Smart News

Kangen Liburan ke Luar Negeri? 7 Negara Ini Sudah Dibuka untuk Wisatawan Lho4 min read

8 July 2020

author:

Kangen Liburan ke Luar Negeri? 7 Negara Ini Sudah Dibuka untuk Wisatawan Lho4 min read

Sudah siap traveling di era new normal? Jika sudah, AntaVaya punya informasi penting mengenai daftar negara-negara di dunia yang sudah dibuka untuk wisatawan.

Memang lebih banyak yang harus kamu siapkan jika memutuskan ingin liburan di tengah pandemi COVID-19 seperti ini. Di dunia pariwisata, protokol kesehatan menjadi sangat penting untuk mencegah penularan virus.

Banyak negara yang sudah dan akan membuka dirinya untuk dikunjungi turis, namun dengan berbagai aturan dan ketentuan masing-masing. Lalu, negara mana saja yang sudah dibuka untuk dikunjungi wisatawan? Yuk, intip daftarnya di bawah ini.

1. Yunani Dibuka untuk Turis dengan Ketentuan Berikut

Yunani Siap Menyambut Turis - Sumber: Pixabay
Yunani Siap Menyambut Turis – Sumber: Pixabay

Yunani adalah negara yang sudah mulai dibuka untuk dikunjungi wisatawan. Setelah lockdown yang cukup ketat, penambahan jumlah kasus COVID-19 di negara yang memiliki banyak tempat wisata keren ini sudah menurun.

Per 7 Juli 2020, ada 27 kasus COVID-19 baru di Yunani. Dilihat dari kondisi tersebut, Yunani pun siap menyambut kedatangan wisatawan ke negaranya.

Pada akhir April lalu, Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis menyatakan negaranya siap menyambut turis mulai 1 Juli. Prosedur kesehatan pun mulai diberlakukan untuk kenyamanan dan keamanan turis, mulai dari bandara, hotel, hingga tempat wisata.

Wisatawan asing yang datang pun akan diperiksa ketat soal kesehatannya. Mereka juga harus mengisi formulir di bandara yang mencakup informasi pribadi dan nomor tempat duduk pesawat.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Tiket Promo SQ, Jalan-Jalan ke Luar Negeri Mulai 1,9 Juta!

Buat kamu yang mau liburan ke Yunani dalam waktu dekat, jangan lupa cek juga contoh itinerary 7D Yunani dan Santorini di sini.

2. Islandia Dibuka untuk Wisatawan Mulai Juni

Ketentuan Mengunjungi Islandia - Sumber Pixabay
Ketentuan Mengunjungi Islandia – Sumber Pixabay

Beda dengan Yunani, wisatawan yang berlibur ke Islandia diwajibkan untuk menjalani karantina selama 2 minggu. Mereka juga diwajibkan untuk dites COVID-19 serta menunjukkan surat keterangan sehat dari lembaga kesehatan negara asal.

Demi keamanan, Islandia bahkan menggunakan aplikasi pelacakan penularan penyakit bernama Rakning C-19 untuk memberhentikan rantai penularan Covid-19.

Perdana Menteri Katrín Jakobsdóttir mengumumkan negaranya kembali menerima turis pada 15 Juni 2020. Sebagai informasi, per 7 Juli 2020, hanya ada 7 penambahan kasus baru di Islandia dengan active cases sebanyak 16 orang.

3. Finlandia Kembali Membuka Penerbangan Internasional

Finlandia Kembali Membuka Penerbangan Internasional - Sumber Needpix
Finlandia Kembali Membuka Penerbangan Internasional – Sumber Needpix

Finlandia merupakan salah satu destinasi favorit untuk liburan musim dingin di Eropa dan lokasi terbaik untuk melihat aurora.

Pada bulan Maret, Finlandia sempat menutup aksesnya, namun kembali membuka dirinya untuk penerbangan internasional sejak Mei lalu.

Per 7 Juli 2020, penambahan jumlah kasus baru di Finlandia hanyalah 5 orang. Hal inilah yang membuat Finlandia mulai membuka dirinya.

