Smart Guide

18 Rekomendasi Oleh-Oleh China yang Murah dan Wajib Kamu Beli!7 min read

13 December 2019

author:

18 Rekomendasi Oleh-Oleh China yang Murah dan Wajib Kamu Beli!7 min read

Bukan hanya Korea, Jepang, dan Thailand, China juga salah satu destinasi liburan favorit keluarga di Asia. Sebagai tempat wisata populer, China punya banyak pesona, mulai dari kebudayaan, pemandangan alam, bangunan-bangunan kuno, hingga kulinernya. Oleh-oleh China yang bisa diboyong pulang juga unik-unik, lho.

Sebagai rekomendasi, inilah 18 oleh-oleh China yang murah dan wajib kamu beli, mulai dari suvenir hingga makanan, minuman, dan snack!

Oleh-Oleh China: Suvenir dan Barang

1. Simpul China untuk Pajangan atau Gantungan Kunci

Simpul China - Sumber: Wikimedia
Simpul China – Sumber: Wikimedia

Oleh-oleh dari China pertama yang wajib kamu beli adalah simpul China. Suvenir unik ini merupakan kesenian kuno yang menghasilkan potongan-potongan simpul yang unik dan indah.

Bentuk dan ukurannya bervariasi. Ada yang berukuran kecil dan bisa digunakan sebagai gantungan kunci, dan ada yang besar untuk dipajang di pintu rumah.

Umumnya, oleh-oleh China yang murah dan keren ini berwarna merah. Cocok banget diborong sebagai buah tangan keluarga dan teman-teman di rumah. Namun sebelumnya, ketahui dulu aturan bea masuk oleh-oleh dari luar negeri.

Harga: mulai dari 6 Yuan (sekitar Rp12.000)

2. Topeng Tradisional China untuk Pajangan

Topeng Tradisional China - Sumber: Pxhere
Topeng Tradisional China – Sumber: Pxhere

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh China yang unik dan ikonik, yaitu topeng tradisional China. Umumnya suvenir ini dipakai untuk pertunjukan opera China.

Model topeng tradisional China ini cukup variatif, mulai dari topeng penari, topeng perayaan, topeng teater, dan topeng untuk bayi yang baru lahir. Warnanya juga macam-macam dan setiap warnanya mewakili emosi setiap pemain. Oleh-oleh China ini cocok banget untuk pajangan di rumah.

Harga: mulai dari 9 Yuan (sekitar Rp18.000)

3. Perhiasan dari Batu Giok

Batu Giok - Sumber: Pxhere
Batu Giok – Sumber: Pxhere

Batu giok atau batu jade adalah suvenir yang wajib kamu beli ketika liburan di China. Batu giok sangatlah populer di China dan melambangkan enam hal, yaitu kecantikan, kemuliaan, keteguhan, kesempurnaan, kekuatan, dan keabadian.

Kamu bisa membeli oleh-oleh perhiasan dari batu giok, seperti kalung, bros, cincin, gelang, atau pajangan dinding. Pasar giok yang terletak di Jianguo South, Distrik Daan, Kota Taipei merupakan tempat terbaik untuk membeli batu giok.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  40 Tempat Wisata di Seoul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi (Part 1)

Harga: mulai dari 10 Yuan (sekitar Rp20.000)

4. Sumpit Khas China

Sumpit China - Sumber: Wikimedia
Sumpit China – Sumber: Wikimedia

Kalau liburan ke China, kamu pasti akan melihat bahwa hampir semua penduduknya menggunakan sumpit saat makan. Jadi, jangan lupa belanja oleh-oleh sumpit saat di China. Hampir semua toko-toko suvenir di China pasti menjual kotak sumpit yang cantik.

Sumpit-sumpit di China biasanya dilukis dengan gambar atau tulisan. Sangat cocok dibeli untuk oleh-oleh! Intip juga tips liburan hemat ke China di sini.

Harga: mulai dari 10 Yuan (sekitar Rp20.000)

5. Kipas Kertas Motif China untuk Pajangan di Rumah

Kipas Kertas China - Sumber: Pxhere
Kipas Kertas China – Sumber: Pxhere

Oleh-oleh China yang satu ini murah sehingga kamu bisa borong banyak untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Kipas kertas China biasanya dijadikan pajangan yang unik.

