Internasional Smart Recommendation

40 Tempat Wisata di Seoul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi (Part 1)8 min read

17 February 2020

author:

40 Tempat Wisata di Seoul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi (Part 1)8 min read

Tempat wisata di Seoul adalah salah satu destinasi liburan paling populer di Korea. Ibu Kota Korea selatan ini memang punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Seoul, langsung saja tengok yuk rekomendasi tempat wisata di Seoul terbaru, terbaik, dan terpopuler di tahun 2020.

Tempat Wisata Gratis Paling Keren di Seoul

1. Gwanghwamun Square, Spot Asyik untuk Berfoto

Rekomendasi Wisata di Seoul - Gwanghwamun Square - Sumber Flickr
Gwanghwamun Square – Sumber: Flickr

Belum jalan-jalan ke Seoul rasanya jika belum mengunjungi Gwanghwamun Square dan berfoto dengan latar King Sejong the Great maupun Admiral Yi Shun-Shin.

Gwanghwamun Square berada di depan Gyeongbokgung Palace dan dikelilingi jalan raya yang selalu ramai. Kamu bisa berfoto dan wisata gratis di tempat wisata Seoul ini.

2. Cheonggyecheon Stream, Sungai Cantik di Tengah Kota Seoul

Rekomendasi Wisata di Seoul - Cheonggyecheon Stream - Sumber Flickr
Cheonggyecheon Stream – Sumber: Flickr

Tak jauh dari Gwanghwamun Square, terdapat tempat wisata menarik di Seoul yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Cheonggyecheon Stream. Tempat wisata di Korea ini merupakan aliran sungai bergaya modern yang mengalir di tengah kawasan bisnis Seoul.

Sungai ini menjadi tempat favorit warga lokal dan wisatawan untuk bersantai sambil merendam kaki di aliran sungai yang sejuk.

3. Pesona Sungai Han yang Begitu Memikat

Rekomendasi Wisata di Seoul - Han River - Sumber Pxfuel
Han River – Sumber: Pxfuel

Tempat wisata di Seoul yang satu ini sangat populer dan merupakan ikon kota yang sering dijadikan tempat syuting drama Korea. Sungai Han menjadi favorit karena pemandangan di sekitarnya sangat cantik, terutama saat senja.

Di sini juga banyak jembatan dan taman yang bisa diakses secara gratis. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Sungai Han misalnya berfoto, berkemah, naik sepeda, dll.

4. Indahnya Rainbow Fountain di Banpo Bridge

Rekomendasi Wisata di Seoul - Banpo Bridge
Banpo Bridge

Banpo Bridge merupakan satu dari sekian banyak jembatan yang berdiri di atas Sungai Han. Atraksi paling hits di sekitar jembatan ini adalah Rainbow Fountain, yaitu pertunjukan air mancur yang diiringi alunan musik.

Pertunjukan gratis ini bisa dinikmati setiap pukul 8 malam dengan durasi pertunjukan selama 15 menit. Wajib dikunjungi deh pokoknya selama liburan di Seoul!

5. Some Sevit (Hangang Floating Island), Tempat Syuting Avengers

Tempat Wisata Populer - Hangang Floating Island - Sumber Needfix
Hangang Floating Island – Sumber: Needfix

Tempat wisata di Seoul ini sempat viral pada tahun 2015 karena digunakan sebagai lokasi film Avengers: Age of Ultron. Some Sevit atau Hangang Floating Island sendiri merupakan bangunan yang berdiri di atas pulau terapung buatan yang dibangun di atas Sungai Han.

Dari Some Sevit, kamu bisa melihat ke arah Banpo Bridge dan menikmati rainbow fountain dari sudut yang berbeda. Untuk main ke pulau buatan ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Ini Dia 10 Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura di Tokyo, Jepang (2020)

Tempat Belanja Terpopuler di Seoul

6. Pengalaman Seru Belanja di Dongdaemun Market

Tempat Belanja Populer di Seoul - Dongdaemun Market - Sumber Wikimedia
Dongdaemun Market – Sumber: Wikimedia

Selain berbagai destinasi wisata alam dan budaya, Seoul juga punya banyak pasar malam yang wajib dikunjungi dalam panduan wisata Korea Selatan. Salah satunya adalah Dongdaemun Market yang lokasinya dekat dengan Gwanghwamun Square.

Sangat menyenangkan belanja dan berwisata di sini karena banyak pertokoan tradisional dan mal yang menjual berbagai produk fashion. Pasar ini juga terkenal sebagai pusat kuliner di Korea, lho!

