Smart Guide

7 Fakta Unik New Zealand yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Liburan ke Sana8 min read

15 May 2020

author:

7 Fakta Unik New Zealand yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Liburan ke Sana8 min read

Tempat wisata di New Zealand senang naik daun karena pesona alamnya yang begitu memukau. Sebelum memutuskan liburan ke sana, ada banyak fakta unik dan menarik tentang New Zealand yang wajib kamu ketahui.

Mengetahui fakta tentang New Zealand sangat penting supaya kamu bisa lebih memahami negara yang akan kamu kunjungi untuk berlibur ini. Yuk, langsung saja simak fakta-faktanya berikut ini.

1. Mana yang Benar, New Zealand atau Selandia Baru?

Menurutmu mana yang benar, New Zealand atau Selandia Baru? Sebenarnya sama saja, karena Selandia Baru adalah terjemahan langsung dari New Zealand.

Banyak orang Indonesia menyebut New Zealand dengan nama Selandia Baru. Hal ini disebabkan negara kita memiliki padanan kata dalam Bahasa Indonesia untuk beberapa negara di dunia.

Jadi, jangan mengira bahwa New Zealand dan Selandia Baru adalah dua negara yang berbeda, ya.

Lihat juga contoh itinerary liburan ke New Zealand di sini.

2. Orang New Zealand Dijuluki Kiwi

View this post on Instagram

𝐍𝐞𝐰 𝐙𝐞𝐚𝐥𝐚𝐧𝐝 🇳🇿 * * 𝙿𝚛𝚘𝚝𝚎𝚌𝚝 𝚊𝚗𝚍 𝚌𝚊𝚛𝚎 𝚏𝚘𝚛 𝚔𝚒𝚠𝚒 𝚋𝚒𝚛𝚍𝚜 ୨♥୧ * * Kiwi birds 保護のために コイン全部寄付してきたよ! * * ……………………………………… 🗺#newzealand #nz 📍#queenstown #visitqueenstown #southislandnz #lakewakatipu #🇳🇿 #ニュージーランド #クイーンズタウン ………………………………………. #worldtraveler #worldtravel #traveltheworld #travelphotography #iphone11pro #みんなの写真で旅しよう #エア旅行 #海外旅行 #旅行 #旅 #海外旅行好きな人と繋がりたい #旅行好きな人と繋がりたい ……………………………………… #honeymoon #wedding #海外挙式 #ニュージーランド挙式 #新婚旅行 ………………………………………. #kiwibird #kiwi #explorenewzealand #amazingplaces 𝚆𝚎𝚍𝚍𝚒𝚗𝚐 𝚊𝚌𝚌𝚘𝚞𝚗𝚝 @ye_newzealand_wedding

A post shared by 𝐄𝐫𝐢𝐧𝐚 𓍯 (@erinatravellover0103) on

Fakta unik tentang New Zealand lainnya adalah orang New Zealand menyebut dirinya dengan sebutan Kiwi. Julukan ini sudah berlangsung sejak Perang Dunia I.

Kiwi sendiri sebenarnya adalah spesies lain dari burung tidak dapat terbang yang endemik di New Zealand dari genus Apteryx. Ukurannya sendiri mirip ayam domestik.

Kiwi juga merupakan simbol nasional New Zealand. Bahkan, dolar New Zealand bergambar burung kiwi pada satu sisi.