Oleh-oleh unik ini menggambarkan kemakmuran serta keberuntungan masyarakat Negeri Tirai Bambu. Kamu bisa membelinya di mana saja, seperti Lapangan Tiananmen, Nanjing Road, Jiu Jiao Chang Lu, dan Duolun Road.

Harga: mulai dari 3 Yuan (sekitar Rp6.000)

6. Kaos Chinglish yang Unik

Kaos Chinglish - Sumber: Flickr
Kaos Chinglish – Sumber: Flickr

Kaos Chinglish adalah kaos dengan tulisan atau gambar yang menggabungkan antara bahasa Mandarin dan Inggris. Oleh-oleh ini sangat mudah ditemukan di pasar atau pusat belanja di China. Harganya juga terjangkau kok.

Harga: mulai dari 19 Yuan (sekitar Rp38.000)

7. Magnet Kulkas dan Gantungan Kunci Khas China

Gantungan Kunci - Sumber: Pxhere
Gantungan Kunci – Sumber: Pxhere

Oleh-oleh China murah lainnya yang bisa kamu borong untuk buah tangan adalah magnet kulkas atau gantungan kunci. Suvenir yang satu ini adalah yang paling banyak dibeli untuk buah tangan dari luar negeri.

Selain murah, suvenir ini mudah didapat dan cukup ikonik karena biasanya memiliki gambar lokasi wisata populer di suatu negara. Sangat cocok untuk dibagikan sebagai oleh-oleh dari liburan di China.

Harga: mulai dari 10 Yuan (sekitar Rp20.000)

8. Lukisan China yang Indah

Lukisan China - Sumber: Wikimedia
Lukisan China – Sumber: Wikimedia

Buat kamu penggemar lukisan, jangan lupa belanja oleh-oleh berupa lukisan China yang khas. Hampir semua lukisan China mengandung arti yang erat kaitannya dengan perubahan waktu dan kehidupan sosial.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Liburan Hemat: 16 Tempat Wisata Gratis Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan visualnya juga terlihat jelas dalam corak cat air dengan teknik Gong Bi dan Shui Mo. Lukisan jenis ini banyak dijual di Pasar Antik Panjiayuan, Beijing. China pas banget deh dijadikan destinasi liburan awal dan tahun baru!

9. Kaligrafi China, Oleh-Oleh Eksklusif

Kaligrafi China - Sumber: Piqsels
Kaligrafi China – Sumber: Piqsels

Suvenir dari China ini juga cukup terkenal karena dianggap kesenian yang begitu indah. Untuk membuatnya, diperlukan keahlian tersendiri. Tak heran jika banyak yang membeli kaligrafi China sebagai buah tangan.

Ada banyak karakter dan gaya yang bisa kamu pilih. Mulai dari skrip segel, skrip kursif, skrip yang berjalan, skrip resmi, dan skrip formal. Kamu bahkan bisa membuatnya dengan nama sendiri atau nama kamu diubah menjadi nama orang China. Bisa jadi pajangan yang menarik!

Harga: mulai 50 Yuan (sekitar Rp100.000)

10. Perhiasan Mutiara dari Hainan

Mutiara Hainan - Sumber: Flickr
Mutiara Hainan – Sumber: Flickr

Hainan merupakan daerah yang dikelilingi lautan sehingga memiliki hasil laut yang begitu melimpah. Salah satu kerajinan tangan dari laut yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh Hainan, China adalah kalung dan gelang yang terbuat dari mutiara.

Lalu ada juga gantungan kunci yang terbuat dari cangkang kerang. Unik bukan? Kamu bisa membelinya di sekitar pantai atau di toko pusat oleh-oleh.

11. Sutra Khas China yang Cantik

Sutra China - Sumber: Flickr
Sutra China – Sumber: Flickr

Sutra merupakan salah satu oleh-oleh paling populer yang biasa dibeli saat liburan di China. Harganya memang sedikit mahal, sesuai dengan kualitasnya.

