Smart Itinerary

Tips Traveling Hemat: Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam14 min read

6 August 2019

author:

Tips Traveling Hemat: Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam14 min read

Selain Korea, Bangkok, dan Jepang, China juga merupakan tujuan wisata favorit turis Indonesia. Negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini punya banyak destinasi wisata yang wajib ada dalam bucket list kamu. Dengan peradaban dan kebudayaan yang besar, wisata China sangat menarik untuk dikunjungi.

Jika ini pertama kalinya kamu ingin berlibur ke China, sebaiknya buat itinerary terlebih dahulu. Atau kalau tak mau repot, kamu bisa ikut paket tur ke China bertajuk “8D China Save Supersale” dari AntaVaya. Penasaran apa saja itinerary wisata China selama 8 hari 7 malam dari AntaVaya? Simak uraiannya di bawah ini.

Hari 1: Jakarta-Singapura-Beijing

Saatnya berangkat menuju China untuk memulai petualangan seru kita. Malam ini, kamu akan diminta berkumpul di Bandara International Soekarno-Hatta untuk menuju Beijing. Namun sebelumnya, kita akan transit sebentar di Singapura. Penerbangan Jakarta-Beijing kali ini akan memakan waktu ±10 jam. Tapi jangan khawatir, kami akan menyuguhkan penerbangan yang nyaman bersama Singapore Airlines.

Hari 2: Mengagumi Indahnya Destinasi Wisata di Beijing

Akhirnya sampai juga kita di Beijing setelah sebelumnya tidur nyenyak sepanjang perjalanan di pesawat. Setibanya di Beijing, kamu akan diajak mengunjungi berbagai destinasi wisata seru di Beijing. Inilah itinerary hari kedua wisata China selama 8 hari 7 malam. Jangan lupa cek jadwal travel fair untuk mengetahui promo wisata China lainnya.

1. Tiananmen Square, Lapangan Luas yang Mengagumkan

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram rizkyapradita

Tiananmen Square atau juga dikenal sebagai Gate of Heavenly Peace adalah lapangan yang berada di pusat kota Beijing. Lapangan ini merupakan yang terluas di dunia saat ini. Pada tahun 1989, wisata China ini menjadi saksi demonstrasi berdarah yang dilakukan oleh mahasiswa. Namun, kini Tiananmen Square telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Beijing.

Ketika masuk ke kawasan ini, kamu akan disambut foto tokoh bapak bangsa China, Mao Zedong, dalam ukuran besar. Foto tersebut dipajang di Tiananmen Tower yang ketinggiannya mencapai 32 meter dengan panjang 66 meter dan lebar 37 meter. Terlihat sangat megah dengan warna merahnya yang mencolok dengan berbagai spot foto menarik di sekitarnya.

2. Forbidden City, Istana Kerajaan China yang Bersejarah

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram espurfilms

Forbidden City adalah bekas istana kerajaan China mulai dari Dinasti Ming hingga Dinasti Qing. Dibangun pada tahun 1406-1420, wisata China ini sangatlah luas dan terdiri dari 980 bangunan dengan luas sekitar 720.000 m2. Karena sejarah dan keindahannya, Forbidden City telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia yang wajib dijaga oleh UNESCO.

Banyak yang bisa kamu lakukan dan nikmati di sini. Di dalamnya, banyak penjual makanan serta toko suvenir yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh. Kamu juga bisa melihat beberapa peninggalan dinasti Ming sampai Qing. Dan yang pasti, arsitektur istana ini sangatlah indah dengan warna kuning kemerah-merahan. Spot foto yang menarik banget.

Di dalam wilayah kerajaan kita juga bisa mencicipi teh di Goverment Tea House di area Imperial Garden yang berada di bagian belakang. Uniknya, cara penyajiannya sama seperti dahulu ketika menyajikan teh untuk kaisar dan raja. Bakal jadi pengalaman yang unik banget, kan?

3. Tian Tan atau Temple of Heaven, Tempat Raja Meminta Panen Raya

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram kevlxm

Wisata China ini tak pernah sepi dari wisatawan. Temple of Heaven adalah tempat Kaisar Ming dan Qing menggelar ritual penghormatan kepada dewa agar memberikan hasil panen yang baik. Luas destinasi ini lebih dari 200 hektar, bahkan lebih luas dari Forbidden City lho.

