Smart Guide Smart News

Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia 2019 (Internasional)8 min read

21 June 2019

author:

Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia 2019 (Internasional)8 min read

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Selain rute domestik, Garuda Indonesia juga melayani penerbangan internasional. Jatah bagasi gratis serta harga kelebihan bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional tentu berbeda dengan rute domestik. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui biaya bagasi Garuda Indonesia sebelum memilih maskapai ini.

Mau tahu informasi lengkap seputar jatah bagasi dan kisaran biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia rute internasional tahun 2019? Simak uraiannya di bawah ini!

A. Dua Kategori Bagasi Garuda Indonesia

Bagasi Kabin dan Terdaftar Garuda Indonesia
Sumber: Instagram traveler_station

Sebelum membahas biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu dua kategori bagasi pada maskapai ini.

1. Bagasi tidak terdaftar (kabin): barang bawaan yang boleh diletakkan di dalam kabin dengan berat 7 kg.
2. Bagasi terdaftar/tercatat: barang/benda yang ditimbang dan dibawa ke bagasi atau kompartemen kargo pesawat sehingga tidak dapat diakses penumpang selama penerbangan.

B. Ketentuan Jatah Bagasi Gratis Garuda Indonesia (Internasional)

Sebelum membahas biaya kelebihan bagasi, kita bahas dulu seputar ketentuan jatah bagasi gratis yang diberikan maskapai Garuda Indonesia. Untuk rute internasional, jatah bagasi gratisnya jauh lebih banyak dibandingkan rute domestik. Inilah ketentuan bagasi bebas biaya untuk penumpang yang berpergian dengan layanan internasional Garuda Indonesia.

1. Jatah Bagasi Kabin

Jatah Bagasi Kabin Garuda Indonesia
Sumber: Unsplash

Setiap penumpang Garuda boleh membawa bagasi tangan ke dalam kabin seberat 7 kg. Bagasi dapat ditaruh di kompartemen di atas kepala atau di bawah kursi penumpang.

– Ukuran bagasi: maksimum panjang 56 cm, lebar 36 cm, dan tebal 23 cm. Jumlah ketiga dimensi tersebut tidak boleh melebihi 115cm.
– Kecuali untuk Economy Class CRJ dan ATR: panjang maksimal 41 cm, lebar 34 cm, atau tebal 17 cm. Dimensi maksimal ketiganya tidak lebih dari 92 cm.

Dimensi di atas termasuk roda, pegangan, dan kantong sisi. Kursi roda lipat, alat bantu atau peralatan khusus lainnya yang dibutuhkan oleh penumpang berkebutuhan khusus termasuk dalam barang bawaan bebas biaya.

2. Jatah Bagasi Terdaftar Bebas Biaya

Inilah ketentuan jatah bagasi terdaftar gratis untuk penumpang rute internasional Garuda Indonesia.

Penumpang Dewasa

Bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional
Bagasi Garuda First Class dan Business Class

Penumpang dewasa Kelas Satu atau First Class mendapatkan bagasi gratis seberat 50 kg. Pengecualian khusus penerbangan asal Jeddah atau Madinah, akan mendapatkan bagasi tambahan 5 liter air zam-zam. Penerbangan antara Jepang ke semua tujuan juga akan mendapatkan bagasi gratis lebih banyak, yakni 64 kg.

Kelas Bisnis atau Business Class, penumpang dewasa Garuda Indonesia mendapatkan jatah bagasi seberat 40 kg. Pengecualiannya, penumpang asal Jeddah atau Madinah mendapatkan tambahan 5 liter air zam zam. Antara Jepang boleh membawa bagasi 64 kg, sedangkan antara US boleh membawa 2 pieces dengan ketentuan tiap tas tak boleh lebih dari 32 kg (total 64 kg).

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Mengenal 12 Macam dan Jenis Visa Serta Fungsinya

Bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional
Bagasi Garuda Economy Class

Untuk Kelas Ekonomi atau Economy Class, penumpang dewasa akan diberi bagasi seberat 30 kg. Namun, penumpang dengan tiket yang dikeluarkan di Arab Saudi dari Jeddah/Madinah ke semua tujuan boleh membawa 40 kg + 5 liter air zamzam. Sementara penumpang (dengan tiket yang tidak dikeluarkan di Arab Saudi) dari Jeddah/Madinah ke semua tujuan boleh membawa 30 kg + 5 liter air zamzam.

Untuk Kelas Ekonomi Garuda, penumpang yang berangkat antara Jepang ke semua tujuan boleh membawa bagasi 46 kg (berat masing-masing tas tidak melebihi 32 kg). Pax dengan harga pelajar dan spesial kru juga boleh membawa bagasi 40 kg di Kelas Ekonomi. Sementara penerbangan antara US ke semua tujuan boleh membawa 2 pieces yang masing-masing tasnya tidak lebih dari 23 kg.

