Internasional Smart Recommendation

Inilah 25 Tempat Wisata Populer di Turki yang Cocok untuk Liburan Keluarga!10 min read

6 February 2020

author:

Inilah 25 Tempat Wisata Populer di Turki yang Cocok untuk Liburan Keluarga!10 min read

Banyak keluarga memilih tempat wisata di Turki sebagai tujuan traveling favorit. Selain menyuguhkan keindahan alam dan wisata religi, Turki pun memiliki banyak tempat bersejarah yang menyimpan jutaan cerita.

Turki juga merupakan destinasi populer untuk melihat bunga tulip di dunia. Jika kamu berminat mengajak orang-orang tercinta liburan di Turki, cek dulu 25 tempat wisata populer yang kami rekomendasikan berikut ini!

Wisata Populer di Istanbul

1. Blue Mosque, Destinasi Religi yang Cantik di Istanbul

Wisata di Istanbul, Turki - Blue Mosque - Sumber Unsplash
Blue Mosque – Sumber: Unsplash

Turki adalah destinasi yang coock dikunjungi untuk wisata religi bersama keluarga. Negara ini juga masuk sebagai destinasi wisata Eropa low season yang layak dikunjungi.

Turki punya banyak masjid megah dan indah yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Blue Mosque yang berada di Kota Istanbul.

Sama seperti namanya, masjid ini dihiasi keramik-keramik berwarna biru yang menutupi dinding dan kubahnya. Blue Mosque juga memiliki enam menara yang semakin menambah kecantikannya. Jika kamu muslim, wajib merasakan teduhnya beribadah di sini!

2. Hippodrome Square, Arena Balap Kuda Zaman Bizantium

Wisata di Istanbul, Turki - Hippodrome Square - Sumber Flickr
Hippodrome Square – Sumber: Flickr

Enggak jauh dari Blue Mosque, mampirlah ke Hippodrome, salah satu destinasi wisata Turki yang banyak dikunjungi. Arena yang letaknya strategis di alun-alun Blue Mosque ini merupakan saksi dari banyak sejarah di masa lalu.

Dulunya tempat ini digunakan sebagai arena perkelahian gladiator yang terkenal, tempat balap kereta, balap kuda, hingga peristiwa berdarah. Hippodrome juga menjadi tempat berkumpul pada zaman Bizantium.

3. Naik Cruise Menyusuri Selat Bosporus

Wisata di Istanbul, Turki - Selat Bosporus - Sumber Pixabay
Selat Bosporus – Sumber: Pixabay

Tempat wisata di Turki pertama yang harus kamu datangi adalah Selat Bosporus yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia. Hanya dalam hitungan langkah, kamu sudah berada di dua benua yang berbeda! Menarik sekali, ya?

Kegiatan favorit para turis di destinasi ini adalah mengarungi Selat Bosporus sambil naik kapal atau cruise. Dari kapal, kamu bisa melihat keindahan kota dan bangunan-bangun bersejarah di Istanbul. Pemandangan sunset di sini juga luar biasa!

4. Topkapi Palace, Istana Megah Peninggalan Turki Ustmani

Destinasi di Istanbul - Topkapi Palace - Sumber Flickr
Topkapi Palace – Sumber: Flickr

Sehabis naik cruise menyusuri Selat Bosporus, kamu juga wajib mampir ke Topkapi Palace. Bangunan ini adalah pusat pemerintahan Turki sekaligus istana yang merupakan salah satu peninggalan Turki Ustmani.

Keindahan bangunan kesultanan zaman dahulu ini terasa lengkap dengan keramik aneka motif dan kaligrafi yang menempel di dinding setiap ruangannya. Duh, bisa puas foto-foto nih di sini bareng keluarga.

5. Melihat Indahnya Keberagaman di Hagia Sophia

Destinasi Wisata di Turki - Hagia Sophia - Sumber Wikipedia
Hagia Sophia – Sumber: Wikipedia

Tempat wisata di Turki terpopuler ini dulunya adalah gereja Ortodoks yang kemudian dialihfungsikan menjadi masjid dan sekarang menjadi museum. Hagia Sophia akan memperlihatkan padamu betapa indahnya paduan dua agama, dua budaya, bahkan dua benua yang saling berdampingan.

Bahkan, di sini ada gambar Yesus Kristus yang bersebelahan dengan kaligrafi bertuliskan Allah dalam huruf Arab lho. Wow!

6. Serunya Sensasi Menyeberangi Bosphorus Bridge

Destinasi Wisata di Turki - Bosphorus Bridge - Sumber Good Free Photos
Bosphorus Bridge – Sumber: Good Free Photos

Selain mengunjungi tempat wisata Turki, kamu juga harus merasakan serunya sensasi menyeberangi Bosphorus Bridge selama berada di Kota Istanbul.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  Liburan ke Eropa? Kunjungi 20 Wisata Populer di Paris Favorit Wisatawan Ini Yuk!