7. Belanja Sambil Melihat Pertunjukan di Insadong

Tempat Belanja Populer di Seoul - Insadong - Sumber Pixabay
Insadong – Sumber: Pixabay

Insadong Street Market sangat populer di kalangan wisatawan sebagai tempat belanja di Seoul yang menjual berbagai barang seni tradisional khas Korea.

Kawasan Insadong juga memiliki bangunan bersejarah dan kuil. Selain belanja dan wisata kuliner, kamu juga bisa melihat berbagai pertunjukan dan tarian di Insadong.

8. Belanja Oleh-Oleh Murah di Namdaemun Market

Tempat Belanja Populer di Seoul - Namdaemun Market - Sumber Needpix
Namdaemun Market – Sumber: Needpix

Mau belanja oleh-oleh murah di Seoul? Kunjungilah Namdaemun Market. Pasar Namdaemun adalah pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan.

Pasar serba ada ini menjual beragam pakaian, makanan, aksesori, kerajinan tangan, hingga peralatan rumah tangga. Harga suvenir di Namdaemun konon lebih murah dibandingkan pasar yang lainnya lho. Cocok dikunjungi buat beli oleh-oleh dari Korea!

9. Myeongdong Night Market, Pasar Malam Favorit Turis

Tempat Belanja Populer di Seoul - Myeongdong - Sumber Pixabay
Myeongdong – Sumber: Pixabay

Bosan enggak tahu ke mana pas malam hari? Jalan-jalan saja ke Myeongdong Night Market untuk cuci mata. Tempat wisata di Seoul paling populer ini sangat disukai oleh para turis.

Menjelang malam, pasar ini akan dipenuhi pedagang kaki lima yang menjual berbagai street food khas Korea. Selain kulineran, akmu juga belanja di sini.

10. Hongdae Street, Tempat Nongkrong di Seoul

Hongdae Street - Sumber Flickr
Hongdae Street – Sumber: Flickr

Hongik University Street atau Hongdae Street merupakan kawasan tempat nongkrongnya anak-anak muda Seoul. Di Hongdae, kamu bisa merasakan suasana malam khas Seoul, wisata kuliner, hingga belanja.

Semakin malam, kawasan Hongdae akan semakin ramai dan menarik. Tak harus belanja atau makan, menyusuri jalan ini akan memberikan pengalaman seru saat liburan ke Korea Selatan.

11. Ewha Women University, Area Kampus yang Fotogenik

Ewha Women University - Sumber Flickr
Ewha Women University – Sumber: Flickr

Tempat wisata populer di Seoul ini sebenarnya adalah kampus bernama Ewha Women University. Namun karena memiliki desain yang artistik dan fotogenik, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk foto-foto.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  7 Wisata Dolomites Terbaik, Pegunungan Menakjubkan di Italia!

Di sekitar area kampus juga terdapat banyak toko kosmetik, baju, tas, dan fashion item lainnya dengan harga menarik. Pembagian sampel kosmetik gratis di sekitar Ewha Women University juga jauh lebih banyak dibandingkan di area Myeongdong, lho.

12. Belanja Oleh-Oleh di The Shilla Duty Free Shop

Senang berbelanja di duty free shop? Kamu wajib mengunjungi tempat belanja di Seoul ini. Shilla Duty Free menjual berbagai macam kosmetik dan barang bermerek dengan harga yang kompetitif.

Menariknya lagi, barang belanjaan yang kamu beli tidak perlu dibawa saat itu juga. Barang bisa diambil di bandara saat kamu akan pulang ke tanah air. Enak banget, kan? Di sini juga banyak spot lucu untuk berfoto.

13. Itaewon Street, Alternatif Spot Belanja di Seoul

Itaewon Street - Sumber Flickr
Itaewon Street – Sumber: Flickr

Ada banyak destinasi wisata di Seoul 2020 yang layak untuk dikunjungi. Jika kamu butuh alternatif spot belanja di Seoul, kunjungilah Itaewon Street. Tempat belanja di Korea ini terkenal semenjak Asian Games 1986 dan Olimpiade Seoul 1988 dilakukan di sini.

Itaewon Street membentang sejauh 1,4 km dengan berbagai macam toko, tempat hiburan, dan restoran yang bisa kamu nikmati saat liburan di Korea.

Wisata Budaya Tradisional Korea

14. Jongmyo Shrine, Kuil yang Tentram di Seoul

Wisata Religi di Seoul - Jongmyo Shrine - Sumber Flickr
Jongmyo Shrine – Sumber: Flickr

Ingin menikmati suasana kuil yang tenang di Seoul? Kunjungilah Jongmyo Shrine, sebuah kuil Konfusius yang dibuat untuk menyimpan tablet memorial dari raja serta ratu dari Dinasti Joseon.