3. Summer di New Zealand Ternyata Enggak Panas?

View this post on Instagram

D-200/300• Viva le lac Tekapo ! \o/ Oui, c'est un véritable coup de foudre pour cet endroit marvellous ! ⚡️💘 Ici on est entouré de plaines gigantesques aux couleurs automnales, d'un lac d'un turquoise exceptionnel et d'une chaine de montagnes enneigées en arrière plan. Sans compter que la nuit on profite de l'une rare réserves étoilées ✨ du monde. On en a pris plein les 🤩 Après plus d'un mois et demi de confinement sur Christchurch dans un motel, son parking et son parc, on peut vous dire qu'on ne se lasse pas d'admirer ce paysage naturel presque irréel, ça fait un bien fou, une vraie bouffée d'air (pur en plus!) 😙! On a hâte de découvrir la suite de l'île du Sud réputé pour ces paysages wahou ! Et clairement on commence TRÈS fort pour nos premiers pas de liberté (danse de la joie) en Nouvelle-zélande ! 🤗 ➡️ Vidéo 360° ✨ #nofilter #tekapo #tekapolake #lac #southisland #newzealand #wonder #ontheroadagain #ontheroad #happiness #freedom #tourdumonde #tourdumondiste #worldtour #instatravel #coupletravel #frenchtraveller #travel #globetrotters #voyageurdumonde #backpackers #voyage #traveladdict

A post shared by Sam & Baptiste (@bigjetflaneurs) on

Fakta unik tentang New Zealand yang wajib kamu ketahui adalah musim panas atau summer di Negeri Kiwi ini ternyata tidak selalu panas, lho. Kok bisa?

Pasti kita berpikir bahwa musim panas di New Zealand selalu panas dan cerah seperti di Indonesia. Ternyata hal ini keliru, karena terkadang suhunya di siang hari hanya belasan derajat saja. Saat malam suhunya bahkan bisa mencapai 10 derajat saja. Brrr!

Tidak selalu, tapi pastikan kamu sudah mengetahui suhu di New Zealand supaya saat liburan ke sana enggak salah kostum. Suhu normal saat summer sih biasanya sekitar 20-30° C.

Berlawanan dengan musim di belahan dunia lainnya, musim panas di Selandia Baru berlangsung di bulan Desember hingga Februari. Mungkin udara akan terasa dingin saat pergantian musim.

4. Enggak Perlu ke Puncak Gunung untuk Melihat Es

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, rekomendasi wisata alam di New Zealand itu indah banget lho.

Nah, fakta unik tentang New Zealand, kamu enggak perlu jauh-jauh ke puncak gunung untuk melihat indahnya salju. Misalnya kamu bisa mengunjungi Fox Glacier.

Fox Glacier adalah kota kecil di Pantai Barat Pulau Selatan New Zealand. Di level menengah, kamu bisa mendaki di Hooker Valley yang di ujungnya terdapat gletser dan pecahan es yang bisa dilihat dari dekat.

Kamu juga bisa melihat salju dengan mendaki ke Rob Roys Glacier. Pemandangannya indah banget!

Oh iya, New Zealand juga terkenal sebagai salah satu tempat terbaik melihat aurora australis, lho.

5. Lebih Banyak Domba dan Sapi daripada Manusia?

View this post on Instagram

. 📍ニュージーランド . ニュージーランドの緑を紹介。 今んとこ人生で見た自然やと、ニュージーランドが圧倒的に1位🇳🇿 . 大学の卒業のタイミングで、ニュージーランドの南島を軽自動車で横断しました! あの旅がほんまに旅って感じれて幸せやった。 次の町まで車で1時間が当たり前で、ガソリンがなくなりそうでやばいて言いながら走ってたのが楽しかった🚗 . #ニュージーランド #NewZealand #プカキ湖 #テカポ湖 #マウントクック #pukakilake #tekapolake #クライストチャーチ #クイーンズタウン #ニュージーランド観光. #海外旅行 #世界の絶景 #絶景スポット #自然撮影 #カメラのある生活 #カメラ部 #goproのある生活 #gopro #d5500 #写真好きな人と繋がりたい #ファインダー越しの世界 #カメラ好きな人と繋がりたい

A post shared by 日々の動画と写真と僕とたまごと動物と、ときどき納豆。 (@hibi_no_movie) on

New Zealand memiliki lanskap alam yang menakjubkan dengan deretan pegunungan dan padang rumput yang luas. Tak heran jika populasi domba dan sapi di negara ini cukup banyak.

