Domestik Smart Recommendation

Wow, 9 Wisata Pulau di Lampung Ini Keindahannya Menyamai Bali!7 min read

20 March 2020

author:

Wow, 9 Wisata Pulau di Lampung Ini Keindahannya Menyamai Bali!7 min read

Julukan ‘The New Bali’ sepertinya tak hanya cocok diberikan untuk spot-spot keren antimainstream seperti Labuan Bajo atau Raja Ampat. Sebab, wisata pulau di Lampung juga tak kalah indahnya, lho.

Cek yuk beberapa rekomendasi pulau di Lampung yang keindahannya tiada tara berikut ini. Bonus pantai cantik di sekitarnya!

1. Pulau Pahawang, Destinasi Cantik di Lampung

Pulau Pahawang, wisata pulau di Lampung ini sangat terkenal akan keindahannya. Tak hanya bagi wisatawan dalam negeri, turis mancanegara juga banyak yang berlibur ke sini.

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Ketapang untuk menuju pulau cantik di Lampung ini. Tepatnya berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

Ada dua Pulau Pahawang yang bisa kamu kunjungi, yaitu Pahawang Besar yang memiliki penduduk cukup banyak dan Pahawang Kecil yang cenderung lebih sepi dan hanya ada satu cottage milik orang asing.

Pulau Pahawang tak hanya memiliki pemandangan indah. Wisata pantai di Lampung ini memiliki pasir putih serta air sebening kaca. Keindahan bawah lautnya juga juara banget, enggak kalah dengan wisata Labuan Bajo.

Tak heran jika Pulau Pahawang menjadi lokasi snorkeling favorit di Lampung. Sayang sekali jika sudah sampai ke pulau ini tapi tidak snorkeling!

2. Pulau Tangkil yang Masih Asri dan Indah

Lihat postingan ini di Instagram

Njajal kano

Sebuah kiriman dibagikan oleh eddy santosa (@eddsant) pada

Pulau tanpa penghuni di Lampung ini tak kalah cantik dari Pulau Pahawang. Terletak di seberang Pantai Mutun, Pulau Tangkil bisa dicapai dengan naik kapal selama 10 menit dari Pantai Mutun.

Letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung membuatnya menjadi destinasi favorit di Lampung. Ada banyak fasilitas yang bisa kamu temukan di pulau ini, seperti penyewaan kano, alat-alat snorkeling, hingga jet ski!

Suasana di sekitar Pulau Tangkil pun masih sangat asri dan indah. Tertarik mengunjunginya? Jangan lupa lakukan berbagai cara menjaga kesehatan saat traveling, ya.

3. Pulau Tegal Mas, Harta Karun Wisata Lampung

Pulau yang berada di wilayah Teluk Lampung ini awalnya dijadikan tempat penelitian mahasiswa FMIPA Biologi dari Universitas Lampung karena keanekaragaman biota lautnya yang juara.

Terumbu karang, anemon laut, clown fish, ular laut, hingga penyu hijau bisa kamu temukan dengan mudah di sini. Cottage di antara laut biru pun semakin menambah kecantikan pulau ini.

Pulau Tegal diminati oleh wisatawan yang ingin liburan seru ke pulau cantik layaknya pulau pribadi. Untuk menuju Pulau tegal, kamu bisa menyeberang dengan kapal dari Pelabuhan Ringgung atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Bandar Lampung.

4. Pulau Kelagian Besar dan Kecil, Sama-Sama Indah!

View this post on Instagram

Duduk santay😋

A post shared by Dwi Safitri (@pipittt_____) on

Wisata pulau di Lampung yang satu ini lokasinya tak begitu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, yaitu sekitar 25 km. Sama seperti Pulau Pahawang, Pulau Kelagian juga terbagi atas Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil.

Pulau Kelagian Besar berada di seberang Pelabuhan Ketapang dengan waktu tempuh penyeberangan sekitar 30 menit. Pulau ini sering disebut Pulau Mariner karena sering dijadikan tempat latihan militer oleh TNI Angkatan Laut.

Di Pulau Kelagian Besar, kamu bisa bermain air sampai puas. Pantainya itu lho, cantik banget dengan gradasi warna air laut yang dijamin bikin enggak mau pulang!

Tak jauh dari Kelagian Besar, kamu bisa menemukan Pulau Kelagian Kecil yang ukurannya tentu lebih kecil. Namun, keindahannya sungguh luar biasa!

Pasir pantainya berwarna putih dan sangat halus seperti bedak bayi. Belum lagi warna air lautnya yang begitu cantik! Selain main air, kamu juga bisa diving atau snorkeling di kedua Pulau Kelagian ini.

5. Pulau Tanjung Putus, Surga Bawah Laut di Lampung

Dikatakan Pulau Tanjung Putus karena jika dilihat dari peta, bentuk pulau ini seperti tanjung yang terpisah. Terletak sekitar 35 km dari pusat Kota Bandar Lampung, kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Ketapang untuk sampai ke pulau ini.

Lokasinya tidak berjauhan dari Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian. Sekitar tahun 80-an, pulau ini pernah disewa perusahaan Jepang untuk tempat budidaya mutiara, mengingat perairannya yang sangat bersih dan terjaga.

