Internasional Smart Recommendation

12 Destinasi Wisata Terbaik di Cappadocia Turki, It’s My Dream!7 min read

3 February 2022

author:

12 Destinasi Wisata Terbaik di Cappadocia Turki, It’s My Dream!7 min read

Belum lama ini, destinasi wisata Cappadocia tengah naik daun karena series Layangan Putus yang diperankan Reza Rahadian dan Putri Marino. Tujuan wisata populer di Turki ini memang sangat indah dan menawarkan banyak pengalaman seru, seperti naik balon udara hingga menginap di hotel gua.

Cari tahu yuk destinasi terbaik di Cappadocia terbaru 2022 yang wajib kamu kunjungi. Apa saja ya kegiatan yang bisa kamu lakukan di Cappadocia? Cari tahu selengkapnya di pembahasan berikut ini.

1. Uchisar Castle

Wisata Cappadocia - Uchisar Castle, Cappdocia
Uchisar Castle, Cappdocia

Wisata Cappadocia pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Uchisar Castle. Destinasi populer yang disukai para turis dunia ini merupakan kastil batu yang terletak di titik tertinggi Cappadocia. Tepatnya di jalan Nevsehir-Goreme dan hanya berjarak sekitar 5 km dari Goreme.

Posisinya yang berada di tempat tinggi membuat Uchisar Castle disebut sebagai pintu menuju Cappadocia. Apalagi wisata Cappadocia 2022 ini sudah ada sejak zaman Romawi dan dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan.

Wisata terkenal di Turki ini memiliki banyak ruangan dengan berbagai fungsi. Ada yang menjadi rumah tinggal, menara pengawas, gudang, hingga waduk.

Tak hanya memiliki bentuk yang unik, Uchisar Castle juga menyuguhkan panorama indah dengan pemandangannya yang menakjubkan. Dari sini, kamu dapat melihat keindahan Gunung Erciyes serta lembah yang tenang.

Jika ingin puas melihat pemandangan, kamu dapat naik ke menara atau titik tertinggi untuk melihat panoramic view Cappadocia selebar 360 derajat. Kalau tidak sempat, menikmati keindahan kastil dari gundukan batu atas sebelah kanan pintu masuk juga sudah oke kok.

Kamu juga dapat mengunjungi toko-toko suvenir di sekitarnya, boutique hotel yang diukir di bebatuan, serta berbagai wisata populer lainnya di Cappadocia.

2. Pasabag

Wisata Cappadocia - Pasabag, Cappadocia
Pasabag, Cappadocia

Pasabag adalah wisata alam populer di Cappadocia yang memiliki bentuk unik. Di daerah Cappadocia memang bertebaran bebatuan vulkano beragam bentuk. Nah, bebatuan di Pasabag terlihat seperti cerobong asap.

Namun, banyak juga yang bilang bentuknya lebih mirip jamur. Ada juga pilar yang bentuknya seperti topi pendeta zaman dahulu, merpati, hingga unta. Suasananya memang mirip seperti negeri dongeng.

Pasabag memiliki gua-gua persembunyian yang pada zaman dahulu digunakan oleh penduduk Kristen. Pasabag juga kerap disebut Monks Valley.

Paket Tour Cappadocia

3. Kaymakli Underground City

Wisata Cappadocia - Kaymakli Underground City, Cappadocia
Kaymakli Underground City, Cappadocia

Liburan di Cappadocia tak akan lengkap tanpa mampir Underground City alias kota bawah tanah. Arsitekturnya dijamin bikin kamu berdecak kagum. Bayangkan saja, ada puluhan lantai di bawah tanah dengan sirkulasi udara yang bagus. Pencinta sejarah pasti terpesona.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  16 Tempat Wisata di Serbia Paling Populer, Sungguh Menawan Hati!

Underground City di Cappadocia ada dua, yaitu Kaymakli dan Derinkuyu. Keduanya hampir sama, bedanya Kaymakli ukurannya lebih kecil dan lebih rapi. Sementara Derinkuyu terlihat lebih natural.

Jika ikut paket tour Turki Antavaya, kamu akan diajak menjelajahi Kaymakli Underground City. Lihat contoh itinerary Turki 10 hari di sini.

Underground City sendiri dibangun untuk alasan keamanan. Destinasi keren di Cappadocia ini didirikan di bawah bukit besar dan berasal dari zaman Het dan Frigia pada tahun 3000 SM.

