Domestik Smart Recommendation

Terbaru! Inilah 12 Spot Terbaik Melihat Sunrise di Yogyakarta dan Magelang10 min read

2 October 2020

author:

Terbaru! Inilah 12 Spot Terbaik Melihat Sunrise di Yogyakarta dan Magelang10 min read

Jika kamu ingin liburan ke Jogja dan Magelang, coba deh sempatkan mengunjungi 15 rekomendasi spot sunrise terbaik di Yogyakarta dan Magelang yang sudah AntaVaya rangkum untuk kamu.

Mencari spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Yogyakarta dan Magelang tidak sulit kok. Yuk, langsung saja simak rekomendasinya!

1. Candi Borobudur, Spot Sunrise Terbaik di Yogyakarta

Bicara soal spot tercantik untuk melihat keindahan sunrise terbaik di Yogyakarta dan Magelang, kita tak akan bisa melupakan Candi Borobudur. Candi Buddha terbesar di dunia ini terletak di Kabupaten Magelang, sekitar 40 km sebelah utara kota Yogyakarta.

Candi dengan 1460 relief dan 504 stupa ini merupakan salah satu spot paling hits untuk melihat sunrise terbaik di Magelang. Tak hanya menjadi favorit wisatawan lokal, tetapi juga turis asing yang berlibur ke Jogja.

Untuk melihat momen matahari terbit terbaik di Candi Borobudur, kamu harus menginap di Hotel Manohara yang terletak di kompleks Taman Wisata Borobudur. Soalnya, pintu masuk Candi Borobudur baru dibuka pukul 6.00 pagi.

Hotel ini memiliki akses langsung naik ke Candi Borobudur untuk mengejar sunrise. Dengan menginap di hotel ini, kamu akan dapat kesempatan emas untuk memulai petualangan di Jogja dengan melihat matahari terbit super cantik dari atas Borobudur.

Cari tahu juga kegiatan seru yang bisa dilakukan saat staycation di sini.

2. Silancur Highland, Wisata Sunrise Terbaru di Magelang

Sudah punya rencana mendatangi spot terbaik melihat sunrise di Magelang? Jangan lupakan Silancur Highland yang lagi hits banget sebagai tempat wisata baru di Magelang 2020.

Tempat wisata hits di Pulau Jawa ini menyajikan panorama alam yang sangat indah dari atas ketinggian. Suasananya juga segar dan sejuk banget lho fellas!

Dari atas ketinggian sekitar 1.300 m di atas permukaan laut, pemandangan matahari terbit di Silancur Highland benar-benar wow banget! Kamu pun akan dimanjakan dengan lanskap khas pegunungan dan perbukitan yang hijau dan bikin rileks.

Selain menyaksikan sunrise, kamu juga bisa melihat sunset yang indah di Silancur Highland. Terus, kamu juga bisa mengajak keluarga dan sahabat untuk ngopi, berkemah, dan tentunya foto-foto di sini.

Kawasan Silancur Highland juga dihiasi dengan taman bunga yang ditata indah dan rapi. Instagramable banget!

3. Svargabumi, Wisata Tengah Sawah yang Fotogenik

Saat ini, banyak banget wisata-wisata baru di sekitar Yogyakarta dan Magelang yang wajib kamu kunjungi. Nah, spot wisata baru di Magelang ini bernama Svargabumi.

Svargabumi sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang suka selfie dan foto-foto. Pemandangan wisata hits Magelang yang lokasinya dekat dengan Candi Borobudur ini fotogenik banget, lho.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sawah hijau yang membentang luas. Terus, kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dan Bukit Menoreh dari kejauhan.

Sepanjang pematang sawah, sudah disediakan jalan yang terbuat dari kayu menuju ke 22 spot selfie yang ada di sini. Jika kamu ingin melihat sunrise di Svargabumi, datanglah di akhir pekan karena tempat wisata ini buka pada pukul 6.30 pagi.

