Smart Itinerary

Contoh Itinerary Liburan Hemat ke Sydney 5 Hari 4 Malam10 min read

12 July 2019

author:

Contoh Itinerary Liburan Hemat ke Sydney 5 Hari 4 Malam10 min read

Menyusun itinerary sebelum pergi berlibur sangatlah penting. Meskipun mungkin pada nyatanya ada saja jadwal atau tempat wisata yang melenceng, setidaknya kamu memiliki gambaran apa saja yang ingin dilakukan di tempat berlibur. Apalagi jika kamu berniat liburan ke luar negeri, Sydney misalnya. Wajib sekali membuat itinerary liburan ke Sydney.

Antavaya akan membantumu membuat panduan dan contoh itinerary liburan ke Sydney 5 hari 4 malam untuk referensi traveling kamu. Itinerary kali ini sangat sesuai jika kamu mempunyai budget yang minim untuk liburan ke Sydney. Yuk, langsung saja kita simak bersama rencana jalan-jalan hemat ke Sydney di bawah ini!

Hari 1: Terbang dari Indonesia Menuju Sydney

Perjalanan menuju Sydney merupakan penerbangan panjang yang cukup melelahkan. Tak jarang kamu harus mengambil penerbangan transit menuju Sydney. Umumnya Jakarta-Sydney membutuhkan waktu 11-20 jam.

Jika ini pertama kalinya kamu pergi liburan ke Sydney, sebaiknya ikut saja paket tur yang ditawarkan Antavaya. Antavaya.com adalah agen perjalanan terpercaya yang memberi kemudahan berlibur bagi keluarga kamu.

Dengan paket tur bertajuk “5D Sydney & Floriade Flower Festival Super Sale”, kamu akan diajak mengelilingi destinasi-destinasi seru di Kota Sydney. Di itinerary hari pertama, peserta tur akan diminta berkumpul pada malam hari di Bandara International Soekarno-Hatta untuk terbang menuju Sydney, Australia.

Maskapai yang disediakan juga tak tanggung-tanggung, yakni Garuda Indonesia. Karena sudah disediakan penerbangan pulang-pergi, kamu akan lebih hemat dan tak perlu repot memesan tiket pesawat menuju Sydney. Tinggal datang ke bandara, langsung cusss deh!

Hari 2: Mengunjungi Destinasi Terkenal di Sydney

Itinerary liburan ke Sydney 5 hari 4 malam sudah masuk di hari kedua. Saatnya mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Sydney.

1. Bondi Beach, Pantai Paling Populer di Australia

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram sweetasaberi

Itinerary liburan ke Sydney 5 hari 4 malam tanpa mengunjungi Bondi Beach ibarat makan sayur tanpa garam. Pantai ini memang destinasi yang sangat terkenal di Sydney. Meski tak pernah sepi, Bondi Beach sangat asik untuk dikunjungi. Malah keramaiannya menjadi salah satu daya tariknya, lho.

Bersama Antavaya, kamu akan diajak melewati Kings Cross dan The Rocks untuk menuju pantai kota sepanjang 1 km berpasir putih keemasan ini. Lalu, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Bondi Beach? Wah, banyak sekali. Sekadar jalan-jalan santai sambil foto-foto di sini saja sudah menyenangkan. Kamu juga bisa mendatangi berbagai cafe unik dan lucu di sekitar pantai.

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram n.thanya.27

Jika ingin menghemat budget liburan, gelar saja kain atau tikar sambil menikmati bekal yang kamu bawa. Selain itu, fasilitas Bondi Beach sangat komplit dan lahannya luas. Dijamin kamu akan betah dan nyaman berlama-lama di sini. Apalagi Bondi Beach sangat bersih dan tertib.

Kalau mau berenang di sini juga boleh banget. Tapi, jangan lupa perhatikan warna bendera pantai karena beberapa wilayah dikhususkan untuk berselancar karena ombaknya besar. Area yang aman untuk berenang ditandai dengan bendera hijau dan bendera merah-kuning. Jangan lupa mampir ke Bondi Iceberg, kawasan kolam renang di samping pantai yang sangat indah dan aman untuk berenang.