Bangunannya terdiri dari 8 lantai, tapi hanya 4 lantai saja yang dibuka untuk wisatawan. Sepanjang tur, kamu akan dibuat kagum dengan keteraturan kota bawah tanah ini.

Bagaimana tidak, konon dulunya ada sekitar 3.500 orang yang tinggal di sini. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari gereja, kandang kuda, ruang tamu, kuburan, gudang, tempat penyimpanan, hingga dapur.

4. Derinkuyu Underground City

Wisata Cappadocia - Derinkuyu Underground City, Cappadocia
Derinkuyu Underground City, Cappadocia

Derinkuyu Underground City adalah kota bawah tanah paling besar yang didirikan di era Bizantium (abad ke-4 masehi) sampai tahun 1923. Bangunannya terdiri dari 18 lantai sedalam 60 meter, namun hanya 8 lantai yang dibuka. Saking besarnya, kota ini konon dapat menampung 20.000 orang. Banyak banget, kan?

Sistem tata kotanya pun sangat rapi. Setiap sudutnya memiliki fungsi masing-masing, ada yang digunakan sebagai galeri, tempat ibadah, penjara, kamar mandi, hingga kandang ternak.

Setiap ruangan Derinkuyu Underground City terhubung satu sama lain. Jangan khawatir pengap karena sirkulasi udaranya sangat baik dengan adanya sekitar 15.000 ventilasi yang mengalirkan udara segar.

Derinkuyu juga terhubung dengan sejumlah kota bawah tanah lainnya yang berada di Cappadocia.

5. Goreme Village

Wisata Cappadocia - Goreme Village, Cappadocia
Goreme Village, Cappadocia

Goreme Village atau Goreme Town terpilih sebagai salah satu desa terindah di dunia oleh beberapa majalah travel. Memang cantik banget destinasi terbaik di Cappadocia, Turki ini.

Desanya setengah terkubur di dalam bukit. Fasad rumah batunya menyembunyikan labirin kamar gua di bawahnya. Namun karena Goreme kini telah menjadi pusat industri pariwisata Cappadocia, kebanyakan rumah tradisional di sini telah diubah menjadi boutique cave hotels.

Goreme Village juga merupakan salah satu destinasi terbaik untuk naik balon udara di Cappadocia. It’s my dream mas, not her! Hehe.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Wisata Alam: 10 Hidden Gems Bandung yang Cocok untuk Liburan New Normal

6. Goreme Open Air Museum

Destinasi Cappadocia - Goreme Open Air Museum, Cappadocia
Goreme Open Air Museum, Cappadocia

Goreme Open Air Museum dianggap sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Cappadocia 2022. Sesuai namanya, destinasi ini merupakan museum di ruangan terbuka yang terdiri dari gua-gua dan gereja kuno yang berasal dari abad ke-10 sampai abad ke-12.

Sejak tahun 1924, gereja-gereja tersebut sudah tak digunakan lagi dan diubah menjadi museum pada tahun 1960. Ada sekitar 14 gereja di kawasan ini, di antaranya adalah St. Basil Church, Apple Church, Snake Church, Sandal Church, St. Catherine Chapel, dan Dark Church.

Kisah-kisah dari Injil digambar di dinding-dinding atau atap gereja. Uniknya, setiap gambar yang ada pasti wajahnya rusak. Sayangnya, wisatawan dilarang mengambil foto di dalam gereja.

Goreme Open Air Museum juga merupakan museum terbuka terbesar di dunia, lho. Warisan Dunia UNESCO sejak 1985 ini juga dulunya digunakan sebagai tempat tinggal.

7. Zelve Open Air Museum

Destinasi Cappadocia - Zelve Open Air Museum, Cappadocia
Zelve Open Air Museum, Cappadocia

Zelve Open Air Museum memiliki bentuk yang unik dengan tebing-tebing batu dan celah-celah gua. Destinasi indah di Cappadocia ini juga memiliki sejumlah gereja, namun jumlahnya tidak sebanyak dan sebagus yang ada di Goreme Open Air museum.

Meskipun begitu, Zelve Open Air Museum memiliki topografi yang menarik. Pengunjung bisa menjelajahi setiap sudut, gua, tebing, serta celah dengan lebih leluasa.