Jembatan gantung sepanjang 1.510 m ini merentang di atas Selat Bosporus dan menghubungkan antara Turki di Benua Eropa dan Asia. Pemandangan dari atas dijamin bikin takjub. Indah!

7. Menikmati Keindahan Selat Bosporus dari Camlica Hills

Destinasi di Istanbul - Camlica Hills - Sumber Pinterest
Camlica Hills – Sumber: Pinterest

Camlica Hills adalah tempat wisata di Turki yang terkenal di Istanbul. Spot ini sangat populer sebagai tempat melihat keindahan Selat Bosporus dari atas bukit.

8. Belanja Oleh-Oleh di Grand Bazaar

Destinasi Belanja di Istanbul - Grand Bazaar - Sumber Flickr
Grand Bazaar – Sumber: Flickr

Mumpung lagi liburan di Istanbul, jangan lewatkan mengunjungi Grand Bazaar untuk beli oleh-oleh khas Turki. Sebagai informasi, kompleks perbelanjaan terbesar dan tertua di dunia ini tutup pada hari Minggu ya AntaVaya Fellas.

9. Serunya Jalan-Jalan di Istiklal Street

Destinasi Belanja Turki - Istiklal Street - Flickr
Istiklal Street – Sumber: Flickr

Istiklal Street adalah salah satu jala paling terkenal di Istanbul. Selain bisa melihat eksotisnya bangunan era Utsmaniyah, kamu juga bisa belanja aneka barang di sini.

Jalur pejalan kaki sepanjang 1,4 km di spot destinasi wisata Istanbul ini tak pernah sepi dan dipenuhi berbagai toko. Ada toko musik, butik, toko buku, galeri seni, bioskop, kafe, hingga klub malam.

10. Bersantai di Taksim Square

Tempat Wisata Turki - Taksim Square - Wikimedia
Taksim Square – Sumber: Wikimedia

Taksim Square telah menjadi pusat perpaduan budaya, adat, dan tradisi dari jutaan manusia yang berwisata ke Istanbul. Area ini selalu dipenuhi orang-orang yang sekadar jalan-jalan, belanja, hingga bersantai di kafe.

Menjelang malam, wilayah ini justru semakin hidup. Berminat merasakan meriahnya kehidupan malam Istanbul di Taksim Square?

11. Melihat Bunga Tulip di Emirgan Tulip Gardens

Melihat Tulip di Turki - Emirgan Tulip Gardens - Sumber Pixabay
Emirgan Tulip Gardens – Sumber: Pixabay

Setiap musim semi tiba, yaitu pada bulan April, Emirgan Tulip Gardens atau Emirgan Park akan mengadakan Festival Tulip Istanbul. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan hamparan warna-warni bunga tulip yang cantik di taman seluas 100 hektar.

Tak hanya menyaksikan keindahan bunga tulip, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya, seperti taman bermain, trek joging, paviliun, dan danau hias. Saking indahnya, tak heran jika taman ini masuk dalam tempat terbaik melihat tulip di dunia.

Wisata Populer di Bursa

12. Wisata Religi di Grand Mosque of Bursa

Grand Mosque of Bursa - Sumber Wikimedia
Grand Mosque of Bursa – Sumber Wikimedia

Setelah Istanbul, kamu juga harus memasukkan Bursa dalam itinerary liburan di Turki. Bursa adalah kota tua yang memiliki peran penting bagi sejarah Turki. Salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi di Bursa adalah Grand Mosque of Bursa atau Ulu Cami.

Tempat wisata religi di Turki ini merupakan yang terbesar di Bursa dan masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia pada tahun 2014 oleh UNESCO. Keindahannya tak usah ditanya lagi.

Dengan 20 kubah besar dan bangunan yang megah, kamu akan takjub dengan penampakannya. Apalagi, masjid ini merupakan salah satu masjid terpenting dalam sejarah Islam.

13. Belanja Oleh-Oleh Sutra di Silk Market

Tempat Belanja di Bursa - Silk Market - Sumber Flickr
Silk Market – Sumber: Flickr

Silk Market (Koza Han) adalah pasar di Turki yang sangat terkenal sebagai pusat perdagangan sutra sejak zaman dulu. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Grand Mosque of Bursa.

Silk Market menyediakan dan memproduksi kain berkualitas tinggi dengan harga murah, seperti sutra, produk tekstil, perak, hingga cendera mata. Kamu bisa sekalian beli oleh-oleh dari Turki di sini.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  5 Tempat Terbaik Melihat Festival Taman Bunga Tulip di Turki, Spektakuler!

