Smart Guide

Penting! Inilah 20 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Liburan ke Eropa6 min read

30 January 2020

author:

Penting! Inilah 20 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Liburan ke Eropa6 min read

Ada banyak persiapan liburan ke Eropa yang wajib kamu ketahui. Apalagi, Eropa memiliki empat musim dan memiliki kebiasaan serta kebudayaan yang jauh berbeda dengan Indonesia.

Kamu perlu mempersiapkan diri serta membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk liburan ke Eropa supaya traveling berjalan lancar tanpa hambatan. Langsung saja yuk simak 20 persiapan liburan ke Eropa berikut ini!

1. Paspor untuk Liburan ke Eropa

Menyiapkan Paspor untuk Liburan ke Eropa - Sumber Unsplash
Paspor untuk Liburan ke Eropa – Sumber: Unsplash

Persiapan liburan ke Eropa pertama yang wajib kamu miliki adalah paspor. Dokumen ini sangat penting karena setiap orang yang ingin bepergian ke luar negeri, wajib memiliki paspor. Jangan sampai kamu nekat beli tiket ke Eropa sebelum mengurus kepemilikan paspor.

Cara membuat paspor di tahun 2020 kini semakin mudah. Kamu juga bebas memilih jenis paspor yang ingin kamu apply, yaitu paspor biasa atau paspor elektronik.

Jika kamu sudah memiliki paspor, pastikan juga paspor tersebut belum kedaluwarsa dan masa berlakunya minimum 6 bulan.

2. Mengurus Visa Eropa, Paling Lambat…

Sebelum jalan-jalan ke Eropa, kamu juga harus mengurus visa. Visa yang dibutuhkan adalah Visa Schengen atau Visa Eropa. Persyaratan membuat Visa Schengen berbeda-beda, tergantung jenis visa serta negara tujuan yang akan kamu datangi.

Visa Eropa sebaiknya diurus jauh-jauh hari, setidaknya 3 minggu sebelum jadwal keberangkatan. Penasaran bagaimana cara membuat Visa Schengen? Lihat di sini.

3. Tips Menukar Rupiah Menjadi Euro

Paspor sudah, visa juga sudah, hal lain yang harus siapkan sebelum ke Eropa adalah menukar Rupiah menjadi mata uang yang berlaku di negara tujuan. Pada umumnya, mata uang yang berlaku di Eropa adalah Euro. Tukarlah uang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Tips menukar uang untuk mendapatkan nilai terbaik antara lain menukar di Authorized Money Changer, membandingkan nilai tukar, hingga jangan tergiur rate murah.

4. Mempelajari 4 Musim di Eropa

Eropa adalah benua yang memiliki empat musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Cari tahu dulu Eropa sedang musim apa sebelum berangkat traveling. Jangan sampai salah kostum dan membawa persiapan liburan ke Eropa yang salah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  3 Jenis Visa Jepang untuk Wisata + Fungsinya yang Wajib Kamu Tahu

Ketahui juga waktu yang tepat untuk jalan-jalan ke Eropa supaya mendapatkan pengalaman liburan terbaik.

5. Mempelajari Sistem Transportasi di Negara Tujuan

Persiapan Liburan ke Eropa - Mempelajari Sistem Transportasi Negara Tujuan - Sumber Unsplash
Pelajari Sistem Transportasi Negara Tujuan – Sumber: Unsplash

Negara-negara di Eropa adalah negara maju sehingga memiliki sistem transportasi yang baik. Namun, kamu tetap harus mempelajari jenis transportasi apa saja yang ada di negara tujuan serta biayanya supaya liburan berjalan lancar.

Kalau mau lebih mudah, pesan paket tour di AntaVaya saja. Jadi, kamu tidak perlu repot memikirkan transportasi selama di Eropa. Enak banget, kan!

6. Mempersiapkan Fisik Sebelum Berangkat Liburan

Persiapan liburan ke Eropa yang tak kalah penting adalah mempersiapkan fisik. Apalagi selama liburan pasti kamu akan banyak berjalan kaki untuk melihat keindahan tempat wisata di Eropa.

Supaya kondisi tubuh tetap prima, cobalah lakukan olahraga kecil-kecilan sebelum berangkat supaya kamu tidak mudah lelah. Enggak mau kan sudah jauh-jauh ke Eropa, eh malah sakit dan menghambat liburan?

7. Cari Tahu Waktu Terbaik untuk Membeli Tiket Pesawat

Supaya jalan-jalan ke Eropa bisa lebih murah, persiapan yang wajib kamu lakukan adalah memantau harga tiket. Cari tahu kapan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat supaya bisa menghemat biaya liburan.

Tapi daripada repot-repot memantau harga tiket, mending ikut paket tour Eropa di AntaVaya saja. Kamu enggak perlu pusing memikirkan kapan harus beli tiket Eropa yang murah. Betul betul betul?

8. Tips Mendapatkan Penginapan Murah di Eropa

Persiapan liburan ke Eropa lainnya adalah mencari penginapan. Untuk mendapatkan harga murah, kamu harus membandingkan harga yang ditawarkan masing-masing hotel atau travel online.

Kebanyakan orang yang mau liburan ke Eropa untuk pertama kali sih pasti lebih memilih ikut paket tour karena penginapannya sudah include.

