Smart Guide

10 Kegiatan Seru yang Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan di Belanda7 min read

21 July 2020

author:

10 Kegiatan Seru yang Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan di Belanda7 min read

Belanda adalah salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat tour wisata keliling Eropa Barat. Buat kamu yang memiliki rencana jalan-jalan ke Belanda, intip dulu yuk 10 kegiatan seru yang wajib kamu lakukan saat liburan ke Belanda.

1. Menikmati Karya Seni di Rijksmuseum Amsterdam

Kegiatan seru liburan Belanda pertama yang harus kamu coba adalah mengunjungi Rijksmuseum di Amsterdam. Rijksmuseum adalah tempat wisata di Belanda yang tepat dikunjungi jika kamu suka seni, budaya, dan sejarah.

Museum seni dan sejarah terbesar di Belanda ini selalu ramai dikunjungi pengunjung karena memiliki banyak daya tarik. Bayangkan saja, jumlah koleksinya diperkirakan mencapai 1 juta karya seni, lho. Namun, yang dipajang dan dipamerkan hanya sekitar 8.000 saja.

Rijksmuseum menyimpan banyak karya seni dari seniman besar Belanda, seperti Vermeer, Rembrandt, Hals, Steen, dan Van Dyck.

Museum ini juga menyimpan koleksi seni dari Indonesia, lho. Salah satunya adalah keris pemberian Sultan Madura Cakra Adiningrat VII kepada Raja William I yang bertaburkan 117 batu berlian. Wow!

2. Ice Skating di Amsterdam

Ice skating di Amsterdam? Waah, pasti seru banget ya. Ada beberapa rekomendasi spot terbaik untuk bermain ice skating di Amsterdam, antara lain di Museumplein depan Rijksmuseum, Kanal Amsterdam, dan Jaap Eden Ice Rink.

Semua tempat ice skating tersebut menawarkan pengalaman serunya masing-masing. Sayangnya main seluncur es di Kanal Amsterdam tidak bisa dilakukan setiap tahun. Suhu harus tetap di bawah 0 derajat selama 4 hari berturut-turut agar es cukup tebal untuk meluncur di atasnya.

3. Melihat Kincir Angin Tua di Desa Kinderdijk

Kegiatan seru liburan Belanda yang wajib kamu lakukan selanjutnya adalah melihat kincir angin. Desa Kinderdijk yang dijuluki dengan sebutan Desa 1000 Kincir adalah destinasi yang tepat untuk merasakan pengalaman menarik ini.

Desa ini dulunya merupakan dataran rendah yang ketinggiannya di bawah permukaan air laut sehingga rawan banjir. Untuk mengatasinya, dibangunlah kanal dan kincir angin pada tahun 1740-an.

Kincir angin tersebut sangat penting untuk memompa air dan mengalirkannya menuju waduk hingga ke sungai. Selain bermanfaat, keberadaan 19 kincir angin tua membuat pemandangan Desa Kinderdijk menjadi sangat cantik.

Pengunjung biasanya menjelejahi desa wisata di Belanda ini sambil berjalan kaki atau naik sepeda. Kamu bisa melihat air tradisional ini bekerja jika berkunjung saat musim panas.

Sementara di musim dingin, kamu bisa mencoba ice skating di atas permukaan air yang membeku di sekitar kincir angin. Seru banget, kan?

4. Naik Kapal Menyusuri Kanal di Amsterdam

Belanda terkenal memiliki banyak kanal cantik yang layak untuk dijelajahi. Kanal-kanal tersebut dibangun sekitar abad ke-17 dan menjadi simbol kebanggaan Kota Amsterdam.

Pada 2010, UNESCO bahkan menetapkan Kanal Amsterdam sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Dengan panjang sekitar 100 km, kamu bisa menikmati keindahan Kota Amsterdam sambil menyusuri kanal cantik ini.

Kanal di Amsterdam ini memiliki banyak jembatan dan bangunan monumental yang pasti akan memberikan pengalaman liburan tak terlupakan untuk kamu. Dengan segudang daya tariknya, Amsterdam adalah kota yang wajib dikunjungi saat keliling Eropa Barat.

5. Bunga Tulip di Taman Bunga Keukenhof

Melihat keindahan Taman Bunga Keukenhof adalah kegiatan seru liburan Belanda yang wajib kamu lakukan. Salah satu taman terindah di dunia ini merupakan ladang tulip terbesar di Belanda.

Selama di sini, mata kamu akan dimanjakan dengan bunga cantik berwarna-warni yang tersebar di taman ini. Tak salah jika Keukonkof menjadi salah satu taman terbaik untuk melihat festival bunga tulip.

Waktu terbaik melihat tulip di Keukenhof adalah pada bulan Maret-Mei. Tak hanya tulip, di sini kamu juga bisa melihat bunga sakura, anggrek, mawar, lavender, dll.