2. Melihat Harbour Bridge dan Sydney Opera House dari Mrs Macquarie’s Chair

Contoh Itinerary Liburan ke Sydney
Sumber: Instagram uvcandervee_

Sydney Opera House merupakan salah satu ikon paling terkenal di Australia. Salah satu spot terbaik untuk melihat landmark ini adalah Mrs Macquaries Points. Di sinilah tempat foto terbaik untuk mendapatkan foto dengan latar Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Lokasinya berada di dekat area Royal Botanic Garden sehingga suasanya sangat asri dan indah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Petualangan Seru Liburan ke Amerika: Itinerary Wisata 10 Hari

Saat tahun baru, tempat wisata Sydney ini pasti dipenuhi pengunjung karena jadi salah satu titik paling pas untuk menonton pesta kembang api. Dari Mrs Macquarie’s Chair kamu pun bisa melihat laut, Royal Botanic Gardens, gedung-gedung tinggi, hingga kapal pesiar dan perahu yang hilir mudik. Keren!

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Flickr

Semilir angin akan membuat kamu ngantuk hingga betah duduk berjam-jam di sini. Apalagi di sini banyak disediakan kursi taman. Truk penjual makanan juga ada, jadi kamu bisa piknik sambil menikmati pemandangan.

Mrs Macquarie’s Chair sebenarnya adalah batu yang dipotong sedemikian rupa dan dibentuk seperti kursi panjang. Nama tersebut diambil dari Mrs Macquarie, istri dari gubernur New South Wales pada tahun 1810-1821. Di titik ini, sang istri suka duduk memandangi kapal yang lalu lalang di Pelabuhan Sydney. Dari sanalah dibuat Mrs Macquarie’s Chair dan Mrs Macquarie’s Point dan akhirnya berujung ke pembuatan jalan atas nama Mrs Macquarie’s.

3. Berburu Oleh-Oleh di Paddy’s Market Sydney

Contoh Itinerary Liburan ke Sydney
Sumber: Instagram thexsox

Kamu wajib memasukkan jadwal belanja oleh-oleh dalam itinerary liburan ke Sydney 5 hari 4 malam. Di Sydney, ada tempat belanja suvenir yang murah sekaligus fotogenik, yaitu Paddy’s Market. Pastikan kamu mengunjungi Paddy’s Market yang ada di Chinatown supaya liburan lebih hemat. Paddy’s Market lainnya jaraknya cukup jauh, yaitu di daerah Flemington.

Jika kamu ikut paket tur Sydney 5 hari 4 malam dari Antavaya, tentu kamu tak perlu khawatir salah mengunjungi tempat wisata. Semuanya sudah diatur dengan baik sehingga kamu dan rombongan tinggal menyiapkan energi dan semangat saja.

Contoh Itinerary Liburan ke Sydney
Sumber: Instagram boyable

Paddy’s Market sendiri adalah pasar tradisional yang letaknya di lantai dasar mal Market City. Paddy’s Market adalah nama pasarnya, sedangkan Market City adalah nama bangunan tempat pasar ini berada. Letaknya sangat strategis, hanya 10 menit jalan kaki dari stasiun central atau 10 menit jalan kaki dari Darling Harbour. Daripada bingung dan repot, mending ikut saja tur dari Antavaya yang transportasinya sudah terjamin. Kamu bisa menghemat waktu dan biaya.

Market City buka tiap hari, sedangkan Paddy’s Market buka hari Rabu sampai Minggu pukul 9 pagi hingga 5 sore. Saat weekend, biasanya pasar ini ramai sekali. Kalau ingin berbelanja pas pasar sepi, datanglah saat pagi. Namun menjelang pasar tutup, biasanya harga barang akan lebih murah, lho.

Paddy’s Market cukup nyaman, bersih, dan rapi. Jarak antar kios juga cukup lebar. Tapi perlu kamu tahu, oleh-oleh Sydney yang dijual di sini kebanyakan buatan China. Barang asli Australia lebih banyak dijual di The Rock Market, Paddington Market, QVB Shop, atau Ken Done Store. Tapi, beli oleh-oleh di Paddy’s Market dijamin lebih murah dan bisa ditawar. Asik banget deh belanja oleh-oleh di sini!