Ada tiga bangunan utama di tempat wisata China ini. Kuil Langit tempat raja memohon panen, Kuil Puasa tempat raja memuja dewa, dan sebuah tempat terbuka yang diyakini tempat paling mujarab bagi raja untuk berkomunikasi dengan dewa. Banyak spot foto yang menarik di sini, terutama di sekitar pelataran dan tangga menuju kuil utama, yaitu Kuil Langit. Bangunannya berbentuk pagoda dengan dekorasi genting berwarna biru yang melambangkan langit.

4. Akrobatic Show Beijing yang Memukau

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram arlnovk

Paket tur AntaVaya “8D China Save Supersale” tak hanya akan mengantar kamu ke berbagai destinasi menarik di China. Tapi juga akan menyediakan konsumsi menarik serta penginapan yang nyaman. Jadi, kamu hanya perlu membawa diri saja. Sangat menggiurkan, bukan?

Nah, agenda itinerary terakhir di hari kedua wisata China kamu akan diantar untuk melihat akrobatic show. Dijamin kamu akan terkagum-kagum dengan kelincahan pemain akrobat di China. Sangat pas untuk menutup hari yang menyenangkan ini.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Korea Online Travel Fair 2020: Diskon Paket Tour Korea up to 5,9 Juta!

Hari 3: Melihat Keajaiban Dunia di Wisata China

Ini adalah hari yang dinanti-nantikan! Di hari ketiga ini, kamu akan kami ajak untuk melihat keajaiban dunia di China. Sudah bisa menebak kan? Yuk, langsung kita simak itinerary hari ketiga wisata China di bawah ini.

1. Mengagumi Indahnya The Great Wall of China

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram greatwallmylove

Belum sempurna rasanya jalan-jalan di Beijing tanpa mengunjungi The Great Wall of China. Wisata ini termasuk dalam tujuh keajaiban dunia dan merupakan destinasi andalan China. Pemandangan dari Tembok Besar China tak perlu ditanyakan lagi, sangat menawan! Selain menikmati panjangnya tembok yang mengular seperti naga, kamu juga bisa melihat pemandangan sekitar yang sangat memukau.

Tembok ini mulai dibangun sekitar tahun 220–206 SM. Luasnya lebih dari 8.000 km, termasuk jalan dan bangunan lainnya. Tembok Besar China dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1987. Besarnya ukuran dan panjangnya tembok tersebut merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga. Menariknya lagi, konstruksi megah ini terlihat dari bulan selain Kakbah yang ada di Mekkah. Keren!

2. Summer Palace, Taman Terindah di China

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram samanthacecilerose

Berada di Summer Palace akan membuat kamu merasa seperti anggota kerajaan. Terletak di Barat Laut Distrik Haidian, Beijing, wisata China ini merupakan taman terindah di China yang terkenal akan pemandangan alam dan sejarah budayanya. Saking indahnya, tempat ini memiliki julukan “The Museum of Royal Garden”.

Summer Palace mulai dibangun pada tahun 1750 dan digunakan sebagai area hiburan serta taman mewah untuk anggota kerajaan. Luasnya sekitar 300 hektare dan terdiri lebih dari 3.000 bangunan. Area bangunannya sendiri memiliki luas lebih dari 70.000 m2, termasuk pavilliun, menara, jembatan, dan koridor. Tiga perempat bagian dari Summer Palace adalah air dan Danau Kunming. Gabungan taman, air, danau, dan bangunan yang indah serta megah dijamin akan membuat kamu terkagum-kagum.

3. Olympic Bird’s Nest Stadium yang Mirip Sarang Burung

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram cynthia_cuaca

Beijing National Stadium terletak di dalam kawasan Beijing Olympic Park. Stadion olahraga ini dibangun megah dengan arsitektur mirip sarang burung. Karena memiliki bentuk yang unik, tempat wisata China ini selalu didatangi wisatawan sebagai photo stop yang menarik. Tempat ini sangat indah pada sore dan malam hari. Sementara saat siang, udaranya cukup panas dan gersang.

Dulunya stadion ini dibangun untuk keperluan penyelenggaraan olimpiade beijing tahun 2008. Biaya pembangunannya juga cukup fantastis dengan kapasitas penonton hampir 100.000 orang. Pokoknya, wajib foto di sini kalau wisata ke China!

4. Mencicipi Enaknya Roasted Duck Beijing

Itinerary Wisata China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram live_the.good_.life

Mencoba Roasted Duck saat liburan di China hukumnya wajib. Pada malam ini, kamu akan kami ajak untuk mencicipi kuliner lokal khas Beijing untuk menutup itinerary hari ketiga di China.