Menurut UNESCO, Jongmyo adalah kuil tertua yang digunakan untuk tempat penghormatan dan ritual upacara sejak abad ke-14. Jika kamu suka wisata sejarah atau religi, destinasi ini adalah pilihan yang tepat.

15. Bukchon Hanok Village, Perumahan Tradisional Korea

Spot Foto Instagramable di Seoul - Bukchon Hanok Village - Sumber Wikimedia
Bukchon Hanok Village – Sumber: Wikimedia

Destinasi wisata yang satu ini terkenal sebagai spot foto instagramable di Seoul. Bukchon Hanok Village sendiri merupakan kawasan perumahan rumah tradisional Hanok seperti pada masa Dinasti Joseon.

Rumah Hanok di wisata gratis Korea Selatan ini masih terjaga keasliannya dan menjadi pusat budaya bagi wisatawan yang ingin mengenal Korea lebih dalam. Kawasan ini terletak di antara Gyeongbokgung, Changdeokgung, dan Jongmyo Shrine.

Jangan lewatkan kesempatan berfoto di sini sambil memakai hanbok, ya!

16. Mengintip Korea Zaman Dulu di Namsangol Hanok Village

Namsangol Hanok Village - Sumber Flickr
Namsangol Hanok Village – Sumber: Flickr

Belum puas menyusuri perumahan tradisional Korea di Bukchon Hanok Village? Masih ada Namsangol Hanok Village yang terletak di sekitar Gunung Nam. Tempat ini juga termasuk wisata gratis di Seoul, lho.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  30 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri, Enggak Kalah Cantik!

Di sini kamu bisa melihat rumah tradisional Korea di masa Dinasti Joseon lengkap dengan properti aslinya. Seperti kembali ke Korea di masa lalu!

Tempat Wisata Paling Instagramable di Seoul

17. Ihwa Mural Village, Wisata Instagramable di Seoul

Spot Foto Instagramable di Seoul - Ihwa Mural Village - Sumber Flickr
Ihwa Mural Village – Sumber: Flickr

Spot foto instagramable di Seoul ini wajib kamu kunjungi jika kamu suka foto dengan mural-mural lucu. Ihwa Mural Village terletak di antara Hyehwa Station dan Dongdaemun Station atau tepatnya di bawah Naksan Park.

Di sini kamu bisa melihat berbagai mural cantik yang dilukis oleh sekitar 60 seniman di dinding hingga tangga. Wisata gratis Korea Selatan ini merupakan tempat foto hits wisatawan yang bisa dikunjungi setiap hari.

18. Starfield Coex Mall & Starfield Library, Spot Foto Keren Seoul

Starfield Coex Mall - Sumber Unsplash
Starfield Coex Mall – Sumber: Unsplash

Setelah mengunjungi SM Town, kamu bisa langsung melipir ke Starfield Coex Mall. Coex Mall adalah mal bawah tanah paling besar di Asia. Pencinta fotografi pasti sangat senang ke sini karena tempatnya sangat instagramable.

Di sini juga ada Starfield Library, sebuah perpustakaan berisi ±50.000 buku dan 200 tempat duduk. Lokasinya berada tepat di tengah-tengah mal dan bisa jadi spot foto yang keren di Seoul!

19. Foto-Foto Lucu di Seoul Trick Eye Museum

Spot Foto di Seoul - Seoul Trick Eye Museum - Sumber Flickr
Seoul Trick Eye Museum – Sumber: Flickr

Jalan-jalan di Seoul jangan sampai enggak mengunjungi Seoul Trick Eye Museum. Di museum ini, kamu bisa puas foto-foto dengan berbagai objek keren. Lumayan buat nambah stok foto lucu!

Kamu juga bisa melihat berbagai karya seni yang dipamerkan di sini.

20. Melihat Karya Seni di Digital Media City dan Star Park

Spot Foto di Seoul - Digital Media City Star Park - Sumber Pinterest
Digital Media City – Sumber: Pinterest

Digital Media City atau DMC menyuguhkan berbagai macam karya seni dan arsitektur yang mengagumkan. Jika kamu pernah membayangkan bagaimana rasanya suasana masa depan, DMC bisa sedikit memberikan gambaran.

Di sini pengunjung bisa menikmati DMC Gallery, MBC, Nuritkum Square, dan Star Park. Yang paling terkenal adalah Square M-Communication, dua buah patung berwarna biru yang terlihat saling menunjuk. Jangan lupa foto di sini, ya.

40 Tempat Wisata di Seoul Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi (Part 2)

Mau mengunjungi destinasi-destinasi di atas? Yuk, liburan ke Korea bersama AntaVaya!

Paket Tour Korea

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!