Untuk mendapatkan sutra China dengan harga murah, kamu bisa membelinya dalam bentuk barang yang lebih kecil. Misalnya tas, sarung bantal, atau aksesori lainnya.

Harga: mulai dari 90-180 Yuan/meter (sekitar Rp180.000-Rp360.000)

12. Kerajinan Keramik Cina

Oleh-Oleh Makanan dan Minuman dari China
Keramik China – Sumber: Pxhere

China juga terkenal dengan kerajinan keramiknya. Belilah beberapa untuk oleh-oleh orang yang kamu sayangi. Entah mangkuk atau gelas, semuanya cantik.

Oleh-Oleh China: Snack, Makanan, dan Minuman

13. Teh China yang Menyehatkan

Oleh-Oleh Makanan dan Minuman dari China
Teh China – Sumber: Pixabay

Selain oleh-oleh berupa suvenir dan barang, kamu juga bisa membeli buah tangan berupa snack, makanan, dan minuman. Contohnya adalah teh China yang terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Bisa melancarkan BAB, menurunkan berat badan, hingga menurunkan lemak darah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Tour Balkan Enaknya ke Mana? Ini 8 Destinasi Terbaiknya!

Produk teh China yang terkenal misalnya teh hitam Qi Men Hong dan Pu-erh, teh wangi, teh bata, teh oolong Tie Guan Yin, serta teh hijau dari berbagai kota di Cina. Semua teh memiliki rasa yang khas dan unik.

14. Xiao Long Bao, Makanan Asli dari Shanghai

Oleh-Oleh Makanan dan Minuman dari China
Xaio Long Bao – Sumber: Flickr

Buat kamu yang sedang mencari oleh-oleh makanan ringan dari China yang unik, belilah Xiao Long Bao. Makanan asli dari Shanghai ini diolah dengan cara dikukus dalam keranjang yang terbuat dari bambu.

Masyarakat setempat menyebutnya sup kue pangsit. Kamu bisa membelinya dalam keadaan mentah sebagai oleh-oleh makanan khas Shanghai.

15. Kopi Santan Khas Hainan

Rekomendasi Oleh-Oleh China yang Murah dan Wajib Kamu Beli
Kopi Santan Hainan – Sumber: Pxhere

Bagi pecinta kopi, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas Hainan, China yang satu ini. Beda dengan kopi di Indonesia, kopi khas Hainan ini memiliki bahan baku santan.

16. Seafood Kering Khas Hainan

Oleh-Oleh Makanan dan Minuman dari China
Seafood Kering Hainan – Sumber: Pxhere

Bukan hanya kerainan, kamu juga bisa menikmati hasil olahan laut khas Hainan untuk dibawa pulang. Contohnya adalah seafood kering khas Hainan.

Variannya juga macam-macam, mulai dari cumi-cumi kering, gurita kering, kerang kering, snakehead fish, dll. Harganya juga murah dan terjangkau, lho.

17. Obat Herbal China yang Terkenal Khasiatnya

Oleh-Oleh Makanan dan Minuman dari China
Obat Herbal – Sumber: Pixabay

Kalau liburan ke China, jangan lupa beli obat-obatan herbal untuk oleh-oleh. Belilah di toko herbal terpercaya untuk menghindari produk palsu. Terbuat dari herbal asli daratan China, khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

18. Buah Kering, Cemilan Unik dari China

Oleh-Oleh Makanan dan Minuman dari China
Buah Kering – Sumber: Pixabay

China juga terkenal dengan snack buah keringnya. Kamu bisa menemukannya di Nanjing Road, Bhoomi Store, hingga Family Mart. Harganya juga terjangkau sehingga cocok banget dibeli untuk buah tangan.

Harga: mulai dari 14 Yuan (sekitar Rp28.000)

Selain daftar di atas, masih banyak suvenir dan oleh-oleh murah khas China yang bisa kamu beli. Jangan lupa siapkan juga itinerary sebelum pergi traveling. Kalau enggak mau repot, langsung saja pesan paket tur ke China di AntaVaya. The SMART way to travel!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!