Tapi, benarkah jumlah domba dan sapi di New Zealand jauh lebih banyak dibandingkan manusia? Berdasarkan survei, ternyata benar jumlah hewan ternak di NZ lebih banyak dibandingkan jumlah penduduknya. Wow, unik banget ya?

Di sini kamu bisa dengan mudah menemukan domba dan sapi berkeliaran di peternakan yang ada di sepanjang jalan. Biasanya peternakan di New Zealand berada di area yang sangat luas.

Setiap hewan peternakan dibiarkan berkeliaran di bukit-bukit hijau. Gemas!

6. Jembatan Hanya Ada Satu Jalur?

View this post on Instagram

The old single-laned Kopu Bridge was for nearly a century the main entry point to New Zealand's Coromandel Peninsula from the north-west. On long weekends and over summer, hordes of visiting Aucklanders' making their way to the east coast beach resorts along the Coromandel would all descend upon this bridge around the same time, creating queues that lasted several hours at a time while waiting for the traffic lights to turn green. For the rest of the year, the wait was typically, at most, a few minutes. I don't know how many times I've crossed that bridge – too many to recall – on my way home from a day in the big city back to Thames where I've lived for near on 23 years, but it was always a welcome sight. Something about the experience, crossing the river Styx into another world – a slower paced one on the Coromandel – was an alluring prospect. But others had a differing view and saw the bridge as an impediment to progress and demanded it be replaced. So now a new two-laned bridge across the Waihou has been erected and the only set of traffic lights in the district have become redundant. Not often that happens. But alas, what to do with this historic structure – the only remaining swing-bridge left in New Zealand (the middle span is able to open to allow vessels to pass through it) and is listed as a category one historic place? Some want it dismantled, due to the high cost of maintenance, but others are lobbying for it to be re-opened to the public as a part of the country's national cycle-way, arguing that pulling down our country's history is not a sensible move. So what do you think should happen to it? . Shot back in 1998 on a Nikon F4 @nikonnz on Fujichrome film @fujifilmnz for a New Zealand Geographic magazine @nzgeo feature about The Coromandel @thecoromandel

A post shared by Peter James Quinn (@peter_james_quinn) on

Fakta unik tentang New Zealand yang satu ini cukup bikin geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak? Ternyata ada sebagian besar jembatan di New Zealand yang dibuat hanya satu jalur saja! Hah?

Bahkan, ada jembatan satu jalur yang juga digabungkan dengan jalur rel kereta api. Mantap enggak tuh?

Jadi, kamu harus waspada dan hati-hati ya jika melewati jembatan seperti ini saat liburan di New Zealand. Perhatikan selalu rambu lalu lintas!

7. New Zealand Menyuguhkan Wisata Budaya yang Amazing

View this post on Instagram

HAKA ➰

A post shared by Giovana B Santos (@giovana.berto) on

Tidak hanya pemandangan alamnya yang begitu memesona, New Zealand juga menyuguhkan wisata budaya yang tak kalah menarik. Tak heran jika New Zealand diserbu wisatawan dunia untuk berlibur.

New Zealand memiliki suku asli bernama Maori yang memiliki kebudayaan melimpah. Belum lengkap rasanya liburan di New Zealand tanpa bertemu dan berinteraksi dengan Suku Maori.

Wisatawan biasanya akan disambut dengan upacara tradisional penyambutan tamu Suku Maori yang begitu istimewa. Sambutan tersebut berupa tari-tarian, nyanyian, dan salam khas Maori.

Salam khas Maori itu bernama Hongi, yaitu ritual saling menempelkan hidung yang menciptakan koneksi ‘napas kehidupan’ di antara kedua orang.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang New Zealand yang wajib kamu ketahui untuk menambah pengalaman berliburmu kelak. Kita doakan saja semoga wabah Corona segera berakhir supaya kita bisa segera liburan ke New Zealand bersama AntaVaya. Setuju?

Pesan paket tour NZ

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!