Anak-Anak dan Bayi dengan Kursi

Bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional
Jatah Bagasi Anak dan Bayi dengan Kursi

Untuk penumpang anak-anak dan bayi Garuda dengan kursi Kelas Satu, jatah bagasinya adalah 50 kg. Untuk Kelas Bisnis, anak-anak dan bayi mendapatkan jatah 40 kg. Dan penumpang anak Garuda Indonesia Kelas Ekonomi mendapatkan bagasi gratis 30 kg. Untuk pengecualian dan jumlah bagasi tambahan lainnya, bisa dilihat pada gambar di atas.

Bayi Tanpa Kursi

Bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional
Jatah Bagasi Bayi Tanpa Kursi

1. Business Class 10 kg
2. Economy Class 10 kg
3. Business/Economy antara US ke semua tujuan 1 piece: berat masing-masing tas tidak melebihi 10 kg (22 lb), total 3 dimensi setiap tas tidak melebihi 115 cm (45 in)

Bayi yang tidak memiliki kursi mendapat tambahan 10 kg. Itu di luar 1 kereta dorong, kereta lipat, keranjang bayi, atau tempat duduk bayi yang dapat dibawa ke dalam kabin penumpang. Namun, semuanya tergantung pada ruang yang tersedia.

Selain itu, ada bagasi tambahan untuk anggota GarudaMiles (grup atau individu). Namun, bagasi tambahan tidak berlaku saat musim Haji.
– Silver Card: 5 kg
– Gold Card/EC Plus Card: 15 kg
– Platinum Card/GIC Card: 20 kg

C. Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia Layanan Internasional

Nah, sekarang kita masuk dalam poin utama pembahasan kali ini. Namun sebelumnya patut diingat, semua referensi biaya kelebihan bagasi di bawah ini hanya berlaku jika dioperasikan oleh pesawat Garuda Indonesia saja. Jika dioperasikan oleh operator lain, biaya kelebihannya merujuk pada operator bersangkutan.

Kami akan membagi rincian biaya kelebihan bagasi Garuda Indonesia menjadi dua, yaitu dari dalam ke luar negeri dan dari luar ke dalam negeri.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Info Terbaru! Sriwijaya Air dan NAM Air Pindah dari Adisutjipto ke YIA

1. Harga Kelebihan Bagasi Garuda dari dalam ke Luar Negeri

Rincian Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional dari dalam ke Luar Negeri
Rincian Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia

Harga bagasi berlebih Garuda untuk sektor internasional dari dalam ke luar negeri masih dikenakan dalam rupiah. Harganya bervariasi, mulai dari Rp108.000 hingga Rp623.000. Penerbangan Ambon-Amsterdam misalnya, biayanya Rp623.00/kg. Penumpang Garuda Jakarta-London akan dikenakan Rp215.000/kg untuk bagasi berlebih. Sementara rute Jakarta Osaka, biaya bagasi Garuda Indonesia adalah Rp360.000/kg.

Jika berangkat dari Denpasar ke Amsterdam, kamu harus membayar harga bagasi Garuda sebesar Rp514.000/kg. Penerbangan dari Bandung ke Singapura harga bagasinya adalah Rp180.000/kg. Lalu dari Tanjung Pandan menuju Singapura, biaya bagasi lebihnya adalah Rp108.000/kg.

Biaya bagasi Garuda lainnya dari dalam ke luar negeri bisa kamu lihat dalam tabel atau mencari manual di halaman ini.

2. Harga Kelebihan Bagasi Garuda dari Luar ke dalam Negeri

Rincian Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia Rute Internasional (dari luar ke dalam negeri)
Rincian Terbaru Biaya Kelebihan Bagasi Garuda Indonesia

Bagasi berlebih Garuda Indonesia dari luar ke dalam negeri dikenakan biaya dalam berbagai mata uang, sesuai dengan titik keberangkatannya. Misalnya penerbangan dari Jeddah ke Jakarta akan dikenakan biaya bagasi berlebih sebesar 117 SAR. Terbang dari Singapura ke Jakarta biaya bagasi berlebih Garuda adalah 12 SGD. Lalu terbang dari Hong Kong ke Jakarta biayanya adalah 219 HKD.

Apabila kamu terbang dari Bangkok menuju Jakarta, kelebihan bagasi akan dikenakan biaya 480 THB/kg. Sedangkan dari Bangkok ke Yogyakarta dikenakan biaya 465 THB. Buat kamu yang akan terbang dari Tokyo ke Jakarta, biaya kelebihan bagasinya adalah 4290 JPY. Lalu dari Shanghai ke Labuan Bajo biayanya adalah 229 CNY.