Selain belanja, sekadar menikmati cantiknya bangunan ala Ottoman berlantai dua ini juga seru.

14. Green Mosque & Tomb, Kompleks Pemakaman Para Sultan

Wisata di Bursa - Green Mosque & Tomb - Sumber Wikimedia
Green Mosque & Tomb – Sumber: Wikimedia

Tak hanya Grand Mosque, kamu juga harus mengunjungi Green Mosque & Tomb. Green Tomb merupakan kompleks pemakaman Sultan Mehmed I dan keluarga kerajaan.

Bagian luar masjid dilapisi dengan ubin hijau-biru yang membuatnya dijuluki Green Mosque. Wisata halal di Turki ini akan mengajakmu belajar sejarah sambil menikmati keindahan bangunan masjid yang luar biasa.

Wisata Populer di Selçuk

15. Ephesus, Reruntuhan Kota Tua Zaman Romawi

Wisata Turki - Celsus Library Ephesus
Celsus Library Ephesus

Tempat wisata di Turki paling populer yang wajib dikunjungi lainnya adalah Ephesus. Ephesus dulunya merupakan Kota Yunani kuno, namun kemudian direbut dan mengalami kejayaan pada masa Kerajaan Romawi.

Di sini kamu dapat melihat sisa bangunan Romawi kuno yang sangat indah, seperti Celsus Library dan Odeon Theatre.

Celsus Library merupakan reruntuhan bangunan yang dulunya digunakan sebagai perpustakaan terbesar ketiga pada masanya. Meski sudah tidak utuh, bentuk pilar-pilar depannya masih berdiri dengan kokoh dengan megah.

Sementara itu, Odeon Theatre adalah teater terbuka yang berfungsi sebagai tempat pertemuan para wakil rakyat atau aula untuk pertunjukan konser musik pada zaman dahulu.

16. Virgin Mary House, Peristirahatan Terakhir Bunda Maria

Wisata Religi Turki - Virgin Mary House - Sumber Wikimedia
Virgin Mary House – Sumber: Wikimedia

Virgin Mary House adalah destinasi wisata Turki yang cocok untuk wisata rohani Kristen atau Katolik dan masih berada satu kompleks dengan Ephesus. Bangunan ini dianggap sebagai rumah peristirahatan terakhir bagi Bunda Maria.

Bentuknya seperti rumah batu kecil yang terletak di atas bukit Bulbul. Jauh dari kesan mewah. Namun, suasana di sekitarnya sangat sejuk dan adem.

17. Pamukkale, Pemandian Air Panas Populer di Turki

Wisata Sejarah - Pamukkale - Sumber Wikimedia
Pamukkale – Sumber: Wikimedia

Jangan lupa kunjungi juga destinasi wisata Turki Pamukkale. Pamukkale merupakan tempat wisata pemandian air panas yang populer di Turki. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan kolam yang menakjubkan.

Di sini kamu bisa melihat Hierapolis Ancient City, sebuah kota tua peninggalan Romawi. Salah satu warisan alamnya yang unik adalah Cotton Castle yang dulunya merupakan pemandian air panas.

Sekilas, kolam akan terlihat seperti salju, tetapi warna putih tersebut ternyata adalah logam kalsium yang mengeras. Bentuknya instagramable banget dan bertingkat-tingkat. Mata airnya juga dipercaya dapat menyembuhkan kulit dan tubuh yang lelah, lho.

Wisata Populer di Konya

18. Ziarah ke Makam Tokoh Sufi di Mevlana Museum

Wisata Sejarah - Mevlana Museum - Sumber Wikimedia
Mevlana Museum – Sumber: Wikimedia

Tempat wisata Turki yang layak dijelajahi selanjutnya berada di Kota Konya. Konya adalah kota yang identik dengan tokoh sufi besar dunia. Ada banyak destinasi menarik di sini, salah satunya adalah Mevlana Museum.

Museum ini adalah makam tokoh penting Muslim di Turki bernama Jalal Ad din Muhammad Rumi dan tempat berkembang aliran sufi. Hingga sekarang, Museum Mevlana rutin dikunjungi oleh wisatawan dan peziarah lokal.

Lainnya Yang Wajib Dibaca :  28 Suvenir & Oleh-Oleh Khas Bangkok Thailand yang Wajib Dibeli

19. Caravanserai, Penginapan Para Musafir Zaman Dahulu

Caravanserai
Caravanserai

Caravanserai akan mengingatkanmu dengan film Aladdin karena bentuknya yang sangat unik. Destinasi liburan di Turki ini dulunya merupakan penginapan bagi para pedagang yang melalui jalur silk road. Bisa jadi spot foto yang keren banget pastinya!