Hari 4: Menenangkan Diri Sambil Belanja di Shuzou

Pagi ini dengan Bullet Train, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Suzhou. Setibanya di Suzhou, kamu akan diajak mengunjungi Canglang Pavilion Garden untuk menikmati keindahan alam. Dilanjutkan dengan mengunjungi Yi Ou Lai Factory Outlet–Suzhou Village, pusat perbelanjaan baru di Suzhou.

1. Canglang Pavilion Garden, Taman Cantik yang Damai

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Instagram jack_jiang_113

Canglang Pavilion Garden adalah salah satu taman klasik di Suzhou yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Paviliun ini dibangun pada 1044 M oleh penyair dinasti Song Su Shunqin (1008-1048). Taman tertua di Suzhou ini memiliki luas 1,6 hektare dan dibagi menjadi dua bagian utama. Tempatnya sangat tenang dan masih sepi dari wisatawan. Jadi, kamu bisa menenangkan pikiran sejenak di sini.

Terletak di cabang Sungai Fengxi yang membentuk kolam teratai, taman ini memiliki 108 jendela dengan desain yang unik. Kolamnya pun terlihat tenang dipadu dengan beberapa pohon bambu di sekitarnya.

2. Yi Ou Lai Factory Outlet–Suzhou Village

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Instagram maryong1222

Pusat perbelanjaan di Shuzou ini didesain mirip seperti Eropa. Sangat keren untuk latar foto. Di sini kamu bisa memuaskan hasrat belanja sambil menikmati pemandangan yang indah. Kamu akan menemukan berbagai merek terkenal di sini. Tak hanya dilengkapi taman-taman cantik yang berada di bagian depan, wisata China ini juga sangat rapi dan dirawat dengan baik.

Di sekitar toko juga banyak restoran yang menjual berbagai hidangan enak dengan harga terjangkau. Pastikan kamu mencoba beberapa menu selama berada di sini. Worth it!

Hari 5: Dari Suzhou Lalu ke Hangzhou

Pagi ini, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Hangzhou. Setibanya di Hangzhou, kamu akan diajak menyusuri West Lake dengan legenda ular putihnya yang terkenal. Dilanjutkan dengan mengunjungi Yue Fei Temple, kuil yang dibangun untuk mengenang jasa Jenderal Yue Fei. Setelah itu, kita akan ke Leifeng Pagoda. Ditutup dengan makan malam menu khas Hangzhou, yaitu Beggar Chicken.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ke Jepang Pertama Kali? Ini 7D Itinerary Tak Terlupakan

1. Legenda Siluman Ular Putih di West Lake Hangzhou

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Instagram key_lch

Siluman ular putih adalah legenda paling terkenal di China. Konon, legenda itu terjadi di sebuah danau cantik bernama West Lake yang berada di Hangzhou. Legenda itu pula yang membuat West Lake selalu ramai dikunjungi wisatawan. Membentang seluas 5,6 km2, danau ini menjadi pusat kehidupan spiritual warga China selama beberapa dinasti.

Ada beberapa kawasan yang bisa kamu kunjungi di sini. Yang terbesar adalah Outer Lake, dikelilingi oleh North Inner Lake, Yuehu Lake, West Inner Lake, dan Lesser South Lake. Pemandangan di sini tak perlu ditanya, sangat indah! Kamu akan melihat danau yang dikelilingi perbukitan hijau lengkap dengan rumah peristirahatan para kaisar dan pagoda-pagoda indah.

Kegiatan favorit di West Lake adalah naik perahu dan berkeliling danau. Selama berkeliling kamu akan disuguhkan pemandangan mengagumkan dari Three Pools Mirroring the Moon, Solitary Hill, Two Peaks Embracing the Sky, dan Temple of Soul’s Retreat. Jangan lupa kunjungi juga Broken Bridge, jembatan tempat bertemunya siluman ular putih dengan suaminya, Xu Xian.

2. Belajar Sejarah Jenderal Besar China di Yue Fei Temple

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Instagram cathjenie

Wisata sejarah di China ini adalah tempat yang tepat jika kamu ingin mempelajari sejarah Yue Fei. Yue Fei adalah jenderal perang yang dicintai oleh rakyat karena kebaikan dan jasanya. Namun, ia dituduh oleh orang yang tidak menyukainya sehingga dihukum mati oleh raja. Setelah kebenaran terungkap, rakyat pun membuat Tomb of Yue Fei untuk mengenangnya.

3. Memandang Indahnya West Lake dari Atas Leifeng Pagoda

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Instagram jme.sees

Jalan-jalan ke Hangzhou tak lengkap tanpa mengunjungi Leifeng Pagoda. Sama seperti West Lake, Leifeng Pagoda juga berkaitan erat dengan legenda siluman ular putih. Konon, siluman yang bernama Bai Suzhen dikurung di pagoda ini oleh seorang biksu bernama Fahai.