Jadi, jangan heran jika saat kamu berkunjung ke pulau ini ada banyak ikan jinak yang seakan menyambut kedatangan kamu. Keragaman biota laut di pulau ini bahkan lebih banyak dibandingkan yang ada di Pulau Pahawang dan Kelagian.

6. Pulau Kubur, Objek Wisata Menarik di Lampung

View this post on Instagram

Pada senja yang beranjak pergi. Aku masih di sini. Menantimu, merepih kelam. Di sudut malam berpedar purnama. Tapi, kau tak jua hadir. Hingga pagi berulang. -masteguh- Senja di Pulau Kubur di Teluk Lampung. Pulau kecil yang sebenarnya indah sayang banyak sampah. Mudah diakses dari Kota Bandar Lampung, kurang lebih 15-20 menit saja. Menyebrang dari Pantai Queen Arta dengan biaya perahu perorang Rp 15 ribu -Rp 20 ribu. Model @rimamelati45 – #pulaukubur #pantaiqueenartha #teluklampung #pesawaran #lampung #sumatera #indonesia #instanusantara #instasunda #kelilinglampung #lampunginsta #telkomselmerahputih #jalan2men #telkomseljawabali #saysumatera #indonesiaparadise #jalan2mas #exploreindonesia #folklampung #explorelampung #vscocam #beach #island #sunset #sea #nature #female #people #picoftheday

A post shared by teguh prasetyo (@masteguh78) on

Meski nama wisata pulau di Lampung ini sedikit seram, namun Pulau Kubur memiliki pemandangan super! Dijamin bikin betah berlama-lama di pulau yang luasnya hanya sekitar 5 hektare ini.

Dinamakan Pulau Kubur karena banyak masyarakat yang datang ke pulau ini untuk menyebarkan abu jenazah ke lautan. Pulau ini berada di seberang Pantai Puri Gading atau Tirtayasa dan bisa dijangkau menggunakan perahu selama kira-kira 10 menit.

Pulau Kubur merupakan pulau karang dengan dua bagian seru untuk dijelajahi. Salah satu bagiannya memiliki pantai, sedangkan yang bagian lainnya memiliki tebing karang yang menjulang ke arah pesisir Pantai Pulau Lampung.

Pulau ini tak ada penghuninya dan paling cocok bagi kamu yang suka memancing. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di pinggir pantai sambil melihat berbagai hewan laut yang terperangkap di antara karang.

7. Pulau Condong Sulah, Tempat Bersantai yang Asyik

View this post on Instagram

Relax

A post shared by 👣 (@landjalandjalan) on

Pulau yang memiliki nama lengkap Pulau Condong Sulah memiliki pemandangan super cantik yang akan membuatmu merasa seperti berada di pulau pribadi!

Air lautnya yang super bersih dan bening, pasirnya yang putih, serta keindahan bawah laut yang memukau merupakan paket lengkap yang ditawarkan pulau ini.

Pulau di Lampung ini memiliki batu karang yang lumayan terjal dan pepohonan rimbun khas pantai di Lampung, seperti Pantai Waru, Pantai Ketapang, dan Pantai Merbau.

Kawasan pulau ini sering dijadikan tempat menyelam maupun rock climbing. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling sampai puas di pulau ini.

8. Pulau Anak Krakatau yang Megah dan Indah

Menjelajahi destinasi wisata pulau di Lampung tak akan lengkap tanpa mengunjungi Pulau Anak Krakatau yang ada di antara Pulau Sertung dan Pulau Rakata Kecil.

Pulau ini pernah hilang tapi muncul kembali bersamaan dengan letusan Gunung Anak Krakatau. Titik tertinggi pulau ini terus meningkat karena aktivitas vulkanik gunung api yang terus berlanjut hingga sekarang.

Meski demikian, Pulau Anak Krakatau masih aman untuk dikunjungi. Akan tetapi, kamu harus meminta izin khusus dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung untuk menjelajahinya.

Gampangnya sih, kamu tinggal pesan paket wisata Lampung di AntaVaya untuk menjelajahi Pulau Anak Krakatau.

Dari pulau ini, kamu bisa menikmati pemandangan langsung ke arah Gunung Anak Krakatau yang berdiri megah di tengah lautan. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut.

9. Pulau Sebesi, Wisata Memesona Andalan Lampung

Pulau Sebesi sedang dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Lampung selain Pulau Anak Krakatau. Tempat wisata pulau di Lampung ini masuk wilayah Desa Tejang Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Sisi unik dari Pulau Sebesi adalah adanya bukit bernama Bukit Sebesi yang memiliki tinggi 844 mdpl. Pantai di Pulau Sebesi juga sangat indah dengan hamparan pulau-pulau cantik di sekelilingnya.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Sebesi, antara lain naik kano, snorkeling, hingga mendaki gunung di Pulau Sebesi.

Sudah siap menjelajahi pantai di Lampung? Yuk, rencanakan liburan bersama AntaVaya. Kamu bisa puas island hopping dengan nyaman dan aman. AntaVaya, the SMART way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!