Hari 3: Menikmati Pemandangan Alam Sydney yang Indah

Hari ketiga liburan di Sydney! Bersama Antavaya, kamu akan diajak melihat pemandangan alam Sydney yang terkenal indah. Destinasi mana saja yang wajib dikunjungi? Simak terus, ya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Kejutan Angpau AntaVaya di Blibli.com - Cashback Hingga Rp888rb

1. Legenda Mirip Malin Kundang di Katoomba dan Echo Point Lookout

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram christythy

Jika di Indonesia ada kisah Maling Kundang, ternyata Australia punya legenda yang hampir mirip lho. Di Blue Mountains, ada kisah tiga orang gadis yang berubah menjadi batu. Blue Mountains adalah wilayah pegunungan yang terletak di daerah New South Wales, sekitar 50 km dari kota Sydney. Dengan puncak setinggi 1.200 mdpl, Blue Montains menjadi salah satu destinasi favorit di Sydney.

Sementara itu, Katoomba adalah suburb Blue Mountains. Wisatawan yang naik kereta menuju Blue Mountains biasanya akan melalui jalur Katoomba. Jalanan utama di Katoomba memiliki banyak toko suvenir dan cafe yang bisa kamu kunjungi. Dari Katoomba, perjalanan akan berlanjut menuju Echo Point Look Out.

Echo Point Look Out adalah tempat terbaik untuk menikmati Blue Mountains. Dari sini, kamu bisa melihat keindahan formasi 3 bebatuan yang dikenal dengan nama Three Sisters. Three Sisters merupakan situs paling terkenal di Blue Mountains. Menjulang tinggi di atas Lembah Jamison, ketiganya memiliki nama yang berbeda. Meehi (922 m) merupakan bukit paling tinggi, Wimlah (918 m) berada di tengah-tengah, dan bukit terendah adalah Gunnedo (906 m).

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram gordon_www

Menurut legenda Suku Aborigin, Three Sisters adalah 3 orang kakak adik yang diubah menjadi batu karena jatuh cinta pada pemuda dari suku lain. Namun, ketiganya dilarang menikah karena pantangan hukum adat. Terlepas dari legenda tersebut, Blue Mountains memang sudah dihuni suku Aborigin sejak ribuan tahun lalu.

Menuruni jalan setapak dari Echo Point, kamu akan menemukan balkon di tepi tebing. Balkon tersebut diberi pagar pembatas agar wisatawan bisa dengan aman menikmati keindahan Blue Mountains sambil berfoto. Pemandangan di sini memang bikin takjub, terutama saat sunrise dan sunset.

2. Memacu Adrenalin di Scenic World Blue

Contoh Itinerary Liburan ke Sydney
Sumber: Instagram mybucketlistravel

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Blue Mountains. Selain melihat Three Sisters, jangan lupa mampir ke Scenic World Blue. Scenic World di kawasan Katoomba merupakan objek wisata Sydney yang terdaftar sebagai World Heritage UNESCO. Dulunya, wilayah ini adalah pertambangan batu bara yang disulap menjadi tempat wisata Sydney.

Scenic World dibangun di atas pengunungan curam dengan pepohonan lebat di bawahnya. Kamu bisa melihat rimbun dan teduhnya pohon-pohon eukaliptus dan bunga warna-warni di kanan kiri jalan. Pemerintah setempat membangun lokasi tersebut dengan tiga jenis kereta, yaitu Skyway, Railway, dan Cableway.

Scenic Skyway adalah wahana kereta gantung raksasa yang mondar-mandir sejauh 380 m. Yang bikin menantang adalah bagian lantainya dipasang kaca sehingga kamu bisa langsung melihat ke bawah. Menikmati indahnya lembah hijau lengkap dengan air terjun Katoomba Falls dari ketinggian 270 m pasti akan membuat jantungmu berdegup kencang. Kamu juga dapat melihat Three Sisters dan Jamison Valley.

Contoh Itinerary Liburan ke Sydney
Sumber: Instagram tiffanywarnerphotography

Sementara itu, Scenic Railway adalah wahana kereta api yang terdiri dari 3 gerbong. Kereta ini akan ‘terjun’ melalui rel curam dengan sudut 52 derajat dan jarak tempuh total 310 m. Setelah kamu masuk, kereta akan turun perlahan-lahan dengan sudut curam. Kereta berhenti tepat di bibir tebing Blue Mountain. Memacu adrenalin banget, kan?