Pagoda ini tak lagi dalam bentuk aslinya. Pada 1924, pagoda pernah rubuh dan direnovasi pada tahun 2002. Penyebabnya adalah banyak warga yang mencuri batu bata dari pagoda dan dijadikan serbuk obat. Mayarakat meyakini bahwa bagian dari Pagoda Leifeng memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan baik untuk ibu hamil.

Meski tak lagi dalam bentuk aslinya, pagoda ini sangatlah indah dan megah. Setiap lantainya dihias dengan ukiran kayu sepanjang dinding yang menggambarkan cerita legenda ular putih. Puncak plafonnya pun dilapisi dengan emas. Pengunjung dapat naik ke puncak dengan menggunakan lift. Pemandangan dari atas sangatlah indah. Kamu bisa menikmati pemandangan West Lake secara keseluruhan.

4. Mencoba Menu Khas Hangzhou, Beggar Chicken

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Instagram kuradiya

Ayam pengemis atau Beggar’s Chicken sudah lama menjadi sajian istimewa di restoran China. Proses pembuatannya yang panjang membuat menu ini tak bisa dibuat sembarangan. Seekor ayam tanpa tulang direndam selama minimal 5 jam dalam bumbu kecap, arak masak, bunga lawang, dan cengkeh. Kemudian, perut ayam diisi dengan tumisan jamur, udang, rebung, dan jahe. Tak heran rasanya sangat gurih dengan wangi rempah yang menggoda. Teksturnya juga empuk.

Setelah itu, ayam akan dibungkus daun teratai dan dimasak dalam balutan tanah liat. Seluruhnya dipanggang dalam oven selama minimal 4 jam. Saat disajikan, Beggar Chicken akan dibuka dengan palu karena lapisan tanah liatnya cukup keras. Hmm, pasti nikmat!

Hari 6: Berkeliling di Kota Modern Shanghai

Pagi ini, kita akan melanjutkan perjalanan menuju Shanghai. Kamu akan diantar mengunjungi kawasan wisata terkenal di Shanghai. The Bund, The Oriental TV Tower, Nanpu Bridge, dan Yangpu Bridge. Kamu juga akan diantar ke pusat perbelanjaan terbesar di Shanghai, yaitu Nanjing Road. Yuk ikuti terus itinerary liburan hemat wisata China 8 hari 7 malam bersama AntaVaya!

1. Pemandangan Spektakuler di The Bund Shanghai

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram nguyenhoangthythy

Hari pertama di Kota Shanghai! Wisata China yang pertama kita kunjungi adalah The Bund, kawasan wisata sungai yang dulunya adalah dermaga. Letaknya di sepanjang Sungai Huangpu, tepat di tengah kota. Dari sini, kamu dapat menikmati sensasi keindahan Sungai Huangpu disertai deretan bangunan tinggi yang menawan di kanan dan kirinya.

Gedung-gedung tinggi yang paling terkenal adalah Renaissance, Gothic, Beaux-Arts, Romanesque, dan Art Deco. Suasananya akan membuat kamu seperti berada di Eropa! Selain memandangi gedung, kamu juga dapat berfoto bersama patung-patung cantik. Sebut saja The Bund Financial Bull atau pantung banteng emas. Ada juga patung tokoh bernama Chen Yi.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  10 Rekomendasi Wisata Hits di Pulau Jawa yang Bikin Jatuh Hati

2. The Oriental Pearl TV Tower, Landmark Kota Shanghai

Tips Traveling Hemat ke China
Sumber: Flickr

Kota Shanghai identik dengan deretan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Salah satu yang paling terkenal adalah The Oriental Pearl TV Tower. Bangunan ini adalah menara siaran dengan ketinggian 468 meter, tertinggi ke-3 di China saat ini. Arsitekturnya sangat unik, menyerupai bentuk bola yang menjadi ciri khasnya. Wajib foto di spot ini kalau berkunjung ke Shanghai!

3. Nanpu Bridge yang Megah

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram sharonchenxl

Jembatan di Kota Shanghai ini sangat indah, baik pada siang atau malam hari. Di sekitarnya ada jalur pejalan kaki dan jalur untuk joging. Menariknya, kamu dapat melihat kapal feri lalu-lalang di bawah jembatan. Keren!