9. Menyiapkan Itinerary Liburan ke Eropa

Ini dia persiapan paling ribet sebelum liburan ke Eropa: menyiapkan itinerary. Jangan pernah berangkat liburan tanpa menyiapkan itinerary nantinya kamu akan repot sendiri.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Inilah 20 Destinasi Wisata Paling Populer di Korea, Sudah Pernah ke Sini?

Belum lagi saat membuat visa, itinerary juga kerap diminta oleh petugas kedutaan. Lihat contoh itinerary Eropa Barat di sini.

10. Membuat Perencanaan Budget Liburan yang Sesuai

Mempersiapkan Budget Liburan ke Eropa - Sumber Unsplash
Hitung Budget Liburan ke Eropa – Sumber: Unsplash

Setelah membuat itinerary persiapan liburan ke Eropa, kamu juga harus memikirkan budget yang dibutuhkan. Sebaiknya, siapkan biaya liburan lebih banyak dari perkiraan untuk berjaga-jaga.

11. Bawa Kartu Debit atau Kredit dengan Logo Ini

Selama berada di luar negeri, ada kalanya uang yang kita bawa tidak cukup atau kurang karena suatu alasan. Sayangnya, hanya kartu debit atau kredit dengan logo VISA atau MasterCard saja yang bisa digunakan di luar negeri.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa bawa, ya.

12. Pentingnya Asuransi Perjalanan

Saat liburan, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk jaga-jaga, uruslah asuransi wisata sebagai persiapan liburan ke Eropa.

13. Membuat Daftar Barang yang Harus Dibawa

Sebelum mengepak barang dan memasukkan ke dalam koper, kamu harus membuat list atau daftar barang bawaan terlebih dahulu. Membuat list bawaan ini punya banyak manfaat, lho.

Manfaatnya adalah membantumu menentukan barang mana yang diperlukan atau tidak dan meminimalisir barang ketinggalan. Kemudian, kamu juga bisa tahu jika ada barang atau bagasi yang hilang selama liburan.

14. Bawa Obat-obatan Seperti Ini

Saat berada di negara asing, kamu wajib membawa persiapan liburan berupa obat-obatan. Obat-obatan yang paling umum dibawa saat liburan misalnya obat demam, obat batuk, obat flu, obat maag, minyak kayu putih, dan lain-lain.

15. Mencari Rekomendasi Tempat Makan Halal

Mencari Rekomendasi Tempat Makan Halal di Eropa - Sumber Unsplash
Tempat Makan Halal di Eropa – Sumber: Unsplash

Mencari makanan halal di Eropa tentu tidak semudah di Indonesia. Untuk kamu yang muslim, wajib mencari tahu tempat makan yang menyajikan makanan halal sebelum pergi liburan.

16. Baca Camilan Kesukaan

Memang sih banyak yang menjual makanan ringan yang enak-enak di Eropa. Namun, harganya jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Bahkan, bisa 5 kali lipat lho. Terus belum tentu juga camilan tersebut halal.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Panduan Itinerary Prancis: Paket Tour Riviera Lourdes Selama 11 Hari

Oleh karena itu, bawalah camilan kesukaanmu sebagai persiapan liburan ke Eropa. Apalagi jika kamu membawa anak-anak atau bayi selama liburan.

17. Bawa Makanan Instan untuk Menghemat Biaya Liburan

Persiapan liburan ke Eropa lainnya adalah membawa makanan instan untuk menghemat budget. Bawalah makanan instan yang mudah diolah, misalnya abon, nugget, bakso, atau sarden.

Jika tempat kamu menginap tidak ada dapurnya, kamu bisa membawa mie instan yang bisa diseduh hanya dengan air panas.

18. Bawa Mainan Kesukaan Anak

Jika kamu membawa anak atau bayi untuk liburan di Eropa, persiapan yang harus diperhatikan tentu lebih banyak. Jangan lupa bawa semua kebutuhan anak atau bayi, seperti popok dan susu.

Namun, ada yang biasanya kelupaan dibawa, yaitu mainan anak. Membawa mainan kesukaan anak bisa membuat mereka lebih tenang. Ini juga bisa jadi tips supaya anak tidak rewel selama dalam pesawat.

19. Siapkan Internet Biar Enggak Mati Gaya

Koneksi internet adalah hak segala bangsa. Hehe lebay. Tapi, manusia modern mana yang bisa bertahan tanpa koneksi internet? Belum lagi kalau ada pekerjaan yang harus di-remote dari jauh.

Sebelum pergi liburan, cari tahu provider apa yang bagus dan murah digunakan di negara tujuan. Kamu juga bisa menyewa WiFi portable.

20. Download Aplikasi Traveling

Persiapan Liburan ke Eropa - Download Aplikasi Traveling - Sumber Unsplash
Download Aplikasi Traveling – Sumber: Unsplash

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu download untuk memudahkan saat berada di negara asing. Misalnya aplikasi yang menunjukkan dan menerangkan sistem transportasi subway, jalur bus, dan lain-lain.

Ada juga aplikasi translator bahasa yang akan membantu kamu saat berbelanja atau bertanya pada warga lokal.

Itulah 20 persiapan liburan ke Eropa yang harus kamu ketahui supaya traveling berjalan lancar. Cukup banyak juga, ya?

Sebenarnya ada cara mudah supaya liburan kamu nyaman dan enggak perlu repot menyiapkan ini itu. YES! Pesan paket tour Eropa di AntaVaya saja. Dijamin jadi liburan yang tak terlupakan!

Paket Tour Eropa

One Comment
  1. Newsteen

    download dulu aplikasi perjalanan yah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!