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Selain Jepang, Kamu Bisa Melihat Bunga Sakura Mekar di 13 Negara Ini!

Rel kereta api yang kini dipakai Scenic Railway dulunya digunakan untuk mengangkut batu bara. Puas berjalan-jalan di area bekas tambang batu bara Katoomba, kamu bisa naik kembali dengan Scenic Cableway. Bentuk dan cara kerjanya mirip kereta gantung. Cableway ini menarik pengunjung dari bawah lembah menuju ke permukaan melalui tebing curam. Seram tapi seru!

3. Foto-Foto Seru di Sydney 2000 Olympic Park

Contoh Itinerary Liburan ke Sydney
Sumber: Facebook Jade Lu

Sydney Olympic Park adalah kompleks olahraga dan hiburan berukuran besar di Sydney Barat. Letaknya berada di pinggiran Kota Sydney dan biasa disebut sebagai Olympic Park. Area taman ini dibangun kembali pada Olimpiade 2000. Hingga kini, fasilitas bangunan masih digunakan untuk acara olahraga, musik, dan budaya.

Di sini, kamu bisa foto-foto dengan latar belakang gedung olahraga megah dan area taman yang luas. Bisa juga sekadar duduk-duduk santai menikmati pemandangan kota Sydney yang indah. Liburan hemat ke Sydney pun bisa tercapai, deh!

Hari 4: Musim Semi di Canberra: Festival Bunga!

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram leaduvall

Australia memiliki cuaca sedang hampir sepanjang tahun. Tapi, setaip tempat iklimnya bermacam-macam karena benuanya sangat luas. Seperti semua negara di bumi bagian selatan, musim di Australia berkebalikan dengan musim di bumi sebelah utara. Pada Desember-Februari, Australia memiliki musim panas. Maret-Mei musim gugur dan Juni-Agustus musim salju. Sedangkan September-November adalah musim semi.

Jika ikut paket tur Sydney 5 hari 4 malam bersama Antavaya pada bulan September dan Oktober, kamu dapat melihat festival bunga di Australia. Ada banyak festival musim semi yang bisa kamu datangi. Salah satunya adalah Floriade Flower Festival yang ada di Canberra.

Indahnya Bunga-Bunga di Floriade Flower Festival

Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam
Sumber: Instagram the_flying_handini

Floriade Flower Festival Australia merupakan festival bunga tahunan di Canberra. Di festival ini, kamu dapat menyaksikan hamparan bunga tulip dan bunga lainnya yang bermekaran dengan indahnya. Semua itu tentu dilengkapi dengan pemandangan musim semi Canberra yang menakjubkan.

Jatuh pada musim semi, tepatnya pertengahan September hingga Oktober, festival ini diadakan di Canberra’s Commonwealth Park tiap tahunnya. Selain menikmati keindahan bunga, kamu juga bisa belajar cara berkebun, holtikultura, menikmati musik, hingga mencicipi kuliner Australia. Selain itu, perayaan budaya dan seni juga ada di sini. Bahkan, ada beberapa wahana yang bisa menambah keseruan liburan Sydney kamu.

Menampilkan lebih dari satu juta bunga, Floriade berhasil mendapatkan gelar festival bunga terbesar di belahan bumi selatan. Pastikan kamu memakai pakaian terbaik saat di sini untuk memaksimalkan hasil foto. Meskipun musim semi, suhu di Canberra lumayan dingin. Jadi, jangan lupa gunakan baju hangat saat ke sini.

Hari 5: Liburan ke Sydney Sudah Berakhir, Saatnya Pulang

Wah, tak terasa itinerary liburan Sydney 5 hari 4 malam sudah sampai di hari terakhir. Saatnya bersiap untuk pulang ke Indonesia. Bersama Antavaya, kamu akan diajak menikmati sarapan lezat di hotel impian. Setelah itu, peserta akan diantar menuju bandara.

Pesan Tur ke Sydney

Berakhir sudah jalan-jalan ke Sydney yang penuh kenangan kali ini. Tertarik ikut paket tur 5 hari 4 malam Sydney & Floriade Flower Festival Super Sale? Yuk, percayakan perjalanan kamu bersama Antavaya. Dapatkan paket liburan dengan harga terbaik. The smart way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!