8. Red and Rose Valley

Destinasi Cappadocia - Red and Rose Valley, Cappadocia
Red and Rose Valley, Cappadocia

Red and Rose Valley terletak tepat di luar kota Goreme, di Cappadocia. Destinasi ini terkenal sebagai salah satu pendakian terbaik di Cappadocia. Pendakiannya pun cukup mudah dan ada banyak rute berbeda yang bisa kamu lewati.

Lembah ini didominasi bebatuan berwarna pink yang sangat menawan. Pemandangan di sini pun akan semakin indah menjelang sunset.

Selain mendaki ke puncak, kamu juga bisa mengunjungi tiga destinasi populer di Red and Rose Valley, yaitu Kolonlu Kilise (Gereja Kolom); Haçlı Kilise (Gereja Salib), dan Uç Haçlı Kilise (Gereja Tiga Salib). Pengunjung juga dapat naik kuda di Cappadocia menyusuri lembah ini.

9. Ihlara Valley

Tujuan Populer di Cappadocia - Ihlara Valley Cappadocia
Ihlara Valley, Cappadocia

Sudah tahu belum kalau wisata Cappadocia punya canyon dengan panorama super indah bernama Ihlara Valley? Lembah hijau di ngarai sedalam 100 meter ini dikeliling oleh tebing yang terjal. Namun, pesonanya dijamin bikin kamu betah.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  9 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Praha, Romantis dan Indah!

Di sini pengunjung dapat mendaki sambil menikmati pemandangan. Sungai jernih yang mengalir cukup deras, bukit bebatuan yang tinggi, hamparan rumput hijau, serta 300 anak tangga akan menemani perjalanan kamu sampai ke puncak.

10. Cave Hotel

Tujuan Populer di Cappadocia - Cave Hotel, Cappadocia
Cave Hotel, Cappadocia

Sudah jauh-jauh ke Cappadocia, belum lengkap rasanya tanpa merasakan serunya menginap di Cave Hotel. Cave Hotel atau hotel dalam gua merupakan salah satu daya tarik wisata di Cappadocia.

Hotel tradisional ini sangat unik karena dipahat di batu putih khas Goreme. Tak hanya dimanjakan dengan interiornya yang khas, kamu juga akan disuguhkan pemandangan balon udara yang terbang di luar jendela.

Jadi, menginaplah di Cave Hotel selama liburan di Cappadocia untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Psst, paket tour Cappadocia di AntaVaya sudah termasuk menginap di Cave Hotel lho.

Paket Tour Cappadocia

11. Pigeon Valley

Tujuan Populer di Cappadocia - Pigeon Valley, Cappadocia
Pigeon Valley, Cappadocia

Liburan ke Capapdocia juga wajib mampir ke Pigeon Valley. Destinasi ini merupakan perumahan yang berada di perbukitan dengan lubang kecil di temboknya.

Lubang tersebut berfungsi untuk sarang burung merpati. Usut punya usut, ternyata di masa lalu masyarakat Cappadocia menggunakan burung merpati untuk mengantar pesan jarak jauh. Oleh karena itulah, setiap rumah di perbukitan ini memiliki lubang kecil di temboknya.

Di sini kamu juga akan banyak melihat beberapa pohon yang digantung Nazar Boncugu, yaitu jimat tradisional Turki yang dipercaya dapat menolak bala. Bentuknya sangat khas dengan lingkaran berwarna biru tua, putih, biru muda, dan hitam. Bisa diboyong pulang nih untuk oleh-oleh dari Turki.

12. Soğanlı Valley

Tujuan Populer di Cappadocia - Soğanlı Valley, Cappadocia
Soğanlı Valley, Cappadocia

Terletak di Distrik Yeşilhisar, Soğanlı Valley merupakan salah satu tempat paling terkenal untuk dikunjungi di Cappadocia, Turki. Lembah ini cukup populer buat kamu yang suka situs sejarah kuno, sel biarawan, serta kapel.

Di sini pengunjung juga dapat melihat tiga kapel yang masih asli bernama Karabas Kilise, Yilanli Kilise, dan Sakli Kilise.

Paket Tour Cappadocia

Tertarik naik balon udara, mengunjungi situs sejarah kuno, atau menikmati lanskap Cappadocia yang unik? Yuk ikut tour Cappadocia bersama AntaVaya. Bebas visa, lho. Segera hubungi WhatsApp 0817328838 untuk info lebih lanjut ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!