4. Nepal van Java di Kaliangkrik, Spot Hits Magelang

Satu lagi destinasi hits dan instagramable terbaru di Magelang yang wajib kamu kunjungi, yaitu Nepal van Java.

Berada di bawah lereng Gunung Sumbing, dusun ini telah menjadi spot melihat sunrise terbaik di Magelang dan Yogyakarta. Hidden gems Pulau Jawa yang indah banget!

Dusun Butuh juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Sumbing. Tempat wisata ini sempat viral di media sosial karena pemandangan rumah penduduk di lereng Gunung Sumbing yang seolah bertumpuk seperti pemandanggan di Nepal.

Oleh karena itulah, Dusun Butuh di Kaliangkrik ini disebut Nepal van Java. Pemandangannya aduhai banget, dijamin enggak nyesel menyaksikan sunrise di sini.

5. Gunung Merapi, Tempat Berburu Sunrise yang Epic

View this post on Instagram

rindu menyambut pagi dimerapi

A post shared by Adam Mirza Ahmad (@adammirzaahmad) on

Kamu juga bisa berburu sunrise terbaik di Yogyakarta dari Gunung Merapi. Sunrise di Gunung Merapi sangatlah cantik dan populer lho di Kota Jogja.

Untuk menikmati keindahannya, kamu memang harus mendaki gunung ini terlebih dahulu. Namun, semua rasa lelahmu akan terbayar lunas deh saat melihat pemandangan sunrise dari atas Gunung Merapi!

Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih untuk sampai ke puncak Merapi, yaitu jalur Selo (utara) dan Babadan (barat). Sebaiknya camping terlebih dahulu ya daripada mencoba mendaki gunung ini di waktu subuh.

6. Candi Prambanan, Cahaya Pagi dari Balik Candi

Selain Candi Borobudur, spot terbaik melihat sunrise Yogyakarta lainnya adalah Candi Prambanan. Candi yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO ini terletak 20 km dari timur Kota Yogyakarta.

Semua spot Candi Prambanan sangat keren untuk difoto, tapi yang paling populer saat sunrise adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Bayangkan saja deh betapa indahnya cahaya pagi yang mengintip dari balik candi.

Di hari biasa, Candi Prambanan tidak buka saat pagi hari. Jadi, waktu terbaik untuk melihat sunrise di Candi Prambanan adalah di hari Minggu.

7. Punthuk Setumbu, Sunrise di Negeri di Atas Awan

View this post on Instagram

Catching sunrise in Punthuk Setumbu, Magelang. It was my first time to ever set my foot on Central Java. An hour drive from Special Region of Yogyakarta. This place offers one of the best sunrises that I have ever witnessed in my life. Facing the great Mt. Merapi & Mt. Merbabu that are standing tall as ever, followed by range of mountains, Borobudur Temple, Gereja Ayam (chicken shaped church), the beautiful city of Magelang that slowly waking up from her sleep. Terima kasih, Magelang. You are one hell of a beaut! I will be back for more 🌄 📸 shot by: @reny_oktav . . . . . #exploremagelang #punthuksetumbu #sunrisecatcher #explorejateng #doyoutravel #passportnation #beautifulindonesia #exploreindonesia #indonesia #paradise #centraljava #goodvibes #travelgram #passportlife #doyoutravel #gameoftones #beautifuldestinations #travellingthroughtheworld #photooftheday #potd #globetrotter #theglobewanderer #followme #letswander #shewhotravels #sheisnotlost #letsgetlost

A post shared by Asiffa Mutia Kahfi ✨ | Travel (@nonamutii) on

Punthuk Setumbu adalah bukit setinggi 400 m yang letaknya tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Kawasan ini sering disebut dengan nama Nirwana Sunrise karena pemandangan dari puncak bukit ini begitu cantik.

Dari atas bukit, kamu bisa melihat Candi Borobudur, Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu sekaligus. Kebayang kan bagaimana cantiknya pemandangan sunrise dari atas sini?