Selebihnya, kamu bisa melihat langsung biaya bagasi Garuda Indonesia dari luar ke dalam negeri di tabel di atas atau di halaman ini.

D. Bagasi Tambahan Garuda (Prepaid Baggage)

Wah, ternyata lumayan juga biaya bagasi Garuda Indonesia yang belebih. Tapi jangan khawatir, ada cara kok untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Caranya adalah membeli bagasi tambahan Garuda sejak awal alias Prepaid Baggage Garuda. Dengan membeli ekstra bagasi di awal, kamu bisa lebih hemat hingga 10%.

Prepaid excess baggage Garuda bisa dibeli di Kantor Penjualan Garuda Indonesia, website, atau mobile app Garuda Indonesia maksimum 24 jam sebelum keberangkatan. Khusus untuk pembelian melalui website atau mobile app Garuda Indonesia, pembelian prepaid excess baggage harus dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket pesawat.

Syarat dan Ketentuan Pembelian Prepaid Excess Baggage Garuda:

– Barang/bagasi yang diperkenankan dan tidak diperkenankan untuk dibawa mengikuti ketentuan bagasi pada saat check-in yang dikeluarkan oleh Garuda Indonesia.
– Paket prepaid baggage tersedia dalam 8 (delapan) paket: 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, 35 kg, dan 40 kg.
– Satu penumpang per-sektor hanya boleh membeli 1 paket saja.
– Berlaku untuk tiket Garuda Indonesia dengan rute domestik dan Internasional.
– Tidak berlaku untuk penerbangan interline ticket (codeshare) dengan maskapai lain.
– Jika terjadi perbedaan/selisih antara prepaid baggage yg sudah dibeli dengan actual cecked Baggage on board, maka selisih tidak dapat dikembalikan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Data di Paspor Salah? Ini Syarat, Prosedur, dan Cara Mengubahnya

Rincian Biaya Ekstra Bagasi Garuda Indonesia

Rincian Harga Prepaid Baggage Garuda Indonesia Rute Internasional
Rincian Harga Prepaid Baggage Garuda Indonesia Rute Internasional

Harga prepaid excess baggage bervariasi tergantung rute dan jarak yang ditempuh. Mata uang yang digunakan juga beragam. Kita ambil contohnya, untuk penerbangan dari Amsterdam menuju Ambon, penumpang akan dikenakan biaya 153 EUR untuk 5 kg, 306 EUR untuk 10 kg, 459 EUR untuk 15 kg, 612 EUR untuk 20 kg, 765 EUR untuk 25 kg, 918 EUR untuk 30 kg, 1.071 EUR untuk 35 kg, dan 1.224 EUR untuk 40 kg.

Dari Jakarta ke Amsterdam, biaya ekstra bagasi Garuda Indonesia adalah Rp4.626.000 untuk 5 kg, Rp2.313.000 untuk 10 kg, Rp6.939.000 untuk 15 kg, Rp9.252.000 untuk 20 kg, Rp11.565.000 untuk 25 kg, Rp13.878.000 untuk 30 kg, Rp16.191.000 untuk 35 kg, dan Rp18.504.000 untuk 40 kg.

Lalu penerbangan dari Singapura menuju Bandung, biayanya 45 SGD untuk 5 kg, 90 SGD untuk 10 kg, 135 SGD untuk 15 kg, 180 SGD untuk 20 kg, 225 SGD untuk 25 kg, 270 SGD untuk 30 kg, 315 SGD untuk 35 kg, 360 SGD untuk 40 kg. Kemudian penerbangan Bangkok ke Beijing akan dikenakan biaya 4.815 THB untuk 5 kg, 9.630 THB untuk 10 kg, 14.445 THB untuk 15 kg, 19.260 THB untuk 20 kg, 24.075 THB untuk 25 kg, 28.890 THB untuk 30 kg, 33.705 THB untuk 35 kg, 38.520 THB untuk 40 kg.

Ketentuan biaya ekstra bagasi atau prepaid baggage Garuda Indonesia lainnya bisa dilihat dalam tabel atau dicari manual dalam halaman ini.

Nah, sekarang kamu tidak perlu kebingungan lagi mencari rincian biaya bagasi Garuda Indonesia rute internasional. Persiapan liburan ke luar negeri pun menjadi lebih mudah. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog Antavaya.com untuk mendapatkan informasi traveling paling up to date. Yuk rencanakan perjalanan kamu dengan baik bersama Antavaya. The smart way to travel!

2 Comments
  1. Riko

    Sekarang air zamzam TIDAK FREE lagi di garuda. Dan dihitung jatah bagasi perorangan

    • Rosita

      Halo Bapak Riko, terima kasih atas informasinya :D

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!