6. Floating Flower Market Bloemenmarkt

Bloemenmarkt atau Floating Flower Market adalah pasar bunga apung di Amsterdam yang sudah ada sejak tahun 1862. Bloemenmarkt adalah satu-satunya pasar bunga terapung di dunia sehingga ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Tempat wisata gratis di Belanda ini sangat menarik untuk dijelajahi. Di sini, kamu bisa melihat kios-kios transparan yang terapung di sepanjang Kanal Singel di antara Mint Square dan Koningsplein Square, Amsterdam.

Tempat belanja oleh-oleh di Belanda yang dikenal dengan sebutan Bloemensingel ini menjual berbagai jenis bunga, termasuk tulip berbagai warna. Kamu juga bisa membeli berbagai benih bunga dan peralatan berkebun.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memborong berbagai suvenir lucu dari Belanda. Jika tak mau belanja, sekadar cuci mata juga asyik kok karena banyak hal menarik yang bisa kamu lihat dan foto di sini.

7. Menjelajahi Volendam, Desa Nelayan yang Cantik

Tak jauh dari Kota Amsterdam, terdapat desa nelayan bernama Volendam. Rumah kuno khas Belanda yang terbuat dari kayu berjejer di sepanjang destinasi favorit Belanda ini. Wisata kuliner, sejarah, belanja, semuanya ada di sini.

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini adalah jalan-jalan menyusuri Volendam sambil jalan kaki atau naik sepeda. Pemandangan di desa nelayan tua ini sangat indah. Kamu pun bisa melihat pasar ikan dan mencoba pakaian tradisional Belanda di sini.

Sangat cocok mengunjungi Volendam saat berlibur di Eropa Barat. Lihat contoh itinerary Eropa Barat selama 13 hari.

8. Bersepeda Keliling Kota Amsterdam

Kegiatan seru liburan Belanda yang satu ini layak dicoba, yaitu bersepeda keliling Kota Amsterdam. Amsterdam adalah salah satu kota di Eropa yang terkenal sebagai kota sepeda.

Kamu bisa menikmati Amsterdam dengan naik sepeda untuk mendapatkan pengalaman seru yang tak biasa. Selain lebih murah dibandingkan naik trem, kamu bisa lebih puas menikmati pemandangan Amsterdam dengan naik sepeda.

9. Melihat Karya Seni di Museum Van Gogh

Kegiatan seru liburan Belanda ini wajib banget kamu lakukan jika kamu menyukai seni, yaitu mengunjungi Museum Van Gogh. Untuk pencinta seni, Van Gogh tentu bukan nama yang asing.

Vincent Willem van Gogh adalah seorang pelukis Belanda yang terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Nah, Museum Van Gogh adalah museum seni rupa yang didedikasikan untuk menyimpan karya-karya Vincent van Gogh beserta seniman besar lainnya.

10. Mencicipi Berbagai Makanan Lezat Khas Belanda

View this post on Instagram

“Hollandse Nieuwe Haring” 🐟 🏠Shop : Haringkar Jos Lijnzaat en dochter เค้าว่ามานี่ต้องกินปลา Herring เค้ากินกันสดๆ แต่จะเลาะก้างออกให้ กลิ่นก็ไม่ได้คาวมาก แต่เนื้อจะลื่นๆ คนไม่ชอบกินปลาดิบอาจจะสยอง แต่เรากินไง เลยคิดว่ามันโอเค (แต่น้อยกว่าแซลมอน 555) กินกับหอมใหญ่สับกับแตงกวาดอง ตัดกันดี แก้กลิ่นคาวในปาก 😂 💰Price : 2.5 Euro 👉🏻 #koyxfoodie #koyinholland #herring #haringfish #herringfish #food #fish #amsterdam #netherlands #netherlandsfood #hollandfood #haarlem #foodstagram #foodporn #foodphotography #instafood #seafood #ปลาแฮร์ริ่ง #ปลาเฮร์ริ่ง #อาหารทะเล #ปลา

A post shared by Until I Tasted … (@untilitasted) on

Jauh-jauh liburan ke Belanda, kamu wajib banget mencicipi berbagai panganan lezat khas Belanda. Berbagai kuliner Belanda yang wajib kamu coba misalnya haring (ikan herring), hutspot (hotchpotch), croquettes, sup ercis, poffertjes, dan Stroopwafels.

Keseruan mencicipi berbagai makanan khas Belanda pasti bisa jadi kenangan manis untukmu.

Paket Tour Belanda

Itulah sepuluh kegiatan seru yang wajib kamu lakukan saat liburan di Belanda. Aktivitas apa yang paling ingin kamu lakukan? Apapun itu, liburan ke Belanda harus bareng AntaVaya ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!