Untuk bisa sampai ke puncak bukit Punthuk Setumbu, kamu harus mendaki tangga hingga gardu pandang sunrise yang ada di bukit ini. Dari atas bukit, kamu akan merasa seperti berada di negeri di atas awan yang begitu memesona.

8. Pantai Parangtritis, Spot Matahari Terbit yang Cantik

Pantai Parangtritis yang jadi salah satu ikon wisata Yogyakarta ini juga jadi spot terbaik untuk berburu sunrise di Jogja, lho! Pemandangan sunrise dari bibir pantai ini begitu mempesona dan sayang untuk dilewatkan.

Jika ingin pemandangan sunrise yang lebih wow, kamu bisa naik ke Bukit Parang Endog yang lokasinya dekat pantai ini. Dari atas bukit, kamu bisa duduk-duduk cantik sambil menunggu pemandangan sunrise terbaik di Jogja.

9. Puncak Suroloyo, Wisata Sunrise yang Magis di Jogja

Hampir mirip dengan Punthuk Setumbu, kawasan wisata Puncak Suroloyo juga merupakan spot terbaik untuk menikmati sunrise di Yogyakarta.

Lokasi Puncak Suroloyo berada lebih atas dari Punthuk Setumbu atau tepatnya di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo yang bisa dicapai selama satu jam perjalanan dari Yogyakarta.

Untuk menikmati pemandangan sunrise dari puncak Suroloyo, kamu harus siap naik 286 anak tangga menuju puncak gardu pandang yang memiliki ketinggian di 1.019 mdpl.

Pengorbananmu sangat sebanding dengan pemandangan sunrise yang begitu indah. Bayangkan saja, kamu bisa melihat empat gunung sekaligus dari puncak!

Ada Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu, hingga Sindoro di kejauhan. Jika cuaca sedang cerah, kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari jauh. Keren kan?

10. Kebun Buah Mangunan, Populer untuk Anak Muda

Kebun Buah Mangunan merupakan lokasi agrowisata yang berada di daerah Dlingo, Bantul. Sekitar satu jam berkendara dari Yogyakarta.

Lokasi wisata yang populer di kalangan anak muda ini menawarkan pemandangan sunrise yang begitu memikat. Tak salah jika disebut sebagai salah satu spot terbaik sunrise di Yogyakarta.

Selesai melihat sunrise, kamu bisa langsung mengunjungi banyak tempat keren di sekitar Dlingo, Bantul yang dikenal memiliki banyak spot instagramable.

11. Candi Ratu Boko, Sunrise di Situs Purbakala

Pernah melihat indahnya sunset di Candi Ratu Boko? Coba deh kunjungi candi ini di pagi hari untuk melihat sunrise, dijamin jatuh cinta!

Letak Candi Ratu Boko terletak tak begitu jauh dari Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik dan populer di Yogyakarta. Arsitektur candi yang begitu memikat semakin menambah kesyahduan sunrise dan sunset di candi ini.

12. Matahari Terbit di Gunung Api Purba Nglanggeran

Mau merasakan sensasi naik gunung untuk melihat sunrise yang epik di langit Yogyakarta? Berkunjunglah ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung ini merupakan salah satu gunung api purba yang terbentuk 60–70 juta tahun lalu di kawasan pegunungan selatan Jawa.

Jalur pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran masih tergolong mudah kok, fellas. Tingginya hanya sekitar 700 m dan tersedia beberapa jalur yang sudah dibuat anak tangga.

Dari puncak Nglanggeran, kamu bisa melihat panorama sunrise yang menyegarkan mata. Keindahannya semakin lengkap karena ditemani pemandangan Kota Yogyakarta, awan rendah yang menyelimuti gunung, serta perbukitan.

Udaranya juga dingin dan sejuk, cocok buat kamu yang sedang mencari tempat untuk menenangkan pikiran.

Nah, dari 12 rekomendasi tempat melihat sunrise terbaik di Yogyakarta di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi? Kemana pun tujuanmu, wajib liburan bareng AntaVaya ya. Biar liburanmu semakin mudah, nyaman, dan aman!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!