Smart Guide

7 Kebiasaan Unik Orang Jepang Saat Musim Gugur, Coba Experiencenya Yuk!3 min read

19 October 2023

author:

7 Kebiasaan Unik Orang Jepang Saat Musim Gugur, Coba Experiencenya Yuk!3 min read

Keindahan musim gugur Jepang adalah salah satu yang terbaik di dunia. Dedaunan mulai berubah warna dan berguguran dari bulan September hingga akhir November. Jepang punya tradisi dan kebiasaan unik untuk menyambut datangnya musim gugur. Baca sampai habis, ya!

1. Mengumpulkan Daun Maple

7 Kebiasaan Unik Orang Jepang Saat Musim Gugur
Mengumpulkan Daun Maple

Musim gugur di Jepang memiliki pemandangan khas yang luar biasa indahnya. Daun-daun berubah warna menjadi kuning, oranye, hingga kecokelatan. Saat musim gugur, orang Jepang punya kebiasaan unik mengumpulkan daun maple.

Hal ini dilakukan untuk menghargai datangnya musim gugur. Bentuk daun maple memang cantik banget. Apalagi saat sudah berubah warna menjadi kuning atau jingga kemerahan. Datanglah ke berbagai taman dan tempat instagramable di Jepang untuk berfoto dengan daun maple.

2. Menikmati Hangatnya Ubi Panggang

7 Kebiasaan Unik Orang Jepang Saat Musim Gugur
Menikmati Hangatnya Ubi Panggang

Penggemar Crayon Shinchan pasti pernah lihat scene Crayon dan kawan-kawannya membakar ubi di daun-daun kering yang sudah dikumpulkan. Penduduk Jepang percaya kalau ubi panggang akan membawa keberkahan saat hari yang dingin.

FYI, suhu musim gugur di Negeri Matahari Terbit memang cukup dingin, sekitar 19—23℃ saat siang hari. Pada pagi dan malam hari sekitar 14—18℃. Kamu akan menemukan banyak pedagang ubi di taman kota hingga swalayan.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  20 Oleh-Oleh Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa!

3. Mengumpulkan Chestnut

Mengumpulkan Chestnut
Mengumpulkan Chestnut

Ketika menikmati daun-daun berguguran di taman, pasti kamu akan menemukan chestnut alias biji kastanye berjatuhan di tanah. Nah, biasanya masyarakat Jepang punya tradisi unik mengumpulkan chestnut.

Chestnut atau kuri memang salah satu jajanan favorit di Jepang saat musim gugur. Kamu wajib mencicipi berbagai olahan chestnut ini. Bisa dalam bentuk kue (wagashi), kurigohan (nasi yang dicampur chestnut), hingga kuri manju.

Pesan Tour Autumn Japan

4. Kebiasaan Unik Tsukimi

Kebiasaan Unik Tsukimi
Kebiasaan Unik Tsukimi

Orang Jepang memiliki kebiasaan unik tsukimi atau otsukimi saat autumn tiba. Tsukimi adalah tradisi memandangi bulan di malam hari. Umumnya dilakukan untuk menyambut datangnya bulan purnama di pertengahan bulan September. Mereka akan berkumpul sambil menyantap snack bersama orang terdekat.

5. Memanen Beras Saat Musim Gugur

Memanen Beras Saat Musim Gugur
Memanen Beras Saat Musim Gugur

Musim gugur adalah saat masyarakat Jepang memanen beras. Pasti kamu bisa melihat para petani memanen padi. Cari tahu kapan waktu terbaik liburan autumn ke Jepang di sini.

6. Menikmati Ikan Sanma Panggang

Menikmati Ikan Sanma Panggang
Menikmati Ikan Sanma Panggang

Ada banyak makanan khas musim gugur yang wajib dicoba di Jepang, salah satunya ikan sanma panggang. Ikan ini biasanya disajikan di awal musim gugur. Ikan sanma akan dipanggang sampai benar-benar kering di atas bara api.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Murah dan Unik, Ini 15 Oleh-Oleh Khas Sumba yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

7. Festival Olahraga di Sekolah Saat Autumn

Festival Olahraga di Sekolah Saat Autumn
Festival Olahraga di Sekolah Saat Autumn

Masyarakat Jepang akan mengadakan festival olahraga tahunan atau undoukai untuk menyambut datangnya musim gugur. Kegiatan ini sangat dinantikan oleh anak-anak dari TK hingga SMA. Para orangtua siswa biasanya akan datang ke sekolah untuk mengabadikan momen anak-anak mereka dalam festival ini.

Pesan Tour Autumn Japan

Wah, ternyata ada banyak ya tradisi dan kebiasaan unik di Jepang. Yuk ikutan tour autumn Jepang bersama Antavaya. Chat AMY melalui WhatsApp 0817328838 untuk pemesanan paket tur atau tiket pesawat. Jangan lupa follow Instagram antavaya_id!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!