Smart Guide

Masa Berlaku Paspor untuk Traveling, Benarkah Harus Lebih dari 6 Bulan?2 min read

22 November 2019

author:

Masa Berlaku Paspor untuk Traveling, Benarkah Harus Lebih dari 6 Bulan?2 min read

Berapa lama masa berlaku paspor? Ya benar, 5 tahun. Tapi, tahukah kamu kalau seseorang baru boleh pergi ke luar negeri kalau masa berlaku paspornya masih lebih dari 6 bulan? Bagaimana jika telanjur memesan tiket tanpa menyadari hal ini? Apa kamu masih bisa jalan-jalan ke luar negeri? Daripada penasaran, ikuti pembahasan di bawah ini yuk!

1. Kenapa Harus Lebih dari 6 Bulan?

Banyak yang mengatakan ketentuan masa berlaku paspor untuk traveling ke luar negeri ini berdasarkan izin tinggal yang diberikan suatu negara kepada wisatawan, yaitu maksimal 6 bulan. Jadi nanti ketika seorang WNI pulang kembali ke Indonesia, paspor orang tersebut masih aktif dan belum habis. Meskipun begitu, ada juga beberapa negara yang memberikan izin tinggal sampai 12 bulan, contohnya Australia.

2. Benarkah Harus 6 Bulan?

Sebenarnya tidak, karena pada kenyataannya tidak sedikit negara yang mewajibkan masa berlaku paspor minimal 12 bulan. Lalu, ada juga negara yang mewajibkan turis untuk memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 3 bulan, misalnya Visa Schengen melalui Belanda dan Singapura.

Jadi, tiap negara sebetulnya memiliki aturan yang berbeda. Ada yang masa berlakunya harus lebih dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, bahkan ada juga yang tetap memberikan izin tinggal asalkan selama berkunjung paspor masih berlaku. Semuanya tergantung kebijakan negara yang kita tuju.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  3 Waktu Terbaik untuk Beli Tiket Pesawat Murah

Meski begitu, sepertinya masa berlaku 6 bulan ini menjadi semacam aturan tak tertulis yang diberlakukan oleh negara tujuan liburan. Bahkan, maskapai juga mungkin memberlakukan aturan ini. Kadang jika masa berlaku sudah kurang dari 6 bulan, kita tidak bisa check-in.

3. Masa Berlaku Kurang dari 6 Bulan, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagaimana kalau kita mau jalan-jalan ke luar negeri, tapi paspor yang masa berlakunya kurang dari 6 bulan? Selalu cek ke kedutaan besar negara yang ingin kamu kunjungi mengenai syarat kebijakan masa berlaku paspor. Jangan sampai enggak jadi liburan hanya karena ketahan pihak imigrasi. Sayang kan, semua rencana traveling, biaya tiket pesawat, penginapan, serta cara membuat visa jadi mubazir.

Mungkin saja masalah tidak hanya muncul di imigrasi kedatangan, tapi kadang juga langsung tertahan di imigrasi Indonesia. Maskapai bisa saja menolak kamu boarding jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan. Sebab jika kamu ditolak di imigrasi kedatangan negara tujuan, pihak maskapai juga harus mengangkut penumpang kembali ke Indonesia karena masalah paspor.

Kalau mau liburan tanpa rasa cemas, segera ganti paspor kamu menjadi paspor baru atau upgrade menjadi e-paspor yang memiliki banyak keuntungan. Lihat cara membuat e-paspor di sini.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Waktu Terbaik ke Eropa: Jadwal Musim Liburan Low Season 2020, Hemat!

Kalau mau lebih rileks lagi, pesan paket tur di AntaVaya saja. Dijamin bebas hambatan, mudah, dan tak terlupakan pastinya. Yuk cek website Antavaya sekarang juga, the SMART way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!