Namun, berbagai aturan dan protokol kesehatan diberlakukan Finlandia di era new normal ini. Salah satunya adalah harus memiliki dokumentasi yang membuktikan bahwa penumpang mengantongi hak untuk memasuki negara tersebut.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Info Terbaru! Ini 10 Aturan Membawa Power Bank Saat Naik Pesawat

4. Inggris Mewajibkan Karantina untuk WNA

Inggris Mewajibkan Karantina untuk WNA
Inggris Mewajibkan Karantina untuk WNA

Sudah cukup banyak negara yang mulai memberlakukan new normal, salah satunya adalah Inggris. Inggris mulai melonggarkan akses keluar masuk negaranya mulai Juni, ditandai dengan dibukanya jalur penerbangan internasional.

Jika ingin berkunjung ke Inggris dalam waktu dekat, kamu diwajibkan untuk melakukan karantina selama 14 hari. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus karena masih ada 581 kasus baru pada 7 Juli 2020.

5. Dubai Siap Menyambut Datangnya Wisatawan

Dubai Siap Menyambut Datangnya Wisatawan - Sumber Unsplash
Dubai Siap Menyambut Datangnya Wisatawan – Sumber Unsplash

Pemerintah Dubai, Uni Emirat Arab, negara dibuka untuk wisatawan mulai bulan Juli. Sejumlah kawasan wisata bahkan sudah menyiapkan kegiatan untuk menyambut kedatangan wisatawan.

Jargon “Dubai Dibuka Kembali” secara masif diberitakan melalui berbagai saluran dan platform. Bagian imigrasi juga telah menyiapkan stiker selamat datang yang nantinya akan ditempel di paspor pengunjung.

Namun, kamu jangan kaget kalau melihat para petugas akan berkeliling bandara mengenakan pakaian hazmat. Ini dilakukan demi menjamin kesehatan dan kenyamanan para turis yang datang.

Dubai juga sudah menyiapkan mesin penjual otomatis yang tidak hanya menjual makanan atau minuman, tetapi juga alat-alat perlindungan diri.

Ada syarat yang harus kamu penuhi, jika ingin liburan di Dubai, di antaranya hasil tes PCR atau tes usap (swab) negatif dengan tanggal 4 hari sebelum penerbangan. Jika tidak, wisatawan akan dites saat kedatangan dan wajib karantina sampai dinyatakan negatif.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Syarat Visa Schengen untuk Liburan ke Spanyol dan Portugal, Sudah Tahu?

Untuk inspirasimu, lihat contoh itinerary Dubai di sini.

6. Italia Berencana Mulai Menerima Wisatawan

Italia Berencana Menerima Wisatawan  - Sumber Flickr
Italia Berencana Mulai Menerima Wisatawan – Sumber Flickr

Italia sempat dikabarkan sebagai salah satu negara yang terdampak COVID-19 paling parah beberapa bulan lalu. Namun, negara ini akan mulai membuka pintu untuk wisatawan asing mulai bulan Juli atau Agustus mendatang.

Rencana ini masih belum pasti karena masih melihat kondisi di lapangan. Kamu sendiri, tempat wisata di Italia apa yang paling ingin kamu kunjungi?

7. Spanyol Akan Kembali Dibuka Agustus Mendatang

Spanyol Akan Dibuka Agustus Mendatang  - Sumber Unsplash
Spanyol Akan Dibuka Agustus Mendatang – Sumber Unsplash

Lockdown di Spanyol adalah salah satu yang paling ketat di Eropa. Namun, negara ini berencana ingin membuka kembali penerbangan internasional pada awal Agustus mendatang.

Tentunya para pelancong sudah tidak sabar ingin segera menjelajahi keeksotisan Spanyol yang sangat ini. Kita doakan saja semoga kondisi dunia semakin membaik ya, AntaVaya Fellas.

Itulah tujuh negara yang mulai membuka dirinya untuk wisatawan asing. Dari daftar di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi? Kemana pun tujuannya, liburannya harus bareng AntaVaya ya!

Pesan Tour di AntaVaya

One Comment
  1. Nalika kusnan

    Mau dong Apply Visa untuk ke Yunani. Butuh syarat & cek up covid apa aja untuk kesana? Disananya hrs karantina 14 hr dl gak? Makasih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!