisa saya lakukan?? Dan adakah yang bisa membantu saya??

    • Rosita

      Halo Ibu Lely, terima kasih atas pertanyaannya. Ibu tetap bisa mengajukan visa kembali meskipun pernah ditolak. Jika memang ragu, bisa meminta pihak travel agent AntaVaya untuk mengurus pembuatan visa. Semoga membantu :)

  2. Lely

    Benarkah bisa membantu?? Saya takut di tolak lagi, karena saya sudah 3 kali di tolak dengan alasan yg sama..mereka meragukan saya tidak akan balik ke Indonesia...dan yg ke 3 kali apply visa kemarin saya gunakan travel agent...jadi benarkah saya bisa mengajukan visa Schengen lagi walau sudah 3 kali di tolak?? Kapan waktu yang tepat bisa mengajukan visa?? Tolong saran nya...email saya queenvale680@gmail.com. Terimakasih.

  3. Bunda nana

    Saya urus kerja Polandia bulan 11 .saya pakai pasport bekas umroh bln 2 karena msh 5 th lg....bisa kan unt apply visa?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!