4. Spot Foto Cantik di Yangpu Bridge

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram astraea_theng

Tak kalah dari Nanpu Bridge, Yangpu Bridge juga sama indahnya. Arsitekturnya sangat cantik dan kokoh. Di sekitar jembatan, ada banyak tanaman ilalang yang sangat indah. Bisa jadi spot foto yang menarik, nih.

4. Nanjing Road, Pusat Belanja Modern Shanghai

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram fransiscasofjan

Jalan-jalan ke China tak lengkap tanpa belanja oleh-oleh untuk kerabat tercinta. Nanjing Road, pusat belanja modern di Shanghai ini menjual berbagai barang branded. Areanya pun cukup luas sehingga sangat nyaman jalan-jalan sambil melihat-lihat di sini. Surga belanja untuk kamu yang yang shopaholic!

Di sini juga ada beberapa toko klasik yang menjual giok, obat-obatan tradisional, serta berbagai macam kain. Restoran yang menjual berbagai makanan chinese pun bertebaran di sini.

Hari 7: Seharian Jalan-Jalan di Shanghai

Setelah santap pagi di hotel, kamu akan kami antar untuk berbelanja di Chenghuangmiao. Setelah itu, kita akan mengunjungi Starbucks Reserve yang terbesar se-Asia. Tak lupa mengunjungi daerah terkenal di Shanghai yang bergaya Prancis, yaitu Xintiandi dan Tianzifang.

1. Suasana Cheng Huang Miao Market yang Klasik

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram thetastytraveller

Di hari ketujuh wisata China, kamu akan kami ajak ke Cheng Huang Miao Market. Saat masuk ke sini, kamu pasti akan langsung teringat dengan suasana film kungfu zaman dulu. Arsitekturnya sangat klasik, khas bangunan China tempo dulu. Banyak restoran yang bisa kamu coba di sini. Ada juga toko yang menjual berbagai suvenir untuk oleh-oleh, seperti cokelat, kacang wijen, mainan, baju, serta tas.

2. Starbucks Reserve Roastery, Kedai Kopi yang Ajaib!

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram kcy_0804

Starbucks Reserve Roastery merupakan gerai kopi terkenal yang berada di Nanjing West Road. Lokasinya sangat strategis. Tempat wisata China ini sangat populer di kalangan wisatawan. Gerai Starbuck ini memang berbeda dengan kedai lainnya. Luasnya sekitar 2.700 meter persegi dan bentuk bangunannya mirip seperti museum. Sangat worth it untuk dikunjungi.

Interiornya didominasi oleh kayu berbentuk heksagonal, mulai dari furnitur hingga bagian langit-langit. Bagian paling mencolok adalah mesin kopi besar tepat di depan pintu masuk, bersebelahan dengan tumpukan karung goni berisi biji kopi. Selain menjual kopi, gerai ini juga menawarkan pengalaman berbeda dari kedai-kedai Starbucks lainnya. Bayangkan saja, kamu bisa melihat langsung proses pengolahan biji kopi. Seru!

3. Xintiandi, Paduan Nuansa Lama dan Modern

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram samuelwang1

Xintiandi adalah wisata China yang terkenal dengan kafe dan restoran berkelas international. Ciri khasnya terletak pada peninggalan bangunan klasik khas China, tapi sangat modern. Serasa di Prancis! Kawasan ini sangat hidup, lengkap dengan alunan musik sepanjang malam. Sangat cocok untuk foto-foto sekaligus melepas lelah sambil bersantai di kafe. Pencinta fotografi pasti senang berada di sini, instagramable!

4. Tian Zi Fang, Kawasan Artsy di Shanghai

Panduan Jalan-Jalan ke China 8 Hari 7 Malam
Sumber: Instagram d.pirary

Tian Zi Fang dulunya adalah kawasan hunian lama yang penuh dengan pabrik. Kini, area ini telah menjelma menjadi area yang arsty, penuh dengan bar, kafe, toko pernak-pernik, galeri, butik, hingga studio desain. Sangat cocok dikunjungi untuk bersantai di waktu malam.

Bangunannya rata-rata berarsitektur “shikumen”, yakni berdinding batu bata merah, kusen dari batu, dan pintu berbahan kayu solid. Sangat romantis!

Hari 8: Pulang ke Tanah Air Tercinta

Selesai sudah perjalanan wisata China yang penuh kenangan bersama AntaVaya kali ini. Apakah kamu sudah tak sabar memesan paket liburan ke China AntaVaya? Yuk, pesan sekarang juga untuk kemudahan dan kenyamanan traveling kamu. Kami jamin, liburan kamu akan jadi kenangan yang tak terlupakan!

Pesan Paket Liburan China 8D7N

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!