Wisata Populer di Kapadokia

20. Menjelajahi Lorong Misterius di Underground City

Underground City Cappadocia - Sumber Pixabay
Underground City Cappadocia – Sumber: Pixabay

Sehabis dari Konya, jangan sampai lupa mengunjungi Kapadokia dalam trip Turki kali ini. Tempat wisata di Kapadokia pertama yang kami rekomendasikan adalah Underground City.

Kota bawah tanah ini memiliki serangkaian ruang bawah tanah dengan lorong-lorong yang terkesan misterius. Di dalamnya terdapat tempat tinggal, tempat kerja, tempat belanja, sistem transit, gudang anggur, hingga saluran drainase. Unik banget!

21. Goreme Valley, Formasi Batuan Unik Warisan Romawi

Goreme Valley - Sumber Flickr
Goreme Valley – Sumber: Flickr

Turki akan selalu punya kejutan untukmu. Masih banyak destinasi wisata di Turki yang keindahannya bikin kita berdecak kagum, salah satunya adalah Goreme Valley di Kapadokia.

Goreme Valley adalah bangunan unik dengan formasi batuan peninggalan Romawi berbentuk rumah dan gereja. Di dalam gua-gua bekas gereja kuno juga banyak lukisan dan gambar dengan langit-langit melengkung.

22. Indahnya Sarang Merpati di Pigeon Valley Kapadokia

Pigeon Valley Cappadocia - Sumber Goodfreephotos
Pigeon Valley Cappadocia – Sumber: Goodfreephotos

Pengalaman unik lainnya yang bisa kamu dapatkan di Turki adalah melihat keindahan rumah burung merpati yang terdapat di dalam tebing Pigeon Valley. Pemandangan di sini sangatlah indah, ditemani tebing-tebing serta merpati yang terbang ke sana ke mari.

23. Citadel of Uchisar, Istana Batu di Kapadokia

Citadel of Uchisar - Sumber Wikipedia
Citadel of Uchisar – Sumber: Wikipedia

Citadel of Uchisar adalah istana batu di Kapadokia yang sangat artistik dan megah. Tempat ini menyajikan berbagai macam hal menarik untuk wisatawan.

Suasananya sangat menyejukkan hati. Jangan lupa berdoa, siapa tahu kamu bisa melihat pelangi yang membentang indah di sini. Magic banget rasanya!

Wisata Populer di Ankara

24. Ataturk Mausoleum, Wisata Ziarah Turki yang Megah

Ataturk Mausoleum - Sumber Pixabay
Ataturk Mausoleum – Sumber: Pixabay

Puas jalan-jalan di destinasi wisata Kapadokia, kamu juga harus menyempurnakan liburanmu dengan mengunjungi Ibu Kota Turki, yaitu Ankara. Destinasi populer Ankara yang wajib kamu kunjungi adalah Ataturk Mausoleum, makam dari Mustafa Kemal Ataturk.

Makan ini dibangun sangat megah dan luas di atas Bukit Ankara. Sangat cocok dikunjungi sebagai wisata ziarah di Turki.

25. Mengagumi Salt Lake, Danau Terasin di Dunia

Salt Lake, Antara - Sumber Pixabay
Salt Lake, Antara – Sumber: Pixabay

Salt Lake Antara adalah danau garam paling asin di dunia dan merupakan penghasil garam terbesar di Turki. Sepanjang mata memandang, kamu akan dibuat takjub dengan hamparan garam berwarna putih dan keras seperti tanah.

Pemandangan menarik seperti ini pasti tak akan bisa kamu lupakan. Di sini kamu juga bisa membeli oleh-oleh Turki berupa kosmetik berbahan dasar garam yang bagus untuk kulit.

Berminat mengunjungi 25 tempat wisata di Turki paling populer di atas? Daripada repot memikirkan akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama liburan di Turki, langsung saja yuk pesan paket tour ke Turki bersama AntaVaya! Info lebih lanjut, klik di sini.

Pesan Tour ke Turki

4 Comments
  1. Iar Wiarsih

    Sangat luar biasa indahnya

  2. Puspita Halim

    Subhanallah....so beautiful Turki. I'd like to govto Turki someday

  3. Wisata Tadabbur

    Cukup komplit mas admin, makasih. saya kalau cari destinasi wisata sering hanya ditampilkan beberapa saja, tapi ini komplit, hampir seluruh destinasi populer ada...terima kasih

    • Nur Rosita

      Terima kasih kak, semoga bermanfaat ya 😊🙏🏻

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!